Game

Pilih Mana: Skyrim vs Skyrim Special Edition

Bermain game adalah aktivitas yang menyenangkan, selain dapat menghilangkan stress nyatanya bermain game bisa membuat otak jadi lebih bekerja dengan baik. Dan sekarang sudah banyak sekali game yang bisa kamu mainkan, salah satunya seperti Skyrim dan Skyrim Special Edition.

Skyrim dan Skyrim Special Edition adalah game petualangan yang sangat menyenangkan dengan alur cerita yang menarik. Kedua game ini menjadi game dambaan untuk setiap orang pada masanya.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua game ini? Untuk itu yuk simak terus Selera.id agar kamu bisa mendapatkan info lebih dalam sebelum memainkan game ini. Disini aja ya!

Skyrim vs Skyrim Special Edition

Skyrim

Cerita pada Skyrim berkisar pada petualangan kamu sebagai seorang pahlawan yang disebut Dragonborn. Menurut legenda bangsa Nord di Skyrim, Dragonborn merupakan pembasmi naga yang muncul untuk membebaskan dunia dari kehancuran akibat kelakuan naga.

Apabila kamu mengikuti timeline cerita dari The Elder Scrolls, Skyrim mengambil tema waktu setelah peristiwa di The Elder Scrolls 4 Oblivion. Alur kisah yang dibawakan pada Skyrim pastinya akan semakin menarik apabila kamu mengikuti cerita di Oblivion.

Tetapi, jangan khawatir karena, Skyrim pula menyediakan cerita yang bisa diikuti dengan baik. Game ini pula menyediakan beragam buku dalam game yang bisa kamu baca agar kamu bisa menyelami ceritanya.

Petualangan kamu dimulai dengan tradisi The Elder Scrolls, pembuatan karakter! Kamu bisa memilih banyak aspek dalam pembuatan karakter itu, seperti pemilihan jenis kelamin, fitur tubuh, ras, warna kulit, sampai bentuk wajah. Wajah yang bisa kamu buat pada dasarnya berawal dari beberapa template yang sudah disediakan.

Skyrim vs Skyrim Special Edition

Kemudian, kamu bisa mengubah beragam fiturnya, mulai dari ukuran mata, lebar rahang, bentuk hidung, sampai umur karakter. Jadi, kamu bisa membuat wajah karakter yang sesuai dengan selera! Baca juga: Gamepad Smartphone Terbaik

Kelebihan Skyrim

  • Bebas menentukan karakter
    Kebebasan dalam Skyrim merupakan fitur utama yang paling menarik! Begitu pula dengan menentukan kemampuan karakter yang kamu mainkan! Untuk meningkatkan skill yang kamu mau, cukup lakukan aktivitas yang berhubungan dengan skill tersebut.
  • Aktivitas game yang menantang
    Skyrim menawarkan begitu banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Mulai dari banyaknya quest tambahan yang ditawarkan sampai menemukan beragam daerah baru dengan banyak imbalan (serta bahaya) di dalamnya. Bahkan, bila dibanding dengan menjalankan quest utamanya, menjelajahi dunia Skyrim jauh lebih menarik untuk dilakukan.
  • Terdapat petunjuk dalam permainan
    Untungnya kamu tidak menjelajah dengan buta di dunia Skyrim. Daerah dan Dungeon baru yang belum kamu temui akan terlihat lambangnya di kompas yang terdapat di bagian atas layar game. Jadi, kamu cukup mengikuti arahnya sampai kamu menemukannya.

Kekurangan Skyrim

  • Masih ada bug
    Dalam setiap game tentunya terdapat beberapa kekurangan yang ada di dalamnya, termasuk game Skyrim sekalipun. Menurut beberapa review dari orang yang sudah memainkannya, game ini masih terdapat bug disana sini yang membuat game jadi kurang menyenangkan.
  • Detail grafik belum terlalu bagus
    Detail grafik dari game ini dinilai belum terlalu bagus untuk sebagian pemainnya. Namun hal ini tidak menjadi kekurangan yang cukup berarti karena kisah dan perjalanan karakternya dalam menyelesaikan misi dinilai sangat menarik.
  • Terdapat beberapa exploit dalam game
    Exploit sendiri merupakan suatu kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik. Exploit banyak dipakai untuk penetrasi baik secara legal atau ilegal untuk mencari kelemahan (vulnerability) dan menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan.

Skyrim Special Edition

Merilis kembali sebuah game lawas populer dengan kualitas visualisasi lebih bagus, proyek Remaster sepertinya jadi tren yang tidak akan tenggelam cepat di industri game. Karena terlepas dari kritik “pedas” di dunia maya soal bagaimana strategi ini tak lebih dari cara “malas” developer dan publisher untuk mendapatkan uang, beberapa proyek remaster sudah terbukti mendatangkan uang dengan efektif.

