Pilih mana: Sikat gigi atau Siwak ?

Loading...

Gigi adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga dapat mudah ditelan dengan baik. Gigi yang tidak terawat dan berlubang bisa mengganggu kenikmatan pada saat makan dan maaupun aktivitas harian kita. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa langkah perawatan gigi rutin untuk menghindari terjadinya kerusakan pada gigi, salah satunya yang dapat kita lakukan untuk merawat gigi sehari-hari adalah membersihkan gigi dari noda makanan untuk mencegah gigi berlubang. Nah disini kita akan membahas tentang dua cara membersihkan gigi yaitu dengan Sikat gigi atau menggunakan siwak. Mari kita bahas satu persatu ya..

Sikat gigi

Sikat gigi ialah alat untuk membersihkan gigi yang berbentuk sikat kecil dengan pegangan. Yang biasanya digunakan bersama dengan pasta gigi jika kita hendak menggosok gigi. Sikat gigi banyak jenisnya, dari yang bulunya halus sampai kasar, bentuknya kecil sampai besar, dan ada pula di modifikasi dengan berbagai desain pegangan yang nyaman. Kebanyakan dokter gigi lebih menganjurkan penggunaan sikat yang lembut padahal sikat gigi yang berbulu lembut kurang efektif membersihkan sela-sela gigi diakibatkan sikat gigi berbulu keras dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi gigi kita sendiri. anda juga dapat membaca artikel kami sebelumnya yang membahas tentangĀ Pilih mana: Pepsodent atau Close Up

Menurut para ahli gigi, menggosok gigi dapat dilakukan minimal dua kali sehari yaitu sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Menggosok gigi juga dianjurkan menggunakan pasta gigi yang membantu membersihkan gigi lebih bersih dan wangi. Akibat dari jarangnya menggosok gigi adalah timbulnya plak di gigi yang mengakibatkan dari penumpukan kotoran di gigi. Plak gigi juga dapat membuat gigi berlubang yang jika dibiarkan bisa membuat awal terjadinya sakit gigi dan gigi terasa ngilu. Selain plak dan gigi berlubang, jarangnya menggosok gigi juga dapat mengakibatkan bau napas yang tidak sedap sehingga dapat dijauhi oleh teman sekitar. Anda bisa membeli produk sikat gigi yang sudah terjamin di Unilever.

Langkah-langkah menggosok gigi dengan menggunakan Sikat Gigi

1. Berkumurlah dengan air bersih sebelum menggosok gigi.
2. Gunakan pasta gigi pada bulu sikat gigi.
3. Kemudian, Sikatlah seluruh bagian gigi dimulai dari bagian depan, gosok gigi dengan keadaan vertikal.
4. Untuk menghilangkan bau mulut, anda dapat menggosk lembut lidah juga dianjurkan.
5. Berkumurlah dengan air bersih jika sudah selesai. Cukup sekali atau 2 kali saja agar kandungan yang terkandung dalam pasta gigi masih dapat melindungi gigi.

Tips dan Trik Menjaga Sikat Gigi agar Tetap Sehat dan Terjaga

Perhatikan jarak penyimpanan sikat gigi dengan WCWC mengandung banyak bakteri. jika sikat gigi disimpan di dekat WC, bakteri dari WC dapat menempel ke sikat gigi. Jika sikat gigi masih ingin disimpan di WC gunakan penutup pada bagian bulu sikat gigi tersebut.

Simpan sikat gigi setelah dibilas terlebih dahulu

Pastikan sisa-sisa busa pasta gigi sudah tidak menempel di sikat gigi. Dan gunakan air mengalir untuk membersihkan sikat gigi setelah di gunakan.

Loading...



Simpan sikat gigi di tempat yang kering
Bakteri menyukai dan akan tumbuh di tempat yang lembab. Oleh sebab itu simpanlah sikat gigi di tempat yang kering. Pastikan juga sikat gigi dalam keadaan kering sebelum disimpan.

Jangan menggunakan sikat gigi secara bergantian
Sikat gigi merupakan salah satu barang yang sangat individual. Meskipun satu keluarga, jangan gunakan sikat gigi secara bergantian. Hal tersebut dapat memicu terjadinya infeksi silang dari suatu bakteri atau virus bahkan jamur pada sikat gigi.

Jangan menyimpan sikat gigi berdekatan dengan sikat gigi orang lain
Ketika sikat gigi disimpan secara berdekatan atau bahkan menempel dengan sikat gigi yang lain memungkinkan terjadinya infeksi silang dari suatu bakteri, virus juga jamur. Setiap sikat gigi yang bersentuhan dengan sikat gigi lainnya mungkin dapat menimbulkan bakteri tersebar.

Gantilah sikat gigi setelah sakit gigi
Mengganti sikat gigi dapat mencegah timbulnya sakit gigi berulang karena mungkin saja virus dan bakteri yang merupakan penyebab sakit gigi masih menempel pada sikat gigi.

Gantilah sikat gigi dengan rutin
Gantilah sikat gigi 3-4 bulan sekali karena sikat gigi yang telah lama terpakai dapat menyimpan biang bakteri,virus, dan jamur yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Siwak

Siwak ialah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Oleh sebab itu semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak jika memenuhi persyaratannya, yaitu lembut, sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan gigi; siwak bisa membersihkan dan berserat serta bersifat basah, sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak; seratnya tersebut tidak berguguran ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut saat pemakaian.

Langkah-langkah menggosok gigi dengan menggunakan Siwak

1. Kunyah salah satu ujung kayu sampai mengelupas.
2. Kunyah bagian tengahnya sampai lunak dan membentuk bulu-bulu.
3. Rendam ujungnya di dalam air. Secara tradisional, siwak digunakan tanpa pasta.
4. Sikat gigi Anda dengan ujung yang berbulu.
5. Potong bulu-bulu yang lama setiap beberapa hari.

Tips dan Trik Menjaga Siwak

Perhatikan suhu
Siwak sebaiknya di simpan di suhu ruangan tidak di anjurkan menyimpan di keadaan lembab karena siwak berasal dari akar akan terjadi kemungkinan jika di simpan di tempat yang lembab timbulnya jamur dan lumut.

Memotong siwak jika sudah terpakai
Jika serabut siwak sudah kita gunakan untuk membersihkan gigi ada baiknya untuk di potong dan gunakan serabut yang baru karena jika tidak di potong nanti takutnya kotoran dan debu akan menempel sehingga menjadi sarang kuman.

Pilih mana: Sikat gigi atau Siwak ?

Sikat gigiSiwak
Kelebihan - Lebih Praktis saat penggunaan - bisa di gunakan dengan jangka waktu tertentu - Mudah ditemukan di toko- toko seperti minimarket- Menjaga warna putih gigi alaminya tidak gampang pudar. - gampang di bawa kemana saja - bulu sikat yang lembut sehingga tidak melukai gusi
Kekurangan- susah jika di gunakan di mana saja - Bulu sikat yang sering melukai gusi - Penyimpanan harus dengan cara khusus- menggunakan nya sedikit repot karena harus memotong ujung siwak - jarang di temukan di toko-toko terdekat harus di toko khusus - cepat habis

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas mengenai Sikat gigi dan Siwak kita dapat menarik kesimpulan bahwa manfaat dan tujuan dari kedua nya sama saja yaitu untuk menjaga kesehatan gigi dan membersihkan gigi hanya saja cara penggunaannya yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari kita sendiri ya mau lebih pilih yang mana.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sikat gigi VS Siwak

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *