ElektronikHome

Pilih Mana: Simbadda atau JBL?

Speaker sebuah alat perangkat keras yang dapat mengeluarkan suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya. Banyaknya merek speaker yang kamu dapatkan dengan kualitasnya yang sangat baik kedua diantaranya adalah Simbadda dan JBL.

Jika kamu ingin membeli speaker maka merek speaker Simbadda dan JBL sangat cocok menjadi rekomendasi untuk kamu. Tetapi apakah kamu sudah mengetahui penjelasan mengenai merek kedua speaker ini? Apa saja kelebihan dan kekurangan serta jenis speaker Simbadda dan JBL?

Kali ini saya akan membahas mengenai kedua merek Speaker ini sehingga kamu lebih bisa memahaminya dan kamu bisa memilih mana yang lebih bagus dari kedua merek speaker Simbadda atau JBL. Yuk, langsung scroll down ya selamat membaca.

Simbadda

Simbadda adalah merk speaker buatan Indonesia dengan kualitas yang mampu bersaing dengan speaker merk-merk internasional. Harga yang murah membuat speaker Simbadda diminati oleh masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Simbadda selalu berinovasi mengeluarkan speaker-speaker dengan desain modern dan fitur yang mumpuni. Baca juga Pilih Mana: Simbadda atau Edifier?

Merek Simbadda sudah berdiri sejak tahun 1996 tetapi baru hadir di pasar Indonesia pada 2002, diorbitkan PT Bhakti Sentosa Raya (BSR). Produknya dibuat dengan pola alih daya (outsourcing) di salah satu pabrik di China.

Kelebihan Simbadda

  • Suara speaker yang jelas
    Kelebihan utama yang dimiliki speaker Simbadda adalah suara yang jelas memiliki daya tarik saat orang ingin membeli speaker.
Adanya teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker Simbadda ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan.
  • Produk terpercaya dan sudah terkenal
    Simbadda sangat terkenal di kalangan masyarakat pasalnya semua produk Simbadda telah dijamin dengan kualitas yang sangat baik. Simbadda memperoleh penghargaan Top Brand Award 2012 kategori perlengkapan komputer.
  • Harga yang terjangkau
    Meskipun dengan kualitasnya yang sangat bagus dan produk sudah sangat terpercaya, speaker Simbadda tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga membuat speaker Simbadda banyak diminati oleh masyarakat indonesia.

Kekurangan Simbadda

  • Bass yang terlalu powerful
    Pada speaker Simbadda ternyata juga dapat menjadi kelemahan dari produk ini. Simbadda biasanya menonjolkan dentuman bass, sedangkan suara selain bass terkadang malah tenggelam oleh suara bass. Penyuka musik dangdut mungkin akan sangat cocok dengan Simbadda, tapi jikalau penyuka jazz, classic, soft rock, atau jenis musik lain yang menonjolkan kejernihan maka sepertinya Simbadda kurang cocok digunakan.
  • Hanya format mp3
    agi kamu yang masih menyimpan musik dalam format selain mp3 kamu akan kecewa dengan speaker Simbadda ini karena format musik yang dapat dimainkan di speaker Simbadda melalui USB atau MMC card reader hanyalah musik yang memiliki format mp3.
  • Suara treble lebih menonjol
    Suara yang dihasilkan oleh speaker Simbadda dinilai lebih menonjol pada suara treble (Treble adalah jumlah kenyaringan atau dikenal dengan high pada suara yang dihasilkan. High ini akan membuat suara menjadi lebih tajam dan garing) Tetapi bagi kamu yang kurang suka dengan suara treble yang lebih dominan, tidak perlu khawatir karena speaker Simbadda memiliki pilihan equalizer yaitu jazz, rock, classic, flat dan pop.

Beberapa Jenis Speaker Simbadda

Simbadda CST 80N

Mewah dan elegan, itulah kesan pertama yang kamu dapatkan ketika melihat Simbadda CST 80N. Speaker yang satu ini benar-benar menawarkan fitur yang sangat lengkap. Kamu dapat menghubungkan speaker aktif ini ke fitur dengan menggunakan kabel jack 3.5 mm atau bluetooth. Simbadda CST 80N juga dilengkapi dengan konektivitas NFC. Simbadda juga menyematkan teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan. Rp. 4.100.000 (per September 2019).

Simbadda CST 4600N

Speaker ini salah satu speaker Simbadda terbaik yang mengusung teknologi Bluetooth. Hadir dengan menyediakan frekuensi hingga 30 kHz, kamu dapat dengan mudah mendengarkan lagu dari berbagai media karena sudah dilengkapi dengan port USB dan slot SD Card. Rp. 1.500.000 (per September 2019).

Simbadda CST 800N

Speaker ini memiliki dimensi berukuran W256 x H115 x D115 mm yang membuatnya bisa dibawa ke mana saja, tanpa perlu khawatir makan tempat di dalam tas bawaan kamu. Dilengkapi dengan fitur Bluetooth, speaker ini menggunakan baterai berukuran 1.200 mAh. Dengan speaker ini, kamu juga dapat mendengarkan lagu dari berbagai macam media, sebab, produk ini sudah dilengkapi dengan port USB dan slot untuk microSD. Rp. 300.000 (per September 2019).

JBL

Produk audio yang memiliki keunggulan dari suaranya yang bagus dan khas ini menjadi produk audio speaker nomor satu di Indonesia. JBL adalah satu di antara produk yang dihasilkan oleh Harman, sebuah brand audio dari Amerika.

Speaker JBL ini memiliki kelebihan dari produk JBL ini adalah suaranya yang jernih dan bass yang kencang. Hal ini adalah bahwa kualitas yang baik dari JBL ini yang banyak dicari orang ketika orang akan membeli speaker yang diinginkan.

Kelebihan JBL

  • Kualitas yang sangat bagus dan harga terjangkau
    Speaker JBL ini memiliki kelebihan yaitu kualitasnya yang bagus yang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini banyak dijadikan alasan mengapa orang indonesia sangat memilih produk speaker dari JBL ini. Selain kualitas yang bagus harga dari speaker JBL ini terjangkau.
  • Desain yang unik
    Produk speaker dari JBL sangat beragam dan biasanya produk-produk JBL memiliki desain yang sangat unik dan berwarna. Bagi kamu yang mementingkan penampilan speaker maka kamu bisa memilih produk keluaran JBL. Bentuk yang unik dan berwarna dari speaker keluaran JBL juga diimbangi dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.
Bentuk atau desain speaker JBL yang unik dan selalu berwarna ini membuat produk dari JBL sangat pas untuk digunakan oleh para anak muda. Speaker JBL menggambarkan semangat anak muda mulai dari desain hingga kecanggihan teknologi yang dihadirkan.
  • Adanya fitur wireless
    Speaker JBL menghadirkan fitur koneksi wireless untuk berbagai jenis perangkat. Dengan adanya fitur koneksi wireless ini maka lebih mudah bagi kamu untuk menggunakan speaker dalam kondisi apapun dimanapun juga. Bahkan kamu bisa bebas memakai speaker ketika beraktivitas outdoor sekalipun.

Kekurangan JBL

  • Varian yang sedikit
    Untuk varian speaker JBL ini memang sedikit jika dibandingkan dengan speaker Simbadda. Kebanyakan speaker JBL ini menjual speaker yang kecil atau speaker bluetooth dibandingkan dengan speaker untuk rumahan yang bentuknya besar.
  • Jika rusak mahal biaya pembenaran
    Beberapa tipe speaker pada JBL ini jika mengalami kerusakan maka biaya pembenarannya yang cukup mahal, sudah banyak review akan hal ini.
  • Store resmi yang susah ditemukan
    Kekurangan yang terdapat pada speaker JBL ini store resmi dari brand atau merek JBL ini susah untuk ditemukan, masih sangat jarang ditemukan diberbagai daerah.

