AplikasiApplicationGadgetsLayanan

Pilih Mana: Shopee atau TikTok Shop?

Sejak dulu hingga saat ini, belanja merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan banyak orang untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari kebutuhan primer hingga sekunder. Sebelum adanya teknologi secanggih sekarang, kita harus keluar rumah dan mendatangi toko untuk berbelanja. Namun saat ini kemajuan teknologi memudahkan kita untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan tanpa harus ke luar rumah, yaitu dengan berbelanja secara online.

Kemudahan belanja online juga semakin dipermudah dengan hadirnya berbagai e-commerce yang terpercaya dan terjangkau di Indonesia. Berbagai e-commerce di Indonesia pun sudah memiliki aplikasi serta sistem belanja yang semakin mumpuni. Apalagi ditambah dengan promo dan potongan harga yang semakin meramaikan industri toko digital di Indonesia.

Dari sekian banyak aplikasi e-commerce yang ada di Indonesia, terdapat beberapa e-commerce atau toko digital yang terjangkau dan terpercaya seperti halnya Shopee dan TikTok Shop, aplikasi yang saat ini populer di masyarakat Indonesia.

Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak kelebihan dan kekurangan kedua aplikasi tersebut!

Shopee

Shopee adalah salah satu Marketplace terbesar yang ada di Indonesia, shopee sendiri memiliki fitur layanan jual beli barang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dengan system pelayanan jual beli online. Baca Juga Pilih Mana: Tokopedia atau Lazada?

Diluncurkan tahun 2015, Shopee menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat. Hanya dengan memesan melalui HP, pesanan Anda akan langsung di kirim sesuai alamat rumah yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

Shopee pun sangat memudahkan kalian dalam melakukan transaksi jual beli barang. Selain harga yang di tawarkan murah, keamanan pengguna pun terjamin oleh Shopee. Sehingga barang yang Anda jual tidak akan hilang.

Kelebihan Shopee

1. Aplikasi Mudah Digunakan
Satu hal yang di idamkan oleh banyak orang ialah kemudahan, dan tidak ribet seperti Shopee yang ada di saat ini. Shopee sendiri memiliki fitur aplikasi yang dapat kalian Download di Play Store melalui HP kalian.

Ada banyak macam produk yang dapat Anda pilih mulai dari jenis pakaian, HP, Laptop, dan lain sebagainya. Selain itu, Shopee memiliki jaminan harga termurah dibandingan dengan harga toko offline. Sehingga tidak heran jika Shopee memiliki ribuan pelanggan atau pengunjung dalam setiap harinya.

2. Cara Pembayarannya Beragam
Selain memberikan layanan aplikasi yang mudah digunakan, Shopee sendiri masih menyediakan berbagai cara pembayaran yang memudahkan kalian untuk melakukan pembayaran. Diantaranya transfer Bank atau Antar ATM, Indomaret, Alfamart, Dana, Shoppepay, Kredivo dan lain sebagainya.

3. Memiliki Fitur COD (Cash on Delivery)
Bagi Anda yang masih taku dengan penipuan ataupun kehilangan barang. Jangan khawatir, Shopee menyediakan pembayaran dengan system COD (Cash on Delivery). Faktanya, fitur layanan COD saat ini banyak dipakai oleh masyarakat atau pelanggan dalam melakukan pembelian di Marketpalce di Shopee.

4. Sering Memberikan Promo Menarik
Satu hal yang paling ditunggu-tunggu dari setiap belanja online, yakni promo yang menarik dengan harga termurah. Mulai dari Diskon-diskon besar, Gratis ongkir, dan potongan-potongan harga lainya.

Shopee biasanya akan memberikan promo besar di hari-hari tertentu misal di hari special tanggal-tanggal tertentu dan hari-hari besar lainnya. Tak heran jika aplikasi satu ini banyak di sukai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Lihat juga:  Pilih Mana: Rumahweb atau DomaiNesia?

Kekurangan Shopee

1. Customer Service Slow Respon
Kekurangan yang pertama, biasanya di Customer Service Shopee lama dalam merespon keluhan pelanggan, mulai dari pengiriman hingga berbagai komplain yang di alami oleh pelanggan pada umumnya.

2. Promo Gratis Ongkir Namun Ribet
Promo memang sangat menggiurkan, namun ada kalanya ketentuan promo ongkir yang berlika-liku dan terkesan ribet membuat masyarakat atau pelanggan mengeluh dalam hal itu.
Biasanya promo gratis ongkir hanya akan berlaku terhadap orang-orang yang biasa belanja melebihi nominal tertentu.

3. Pemilik Toko Yang Kurang Baik
Sering kali saat berbelanja, kita akan menemukan pemilik toko yang kurang ramah dalam melayani pelanggan apa lagi jika pelanggan tersebut banyak bertanya terlalu detail memang akan menguras emosi. Namun hal ini lumrah terjadi, dan seharusnya pemilik toko lebih menghargai calon pembeli.

TikTok Shop

Saat ini popularitas TikTok benar-benar merajai media sosial. Bagaimana tidak, aplikasi yang banyak digunakan untuk hiburan tersebut kini telah merambah ke dunia marketplace. TikTok Shop kini menyediakan layanan belanja layaknya marketplace pada umumnya.

Cara menggunakannya pun tergolong mudah, hanya dengan membuat akun dan mendaftar, Anda bisa langsung mencoba fitur belanja atau menjual yang telah disediakan oleh TikTok.

Kelebihan TikTok Shop

1. Pendaftaran Mudah
Seperti halnya platform belanja online pada umumnya, pendaftaran akun TikTok Shop sangatlah mudah. Cukup dengan memverifikasi data seperti KTP, paspor serta data buku tabungan yang nantinua berfungsi mencairkan uang nantinya.

2. Upload Produk Tidak Ribet
Selain pendaftran yang mudah, cara mengupload produknya pun cukup mudah seperti halnya hendak mengupload foto/video di media sosial.

3. Cara Belaja Mudah
Tidak seperti marketplace lain yang ketika masuk halangan, langsung diperlihatkan dengan semua jenis produk atau toko. Cara berbelanja di TikTok pun juga mudah, Anda tinggal mencari kata kunci barang ingin Anda cari, lalu Anda akan melihat berbagai macam pilihan produk tersebut.

4. Tersedia Fitur COD
Seperti halnya Shopee, fitur COD pun sudah tersedia di TikTok. Sehingga Anda tak perlu khawatir takut barang hilang atau tidak sesuai dengan yang Anda harapan.

Kekurangan TikTok Shop

1. Verifikasi akun cukup lama
Untuk setiap pendaftaran akun baru, tentu memerlukan waktu verifikasi. Namun terkadang, TikTok justru lama dalam merespon hal tersebut yang menyebabkan kemudahan dalam menggunakan TikTok yang digaungkan menjadi tidak relevan.

2. Pencairan Saldo ke Rekening Terkadang Lama
Bagi Anda pemilik toko online, tidak hanya perpindahan hasil penjualan ke saldo saja yang lama. Ada kalanya pencairan ke rekening pun cukup lama, kurang lebih 1 minggu.

Pilih Mana: Shopee atau TikTok Shop?

Kesimpulan

Shoppe memang masih menjadi alternative belanja terbaik hingga saat ini. Namun, dengan hadirnya TikTok Shop, menjadi persaingan tersendiri dalam merebut hati pelanggan di Indonesia. Akan tetapi bagi Anda pemilik toko online, hal ini tentu menjadi lading tambahan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari penjualan produk. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Shopee atau TikTok Shop

VS