Pilih Mana: Sigra atau Calya?

Loading...

Mobil Sigra dan Calya merupakan mobil asal pabrikan yang berbeda. Sigra sendiri merupakan mobil dari pabrikan Daihatsu dan Calya merupakan mobil dari pabrikan Toyota. Kedua mobil ini memiliki kapasitas 7 penumpang dengan kisaran harga jual berkisar Rp150 jutaan. Keduanya memang terlihat mirip namun jika Anda berpikir untuk membandingkannya, maka pada kesempatan ini kami akan mengupas bagus mana Sigra atau Calya?

Sigra
Daihatsu Sigra mengusung 2 jenis mesin dengan varian berbeda, untuk mesin dengan kapasitas 998 cc ditemukan di Sigra tipe D dan M sedangkan mesin dengan kapasitas 1197 cc ada di Sigra tipe X dan tipe R.

Kelebihan Sigra yang bisa Anda ketahui:

1. Kenyaman kabin lebih menjanjikan
Kenyamanan kabin Daihatsu Sigra sangat menjanjikan, dengan ruang yang panjang tentu saja ruang di mobil ini sangat luas untuk mobil sekelasnya dilengkapi fitur hiburan 2DIN Audio yang akan menghibur Anda saat mengemudi dan lubang sirkulasi AC di sisi kanan dan kiri Audio membuat mobil terasa lebih dingin.

2. Irit bahan bakar
Karena mengusung mesin berkapasitas kecil, yakni yakni 1KR-VE 1.0 L VVT-i kapasitas 998 cc dan New 3NR-VE 1.2 L Dual VVT-i kapasitas 1.197 cc tentunya akan membuat konsumsi bahan bakar semakin irit. Namun harus diingat Anda harus menggunakan bahan bakar pertamax, bukan premium (bahan bakar beroktan 88) untuk si Sigra.

Kekurangan Sigra yang bisa Anda ketahui:

1. Bobot terlalu ringan dan bodinya tipis
Daihatsu Sigra memiliki body yang terbilang tipis sehingga dirasa kurang kokoh dan membuat bobotnya lebih ringan. Ketika melaju dengan kecepatan tinggi mobil akan terasa oleng karena kestabilannya menurun akibat bobotnya yang ringan.

Loading...

2. Harga jual kembali yang turun drastis
Perlu diingat bahwa harga jual second mobil Sigra menurun drastis, bahkan nominalnya jauh di bawah kembarannya dari Toyota yakni Calya.

Calya
Untuk mesin, semua jenis mesin mobil Toyota Calya bertenaga 3NR-VE dengan kapasitas 1.200 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 88 tenaga kuda dengan menggunakan transmisi manual dan otomatis yang terdiri dari 4 dan 5 kecepatan.

Kelebihan Calya yang bisa Anda ketahui:

1. Interior yang mengesankan
Kenyaman menjadi kesan pertama ketika Anda memasuki kabin luas Toyota Calya, dengan mengadopsi sistem multi-layer dashboard.

2.Ruang bagasi luas
Memiliki ruang bagasi luas yang dapat menampung 3 buah galon dan 1 tas kecil sekaligus. Menariknya, Calya juga dilengkapi dengan door handle pintu belakang yang biasanya absen pada mobil-mobil murah.

Kekurangan Calya yang bisa Anda ketahui:

1. Posisi duduk kurang nyaman
Anda yang menginginkan kenyaman duduk saat berkendara, apalagi berkendara perjalanan jauh maka Calya bukan pilihan terbaik. Karena mengusung jok atau tempat duduk yang kurang suportif, head rest-nya masih menyambung dan terlalu rendah, bahkan posisi duduk tidak bisa ditinggikan begitu pula stir dan seatbelt-nya.

2. Bahan bakar mahal
Mesin Calya dirancang untuk menggunakan BBM beroktan di atas RON 92, seperti Pertamax yang memang terkenal BBM mahal.

Pilih Mana: Sigra atau Calya?

SigraCalya
Fitur keamanan– Lebih lengkap meliputi Dual SRS Airbag, ABS, Child Proof Door Lock, Rear Parking Sensor, Side Impact Beam, Front Corner Sensor (Tipe R Deluxe)– Dual SRS Airbag, 3 Point Sealtbelt, ISOFIX, ABS, Rear Parking S
Bagian samping– Sigra diberi pemanis di bawah pintu dengan moulding chrome– Calya memilih bagian samping bodi yang polos
Posisi lampu depan – Lampu depan sigra lebih selaras dengan bentuk bumper– Lampu depan Calya memanjang ke bawah

Kesimpulan
Sebenarnya keduanya memiliki konsep mobil yang sama dan semua tergantung selera. Jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu tinggi mungkin Sigra bisa menjadi pilihan Anda. Namun, jika Anda memiliki budget lebih dan menjadikan mobil sebagai investasi ke depan, maka Calya jauh lebih baik karena harga jual second-nya yang lebih tinggi dan tidak turun drastis seperti Sigra. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sigra vs Calya

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *