Home

Pilih Mana: Sika atau Aquaproof?

Cat atau cairan anti bocor merupakan komponen yang sangat penting untuk bangunan agar tidak merembes karena air hujan atau semacamnya. Untuk itu dibutuhkan cairan anti bocor yang memiliki kualitas yang sangat baik seperti halnya Sika dan Aquaproof. Merek yang beberapa orang tentu sudah tidak asing lagi.

Sika dan Aquaproof memiliki varian dan jenis yang cukup banyak untuk kebutuhan bangunan. Harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif tergantung dengan kebutuhan dan pemakaian. Kamu bisa dapatkan kedua cat ini di toko-toko bangunan atau toko cat lainnya.

Penasaran dengan detail mengenai Sika dan Aquaproof lebih dalam? Artikel kali ini akan membahas seputar kelebihan, kekurangan kedua cat ini serta bagaimana membedakan cairan anti bocor yang asli dengan yang palsu. Stay tune ya!

Sika

Sika merupakan perusahaan yang khusus bergerak dibidang bahan kimia dengan posisi terkemuka dalam pengembangan dan produksi dari sistem dan produk untuk bahan perekat, pengisi celah, peredam, penguatan serta perlindungan di sektor bangunan dan industri kendaraan bermotor. Sika mempunyai anak perusahaan di 93 negara di seluruh dunia serta manufaktur di lebih dari 170 pabrik.

Beberapa produknya yaitu SikaTop-107 Seal dan SikaTop-107 Plus. Keduanya merupakan pelapis anti bocor berbasis semen, yang terdiri dari 2 komponen, untuk area basah yang tidak terekspos dan area yang terendam air, contohnya kamar mandi, bak mandi, dan kolam renang.

Saat akan diaplikasikan, cairan pelapis anti bocor ini dicampurkan dengan semen dan kemudian dikuaskan pada permukaan dinding atau lantai beton. Pelapis anti bocor ini diaplikasikan sebelum plesteran keramik dipasang.

Setelah dikuaskan, pelapis anti bocor ini sebaiknya dibiarkan selama minimal 1 x 24 jam supaya meresap ke permukaan beton dan dalam kondisi kering. Setelahnya baru dapat dicoba tes rendam untuk bak mandi serta kolam renang, atau dilakukan pemasangan keramik. Baca juga Pilih Mana: No Drop atau Nippon Paint?

Kelebihan Sika

  • Memiliki banyak jenis
    Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Sika adalah memiliki banyak jenis yang bisa kamu sesuaikan untuk kebutuhan bangunan kamu. Mulai dari pemakaian dengan area yang basah, pengisian rongga untuk perbaikan beton maupun untuk servis konstruksi tanah serta bangunan dan masih banyak lagi.
  • Mudah penggunaannya
    Kelebihan kedua yang dimiliki oleh Sika adalah mudah penggunaannya. Kamu cukup menambahkan air untuk memakai Sika dalam keperluan bangunan kamu.
  • Tahan benturan dan getaran
    Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh Sika yaitu semua jenis dan varian dari Sika tahan benturan dan getaran. Artinya kualitas yang dimiliki oleh Sika sangat mumpuni untuk kamu gunakan dalam urusan mengisi rongga atau sekat yang diperlukan pada bangunan kamu.

Kekurangan Sika

  • Kurang terkenal
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Sika yaitu kurang terkenal. Beberapa orang tentu akan lebih memilih produk yang sudah terkenal di sektornya ketimbang meraba-raba merek mana cairan pelapis anti bocor yang cocok untuk bangunan mereka.
  • Kerap kekurangan cairan
    Kekurangan kedua yaitu tukang-tukang atau beberapa pemakai Sika kerap kekurangan cairan saat menggunakan cat ini untuk perekat atau lapisan bangunan mereka. Untuk itu gunakan Sika sesuai dengan prosedur yang sudah disiapkan.
  • Tidak bisa dijadikan cat warna
    Kekurangan terakhir yang dimiliki oleh Sika adalah tidak bisa dijadikan cat warna bangunan kamu. Berbeda dengan Aquaproof yang bisa dijadikan cat warna sekaligus lapisan anti bocor.
Sika Keterangan
AsalSwiss
Tahun berdiriTahun 1910
Rata-rata harga Rp 227.000 - Rp 1.061.000,- per September 2019

Aquaproof

Cat pelapis Aquaproof merupakan salah satu jenis cat bertipe waterproof yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Aquaproof merupakan produk lokal dengan kualitas internasional.

Cat ini umumnya dipakai untuk atap dan dinding bagian luar. Supaya dapat memanfaatkan cat anti air ini hingga maksimal, kamu wajib mengetahui tata cara pemakaian cat waterproof yang baik.

Dengan aplikasi yang sesuai dengan instruksi, lapisan Aquaproof bisa bertahan sampai dengan 5 tahun. Aquaproof bersifat elastis 500% sampai 600%. Sifat elastis diperlukan sehingga Aquaproof bisa menyesuaikan dengan keadaan cuaca dan geografis Indonesia.

Aquaproof merupakan cat pelapis yang bersifat thixotropic, yang artinya tidak menetes bila diaplikasikan. Aplikasi Aquaproof amat mudah, bisa memakai kuas, rol, maupun airless spray.

Aquaproof memiliki 24 varian warna yang menarik sehingga bisa juga diaplikasikan sebagai cat eksterior yang mempercantik penampilan rumah kamu.

