Aplikasi

Pilih Mana: Shopify atau WooCommerce?

Membuat toko online bukanlah hal yang sangat mudah. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satu hal yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan adalah memilih platform yang tepat. Dua platform yang layak menjadi pilihan Anda adalah Shopify dan WooCommerce. Manakah yang paling tepat untuk digunakan? Shopify atau WooCommerce?

Shopify merupakan platform eCommerce yang akan membantu Anda dalam melakukan banyak aktivitas untuk toko online. Sedangkan WooCommerce merupakan plugin eCommerce untuk WordPress yang juga membantu Anda memberikan layanan untuk toko online. Baca juga Pilih Mana: Traveloka atau Tiket.com?

Shopify

Shopify adalah platform eCommerce all-in-one yang memudahkan Anda untuk membuat toko online, menerima pembayaran, dan mengelola inventaris Anda semua dari satu platform tanpa pernah mengkhawatirkan aspek teknis pengelolaan situs web seperti web hosting, keamanan, cache, dan sebagainya.

Kelebihan Shopify

Berikut beberapa kelebihan Shopify yang perlu Anda ketahui:

Mudah untuk Digunakan
Salah satu kelebihan Shopify adalah memiliki kemudahan dalam penggunaan. Shopify adalah platform yang dihosting sepenuhnya yang berarti Anda tidak perlu menginstal, mengelola, atau memperbarui perangkat lunak apa pun. Anda juga tidak perlu khawatir tentang keamanan, kinerja, cadangan, dan masalah kompatibilitas. Segera setelah Anda mendaftar, ada baiknya Anda memilih desain untuk situs web Anda. Setelah itu, mereka memandu Anda melalui penyesuaian, dan kemudian membantu Anda menambahkan produk.

Menawarkan Banyak Pilihan Pembayaran
Shopify menawarkan banyak opsi pembayaran yang dapat Anda gunakan untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Ini memiliki solusi pembayaran sendiri yang disebut Pembayaran Shopify (didukung oleh Stripe) serta semua gerbang pembayaran pihak ketiga yang populer. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pembayaran dan lainnya, Anda dapat mengaksesnya di Shopify.co.id.

Memiliki Skalabilitas yang Baik
Shopify menangani bagian teknis dari toko Anda yang berarti Anda tidak perlu khawatir tentang kinerja, keamanan, dan skalabilitas. Setelah bisnis Anda mulai berkembang, Anda cukup meningkatkan paket Shopify Anda. Infrastruktur mereka dapat dengan mudah menangani bisnis Anda yang sedang berkembang tanpa Anda harus khawatir tentang downtimes, backup, pembaruan, atau keamanan. Mereka juga menawarkan layanan perusahaan sebagai bagian dari rencana Shopify Plus.

Kekurangan Shopify

Berikut beberapa kekurangan Shopify yang perlu Anda ketahui:

Membutuhkan Biaya yang Lebih Tinggi
Shopify pada awalnya memang tidak memberikan biaya yang terlalu tinggi. Namun, harga ini tidak termasuk alat dan add-on pihak ketiga yang Anda perlukan untuk membawa toko Shopify Anda ke level berikutnya. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, biaya-biaya ini akan mulai bertambah, dan Anda akan segera membayar lebih banyak daripada rencana dasar. Pembayaran adalah faktor lain yang memengaruhi biaya Anda.

Integrasi Lebih Rendah
Toko aplikasi Shopify berisi aplikasi gratis dan berbayar. Aplikasi gratis biasanya dibuat oleh layanan pihak ketiga yang memiliki harga sendiri, dan aplikasi hanya mengintegrasikan toko Anda ke API mereka. Penetapan harga untuk add-on berbayar bervariasi dan sebagian besar aplikasi menawarkan langganan bulanan. Dibandingkan dengan WooCommerce, integrasi pada Shopify lebih rendah.

Mengenakan Biaya Tambahan
Shopify mengenakan biaya tambahan 2% pada setiap transaksi yang dilakukan melalui gateway pembayaran pihak ketiga. Ini adalah di atas biaya transaksi yang dibebankan oleh gateway pembayaran. Anda dapat mengurangi biaya hingga 0,5% dengan membayar $ 299 per bulan untuk rencana Advanced Shopify. Pembayaran Shopify memiliki biaya kartu kredit tetap, tetapi tidak ada biaya transaksi lain.

Kelebihan ShopifyKekurangan Shopify
- Mudah untuk digunakan- Membutuhkan biaya yang lebih tinggi
- Menawarkan banyak pilihan pembayaran- Integrasi lebih rendah
- Memiliki skalabilitas yang baik- Mengenakan biaya tambahan

WooCommerce

WooCommerce adalah plugin eCommerce sumber terbuka yang dibuat untuk WordPress. Ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan sistem manajemen konten yang paling kuat (CMS) dan menggunakannya untuk menjalankan toko online. Karena sifat open-source, Anda dapat menyesuaikan setiap aspek dari toko Anda dan dengan mudah membuat ekstensi khusus.

Kelebihan WooCommerce

Berikut beberapa kelebihan WooCommerce yang perlu Anda ketahui:

Biaya Memulai Toko Lebih Terjangkau
WooCommerce adalah plugin eCommerce untuk WordPress.org (juga dikenal sebagai WordPress yang dihosting sendiri). Ini adalah open source dan tersedia secara gratis sebagai plugin WordPress.

Lihat juga:  Pilih Mana: Opera Mini atau Opera Browser?

Namun, Anda akan membutuhkan nama domain, Sertifikat SSL, dan akun hosting WordPress untuk memulai toko WooCommerce. Biasanya, nama domain akan menghabiskan biaya yang cukup mahal. Untungnya, ada beberapa perusahaan hosting yang sekarang menawarkan paket hosting WooCommerce khusus yang secara signifikan mengurangi biaya.

Bluehost , penyedia hosting resmi WordPress dan WooCommerce yang direkomendasikan, telah setuju untuk menawarkan nama domain gratis kepada pengguna, sertifikat SSL gratis, dan diskon untuk hosting web. Dengan demikian biaya yang harus dikeluarkan menjadi berkurang

Opsi Pembayaran yang Mendukung
WooCommerce menawarkan pembayaran PayPal dan Stripe secara default. Ini juga mendukung semua penyedia layanan pembayaran populer lainnya melalui add-on. WooCommerce bahkan memiliki dukungan untuk banyak layanan pembayaran regional dan kurang populer. Karena tidak ada penghalang untuk masuk, perusahaan pembayaran apa pun dapat membuat add-on untuk WooCommerce dan memberikan dukungan untuk itu. Sebagai platform yang dihosting sendiri, Anda hanya dikenakan biaya transaksi oleh gateway pembayaran atau bank Anda.

Lebih Banyak Add-on dan Integrasi yang Tersedia
WooCommerce adalah sumber terbuka dan dibangun di atas WordPress. Layanan ini memberi Anda akses ke lebih dari 50.000 plugin WordPress gratis dan banyak lagi plugin berbayar. Anda dapat menggunakan add-on ini untuk menambahkan gateway pembayaran, pembuatan prospek , SEO, optimalisasi kinerja, dan hampir semua fitur yang dapat Anda pikirkan. Karena penghalang masuk yang rendah, ada lebih banyak integrasi dan add-on yang tersedia untuk WooCommerce daripada Shopify.

Kekurangan WooCommerce

Berikut beberapa kekurangan Woocommerce yang perlu Anda ketahui:

Penggunaan Lebih Rumit
Dibandingkan dengan Shopify, penggunaan WooCommerce lebih rumit. WooCommerce bukan platform yang dihosting seperti Shopify. Ini berarti Anda perlu menginstal WooCommerce, mengelola pembaruan, menyimpan cadangan, dan memastikan situs web Anda aman. Ada banyak plugin gratis dan berbayar yang dapat mengotomatiskan sebagian besar tugas ini untuk Anda

Perlu Melakukan Update dan Cadangan Sendiri
WooCommerce adalah platform yang di-host sendiri yang membuat Anda bertanggung jawab untuk menjaga pembaruan, cadangan, dan keamanan situs web Anda. Paket hosting awal WooCommerce Anda akan kehabisan sumber daya karena toko Anda mulai mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Meskipun begitu Anda memiliki banyak pilihan untuk mengelola pertumbuhan karena Anda memegang kendali penuh atas situs web Anda.

Update Konten Tidak Dapat Dilakukan Serempak
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh WooCommerce adalah proses update atau upload konten harus dilakukan satu per satu. Jika Anda memiliki banyak produk, maka WooCommerce bukanlah pilihan yang tepat. Tapi jika konten atau produk yang harus Anda upload tidak terlalu banyak. Maka ini bisa menjadi pilihan Anda.

Kelebihan WooCommerceKekurangan WooCommerce
- Biaya memulai toko lebih terjangkau- Penggunaan lebih rumit
- Opsi pembayaran yang mendukung- Perlu melakukan update dan cadangan sendiri
- Lebih banyak add-on dan integrasi yang tersedia- Update konten tidak dapat dilakukan serempak

Pilih Mana: Shopify atau Woocommerce?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Shopify dan Woocommerce. Untuk kembali mengingatkan Anda, perbedaan tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

ShopifyWooCommerce
- Biaya untuk memulai toko relatif mahal- Biaya untuk memulai toko lebih terjangkau
- Update dan cadangan dapat dilakukan secara otomatis- Perlu melakukan update sendiri
- Update konten dapat dilakukan serempak- Update konten tidak dapat dilakukan serempak

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Shopify dan WooCommerce di atas, dapat disimpulkan bahwa was keduanya memiliki banyak kelebihan dan juga terdapat beberapa kekurangan. Anda dapat mempertimbangkan sebelum memilih mana yang akan Anda gunakan dengan melihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Shopify vs Woocommerce

VS

Leave a Reply