Pilih Mana: Sepeda Polygon atau United?

Loading...

Melakukan aktivitas bersepeda tidak hanya dapat membantu kebugaran tubuh, tetapi juga dapat menjadi tempat menyalurkan hobi.Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat dengan bersepeda, barangkali Anda akan bingung dalam memilih jenis dan merek sepeda yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dua merek sepeda lokal yang layak masuk dalam list Anda yakni sepeda Polygon dan sepeda United. Manakah yang lebih baik untuk Anda pakai? Sepeda Polygon atau United?

Sepeda Polygon dan sepeda United kerap sekali dibandingkan. Banyak yang mengatakan bahwa sepeda Polygon lebih baik. Tapi banyak pula yang mengatakan bahwa sepeda United lebih baik. Artikel ini akan mengulas kedua merek sepeda tersebut dengan membandingkan produknya dengan harga 3 jutaan, yakni sepeda Polygon Premiere 3.0 dan sepeda United Dominate 013.

Sepeda Polygon

Polygon merupakan sebuah brand sepeda asli Indonesia yang telah populer dan terkenal hingga ke seluruh dunia dan telah melakukan ekspor hingga ke 17 negara. Sepeda Polygon diproduksi oleh PT. Insera Sena sejak tahun 1989. Sebelumnya kami telah membahas mengenai perbandingan antara sepeda gunung vs sepeda balap.

Kelebihan Sepeda Polygon

Berikut beberapa kelebihan sepeda Polygon Premier 3.0 yang perlu Anda ketahui:

  • Affordable untuk Semua Kalangan

Salah satu kelebihan sepeda Polygon adalah lebih affordable untuk semua kalangan. Polygon memiliki outlet dan dealer yang tersebar di Indonesia dan memiliki range sepeda yang luas. Untuk yang ingin sepeda high-end ada, low-end juga ada. Karena itulah sepeda ini lebih affordable untuk semua kalangan.

  • Bisa Request Kirim Barang

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sepeda Polygon adalah Anda bisa request agar barang bisa dikirim dari kota lain jika barang atau sepeda yang Anda inginkan di luar kota atau di kota lain. Hal ini tentu membantu Anda agar bisa mendapatkan barang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

  • Wheelset Cukup Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki sepeda Polygon Premier 3.0 adalah Anda memiliki bagian wheeset yang terdiri dari rim, ban, dan hub yang cukup bagus untuk sepeda ini. Bagian ini dapat memberikan dukungan secara maksimal kepada sepeda yang Anda gunakan.

Kekurangan Sepeda Polygon

Berikut beberapa kekurangan sepeda Polygon Premier 3.0 yang perlu Anda ketahui:

  • Front Fork Kurang Bagus

Salah satu kekurangan sepeda Polygon tipe ini adalah memiliki shock depan atau front fork sepeda Polygon Premier 3.0 ini menggunakan SR Suntour Xct, Travel 100MM, Standard Steerer. Shock ini bisa dikatakan sangat standar, dan sangat biasa. Pada shock sepeda tipe ini tidak ada pengaturan pada shocknya untuk mengatur tingkat kepadatan shock.

  • Sistem Pengereman Belum Hydroulis

Kekurangan lain yang dimiliki oleh sepeda Polygon Premier tipe 3.0 ini yaitu menggunakan sistem pengereman yang belum hydroulis. Sistem pengereman pada Polygon tipe ini menggunakan Tektro MD-M300 dengan penggunaan sistem pengereman tektro yang masih manual dan belum hydroulis.

Loading...
  • Steam, Setpost dan Handlebar Kurang Bagus

Steam, seatpost, handlebar untuk penggunaan steam sepeda polygon ini menggunakan Entity Oe, Alloy, 80MM(S-M), 10MM(L) , sedangkan untuk seatpost menggunakan Entity Oe, Alloy, 27.2X350MM dan untuk handlebar menggunakan Entity Oe, Alloy, 680MM. penggunaan entity oe untuk sepeda ini bisa dibilang sangat sederhana sekali. Jika anda membeli sepeda ini segera upgrade untuk bagian ini guna kenyamanan Anda.

