Pilih Mana : SGM atau Lactogen?

Loading...

ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan terbaik untuk si kecil yang berumur 0-2 tahun. Namun yang terkadang menjadi masalah adalah apabila si kecil tidak dapat atau kurang mengonsumsi ASI karena berbagai kondisi. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan PASI (Pengganti ASI) yaitu berupa susu formula. Terkait susu formula sebelumnya telah kami bahas dalam ASI Perah atau Susu Formula.

Dikutip dari Kompas.com, penggunaan PASI (Pengganti ASI) lantas membuat orang tua dihadapkan pada masalah pemilihan jenis susu formula yang tepat dan baik untuk si kecil. Masalah ini diperumit dengan semakin banyaknya merek susu formula yang beredar di pasaran contohnya SGM dan Lactogen. Susu formula berbeda dengan susu sapi murni, meskipun susu formula terbuat dari bahan baku susu sapi. Dalam susu formula ada tambahan nutrisi yang sudah disesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan si kecil. Karena itu, pemberian susu formula kepada si kecil harus sesuai dengan kebutuhan dan kandungan yang telah dianjurkan. Lantas manakah yang lebih baik SGM atau Lactogen?

SGM

Sarihusada selaku produsen susu SGM pada awal-awal berdiri bernama Saridele dimana produsen ini awalnya memproduksi susu berbahan dasar kacang kedelai. Seiring perkembangan zaman, Saridele bertransformasi menjadi Sarihusada dan mulai memproduksi susu sapi dengan nama SGM yang merupakan singkatan dari Sarihusada Generasi Mahardika. Selama 60 tahun Sarihusada berkomitmen dalam memberikan nutrisi untuk bangsa. Oleh karena itulah SGM terus melakukan inovasi sehingga anak-anak Indonesia dapat mendapatkan nutrisi yang baik dengan harga terjangkau.

Kelebihan SGM

Berikut kelebihan SGM yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Terjangkau

Untuk harga susu formula, SGM termasuk susu formula dengan harga paling terjangkau dari merek-merek susu formula lainnya. Walaupun murah, SGM tetap mementingkan kandungan gizi. SGM sendiri mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Prebiotik FOS Inulin yang membantu mempertahankan fungsi saluran cerna. Kolin berperan sebagai pembentuk fosfatidilkolin, bagian terpenting dari membran sel.

  • Banyak Variasi Ukuran

Selain murah, Susu SGM hadir dengan beragam ukuran kemasan dibandingkan merek-merek susu formula lain yaitu 120 gr, 150 gr, 400 gr, 600 gr dan 1000 gr. Hal ini sangat membantu orang tua yang ingin mengetahui apakah susu SGM cocok atau tidak dengan si kecil, dan sangat membantu juga untuk orang tua yang berencana mengganti susu formula.

  • Memahami Kebutuhan Anak

SGM sangat memahami kebutuhan anak. Setiap anak memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Ada anak yang alergi terhadap protein, ada anak yang alergi terhadap susu sapi, dan ada anak yang tidak suka makan buah dan sayur. Nah, bagi orang tua yang mempunyai anak dengan kondisi tersebut tak perlu khawati karena SGM punya solusinya. SGM hadir dengan berbagai jenis susu yang cocok untuk yakni SGM Eksplor PhPro untuk anak yang alergi protein, SGM Eksplor Soya untuk anak yang alergi susu sapi dan SGM Eksplor Buah dan Sayur untuk anak yang tidak suka makan buah dan sayur.

Loading...

Kekurangan SGM

Berikut kekurangan SGM yang perlu Anda ketahui :

  • Sering diragukan

Sebagian orang tua kerap kali meragukan kualitas susu SGM karena harganya di pasaran yang lebih murah dibandingkan dengan susu-susu merek lain.

  • Kandungan Gula Tinggi

Jika Anda memperhatikan lebih jeli dan membandingkannya dengan produk lain, susu SGM memiliki kandungan gula yang sedikit lebih tinggi. Hal ini diduga dapat menyebabkan obesitas pada si kecil karena mengonsumsi gula secara berlebih.

  • Belum Menguasai Pasar

Susu SGM dapat dikatakan belum menguasi pasar susu formula di Indonesia. Hal ini dikarenakan susu SGM masih memiliki varian rasa yang kurang banyak. Varian yang banyak ini memengaruhi keinginan anak untuk mengonsumsi susu.

Kelebihan SGMKekurangan SGM
- Harga Terjangkau- Sering diragukan
- Banyak Variasi Ukuran- Kandungan Gula Tinggi
- Memahami Kebutuhan Anak- Belum Menguasai Pasar

Lactogen

Lactogen merupakan susu formula yang diproduksi oleh Nestle. Nestle sendiri merupakan perusahaan multi-internasional yang berpusat di Vevey, Swiss dan didirikan pertama kali pada tahun 1868 oleh Hendry Nestle. Perusahaan yang memang berfokus pada produk makanan nutrisi dan minuman nutrisi, seperti makanan bayi, susu formula, kopi, hingga cokelat ini telah hadir di 191 negara termasuk Indonesia dan memiliki lebih dari 200 merek salah satunya yaitu Lactogen.

Kelebihan Lactogen

Berikut kelebihan Lactogen yang perlu Anda ketahui :

  • Kaya Kalsium

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu Lactogen sangat berguna untuk tubuh si kecil. Kalsium akan membantu membentuk dan menguatkan tulang dan gigi si kecil.

  • Kandungan Nutrisi dan Vitamin Lengkap

Lactogen mengandung probiotik dengan serat Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS) yang membantu menjaga fungsi saluran cerna. Selain itu, juga mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, protein, 12 vitamin dan 11 mineral. Kandungan zat besi di dalamnya juga dapat membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Semua kandungan ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

  • Menjaga Kesehatan Mental

Lactogen mengandung LA dan ALA yang tinggi. Kandungan ini merupakan sumber asam lemak yang berguna untuk pembentukan DHA untuk menjaga kesehatan mental dan perkembangan otak si kecil.

Kekurangan Lactogen

Berikut kekurangan Lactogen yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Mahal

Lactogen memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan susu formula merek SGM. Hal ini dikarenakan kandungan Lactogen lebih banyak daripada susu SGM.

  • Tidak Tersedia Dalam Ukuran Kecil

Tidak seperti susu SGM, Lactogen tidak menyediakan kemasan susu dalam ukuran kecil. Hal ini tentu cukup menyulitkan orang tua yang ingin membeli dalam ukuran yang kecil sebagai tester terlebih harganya yang lebih mahal dari susu SGM.

  • Sulit Ditemukan

Salah satu yang menjadi kekurangan Lactogen adalah produk ini sulit ditemukan. Anda harus meluangkan waktu ke supermarket jika ingin membeli Lactogen.

Kelebihan LactogenKekurangan Lactogen
- Kaya Kalsium- Harga Mahal
- Kandungan Nutrisi dan Vitamin Lengkap- Tidak Tersedia Dalam Ukuran Kecil
- Menjaga Kesehatan Mental- Sulit Ditemukan

Pilih Mana : SGM atau Lactogen?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara SGM dan Lactogen. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan antara SGM dan Lactogen tersebut pada tabel berikut ini :

SGMLactogen
- Harga Terjangkau- Harga Mahal
- Banyak Variasi Ukuran- Tidak Tersedia dalam Ukuran Kecil
- Kandungan Gula Tinggi- Kandungan Nutrisi dan Vitamin Lengkap
- Cek harga SGM online termurah, Klik di sini- Cek harga Lactogen online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai SGM dan Lactogen yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa kedua produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan Lactogen karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang lengkap, sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SGM vs Lactogen

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *