AplikasiLayanan

Pilih Mana: Shopee atau Lazada?

Semakin hari, semakin ketat persaingan antara e-commerce di Indonesia, termasuk Shopee dan Lazada. Kedua marketplace ini cukup gesit meraih minat pasar, terutama populasi generasi muda yang haus akan belanja. Shopee dan Lazada juga terus meningkatkan performa mereka untuk menyaingi e-commerce lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak. Namun jika harus memilih, lebih baik mana diantara Shopee atau Lazada? Mari kita kupas perbedaan keduanya pada artikel ini.

Setelah sebelumnya kita membahas soal Lazada atau Bukalapak, kali ini kita akan membandingkan Shopee dengan Lazada, yang sampai sekarang masih menempati posisi puncak sebagai marketplace yang mempunyai jumlah pengunjung paling tinggi.

Shopee

Shopee merupakan sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa harus ribet menggunakan perangkat komputer. Namun cukup menggunakan smartphone anda, Shopee akan menawarkan berbagai macam produk-produk fashion hingga produk untuk kebutuhan sehari-hari.

Shopee ikut meramaikan pasar Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan mulai beroperasi sejak Juni 2015. Shopee merupakan sebuah anak perusahaan dari Garena yang berbasis di Singapura.

CEO Shopee, Chris Feng, mengatakan sejak soft launching pada Juni tahun 2016 Aplikasi ini mudah diterima di Asia Tenggara. Kini Shopee telah menyebar di berbagai Negara di Kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filiphina, dan Indonesia.

Fitur – Fitur Shopee

1. Iklanku/My Ads
Iklanku merupakan salah satu fitur promosi berbayar di Shopee yang bisa membantu meningkatkan exposure produk di hasil pencarian. Dengan mengaktifkan Iklanku, produk kalian bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

2.Promo Toko
Jika ingin memberikan diskon khusus untuk produk tertentu, Promo Toko jadi fitur yang cocok nih untuk kalian, Promo Toko memungkinkan kalian mengatur diskon produk sendiri sesuai dengan budget kamu dengan jangka waktu yang bisa ditentukan.

3.Promo Shopee
Shopee selalu menawarkan promo-promo dengan kategori tertentu untuk mendukung penjualan produk. Jadi, selalu rajin cek Promo Shopee di Seller Centre, siapa tahu produk kamu bisa dinominasikan.

4. Produk Pilihan Toko
Fitur promosi terbaru dari Shopee ini membantu toko kamu untuk bisa membuat koleksi produk yang terdiri dari 4-8 produk andalan toko untuk ditampilkan di halaman produk. Dengan fitur ini, semakin banyak produk kamu yang mendapatkan exposure lebih di mata pembeli.

Kelebihan Shopee

Berikut beberapa kelebihan Shopee yang perlu Anda ketahui:

  • Kemudahan menginput gambar produk
    Jika Anda ingin mendaftar sebagai penjual di Shopee, maka salah satu fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah kemudahan menginput gambar produk untuk dipasarkan di sana. Anda bisa mengunggah foto barang dagangan hingga 9 foto sehingga para pembeli dapat melihat lebih jelas tentang produk yang mereka beli.
  • Transparan soal transaksi
    Di Shopee, Anda akan merasakan begitu transparan situs jual beli ini soal transaksi pembelian atau penjualan produk. Terdapat fitur pemberitahuan khusus dalam pembayaran hingga penyelesaian transaksi. Fitur ini sangat memudahkan penjual maupun pembeli dalam mengecek segala proses jual beli online mereka.
  • Aplikasi Shopee tersedia di Android maupun Apple
    Tidak semua orang bisa dengan mudah membuka laptop atau PC hanya untuk belanja online. Oleh karena itu, Shopee mewujudkan keinginan semua orang untuk mendapatkan sebuah aplikasi dengan antarmuka yang ringan digunakan. Anda bisa menemukan aplikasi Shopee di Google Play Store maupun AppStore.

Kekurangan Shopee

Berikut beberapa kekurangan Shopee yang perlu Anda ketahui:

  • Cukup rumit
    Bagi Anda yang tidak suka dengan aplikasi yang sedikit ribet, mungkin Anda juga akan setuju bila Shopee adalah situs atau aplikasi jual beli yang agak rumit. Beberapa hal yaitu adanya bagian pembeli dan penjual yang terpisah sehingga tampak tidak efisien, meski sebenarnya ini cukup membantu. Kemudian untuk promosi gratis ongkir, syarat yang harus dipenuhi juga sedikit sulit dan merepotkan.
  • Pencairan dana cukup lama
    Dari sisi penjual, setelah proses transaksi selesai, pencairan dana dari Shopee pay ke rekening bank penjual sedikit memakan waktu. Bisa sampai satu sampai dua hari. Dari sisi pembeli, tampilan dari penjelasan produk terlihat kurang menarik untuk sebagian orang.
  • Sering gagal mengunggah
    Apabila penjual ingin mengunggah foto dalam jumlah yang banyak, tidak jarang foto yang diunggah mengalami crash atau kesalahan sehingga gagal diupload. Dalam penginputan nomor resi via aplikasi juga sering gagal hingga perlu dilakukan beberapa kali.
Kelebihan ShopeeKekurangan Shopee
- Kemudahan Menginput Gambar Produk- Cukup Rumit
- Transparan soal Transaksi- Pencairan Dana Cukup Lama
- Aplikasi Shopee Tersedia di Android maupun Apple- Sering Gagal Mengunggah

Lazada

Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman.

Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, Lazada Singapore, dan Lazada Filipina.

Fitur – Fitur Shopee

1. Mudah dalam mencari kebutuhan
Memasuki halaman utama Lazada, Anda akan disuguhkan kolom pencarian. Disana, Anda bisa mengetik kategori, nama barang, hingga merek barang untuk mencari produk yang Anda inginkan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Tokopedia atau Bukalapak?

2. Pilihan produk terpopuler
Jika Anda takut produk yang Anda pesan tidak sesuai keinginan, Anda bisa pilih menu produk terpopuler untuk melihat produk yang paling diminati dan sudah dibeli oleh banyak orang.

3. Rating produk
Ketika mencari produk, kita bisa mengatur rating atau kualitas produk mulai dari tertinggi hingga terendah, termahal hingga termurah.

4. Ongkos kirim ringan
Adanya ongkos kirim mungkin menjadi kekurangan online shop atau penjualan online, tapi tenang, di Lazada Anda bisa saja tidak terkena biaya ongkos kirim alias gratis ongkir dengan syarat dan ketetntuan tertentu.

Kelebihan Lazada

Berikut ini beberapa kelebihan Lazada yang perlu Anda ketahui:

  • Bebas ongkos kirim
    Lazada menyediakan layanan terpadu untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika di daerah Jabotabek dan pembelian di atas Rp. 100.000 per September 2019, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Tapi apabila diluar Jabotabek, maka masuk dalam wilayah 2 dan 3. Di wilayah 2, pengirimiman akan gratis kalau pembelian di atas Rp. 90.000 per September 2019 dan berat barang kurang dari 6 kg. Dan untuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
  • Banyak diskon
    Siapa yang tidak suka diskon? Semuanya pasti menyukainya terlebih lagi kaum hawa. Untuk itu, Lazada sangat mengerti keinginan konsumennya karena sering memberikan diskon-diskon menarik pada produk yang diperdagangkan. Diskon yang diberikan juga bermacam-macam, mulai dari 10 % hingga di atas 50%.
  • Pengiriman barang cepat
    Sebagai pembeli, Anda tentu mengharapkan barang yang dibeli dengan cepat dikirim, tanpa kerusakan atau cacat. Oleh karena itu, Lazada tampaknya tahu persis kebutuhan konsumen, sehingga mereka mengirimkan barang dengan cepat setelah pembayaran diterima.