Kelebihan Sepeda PolygonKekurangan Sepeda Polygon
- Affordable untuk semua kalangan- Front fork kurang bagus
- Bisa request kirim barang- Sistem pengereman belum hydroulis
- Wheelset cukup baik- Steam, setpost dan handlebar kurang bagus

Sepeda United

Sepeda United juga sering disebut dengan United Bike. Sepeda ini juga merupakan sepeda yang diproduksi oleh PT. Terang Dunia Internusa yang didirikan pada tahun 1992 di desa Telajung Udik, Jawa Barat.

Kelebihan Sepeda United

Berikut beberapa kelebihan sepeda United Dominate 013 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan sepeda United tipe ini adalah memiliki harga yang sedikit lebih terjangkau daripada sepeda Polygon Premier 3.0. Dengan kelebihan yang lebih banyak, maka sepeda United Dominated 013 ini lebih baik untuk Anda pilih. Namun selisih harga kedua sepeda ini tidak terlalu jauh, yakni sekitar seratus hingga dua ratus ribuan saja.

  • Memiliki Wheelset yang Bagus

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sepeda United Dominate 013 adalah pada bagian ban telah cukuo bagus. Bagian ini menggunakan YG-72-26. Selanjutnya pada bagian rim diberikan fasilitas HLQC-02AD. Secara komponen, sepeda United Dominate 013 ini terbilang cukup bagus.

  • Bagian Shift Lever Memuaskan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki sepeda United Dominate 013 adalah pada bagian shift levernya dapat membuat Anda menjadi lebih puas. Hal ini dikarenakan pada bagian ini telah dilengkapi dengan Shomano Alivio ST-EF60-8 27 Speed. Dengan adanya teknologi ini, Anda dapat menggunakan sepeda ini dengan nyaman.

Kekurangan Sepeda United

Berikut beberapa kekurangan sepeda United Dominate 013 yang perlu Anda ketahui:

  • Seatpot, Stem dan Handlebar Kurang Bagus

Salah satu kekurangan sepeda United Dominate 013 adalah memiliki seatpot, steam, dan handlebar yang kurang bagus. Pada bagian ini Anda akan sedikit kecewa karena fasilitas yang diberikan standar dan tidak ada yang begitu istimewa.

  • Crankset Kurang Bagus

Crankset pada sepeda United Dominate 013 ini menggunakan Shimano Olivio FC-M311 A. Pada bagian ini juga tidak ada fasilitas istimewa yang bisa dibanggakan. Anda hanya mendapatkan fasilitas yang biasa saja dan kurang memuaskan.

  • Bagian Front Derailleur Kurang Bagus

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh sepeda United Dominate 013 adalah perpaduan antara RD dan FD kurang mulus. Karena hal tersebut, saat dalam kecepatan tinggi dan Anda ingin memindahkan gigi, hal ini akan terasa kurang nyaman. Namun, bagi pemula hal ini tidak akan begitu terasa.

Kelebihan Sepeda UnitedKekurangan Sepeda United
- Harga lebih terjangkau- Seatpot, stem dan handlebar kurang bagus
- Memiliki wheelset yang bagus- Crankset kurang bagus
- Bagian shift lever memuaskan- Bagian front derailleur kurang bagus

Pilih Mana: Sepeda Polygon atau United?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara sepeda Polygon dan sepeda United. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Sepeda PolygonSepeda United
- Harga sedikit lebih mahal dengan tipe yang hampir sama- Harga sedikit lebih terjangkau dengan tipe yang hampir sama
- Memiliki Wheelset yang cukup baik- Memiliki Wheelset yang cukup baik
- Diproduksi sejak tahun 1989- Diproduksi sejak tahun 1972
- Cek harga sepeda Polygon online termurah, Klik di sini- Cek harga sepeda United online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari perbandingan antara sepeda Polygon Premier 3.0 dan sepeda United Dominate 013, dapat disimpulkan bahwa sepeda United Dominate memiliki komponen yang lebih baik daripada sepeda Polygon. Bahkan, Anda bisa mendapatkan sepeda United ini dengan harga yang sedikit lebih terjangkau dari sepeda Polygon dan dengan kualitas yang juga sedikit lebih baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Polygon vs United

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *