Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: SGM atau Frisian Flag?

Susu formula menjadi salah satu makanan anak kamu selepas ASI. Mungkin bisa jadi satu-satunya pilihan saat kamu tidak bisa memberikan ASI pada anak kamu. Pemilihan susu formula untuk anak memang harus benar-benar memilih yang baik, misalnya kamu harus mengetahui kandungan pada susu formula tersebut dan juga sehingga dapat dikonsumsi dengan anak tanpa adanya alergi dan komplikasi lainnya.

Seperti merek susu formula kedua ini yaitu SGM dan Frisian Flag yang bisa menjadi rekomendasi yang baik untuk anak kamu ya moms. Apa kelebihan dan kekurangan dari kedua susu formula tersebut? Penasaran ya moms? Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai susu formula tersebut moms,tetap baca artikel ini ya moms agar mengetahui lebih jelas mengenai susu SGM dan Frisian Flag.

SGM

Salah satu produk susu yang telah lama dikenal masyarakat Indonesia yaitu susu SGM. Susu SGM merupakan produk susu hasil produksi PT Sarihusada Generasi Mahardhika adalah perusahaan multinasional yang memproduksi aneka jenis produk nutrisi untuk ibu dan anak dengan kantor pusat di Yogyakarta, Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Chil Kid atau S-26?

Perusahaan ini awalnya didirikan pada tahun 1954 dengan nama NV. Saridele sebagai upaya bersama antara pemerintah Indonesia dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengatasi masalah malagizi yang terjadi saat itu. Setelah mengalami beberapa kali pergantian kepemilikan, akhirnya sejak tahun 2006 Sarihusada bergabung dalam kelompok usaha Danone di Indonesia.

Susu ini terdapat berbagai jenis nutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan anak seperti protein, asam lemak, karbohidrat, mineral (kalsium, fosfor), serta berbagai macam vitamin lainnya. Pentingnya susu sebagai nutrisi bagi ibu hamil serta anak, membuat masyarakat harus cerdas dalam memilih produk susu yang baik dan tepat bagi sang ibu maupun si kecil (si anak). 

Kelebihan SGM

Berikut di bawah ini merupakan beberapa kelebihan susu SGM:

  • Banyak Varian Ukuran dan Jenis
    Kelebihan yang pertama ini yaitu jika dibanding dengan susu formula lainnya susu SGM merupakan salah satu susu formula yang banyak mempunyai varian ukuran dan jenis terbanyak. Susu SGM hadir dengan berbagai macam ukuran dan jenis yaitu mulai dari 120 gram, 150 gram, 400 gr, 600 gram, sampai 1000 gram. Selain itu susu SGM tidak hanya ada untuk anak-anak ya moms, tetapi juga ada untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Harga Ekonomis
    Susu SGM memiliki harga yang cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan dengan susu formula lainnya, dengan harga yang ekonomis SGM tetap mengutamakan kandungan gizi.
Susu SGM mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Kandungan Prebiotik FOS Inulin yang dapat membantu mempertahankan fungsi saluran cerna serta Kolin berfungsi sebagai pembentuk fosfatidilkolin, yaitu bagian terpenting dari membran sel.
  • Memahami Kebutuhan Anak
    SGM tidak hanya mempunyai banyak varian ukuran dan jenis juga harga terjangkau, tetapi juga sangat memahami kebutuhan anak. Setiap anak memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Beberapa anak yang memiliki alergi terhadap protein, dan ada anak yang alergi terhadap susu sapi, dan anak yang tidak suka makan buah dan sayur. SGM mempunyai solusinya, jadi bagi orang tua yang mempunyai anak dengan kondisi itu tidak perlu khawatir. SGM juga hadir dengan beberapa varian susu yang dikhususkan untuk memahami kebutuhan anak yaitu SGM Eksplor PhPro untuk si kecil yang alergi protein, SGM Eksplor Soya untuk anak yang alergi susu sapi dan SGM Eksplor Buah dan Sayur untuk anak yang tidak suka makan buah dan sayur.

Tabel di bawah ini beberapa jenis susu SGM sesuai usia anak.

JenisUsia
SGM AnandaUntuk usia anak 0-6 bulan
SGM Ananda PresinutriUntuk usia anak 6-12 bulan
SGM Eksplor 1+Untuk usia anak 1-3 tahun
SGM Eksplor 3+Untuk usia anak 3-5 tahun

Kekurangan SGM

Berikut kekurangan SGM yang perlu Anda ketahui :

  • Kandungan Gula Tinggi
    Jika dibandingkan dengan kebanyakan susu formula lainnya, susu SGM ini mempunyai kandungan gula yang sedikit lebih tinggi. Hal ini tentunya dapat menyebabkan obesitas pada si kecil karena mengonsumsi gula yang berlebihan. Kandungan gula yang tinggi ini sangat disayangkan sekali.
  • Kualitas yang Sering Diragukan
    Susu SGM merupakan produk nasional yang sebagian orang tua sering kali meragukan kualitas susu SGM karena harganya di pasaran yang lebih murah dibandingkan dengan susu-susu merek lain. Apakah moms termasuk meragukan susu merek SGM ini?
  • Belum Menguasai Pasar
    Susu SGM juga belum terlalu menguasi pasar dibandingkan dengan susu formula lainnya yang ada di Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh susu SGM belum memiliki varian rasa yang berbagai macam. Varian yang beragam ini memengaruhi keinginan anak untuk mengonsumsi susu.

Frisian Flag

Frisian Flag merupakan salah satu produk susu yang telah dipasarkan sejak tahun 1871 di dunia dan tahun 1922 di Indonesia, rangkaian susu kental manis Frisian Flag telah menemani masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu.

Susu Frisian Flag diproduksi dengan bahan dasar susu yang pada proses produksinya menggunakan teknologi yang modern serta melalui sistem jaminan mutu dan keamanan produk, susu kental manis Frisian Flag menjadi produk unggulan dengan rasa lezat dan juga enak.

Saat ini merek susu yang dipasarkan oleh Frisian Flag Indonesia selain Frisian Flag, adalah Friso dan Omela, tersedia dalam bentuk susu kental manis, susu cair UHT dan susu bubuk. Semua produk susu Frisian Flag Indonesia diproses di pabrik modern yang sudah menerapkan standar Good Manufacturing Practices (GMP).

Prinsip-prinsip produksi yang baik dan menggunakan teknologi proses yang modern dengan menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan produk yang dijamin oleh sistem Food Safety System Certification (FSSC) dan menerapkan standar produk yang ketat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Kelebihan Frisian Flag

Berikut di bawah ini merupakan beberapa kelebihan susu Frisian Flag:

  • Dapat Dikombinasikan dengan Makanan Dan Minuman
    Kelebihan yang pertama ini sudah diketahui banyak orang yaitu susu Kental Manis Frisian Flag dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan maupun minuman dan sebagai pelengkap sajian. Kombinasi susu Frisian Flag dengan bahan makanan maupun minuman, dapat menghasilkan menu makanan dan minuman yang sehat dan pastinya menambah kelezatan cita rasa pada makanan dan minuman.
  • Beragam Varian Rasa dan Kemasan
    Susu kental manis Frisian Flag ada dalam berbagai varian rasa mupun kemasan. Adapun berbagai varian rasa susu kental manis Frisian Flag yaitu, Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold, Susu Kental Manis Lemak Nabati, Frisian Flag Bendera Kental Manis, Susu Kental Manis Frisian Flag Bendera Cokelat, Krimer Kental Manis, Frisian Flag Bendera Cocopandan dan Krimer Kental Manis Omela. Semua produk Frisian flag juga ada dalam bermacam varian kemasan, yaitu kemasan kaleng, pouch dan kemasan sachet yang praktis dan ekonomis.
  • Praktis dan Mudah Dikonsumsi
    Susu Susu Kental Manis Frisian Flag tersedia dengan kemasan yang praktis, sehingga susu ini mudah dikonsumsi dimanapun dan kapanpun. Beberapa produk Frisian flag yang siap minum yaitu, Frisian Flag Kid dan Milky.
Ada juga susu siap minum Frisian Flag Kid dan Frisian Flag Milky tentunya mengandung berbagai macam kebaikan untuk menunjang aktivitas anak dalam masa pertumbuhan. Sebab Frisian flag tidak hanya mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak), tetapi juga zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral) untuk mendukung pertumbuhan anak dengan rasa yang enak.

Tabel di bawah ini beberapa jenis susu Frisian Flag sesuai usia anak.

JenisUsia
Frisian Baby Tahap 1Untuk usia anak 0-6 bulan
Frisian Baby Langkah LanjutanUntuk usia anak 6-12 bulan
Frisian Flag Jelajah 123Untuk usia anak 1-3 tahun
Frisian Flag 456 PrimanutriUntuk usia anak 4-6 tahun

Kekurangan Frisian Flag

Berikut di bawah ini merupakan beberapa kelebihan susu Frisian Flag:

  • Kandungan Lemak yang Tinggi
    Susu kental Manis Frisian Flag memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan produk susu lainnya. Kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan kegemukan bagi anak yang mengkonsumsi susu ini.
  • Kandungan Gula yang Tinggi
    Berdasarkan penelitian yang ada, susu Frisian flag terbukti memiliki kandungan gula yang begitu tinggi dibandingkan kandungan nutrisi lainnya. Kandungan gula yang tinggi, tentunya sangat berdampak pada tubuh, karena dapat menyebabkan obesitas pada anak karena mengonsumsi gula yang berlebihan.
  • Bukan Pengganti ASI
    Kandungan nutrisi pada susu kental manis Frisian Flag yang tidak setara dengan kandungan nutrisi yang ada pada susu ASI. Banyaknya kandungan gula dan juga lemak, menjadikan susu ini tidak begitu direkomendasikan bagi balita, remaja bahkan dewasa. Susu ini hanya sesuai untuk susu pendamping anak saja.
Untuk pemilihan susu formula anak memang harus benar-benar memilih susu formula yang tepat, dan juga susu formula pada dasarnya sudah memiliki kandungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk anak  ya moms. Pilihlah susu formula sesuai dengan umur anak juga ya moms, dan jika terjadi alergi pada anak berhentikan konsumsi susu formula tersebut dam mulai cari susu formula yang lain.

Pilih Mana: SGM atau Frisian Flag?

SGMFrisian Flag
Kelebihan- Harga yang dijual dan dipasarkan terjangkau - Banyak varian ukuran dan jenis susu - Terdapat jenis susu yang sangat dibutuhkan oleh keadaan anak- Susu ini dapat dikombinasikan dengan makanan dan minuman - Beragam varian rasa dan bentuk kemasan - Banyak kemasan yang praktis dan mudah dikonsumsi
Kekurangan- Kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan obesitas pada anak - Kualitas produk masih banyak diragunakan - Produk ini belum terlalu menguasi pasar- Kandungan lemak yang tinggi - Kandungan gula yang tinggi - Banyak riset mengatakan bahwa susu ini tidak cocok untuk pengganti ASI dan hanya cocok untuk pendamping saja

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai susu SGM dan Frisian Flag yang telah dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, masing-masing produk memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Tetapi saya lebih merekomendasikan susu SGM karena susu ini tidak hanya aman dikonsumsi anak balita, namun juga terdapat susu untuk ibu hamil baik bagi proses pertumbungan janin di dalam kandungan serta baik bagi ibu yang sedang menyusui.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SGM vs Frisian Flag

VS

 

Leave a Reply