Beberapa Jenis Speaker JBL

JBL GTO 609C

JBL GTO 609C merupakan speaker mobil berbobot 3 kg yang didesain menghasilkan suara yang kuat dan jernih dari head- unit atau amplifier dengan kemampuan penanganan daya hingga 270 watt. Dengan respons frekuensi hingga 21 kHz, tipe ini mampu memuaskan kamu lewat suara yang dihasilkan dengan kualitas tinggi. Rp. 1.700.000 (per September 2019).

JBL EON 618S

JBL yang didesain dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 18 inchi. Hal ini disengaja untuk memaksimalkan volume serta kejernihan suara yang dihasilkan. Speaker satu ini juga diklaim sebagai speaker subwoofer terjernih di kelasnya. Soal urusan konektivitas, EON 618S telah menggunakan jaringan bluetooth untuk mempermudah pengguna mendengarkan musik yang diinginkan tanpa perlu berurusan dengan kabel. Speaker ini cocok untuk kamu menonton bioskop dirumah kamu. Rp. 13.000.000 (per September 2019).

JBL J-006

JBL J-006 yang dijual dengan harga relatif terjangkau. Meski begitu, kemampuan yang ditawarkan dan keluaran suaranya begitu menjanjikan. J-006 didesain portable berbentuk tabung dengan sentuhan desain yang stylish dan tentunya dengan kualitas audio stereo yang sangat menjanjikan cocok untuk kamu bawa saat kamu liburan. Rp. 155.000 (per September 2019)

Tips Membersihakn Speaker

  • Gunakan kuas halus atau kuas bulu (kuas yang bahannya halus dan berujung lancip) untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dibersihkan tanpa harus membuka kisi-kisinya.
  • Bersihkan speaker secara rutin dan hati-hati, jangan sampai kotoran menumpuk dan mengganggu kualitas suara yang diharapkan.
  • Perhatikan bahannya, jika terdapat adanya bahan terbuat dari kertas (paper), maka membersihkannya jangan menggunakan air. Karena, kertas sangat rentan terhadap air. Walaupun terkena air sedikit, namun lambat laun bisa jebol.
  • Kemudian jika memungkinkan gunakan blower atau hair dryer agar semua kotoran dapat terdorong keluar.
  • Khusus subwoofer, jangan lupa boksnya juga dibersihkan. Jika boksnya dilapisi vinyl, maka bisa menggunakan kain basah untuk menyeka noda.
Lakukan pembersihan terhadap speaker secara rutin dan berkala, karena semakin tebal kotorannya maka semakin sulit membersihkannya.
KeteranganSimbaddaJBL
AsalChinaAmerika Serikat
Tahun berdiriTahun 1996Tahun 1946
Rata-Rata HargaRp. 300.000 - Rp. 6.000.000 (per September 2019)Rp. 150.000 - Rp. 15.000.000 (per September 2019)

Pilih Mana: Simbadda atau JBL?

SimbaddaJBL
Kelebihan- Suara speaker yang jelas - Produk terpercaya dan sudah terkenal - Harga yang terjangkau - Kualitas yang sangat bagus dan harga terjangkau - Desain yang unik - Adanya fitur wireless
Kekurangan- Bass yang terlalu powerful - Hanya format mp3 - Suara treble lebih menonjol - Varian yang sedikit - Jika rusak mahal biaya pembenaran - Store resmi yang susah ditemukan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai speaker Simbadda dan JBL keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mebeli sebuah speaker sebaiknya kamu harus membaca review dari berbagai situs web yang ada yang bisa kamu cari diinternet. Jika kamu sudah memahami penjelasan dari artikel saya kali ini sudah pasti kamu dapat memilih diantara kedua speaker ini, jangan lupa juga pilih speaker sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Simbadda vs JBL

VS

Leave a Reply