Kelebihan Aquaproof

  • Menguatkan lapisan tembok
    Cat Aquaproof ini sudah banyak yang memakai sebab merupakan cat anti bocor dan anti air pertama yang hadir di Indonesia. Untuk itu sudah banyak yang percaya akan kualitas serta ketahanannya terhadap rembesan air.
  • Pilihan warna yang menarik
    Warna dari cat Aquaproof amat beragam. Kamu bisa memakai warna yang disesuaikan dengan tema rumah kamu. Tetapi sebelum membeli warna tertentu, amat penting untuk memperhitungkan berapa banyak warna yang akan kamu beli, dan ukuran cat yang akan diperlukan.
  • Mempunyai ukuran yang beragam
    Tersedia cat dengan ukuran 1 kg, 4 kg, 5 kg, 20 kg, sampai 1 pail. Dengan berbagai ukuran tersebut, kamu bisa memakainya sesuai dengan kebutuhan. Ukuran yang kecil juga amat bermanfaat untuk dipakai sebagai kombinasi warna.
Lihat juga:  Pilih Mana: Bimoli atau Tropical?

Kekurangan Aquaproof

  • Harga mahal
    Dengan kualitasnya yang mumpuni untuk kebutuhan lapisan anti bocor bangunan kamu sudah pasti Aquaproof menyematkan harga yang cukup mahal. Untuk itu sesuaikan dengan baik kebutuhan bangunan kamu dengan Aquaproof ya guys.
  • Tidak bisa terendam air
    Kekurangan selanjutnya dari Aquaproof yaitu tidak dapat diaplikasikan pada daerah yang terendam air seperti kolam, hal ini tentu berbeda dengan Sika yang memiliki varian yang tahan dengan area berair. Aquaproof hanya dapat digunakan di daerah dimana air mengalir karena apabila terendam air, Aquaproof akan mudah mengelupas.
  • Mudah menggelembung
    Yang terakhir adalah Aquaproof yang terkenal elastis ternyata tidak sanggup menahan tekanan negatif (tekanan dari dalam). Ini dikarenakan Aquaproof tidak begitu melekat pada permukaan yang dilapisinya. Hal inilah yang menyebabkan Aquaproof mudah menggelembung setelah diaplikasikan pada permukaan bangunan kamu.
AquaproofKeterangan
AsalIndonesia
Tahun berdiriTahun 1980
Rata-rata harga Rp 232.000 - Rp 1.300.000,- per September 2019

Cara membedakan cat pelapis anti bocor yang asli dengan yang palsu

Agar cat kamu senantiasa awet untuk pelapis anti bocor tentu saja diperlukan kualitas yang baik dan mumpuni. Namun saat ini sudah banyak sekali cat pelapis anti bocor yang dipalsukan. Untuk itu berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membedakan dan memilih cat pelapis anti bocor yang asli dengan yang palsu.

  1. Harga
    Salah satu hal paling awal yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan cat asli atau palsu yaitu mengetahui harganya. Bila harga yang ditawarkan di bawah harga toko, kamu patut curiga. Terlebih bila biayanya bisa terpaut jauh dari harga toko dan pasar.
  2. Hasil cat
    Cat asli tentu mempunyai hasil cat yang berkualitas. Daya tutupnya juga baik dan rapat. Berbeda dengan hasil cat palsu, daya tutupnya rendah. Ini karena cat palsu sudah dicampur dengan bahan yang tidak semestinya dimasukkan ke dalam kandungan cat. Hasilnya, cat jadi sangat cair, warna berubah, dan mempunyai daya tutup rendah.
  3. Penjual tidak resmi
    Penjualan cat palsu umum dilakukan melalui door to door. Mereka umumnya keliling dari rumah ke rumah, menawarkan merek cat terkenal dengan harga murah. Perihal ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. Padahal cat yang asli umumnya dijual di gerai resmi atau toko-toko cat yang sudah melakukan kerjasama dengan produsen cat tersebut.
  4. Perhatikan merek
    Pelaku penjualan cat palsu umumnya melakukan tindakan lebih untuk mengelabui korbannya. Cara mereka mengelabuhi konsumen bisa memakai merek yang terkenal atau meniru merek tertentu. Selain itu, logo cat palsu juga berbeda dengan cat yang asli. Kamu dapat mengetahui perbedaan asli dengan palsu dengan melihat di internet.

Pilih Mana: Sika atau Aquaproof?

Sika Nippon Paint
Kelebihan- Memiliki banyak jenis - Mudah penggunaannya - Tahan benturan dan getaran - Menguatkan lapisan tembok - Pilihan warna yang menarik - Mempunyai ukuran yang beragam
Kekurangan- Kurang terkenal - Kerap kekurangan cairan - Tidak bisa dijadikan cat warna - Harga mahal - Tidak bisa terendam air - Mudah menggelembung

Kesimpulan

Sika dan Aquaproof merupakan cairan yang berfungsi untuk membuat bangunan kamu jadi lebih awet, terawat dan tahan lama. Namun yang menjadi kekurangan bagi Sika adalah cairan tersebut hanya dipergunakan untuk merekatkan dan melapisi bangunan dengan anti bocor dan tidak diperuntukkan untuk cat warna, hal ini tentu berbeda dengan Aquaproof. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sika vs Aquaproof

VS

 

Leave a Reply