Pilih Mana: Serum atau Moisturizer?

Loading...

Perawatan wajah sangat dibutuhkan, apalagi untuk kalangan wanita. Untuk membuat wajah cerah halus dan lembut. Banyak brand yang berdatangan dengan berbagai produknya yang bagus, seperti Serum atau Moisturizer. Serum atau Moisturizer memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah kamu. Disini saya akan menjelaskannya, dibaca ya.

Serum

Serum wajah merupakan sebotol kecil gel eliksir berwarna jernih, bertekstur ringan, serta bebas minyak. Sebotol serum memiliki beberapa bahan aktif, dari mulai vitamin sampai antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan menyeluruh dari pelembab wajah biasa. Baca juga artikel kami sebelumnya Pilih Mana: Primer atau Moisturizer? 

Eliksir kecantikan ini khusus menargetkan isu- isu kulit yang lebih spesifik, misalnya mendorong regenerasi kulit, mencerahkan, melawan kerut, jerawat, noda gelap serta hiperpigmentasi, atau rona wajah yang tidak merata. Umumnya Serum digunakan sebelum menggunakan moisturizer atau pelembab. Berikut beberapa jenis Serum.

Jenis-Jenis Serum

Vitamin C
Serum Vitamin C merupakan jenis serum yang sangat terkenal. Seluruh orang tahu jika Vitamin C itu sangat baik untuk kulit, makanya banyak orang lebih memilih serum ini daripada yang Vitamin A. Manfaat serum Vitamin C merupakan bekerja sebagai antioksidan. Vitamin C juga bisa bertugas sebagai sintesa kolagen yang bisa menghambat proses penuaan pada kulit. Serum yang memiliki Vitamin C juga berperan sebagai anti- radang, di mana bisa menyembuhkan kulit yang terluka karena terpapar matahari, jerawat, dan sebagainya.

Jika kamu mengalami permasalahan seperti pigmentasi, kulit kusam, serta ciri- ciri penuaan dini, alangkah bagusnya jika menggunakan serum Vitamin C dari sekarang. Jika kamu mau mendapatkan kulit cerah, pakailah serum dengan Vitamin C rendah(tidak lebih dari 15%). Sebaliknya jika kamu mau memperoleh pengobatan untuk kulit rusak, pakailah serum dengan kandungan Vitamin C tinggi(lebih dari 20%).

Vitamin E
Tidak hanya serum Vitamin C, serum Vitamin E merupakan jajaran serum yang sangat difavoritkan orang. Telah menjadi rahasia biasa jika Vitamin E sangat bagus untuk kulit, terutama kulit wajah. Serum Vitamin E juga memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan ini akan membuat lipofuscin, yaitu lemak yang dapat menunda penuaan dini.

Serum Vitamin E juga bisa menahan kelembaban alami kulit, sehingga kulit kamu akan lembab seharian. Kulit kamu juga akan aman dari polusi seperti asap rokok, asap kendaraan, radiasi, sampai sinar matahari. Jadi, tidak hanya membuat kulit tetap cantik, serum Vitamin E juga akan mencegah radikal bebas, sehingga kamu juga terhindar dari bahaya kanker kulit.

Exfoliating
Jenis serum yang ini disebut dengan exfoliating serum. Berbeda dengan serum- serum sebelumnya, serum yang satu ini sangat istimewa karena fungsinya berbeda. Serum ini akan mengangkat kotoran, mengurangi kerutan, membenarkan pigmentasi, serta membuat kulit lembut dan halus. Serum ini sangat bagus untuk orang yang jarang lulur wajah, dan kulit wajah yang kering serta pecah- pecah. Sebenarnya ada beberapa tipe serum lagi yang masih banyak manfaatnya.

Harga Serum

Untuk kamu yang ingin mendapatkan atau membeli serum, kamu bisa membeli di online shop yang kamu sukai dan brand yang kamu sukai. Atau kamu bisa langsung ke drugstore seperti Guardian. Harga moisturizer berbeda-beda sesuai brand. Mulai dari sekitar Rp.30.000an hingga Rp.300.000an sesuai dengan ukuran kemasan.

Loading...

Moisturizer

Pelembab atau moisturizer merupakan produk perawatan kulit yang bekerja untuk melindungi kelembaban kulit. Moisturizer tidak hanya diperlukan oleh pemilik kulit kering, tetapi juga untuk seluruh jenis kulit.

Banyak orang yang salah paham dan beranggapan kalau pelembab bisa menimbulkan kulit berminyak jadi semakin berminyak. Hal itu tentunya salah, pelembab tersedia dalam berbagai macam jenis dan bentuk serta dapat dipilih setimpal dengan kebutuhan kulit kamu. Berikut beberapa jenis Moisturizer.

Jenis-Jenis Moisturizer

Humektan
Pelembab atau Moisturizer dengan humektan bertugas dengan sistem menarik air ke sel- sel kulit supaya kulit senantiasa terhidrasi. Beberapa jenis humektan adalah seperti glycerin, AHA( Alpha Hydroxy Acid), hyaluronic acids, urea, serta sorbitol. Pelembab dengan humektan sangat sesuai digunakan untuk kulit kering dan tebal dan pada daerah yang sangat lembab.

Tidak hanya untuk kulit kering, moisturizer dengan humektan juga merupakan moisturizer untuk kulit berminyak, acne prone, dan kulit kombinasi. Moisturizer ini biasanya water- based sehingga sesuai untuk seluruh jenis kulit.

Emolien
Emolien atau emollient adalah zat yang bertugas mengisi bagian- bagian sel kulit yang kosong karena kehilangan lipid pelembabnya. Setelah ruang kosong tersebut diisi, kulit juga terhidrasi dengan baik serta menjadi lebih halus. Terdapat moisturizer dengan emollient yang water- based, tetapi lebih banyak yang oil- based ataupun berbasis minyak.

Emollient merupakan moisturizer yang sangat sesuai untuk digunakan oleh pemilik kulit yang keringnya cukup serius serta sangat membutuhkan kelembaban. Bahan utama moisturizer dengan emollient adalah seperti collagen, colloidal oatmeal, elastin, shea butter, stearic acid.

Occlusive
Jenis moisturizer yang ketiga merupakan occlusive yang bertugas mengunci kelembaban kulit. Moisturizer occlusive bekerja dengan sistem melapisi kulit untuk menghindari terjadinya penguapan. Bahan untuk moisturizer occlusive adalah seperti petrolatum, wax, lanolin, mineral oil, silicone.

Occlusive mempunyai perlindungan yang besar sehingga ampuh untuk menanggulangi sebagian permasalahan kulit semacam alergi atau kulit kering hingga mengelupas, tetapi moisturizer jenis ini tidak dianjurkan untuk penggunaan sehari- hari, paling utama untuk wajah.

Setiap jenis moisturizer mempunyai kelebihan serta kekurangan masing- masing. Tidak jarang kita akan menemukan 2 jenis moisturizer dalam satu produk. Hal ini terjadi karena memang untuk memperoleh moisturizer yang baik, diperlukan kombinasi bahan- bahan yang berasal dari jenis moisturizer yang berbeda.

Harga Moisturizer

Untuk kamu yang ingin mendapatkan atau membeli moisturizer, kamu bisa membeli di online shop yang kamu sukai dan brand yang kamu sukai. Atau kamu bisa langsung ke drugstore seperti Guardian. Harga moisturizer berbeda-beda sesuai brand. Mulai dari sekitar Rp.20.000an hingga Rp.100.000an.

Pilih Mana: Serum atau Moisturizer?

SerumMoisturizer
Kelebihan - Dapat mengontrol minyak diwajah - Mencegah gejala penuaan - Mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam- Menutrisi kulit wajah - Melembabkan kulit wajah - Menghaluskan kulit wajah
Kekurangan- Beberapa produk tidak mengklaim melembabkan - Iritasi biasanya muncul pada pemilik kulit sensitif dan kulit berjerawat- Salah penggunaan tidak sesuai jenis kulit dapat membuat wajah berminyak - Dapat membuat wajah bruntusan

Kesimpulan:

Baik Serum atau Moisturizer memiliki manfaat yang baik. Biasanya Serum digunakan sebelum menggunakan moisturizer atau pelembab. Keduanya saling berkaitan guna mendapatkan hasil yang maksimal untuk kulit wajah kamu. Serum digunakan sebelum menggunakan moisturizer atau pelembab juga mudah didapatkan. Dan tentu saja gunakan Serum atau Moisturizer sesuai jenis kulit kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Serum vs Moisturizer

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *