Home

Pilih Mana: Setrika Uap atau Biasa?

Banyak sekali peralatan rumah tangga yang diperlukan untuk memenuhi setiap kebutuhan. Kebutuhan lain yang harus dipenuhi adalah penampilan. Salah satu hal yang mendukung penampilan adalah menggunakan pakaian yang bersih dan rapi. Pakaian yang dimiliki harus dijaga dan dirapikan dengan baik. Selain untuk menunjang penampilan, pakaian perlu dirapikan agar lebih awet dan tahan lama. Alat yang dapat digunakan untuk merapikan pakaian adalah setrika. Ada dua jenis setrika yang dapat Anda gunakan, yaitu setrika uap atau biasa.

Setrika upa dan setrika biasa sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu berfungsi untuk merapikan pakaian. Namun, kedua jenis setrika ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setrika uap disukai karena lebih cepat dalam merapikan pakaian. Sedangkan setrika biasa disukai karena harganya yang relatif murah. Untuk perawatannya, kedua jenis setrika ini memiliki perawatan yang sama. Dikutip dari Tempo.co setrika dapat dirawat dengan memanfaatkan baking soda dan cuka.

Setrika Uap

Panas yang dihasilkan oleh setrika uap berasal dari uap air. Berbeda dengan setrika biasa, plat setrika ini tidak hanya menghasilkan panas. Platnya juga menghasilkan uap air sehingga panas yang dihasilkan menjadi rata. Oleh karena itu setrika ini juga bisa menjadi pengering dan pelicin pakaian. Baca juga Pilih Mana: Rak Gantung atau Rak Tempel?

Kelebihan Setrika Uap

Berikut beberapa kelebihan setrika uap yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Hemat Waktu

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh setrika uap adalah dapat membuat Anda menghemat waktu. Karena mudah dalam penggunaannya, tentu hal ini akan menghemat waktu yang Anda perlukan untuk menyetrika pakaian anda sehari-hari. Efisiensi waktu yang didapat bisa 3 kali lebih cepat dengan menggunakan setrika uap dibanding dengan setrika listrik biasa.

  • Hasil Setrikaan Lebih Banyak

Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan setrika uap, tentu hasil yang didapatkan dengan menggunakan setrika jenis ini lebih banyak daripada menggunakan setrika biasa. Pakaian rapi dalam waktu yang lebih cepat, dan akhirnya Anda dapat menyetrika lebih banyak pakaian.

  • Lebih Rapi dan Tahan Lama

Setrika uap dapat merapikan pakaian lebih baik jika dibanding dengan setrika listrik biasa. Uap air yang dihasilkan dari setrika uap tersebut akan menghasilkan panas yang menyeluruh serta memudahkan untuk merapikan pakaian kusut. Selain itu, pakaian yang disetrika menggunakan setrika uap lebih rapi lebih lama daripada setrika biasa.

  • Cocok untuk Semua Jenis Kain dan Pakaian

Anda tidak akan mengalami kesulitan jika harus merapikan pakaian yang susah disetrika dengan setrika biasa. Contoh pakaian jenis ini adalah pakaian yang disablon, kain satin, kebaya,dan masih banyak jenis kain dan pakaian yang sulit untuk dirapikan dengan setrika biasa. Dengan menggunakan setrika listrik, Anda dapat merapikan semua jenis kain dan pakaian apapun tanpa perlu merasa khawatir terjadi kerusakan.

Kekurangan Setrika Uap

Berikut beberapa kekurangan setrika uap yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Setrika uap memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan setrika listrik biasa. Anda bisa mendapatkan setrika uap dengan harga paling murah kurang lebih Rp. 250.000. Sedangkan untuk mendapatkan setrika biasa, Anda hanya perlu mengeluarkan budget paling murah sekitar Rp. 150.000.

  • Daya Listrik yang Digunakan Cukup Besar

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh setrika uap adalah daya listrik yang dibutuhkan lebih besar daripada listrik biasa. Sebenarnya, jika dihitung, daya dibutuhkan sama saja. Penggunaan listrik dengan menggunakan setrika uap memang lebih besar dan mahal. Namun, jika waktu yang Anda gunakan untuk menyetrika baju lebih cepat, maka sebenarnya sama saja.

  • Tidak Ada Setelan Panas

Jika Anda menggunakan setrika biasa, Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat kepanasan setrika yang Anda inginkan. Namun, hal ini berbeda dengan setrika uap. Anda tidak dapat mengatur panas setrika yang Anda butuhkan untuk merapikan pakaian. Selain itu untuk menggunakan setrika uap, Anda memerlukan instalasi boiler gas atau listrik.

Kelebihan Setrika UapKekurangan Setrika Uap
- Lebih hemat waktu- Harga relatif mahal
- Hasil setrikaan lebih banyak- Daya listrik yang digunakan cukup besar
- Lebih rapi dan tahan lama- Tidak ada setelan panas
Lihat juga:  Pilih Mana: Stand Mixer atau Hand Mixer?

Setrika Biasa

Setrika biasa merupakan setrika listrik yang platnya berfungsi untuk meluruskan dan merapikan pakaian. Setrika biasa memiliki banyak pengguna, karena harga setrika jenis ini sangat terjangkau. Hampir semua kalangan dapat menggunakan setrika jenis ini, mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga atas.

Kelebihan Setrika Biasa

Berikut kelebihan setrika biasa yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setrika listrik biasa memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan setrika uap. Anda bisa dengan mudah menemukan dan mendapatkan setrika jenis ini. Setrika biasa ini dimulai dengan harga sekitar Rp. 150.000. Harga setrika juga sebenarnya tergantung dari mereknya. Namun, harga setrika biasa memang lebih murah dibandingkan setrika uap.

  • Memiliki Setelan Temperatur Panas

Kelebihan lain yang dimiliki oleh setrika biasa adalah, Anda dapat mengatur dan menyesuaikan temperatur panas setrika sesuai dengan kebutuhan. Adanya setelan temperatur panas ini karena jenis kain dan pakaian harus disesuaikan dengan temperatur panas setrika. Sebagai contoh, panas setrika untuk menyetrika jeans pastilah sangat berbeda dengan temperatur panas yang dibutuhkan untuk menyetrika jas.

  • Ringan dan Mudah Digunakan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh setrika listrik biasa adalah ringan dan mudah digunakan. Dengan ukurannya yang ringan ini, maka Anda dapat dengan mudah pula merapikan pakaian dengan setrika jenis ini. Selain ringan, proses instalasi setrika listrik biasa tidaklah rumit dan sangat mudah.

Kekurangan Setrika Biasa

Berikut beberapa kekurangan setrika biasa yang perlu Anda ketahui:

  • Hasil Kurang Rapi

Pakaian yang disetrika dengan menggunakan setrika biasa sebenarnya sudah cukup rapi. Sayangnya, pakaian yang disetrika menggunakan setrika uap jauh lebih rapi.

  • Tidak Bisa Menyetrika Semua Jenis Pakaian

Setrika biasa tidak bisa merapikan semua jenis kain dan pakaian. Pakaian atau jenis pakaian tertentu memiliki kemungkinan rusak jika tidak hati-hati menyetrikanya dengan setrika biasa. Jenis pakaian atau kain tersebut seperti jas, gaun, kebaya, bahan velvet, satin dan masih banyak jenis kain dan pakaian lainnya yang sulit untuk dirapikan dengan setrika biasa.

  • Membutuhkan Waktu yang Cukup Lama

Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merapikan pakaian. Dengan demikian, semakin banyak pakaian yang akan Anda rapikan, semakin banyak pula waktu yang Anda butuhkan. Dengan memakan waktu yang cukup lama, tentunya penggunaan listrik juga akan semakin meningkat. Kalau diperhatikan, penggunaan listrik pada setrika biasa dan listrik hampir sama saja.

Kelebihan Setrika BiasaKekurangan Setrika Biasa
- Harga lebih terjangkau - Hasil kurang rapi
- Memiliki setelan temperatur panas- Tidak bisa menyetrika semua jenis pakaian
- Ringan dan mudah digunakan- Membutuhkan waktu yang lama

Pilih Mana: Setrika Uap atau Biasa?

Di atas telah dipaparkan perbedaan antara setrika uap dengan setrika biasa. Kedua alat ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Perbedaan antara kedua alat tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Setrika UapSetrika Biasa
- Aman digunakan untuk semua jenis pakaian- Tidak aman digunakan untuk beberapa jenis pakaian tertentu
- Memiliki harga lebih mahal- Memiliki harga lebih terjangkau
- Hasil lebih rapi dan tahan lama- Hasil kurang rapiengambil sari buah saja

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai setrika uap dan setrika biasa di atas, dapat disimpulkan bahwa setrika uap lebih baik daripada setrika biasa. Anda tidak akan mendapatkan pakaian Anda rusak jika menggunakan setrika uap. Namun, setrika uap memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada setrika biasa. Hal ini tidak akan menjadi masalah karena sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Setrika Uap vs Biasa

VS

Leave a Reply