Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: SGM atau Dancow?

Seorang ibu pasti ingin memberikan hal yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk soal pemenuhan gizi bayi. Semua orang sepakat bahwa ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi berumur 1-12 bulan. ASI tidak hanya pilihan utama bagi para orang tua, tapi juga merupakan pilihan utama untuk semua bayi di dunia.

Namun karena faktor- faktor tertentu, seorang ibu harus memberikan susu formula daripada ASI. Misalnya ketika seorang ibu harus kembali bekerja pasca melahirkan atau karena alasan-alasan lainnya. Untuk itu, seorang ibu harus memilih susu formula yang terbaik untuk sang buah hati.

Banyak susu formula yang dapat menjadi pilihan. Dua di antaranya yaitu susu formula SGM dan susu formula Dancow. Jika kamu harus memilih, manakah yang akan kamu pilih? SGM atau Dancow? Pada artikel ini  akan membahas mengenai kedua susu tersebut.

SGM

Susu SGM merupakan merek susu yang dibuat oleh PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM) yang berdiri sejak tahun 1954. Tidak hanya SGM, merek lain yang dikeluarkan adalah LLM, dan Vitalag. Ini merupakan sebuah korporasi multinasional yang memproduksi berbagai macam produk susu nutrisi untuk anak dan ibu hamil. Perusahaan ini mempunyai beraneka macam varian produk susu untuk buah hati kamu. Baca juga Pilih Mana: SGM atau Frisian Flag?

Susu ini terdapat berbagai jenis nutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan anak seperti protein, asam lemak, karbohidrat, mineral (kalsium, fosfor), serta berbagai macam vitamin lainnya. Pentingnya susu sebagai nutrisi bagi ibu hamil serta anak, membuat masyarakat harus cerdas dalam memilih produk susu yang baik dan tepat bagi sang ibu maupun anak.

Varian SGM

SGM Ananda
Merupakan susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan sebagai pendamping ASI terbaik yang mencukupi kebutuhan gizi dengan baik. Susu formula ini bermanfaat melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi anak memberikan asupan nutrisi buah hati dengan baik, membantu tumbuh kembang sang anak dengan sempurna. Ada juga SGM Ananda Presinutri untuk usia 6-12 bulan.

Kandungan SGM AnandaFungsi
DHA dan AHAKedua ini memiliki fungsi untuk perangsang kecerdasan otak anak dan juga syaraf mata anak
Zat Besi Untuk membantu pembentukan sel darah dan mencegah masalah anemia,
KolinUntuk membantu pembentukan sel otak anak dan juga menjaga jantung anak agar tetap sehat
Prebiotik FOS-InulinUntuk mempertahankan fungsi saluran pencernaan bayi

SGM Eksplor 1+
Pastikan tumbuh kembang anak optimal dengan asupan nutrisi yang lengkap agar anak dapat menjadi anak generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri. Saat anak berusia 1-3 tahun, dia sedang seru-serunya mencoba hal-hal baru seperti belajar berjalan, mulai berbicara, dan mulai mengeksplorasi lingkungan sekitarnya

Kandungan SGM Eksplor 1+Fungsi
Omega 3 dan Omega 6Untuk kesehatan rambut , kuku, kulit pada anak dan juga mencegah kerusakan sel
Zat Besi Untuk membantu pembentukan sel darah dan mencegah masalah anemia,
KalsiumUntuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada anak
ZincUntuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak

SGM Eksplor 3+
Susu ini dikhususkan untuk usia 3-5 tahun, saat sanga anak berusia 3-5 tahun, dia sedang aktif-aktifnya bermain, berinteraksi dengan lebih banyak orang dan lingkungan yang lebih luas, serta mulai bersekolah. Karenanya, beri ia nutrisi seimbang yang sesuai untuk mendukung kebutuhan gizi dan untuk mendukung.

Kandungan SGM Eksplor 1+Fungsi
Omega 3 dan Omega 6Untuk kesehatan rambut , kuku, kulit pada anak dan juga mencegah kerusakan sel
Zat Besi Untuk membantu pembentukan sel darah dan mencegah masalah anemia,
KalsiumUntuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada anak
Protein Untuk sumber energi tubuh agar tetap sehat
VitaminVitamin terdiri dari A, C dan D3 ketiga fungsi ini untuk kesehatan kekebalan pada tubuh anak, kesehatan tulang dan gigi juga untuk menyerap dari zat fosfor pada vitamin C tersebut

