Elektronik

Pilih Mana: Simbadda atau Polytron?

Speaker saat ini sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Manusia menggunakan speaker untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain game dll, Karenanya, sekarang banyak produsen yang memproduksi speaker dengan kualitas unggul, seperti Simbadda dan Polytron.

Kedua speaker Simbadda dan Polytron sudah menjadi merk pilihan speaker di Indonesia, Selain menghadirkan kualitas yang bagus harga juga cukup bersahabat. Namun, Pada artikel kali ini akan kita bahas kedua speaker tersebut. Dan kami akan memberikan informasi tambahan yaitu tips memilih speaker untuk kalian lho! Jadi jangan sampai ketinggalan ya!

Simbadda

Simbadda ialah merk speaker buatan Indonesia dengan kualitas yang mampu bersaing dengan speaker merk-merk internasional. Harga yang murah membuat speaker Simbadda diminati oleh masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Simbadda selalu berinovasi mengeluarkan speaker-speaker dengan desain modern dan fitur yang mumpuni. Baca juga Pilih Mana : Speaker Simbadda atau Dazumba?

Simbadda mempunyai strategi untuk membuat produk-produknya hadir dengan desain yang keren. Meski harganya relatif lebih terjangkau, speaker yang diproduksi Simbadda punya desain yang tidak kalah dari brand luar negeri.

Berikut beberapa rekomendasi speaker Simbadda yang ada pada tabel di bawah ini:

Produk Speaker SimbaddaKeterangan
Simbadda CST 80N Speaker Simbadda ini memiliki teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan.
Simbadda Toba 8 Simbadda Toba 8 merupakan speaker aktif paling mutakhir yang mengusung desain sederhana. Speaker Simbadda terbaik ini terdiri dari dua satelit dan satu subwoofer.
Simbadda CST 4600N Simbadda CST 4600N merupakan speaker yang menyediakan frekuensi respon 30 Hz – 20 kHz.
Simbadda CST 4800N+ Simbadda CST 4800N ini sangat cocok untuk para gamer. Speaker Simbadda terbaik ini sangat ideal untuk dihubungkan ke PC atau laptop.

Kelebihan Simbadda

  • Memiliki bass yang powerfull
    Simbadda adalah produk yang terkenal menonjolkan dentuman bass pada setiap speakernya. Subwoofer dari Simbadda dinilai mampu menghasilkan bass yang powerful tanpa adanya distorsi.
  • Nama yang sudah terkenal dan terpercaya
    Simbadda sangat terkenal di kalangan masyarakat pasalnya semua produk Simbadda telah dijamin dengan kualitas yang sangat baik. Simbadda memperoleh penghargaan Top Brand Award 2012 kategori perlengkapan komputer. 
  • Dilengkapi dengan teknologi true surround sound (TSS)
    Simbadda menyematkan teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan. Selain teknologi True Surround Sound (TSS), Simbadda juga dilengkapi konektivitas bluetooth, port USB maupun slot SD Card yang akan memudahkan kalian mendengarkan musik melalui USB atau SD Card secara langsung.

Kekurangan Simbadda

  • Kualitas suara kurang jernih
     Simbadda biasanya menonjolkan dentuman bass, sedangkan suara selain bass terkadang malah tenggelam oleh suara bass. Penyuka musik dangdut mungkin akan sangat cocok dengan Simbadda, tapi jikalau penyuka jazz, classic, soft rock, atau jenis musik lain yang menonjolkan kejernihan (clearity) maka sepertinya Simbadda kurang cocok digunakan.
  • Format musik hanya mp3
    Bagi kalian yang masih menyimpan musik dalam format selain mp3 harus siap kecewa karena format musik yang dapat dimainkan di speaker Simbadda melalui USB/MMC card reader hanyalah musik yang memiliki format mp3.
  • Treble yang menonjol 
    Suara yang dihasilkan oleh speaker Simbadda dinilai lebih menonjol pada suara treble. Tetapi bagi Anda yang kurang suka dengan suara treble yang lebih dominan, tidak perlu khawatir karena speaker Simbadda memiliki pilihan equalizer yaitu jazz, rock, classic, flat dan pop.

Polytron

Speaker Polytron memiliki kualitas terbaik yang tidak bisa diragukan lagi keunggulnnya dan sudah dikenal dimasyarakat. Speaker polytron memiliki beragam macam mode, speaker ini rata-rata memiliki kualitas radio yang sangat bagus dan didukung dengan fitur yang sangat mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Perusahaan polytron merupakan perusahaan yang memproduksi hasil karya anak bangsa yang patut dibangkakan dan memiliki kualitas yang tidak kalah hebatnya untuk bersaing dengan produk speaker asing.

Berikut beberapa rekomendasi speaker Polytron yang ada pada tabel di bawah ini:

Produk Speaker PolytronKeterangan
Polytron PMA 9300 Speaker polytrron ini dilengkapi dengan Extended Bass Raditor (XBR) woofer agar bisa menghasilkan suara bass yang solid.
Speaker polytron BB 3501 Speaker ini memiliki karakter suara yang bisa menangkap detail dengan baik dan menghadirkan suara petir yang menggelegar serta memiliki 5 speaker.
Speaker polytron PAS 21 Speaker ini dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya adalah line input berupa jack RCA, USB player, mic input jack, gadget MP3 input, pengaturan tombol bass dan treble.
Speaker polytron PAS 78 Speaker ini sangat cocok digunakan untuk karaoke dan dilengkapi dengan radio FM serta dua buah input microphone yang bisa digunakan untuk karaoke.

Kelebihan Polytron

  • Dilengkapi 3 Way Speaker System
    Speaker Polytron ini dilengkapi dengan sistem speaker 3 Way sehingga jangkauan frekuensinya lebih luas dan lebih detail khsusnya dalam merepro nada-nada menengah seperti suara manusia(Vokal). Kelebihan speaker Polytron ini membuatnya piawai dalam memainkan musik bergenre rock atau klasik atau digunakan untuk berkaraoke.
  • Daya outputnya besar
    Kelebihan pada speaker aktif Poytron ini cukup terlihat jelas yaitu besarnya daya output yang perlu kalian ketahui bahwa besarnya daya output sebuah speaker aktif yang dinyatakan dalam Watt RMS sangat menentukan kekuatan Bass-nya semakin besar. Daya output speaker yang beredar berada pada kisaran 20 Watt sampai 100 watt.
  • Harga realitif murah
    Untuk mendapatkan speaker Polytron ini cukup menyiapkan uang sekitar 1 jutaan anda bisa membawa pulang speaker aktif keren ini.Harga ini terbilang sepadan dengan fitur-fitur yang berkelas terutama dari sektor sistem penguatnya bahkan bisa lebih murah dikelasnya.

Kekurangan Polytron

  • Bobot yang cukup berat
    Kekurangan yang pertama pada speaker Polytron aktif ini yaitu bobotnya yang cukup berat, Oleh sebab itu speaker ini cukup sulit dipindahkan. Namun, kekurangan ini terbilang cukup umum untuk beberapa speaker aktif yang ada di pasaran.
  • Lebih riskan terhadap hujan dan panas matahari
    Speaker Polytron ini cukup sensitif jika terkana panasa matahari langsung maupun hujan, Oleh sebab itu, penempatan speaker ini perlu di perhatikan.
  • Kalu rusak salah satunya maka speaker juga ikut tidak terpakai
    Kekurangan terakhir pada Speaker Polytron ini yaitu jika speaker ini mengalami salah satu kerusakan, maka semua komponen yang ada pada speaker juga tidak dapat digunakan. Kelemahan ini lah yang membuat para pembeli berpikir ulang sebelum membelinya.

Tips Memilih Speaker

1. Sesuaikan dengan kebutuhan
Untuk speaker yang digunakan diluar ruangan, pilih yang jenis full range artinya semua nada akan diciptakan oleh speaker. Dengan menggunakan speaker jenis ini, nada yang tercipta tidak akan hilang, baik itu nada rendah maupun nada tinggi.

Tetapi ada kekurangan dalam speaker ini yaitu nada yang tercipta terdengar kurang empuk. Sedangkan jika kalian ingin membeli speaker yang digunakan untuk dalam ruangan pilihlah jenis woofer. Hal ini akan membuat nada rendah terdengar lebih empuk dan halus. Namun, jika speaker ini digunakan diluar ruangan maka nada rendah akan hilang.

2. Bahan kabinet atau box speaker
Pastikan bahan kabinet atau box speaker yang terbuat dari kayu atau serbuk kayu. Sebab, Bahan kayu merupakan bahan yang paling terbaik yang bisa meresonansi suara. Apabila dibanding dengan box speaker yang terbuat dari plastik kualitas suara benar-benar mempunyai kualitas yang jauh.

Namun, apabila kalian kurang tertarik dengan speaker seperti jenis kayu kalian dapat menentukan speaker yang memiliki bahan dasar plastik, tetapi box itu perlu diberi kain yang berguna sebagai peredam suara agar suara bisa teresonansi dengan baik.

3. Daya listrik
Ada beberapa merk speaker yang mencantumkan kemampuan daya langsung di magnetnya, tetapi banyak pula yang menuliskan diatas kertas stiker. Cari saja yang langsung tertulis di magnet, karena itu adalah daya asli dari speaker tersebut. kalian lebih baik memilih daya 150 watt yang tertulis langsung di magnet dari pada daya 300 watt tetapi tertulis diatas kertas stiker.

4. Ukuran magnet speaker dan spul speaker
Ukuran magnet speaker juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli speaker. Perhatikan ukuran magnet dibagian belakang speaker. Speaker yang menggunakan magnet yang besar bisa menghasilkan suara yang keras, bass, dan lebih awet.

Sementara pada speaker yang memiliki ukuran yang kecil magnetnya kualitas suara bisa dipastikan kurang baik. Dan juga perhatikan pada spul speaker. Spul speaker yang besar mempunyai kualitas yang lebih bagus dan akan menghasilkan suara yang lebih powerfull.

5. Cone speaker
Pilihlah jenis speaker yang memiliki cone yang berkualitas. Cone speaker yang baik akan memberikan tambahan warna pada suara speaker yang anda dengar. Untuk cone speaker yang bagus pilih yang terbuat dari kertas presser yang menjadikan suara speaker menjadi lebih enak didengar.

Pilih Mana: Simbadda atau Polytron?

SimbaddaPolytron
Kelebihan - Memiliki bass yang powerfull - Nama yang sudah terkenal dan terpercaya - Dilengkapi dengan teknologi true surround sound (TSS) - Dilengkapi 3 Way Speaker System - Daya outputnya besar  - Harga realitif murah
Kekurangan- Kualitas suara kurang jernih - Format musik hanya mp3 - Treble yang menonjol  - Bobot yang cukup berat  - Lebih riskan terhadap hujan dan panas matahari - Kalu rusak salah satunya maka speaker juga ikut tidak terpakai

Kesimpulan

Speaker Simbadda dan Polytron merupakan speaker yang di produksi langsung di dalam negeri dan kedua speaker ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan mampu bersaing dengan buatan luar negeri. Pada artikel di atas sudah kita bahas kedua produk dan dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memilih kedua speaker antara Simbadda dan Polytron ada baiknya kalian juga membaca terlebih dahulu tips yang telah kami berikan untuk memilih speaker yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Simbadda vs Polytron

VS

Leave a Reply