Home

Pilih Mana: Shower atau Gayung?

Setelah melakukan aktivitas, seseorang perlu membersihkan diri dengan cara mandi. Mandi pun memiliki beragam cara. Ada yang mandi dengan menggunakan shower dan ada pula yang mandi menggunakan gayung. Manakah cara mandi yang baik untuk dipakai? Dengan menggunakan shower atau gayung?

Mandi menggunakan shower banyak digunakan oleh sebagian orang karena dipercaya lebih dapat menghemat air. Selain itu, mandi menggunakan shower juga lebih praktis karena tidak perlu mengeluarkan energi yang berlebihan ketika mandi. Namun, banyak pula yang lebih suka mandi menggunakan gayung karena dianggap lebih efektif saat membersihkan tubuh.

Shower

Shower merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mandi. Shower biasanya memiliki tekanan semprot dan pengaturan suhu tertentu. Shower banyak dipakai karena dipercaya lebih praktis dan dapat menghemat penggunaan air.

Kelebihan Shower

Berikut beberapa kelebihan mandi menggunakan shower yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menghemat Air

Menggunakan shower untuk mandi dapat menghemat jumlah air yang keluar. Pancuran air atau shower dapat memompa hingga 9,5 liter per menit. Jadi saat membersihkan badan dalam 10 menit saja hanya akan membuang air sekitar 95 liter. Terutama di lingkungan perkotaan yang menggunakan air berbayar, pemasangan shower di kamar mandi adalah langkah yang tepat. Penggunaan air juga lebih hemat tanpa mengurangi fungsinya untuk mandi. Anda bisa lebih menghemat hingga tiga kali lipat dibandingkan mandi menggunakan gayung. Untuk memaksimalkan aktivitas mandi Anda pastinya akan menggunakan sabun. Baca juga: Sabun Batang vs Sabun Cair.

  • Dapat Menghemat Ruang

Selain hemat dalam penggunaan air. Menggunakan shower juga dapat membuat ruangan menjadi lebih luas. Jika Anda memiliki rumah dengan tipe minimalis dan memiliki ruang yang terbatas, maka sebaiknya Anda menggunakan shower. Dengan memilih shower sebagai alat mandi Anda, Anda bisa meletakkan berbagai kelengkapan mandi Anda dalam satu ruangan. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan fungsi kamar mandi dengan memasang shower.

  • Praktis dan Dapat Menghemat Waktu

Selain menghemat air dan ruang, menggunakan shower juga lebih praktis. Anda tidak perlu memakai kekuatan tangan untuk mengangkat gayung ketika mandi. Mandi dengan memanfaatkan shower juga ternyata lebih cepat dan mudah daripada menggunakan gayung.

Kekurangan Shower

Berikut beberapa kekurangan mandi menggunakan shower yang perlu Anda ketahui:

  • Penggunaan Listrik Lebih Besar

Meskipun hemat dalam menggunakan air, mandi dengan shower membuat penggunaan listrik menjadi lebih besar. Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan gayung dan bak mandi. Anda sama sekali tidak memerlukan tenaga listrik untuk mengangkat gayung dari bak mandi.

  • Kurang Efektif untuk Membersihkan

Mandi menggunakan shower memang praktis, namun kadang mandi menggunakan shower kurang memuaskan dan kurang efektif untuk membersihkan karena jumlah air yang terbatas. Setelah melakukan aktivitas yang membuat badan menjadi kotor, Anda perlu mandi lebih lama jika menggunakan shower, karena air yang keluar dari shower relatif lebih sedikit.

  • Tidak Memiliki Fungsi Lain

Shower hanya dapat difungsikan dan dimanfaatkan untuk aktivitas mandi. Anda tidak bisa memanfaatkan shower untuk fungsi lain, misalnya menampung air, mencuci dan beberapa hal lainnya.

  • Dapat Memicu Masalah Kesehatan

Mandi menggunakan shower yang kotor ternyata dapat memicu masalah kesehatan yang berbahaya. Dikutip dari Vemale.com bakteri yang ada pada shower bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang sulit disembuhkan. Bakteri bernama nontuberculous mycobacteria (NTM) ini lebih banyak menyerang wanita. Jika seseorang terkena infeksi NTM, maka penyembuhannya bisa sangat sulit dan memerlukan waktu yang sangat lama. Setidaknya waktu penyembuhan adalah 18 bulan. Bahkan bisa dilakukan operasi untuk mengeluarkan bagian yang bermasalah di paru-paru. Bakteri ini sering ditemukan pada bagian kepala shower hingga selangnya.

Kelebihan ShowerKekurangan Shower
- Dapat menghemat air- Penggunaan listrik lebih besar
- Dapat menghemat ruang - Kurang efektif untuk membersihkan tubuh
- Dapat menghemat waktu - Dapat memicu masalah kesehatan

Gayung

Gayung merupakan alat yang digunakan untuk mandi. Gayung ini biasanya terdapat di kamar mandi dan merupakan pasangan kamar mandi. Banyak orang yang masih menggunakan gayung untuk mandi karena menurut beberapa orang mandi menggunakan gayung lebih memuaskan.

Kelebihan Gayung

Berikut beberapa kelebihan mandi menggunakan gayung yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Efektif Membersihkan

Salah satu kelebihan mandi menggunakan gayung dari bak mandi adalah lebih efektif untuk membersihkan. Jumlah air yang dikeluarkan dari bak mandi menggunakan gayung jauh lebih besar dan banyak daripada shower. Dengan demikian, bagian tubuh yang kotor lebih mudah dibersihkan dengan kuantitas air yang lebih banyak. Selain itu, bagi orang yang lebih menyukai mandi dengan memanfaatkan air yang banyak sebaiknya menggunakan bak mandi daripada shower.

  • Mandi dengan Gayung Lebih Menyehatkan

Mandi dengan memanfaatkan gayung ternyata lebih sehat daripada menggunakan shower. Dengan menggunakan gayung, otot dilatih untuk bergerak ketika mandi. Maka dari itu, kekuatan tangan lebih terlatih. Selain itu, mandi menggunakan gayung juga lebih sehat daripada shower. Shower yang kotor dapat memicu masalah kesehatan yang berbahaya.

  • Memiliki Fungsi Lain Selain untuk Mandi

Selain memiliki fungsi untuk mandi, gayung juga berfungsi untuk meletakkan hal-hal lain di dalamnya. Anda dapat memanfaatkan gayung untuk meletakkan peralatan mandi di dalam gayung. Mandi dengan menggunakan gayung berarti juga membutuhkan bak mandi. Selain difungsikan menampung air untuk kebutuhan mandi, air yang terdapat di dalam bak mandi juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas lainnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: King Koil atau Serta?

Kekurangan Gayung

Berikut beberapa kekurangan mandi menggunakan gayung yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Hemat Air

Salah satu kekurangan mandi menggunakan gayung adalah terjadi pemborosan air. Jumlah air yang dihabiskan ketika mandi menggunakan gayung jauh lebih banyak daripada jumlah air yang dihabiskan saat mandi menggunakan shower.

  • Kurang Cocok Digunakan Orang Tertentu

Gayung kurang cocok digunakan oleh orang-orang tertentu. Misalnya saja, orang lanjut usia dengan kondisi fisik yang sudah lemah lebih cocok mandi menggunakan shower. Alasannya, orang lanjut usia akan lebih cepat lelah bila menggunakan gayung. Hal ini dikarenakan tangannya harus berkali-kali mengambil dan mengguyurkan air ke tubuhnya. Selain itu, orang-orang yang memiliki kondisi fisik yang lemah atau sakit juga kurang cocok mandi menggunakan gayung.

  • Memerlukan Ruang yang Lebih Besar

Mandi manggunakan gayung berarti sama saja membutuhkan bak mandi untuk tempat penyimpanan airnya. Menggunakan tempat penyimpanan air ini membutuhkan ruang yang lebih besar. Jika Anda memiliki ukuran kamar mandi yang besar maka hal ini bukanlah sebuah masalah, tapi jika kamar mandi Anda berukuran kecil maka kamar mandi akan semakin sempit jika ditambahkan bak mandi atau penampung air lainnya.

  • Dapat Manjadi Sumber Penyakit

Tempat penyimpanan air yang ada di dalam kamar mandi dapat menjadi sarang nyamuk dan menjadi sumber penyakit jika tidak dibersihkan secara rutin. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan tempat penampungan air secara rutin. Dengan kegiatan menguras penampungan air secara teratur, maka risiko demam berdarah bisa dihindari lantaran siklus nyamuk telah dirusak. Selain itu, menguras bak mandi atau penampung air lainnya juga penting supaya lumut tidak tumbuh.

Kelebihan Gayung Kekurangan Gayung
- Lebih efektif untuk membersihkan tubuh- Tidak hemat air
- Mandi dengan gayung lebih menyehatkan- Kurang cocok digunakan orang tertentu
- KMemiliki fungsi lain selain untuk mandi- Memerlukan ruang yang lebih besar

Pilih Mana: Shower atau Gayung?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara shower dan gayung. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Shower Gayung
- Tidak memerlukan ruang yang besar- Membutuhkan ruang yang lebih besar
- Dapat menghemat air- Penggunaan air lebih banyak
- Lebih praktis digunakan-Lebih menyehatkan jika digunakan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mandi menggunakan shower dan gayung sama-sama baik untuk digunakan. Anda hanya perlu menyesuaikan mana yang lebih tepat untuk digunakan. Jika Anda memiliki kamar mandi yang luas, tidak masalah untuk menggunakan gayung. Tapi, jika kamar mandi Anda lebih kecil atau terdapat orang tua yang tidak memiliki tangan yang terlalu kuat. Maka sebaiknya Anda menggunakan shower.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Shower vs Gayung

VS

Leave a Reply