Kekurangan Lazada

Berikut ini kekurangan Lazada yang perlu Anda ketahui:

  • Konfirmasi pembayaran lama
    Sebagai pembeli, tentu saja Anda ingin mendapat kepastian dalam berbelanja, namun sayangnya konfirmasi pembayaran yang diterima oleh para pembeli di Lazada cukup lama sehingga sering membuat pembeli khawatir.
  • Fasilitas COD masih belum tersedia di banyak kota
    Fasilitas COD yang ditawarkan memang sangat bagus untuk konsumen, tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu diharapkan Lazada bisa membuat fasilitas ini dapat digunakan oleh konsumen di berbagai kota Indonesia.
  • Pengembalian dana cukup lama jika ada pembatalan
    Jika transaksi dibatalkan, maka dana yang telah ditransfer sebelumnya cukup lama untuk dikembalikan. Seringkali, para pembeli harus komplain berkali-kali agar bisa diproses sesegera mungkin. Tidak seperti Shopee yang sudah memiliki penyimpanan saldo yaitu Shopee pay, sehingga jika ada pembatalan atau pengembalian dana, uang akan ditampung disana.
Kelebihan LazadaKekurangan Lazada
- Bebas Ongkos Kirim- Konfirmasi Pembayaran Lama
- Banyak Diskon- Fasilitas COD masih belum tersedia di banyak kota
- Pengiriman Barang Cepat- Pengembalian Dana Cukup Lama jika ada Pembatalan

Shopee vs Lazada

Tampilan seluler
Aplikasi Lazada memuat lebih cepat dan memiliki desain yang lebih rapi, lebih teratur daripada aplikasi Shopee. Halaman produk Lazada memiliki deskripsi produk yang lebih rinci dan mudah dibaca dengan lebih banyak gambar daripada pesaingnya.

Aplikasi Lazada juga lebih mudah dinavigasi. Ketika Anda membuka halaman produk, Anda dapat dengan cepat pergi ke bagian-bagian seperti Peringkat dan Rekomendasi tanpa menggulir ke bawah halaman, karena tautan dapat diketuk di bagian atas layar. Ini memudahkan pengguna ponsel untuk menemukan penawaran hebat pada produk yang akan mereka beli.

Aplikasi Shopee juga mudah dijelajahi. Tetapi perlu meningkatkan kecepatannya, karena layar Beranda, hasil pencarian, dan gambar di halaman produk butuh waktu cukup lama untuk dimuat.

Harga
Shopee merupakan opsi aplikasi yang lebih hemat biaya untuk belanja online. Misalnya, beberapa penjualnya menawarkan diskon kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar. Pelanggan bahkan dapat menawar harga yang lebih murah dengan penjual melalui obrolan.

Shopee juga memiliki fitur Jaminan Harga Terendah yang memungkinkan pelanggan mengklaim 120% dari selisih harga (dalam Koin Shopee, yang dapat digunakan untuk mendapatkan diskon pada pesanan berikutnya) jika mereka menemukan produk yang sama dengan harga lebih murah dari pesaing utamanya, Lazada.

Meskipun kedua situs belanja online Shopee dan Lazada memberikan penawaran hebat, Shopee umumnya menawarkan harga yang lebih rendah daripada Lazada. Menjual barang-barang yang lebih murah telah membuat Shopee menjadi “Divisoria online” di antara penggemar belanja online.

Pilih Mana: Shopee atau Lazada?
Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan antara Shopee dan Lazada. Supaya lebih jelas, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

ShoppeLazada
- Transparan soal Transaksi- Gratis ongkir
- Tersedia dalam bentuk aplikasi- Melayani COD
- Tersedia beberapa fitur menarik- Pengiriman barang cepat

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Shopee dan Lazada, kita bisa melihat bahwa keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan pada Anda untuk lebih memilih Shopee karena kini harga yang diperjual-belikan di sana lebih murah dibandingkan marketplace lainnya. Namun, jika kalian lebih suka pengiriman barang cepat, opsi belanja lainnya dengan Lazada. Namun, Itu semua tergantung pada prioritas anda sebagai konsumen sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Shopee vs Lazada

VS

Leave a Reply