Kelebihan SGM

  • Harga Lebih Terjangkau
    SGM termasuk ke dalam susu formula yang memiliki harga yang relatif lebih murah. Ini juga yang menjadi keunggulan susu SGM sehingga banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk memilih susu formula SGM ini.
  • Mengandung Protein
    Protein merupakan zat utama penyusun tubuh manusia. Susu SGM mengandung protein yang begitu baik untuk pertumbuhan sel-sel. Susu SGM dapat membuat anak memiliki bentuk tubuh yang terus berkembang. Mulai dari berat badannya hingga tinggi badannya. Protein yang terdapat dalam susu SGM ini memiliki peran yang sangat penting.
  • Kaya dengan Kalsium dan Fosfor
    Khasiat susu SGM kaya dengan kalsium dan fosfor adalah memberikan dampak baik untuk tubuh karena bisa membuat tubuh tulang anak  menjadi kuat. Kalsium dan fosfor ini dapat mencegah gangguan pertumbuhan tulang dan kerusakan tulang seperti rapuh dan bengkok.

Kekurangan SGM

  • Belum Menguasai Pasar
    Susu SGM belum menguasai pasar susu bubuk Indonesia. Hal ini dikarenakan susu SGM masih memiliki varian yang kurang banyak dibandingkan susu formula lainnya. Varian yang banyak ini memengaruhi keinginan anak untuk mengkonsumsi susu formula.
  • Memiliki Kandungan Gula yang Tinggi
    Susu SGM memiliki kandungan gula yang tinggi, hal ini sangat disayangkan karena jika anak kelebihan mengkonsumsi gula akan menyebabkan anak mengalami obesitas.
  • Dapat Menimbulkan Gejala Alergi Susu Sapi
    Hampir semua jenis susu formula memiliki kemungkinan untuk memunculkan gejala alergi susu sapi, termasuk susu SGM. Gangguan akibat ketidak cocokan susu formula bisa timbul karena reaksi cepat atau timbulnya gejala kurang dari 8 jam. Jika reaksi yang ditimbukan lebih lambat, gejala alergi tersebut baru timbul setelah lebih dari 8 jam. Terkadang reaksi baru muncul setelah minum susu 5 atau 7 hari. Tanda dan gejala ketidak cocok dengan susu formula atau alergi susu hampir sama dengan alergi makanan. Gangguan tersebut dapat mengganggu semua organ tubuh terutama pencernaan, kulit, saluran napas dan organ lainnya.

Susu Dancow

Susu Dancow merupakan merek susu yang dikeluarkan oleh PT. Nestle Indonesia. Susu Dancow menguasai 48,1% pasar susu bubuk di dalam negeri. Angka ini lebih kecil daripada angka sebelumnya yang mencapai 72,7%. Susu Dancow ini banyak menjadi pilihan para ibu untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Dancow juga merupakan merek susu formula terkemuka yang sudah banyak digunakan dan dipilih oleh banyak ibu-ibu di Indonesia. Hasil dari kandungan susu Dancow ini banyak didukung oleh ilmuwan dan doktor dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja sama untuk satu tujuan. Menghasilkan susu pertumbuhan terbaik untuk buah hati kamu.

Produk susu Dancow dengan formula lengkap, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar tepat seimbang di setiap tahap pertumbuhannya. Sesuai usia tumbuh kembangnya, anak kamu wajib mendapatkan nutrisi yang terbaik. Oleh karena itu,  tiap tetes Dancow memberikan manfaat untuk pertumbuhan optimalnya. 

Varian Dancow

Dancow 1+
Susu formula varian ini memiliki banyak nutrisi yang lengkap dan seimbang, sesuai untuk tahap pertumbuhan anak yang berumur 1-3 tahun. Dengan banyak kandungan yang baik susu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak .

Kandungan Dancow 1+Fungsi
Lactobacillus ProtectusUntuk dapat membantu menjaga daya tahan tubuh
Prebio 1Merupakan makanan untuk bakteri baik di saluran perncernaan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna
Vitamin C dan EBerguna sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas
DHAKandungan ini sangat membantu perkembangan otak anak
LA dan ALA(Linoleic Acid/Omega 6) dan ALA (Alpha-Linolenic Acid/Omega 3) merupakan asam lemak essensial prekursor AA dan DHA. Asam lemak essensial adalah asam lemak penting yang tidak dapat dibuat tubuh dan hanya didapat dari makanan

Dancow 3+
Saat anak menginjak usia 3 tahun, di samping asyik bermain dengan kreativitasnya, dia juga mulai bersosialisasi dengan lingkungan luar rumah, berkenalan dengan teman-teman baru, dan sadar akan keberadaannya sebagai bagian dari sebuah lingkungan sosial. Susu ini untuk usia anak 3-6 tahun.

Kandungan Dancow 3+Fungsi
Lactobacillus ProtectusUntuk dapat membantu menjaga daya tahan tubuh
Prebio 3Merupakan makanan untuk bakteri baik di saluran pencernaan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna
KalsiumUntuk menjaga kesehtan tulang dan juga perkembangan tulang serta gigi anak
LA (Linoleic Acid/Omega 6) dan DHAUntuk menjaga kesehatan mental anak dan juga perkembangan otak anak

Dancow 5+
Usia 5 tahun adalah saat anak mulai memasuki usia sekolah. Dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga stamina dan mendukung segala aktivitasnya. Susu formula Dancow 5+ ini untuk usia anak 5-12 tahun.

Kandungan Dancow 5+Fungsi
Lactobacillus ProtectusUntuk dapat membantu menjaga daya tahan tubuh
KalsiumUntuk menjaga kesehtan tulang dan juga perkembangan tulang serta gigi anak
LA (Linoleic Acid/Omega 6) dan DHAUntuk menjaga kesehatan mental anak dan juga perkembangan otak anak
Calci-NUntuk membantu kepadatan tulang dan mejaga kekutan peetumbuhan gigi pada anak

Kelebihan Dancow

  • Menguasai Pasar Susu Bubuk Indonesia
    Berdasarkan data yang didapat susu Dancow bisa dikatakan telah menguasai pasar susu bubuk Indonesia. Hal ini termuat dalam “Indonesian Consumer Profile 2008”. Susu Dancow bisa mendapatkan predikat ini karena kemampuannya untuk memberikan kebutuhan ibu untuk anaknya.
  • Memiliki Berbagai Nutrisi
    Susu Dancow Batita yang diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki berbagai nutrisi terpadu seperti, DHA, LA, ALA, Prebiotik, Lisin serta 26 Vitamin dan Mineral yang membantu batita tumbuh, aktif, dan tanggap. Rasa madunya juga sangat disukai anak. Berbagai nutrisi tersebut sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak.
  • Mengandung Lactobacilus Protektus
    Lactobacillus Protectus ini memiliki fungsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, membantu memberikan perlindungan yang lebih baik bagi anak. Selain itu, vitamin C dan E yang terkandung berguna sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kekurangan Dancow

  • Harga Mahal
    Susu Dancow memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan susu SGM atau juga susu formula lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan atau formula dalam susu Dancow lebih banyak daripada susu SGM.
  • Belum Ada Untuk Anak Bayi (0-6 bulan)
    Susu Dancow sebenarnya memiliki variasi susu yang sangat banyak. Namun, sayangnya susu Dancow belum memproduksi susu khusus bayi untuk umur 0 hingga 6 bulan, sehingga belum ada susu Dancow yang bisa menjadi pengganti ASI. Susu yang disediakan oleh Dancow adalah susu untuk anak yang sudah balita. Selain itu, susu Dancow juga belum menyediakan susu untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Bisa Menimbulkan Gejala Alergi Susu Sapi
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu formula yang ummunya terbuat dari susu sapi dapat mengakibatkan timbulnya alergi susu sapi pada anak. Dampak tersebut ditandai dengan adanya gangguan saluran pencernaan, gangguan pada kulit dan gangguan pernapasan. Efek ini hanya muncul pada anak yang memiliki alergi pada susu sapi saja.

Pilih Mana: SGM atau Dancow?

SGMDancow
Kelebihan- Harga yang dijual dan dipasarkan terjangkau - Banyak mengandung protein - Kaya dengan kalsium dan fosfor- Menguasai pasar susu bubuk Indonesia - Memiliki berbagai nutrisi - Mengandung Lactobacilus Protektus baik untuk kekebalan fisik dan daya tahan tubuh anak
Kekurangan- Kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan obesitas pada anak - Produk ini belum terlalu menguasi pasar - Dapat menimbulkan gejala alergi susu sapi- Harga yang termasuk mahal - Belum ada untuk anak bayi (0-6 bulan) - Bisa menimbulkan gejala alergi susu sapi

Kesimpulan

Susu SGM dan Susu Dancow adalah susu formula yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu membutuhkan susu untuk menggantikan ASI, maka susu formula SGM lebih baik kamu gunakan karena susu formula Dancow belum menyediakan susu formula khusus untuk anak umur 0 hingga 6 bulan. Sedangkan jika kamu membutuhkan susu untuk anak usia 1 hingga 3 hingga usia 5-12 tahun, susu formula Dancow menyediakan varian yang lebih banyak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SGM vs Dancow

VS

Leave a Reply