Bethesda akhirnya mengumumkan kalau proyek Remaster untuk game yang dirilis di tahun 2011 silam tersebut sudah rampung dan siap didistribusikan untuk memastikan rilis tepat waktu di akhir Oktober 2016.

Skyrim vs Skyrim Special Edition

Game Skyrim Special Edition adalah remake dari versi sebelumnya dengan beberapa kelebihan menarik di dalamnya. Diantaranya seperti detail gambar yang lebih tajam, efek-efek yang disediakan pun sangat menarik sehingga sangat menyenangkan ketika dimainkan.

Tidak cuma efek-efek yang lebih menarik, Bethesda pula menjanjikan pencahayaan lebih baik, art dan efek yang lebih elegan, depth of field, screen-space reflections, serta shader baru untuk air serta salju yang ada.

Lihat juga:  Pilih Mana: Nintendo Switch atau PS4?

Kelebihan Skyrim Special Edition

  • Performa game yang lebih stabil
    Game engine yang dipakai menjadi 64 bit dan support DX11. Yang artinya Skyrim bisa memakai RAM melebihi 4GB. Yang artinya juga game ini akan lebih stabil, performanya akan lebih baik, dan juga kamu bisa memakai beberapa mod besar.
  • Memiliki efek dynamic depth-of-field
    Efek dynamic depth-of-field saat melihat sesuatu dari jarak dekat. Contohnya, background akan terlihat blur saat karakter sedang melihat bunga, batang kayu, berbicara dengan npc, dan lain sebagainya. Efek ini bisa kamu ubah di slider game setting.
  • Detail gambar yang lebih bagus
    Detail gambar dari game yang satu ini pastinya lebih bagus dan menarik daripada versi sebelumnya sehingga kamu bisa merasakan pengalaman bermain game petualang menyenangkan yang tidak pernah kamu rasakan sebelumnya.

Kekurangan Skyrim Special Edition

  • Harga game yang tinggi
    Harga game Skyrim Special Edition ini pastinya sangat tinggi dibandingkan dengan versi sebelumnya. Untuk itu kamu mesti merogoh kocek yang dalam untuk memainkan game petualangan yang seru ini.
  • Spesifikasi perangkat harus sesuai
    Jika komputer atau laptop kamu memiliki spesifikasi yang tidak sesuai maka sensasi menyenangkan dari game ini tentu kurang maksimal. Pastinya dibutuhkan uang yang cukup banyak agar bisa memiliki komputer dan laptop yang cocok dengan game yang satu ini.
  • Masih ada beberapa bug di dalamnya
    Sebenarnya bug yang ada pada Skyrim Special Edition ini tidak sebanyak yang dimiliki oleh versi sebelumnya. Namun beberapa orang tentunya menyayangkan hal yang satu ini.

Skyrim vs Skyrim Special Edition

Skyrim vs Skyrim Special Edition

Versi remake sudah tentu lebih bagus dari versi pendahulunya. Yang jauh membedakan Skyrim (2011) dengan Skyrim Special Edition yaitu dari segi grafik dan game engine-nya. Skyrim Special Edition akan memanjakan mata kamu dengan pemandangan yang ditampilkan senatural mungkin dengan efek cahaya yang bagus.

Meski sesungguhnya tampilan seperti ini dapat kamu miliki dari mod yang bisa kamu pasang di Skyrim versi vanilla. Bila komputer atau laptop kamu sudah mumpuni untuk menjalankan game dengan kebutuhan grafik yang tinggi, kamu boleh-boleh saja membeli Skyrim Special Edition ini.

Tetapi, jika spec komputer atau laptop kamu pas-pasan, maka amat tidak dianjurkan untuk kamu membeli game ini, sebab percuma. Grafik yang diunggulkan di versi remake pastinya tidak akan berjalan maksimal. Satu hal lagi, kamu pula mesti melihat kondisi dompet dulu ya guys. Jika kondisi dompet tidak mendukung, Skyrim versi vanilla masih amat layak kok untuk kamu beli.

SpesifikasiSkyrim Skyrim Special Edition
OSWindows 7Windows 7
CPUIntel Core i5-750 / AMD Phenom II X4-945 Intel Dual Core @2GHz /AMD Phenom II X4 945@3.0GHz
GPUNVIDIA Geforce GTX 470 / AMD Radeon HD 7870-
VRAM2 GB512 MB
RAM8 GB2 GB
HDD12 GB6 GB

Pilih Mana: Skyrim vs Skyrim Special Edition

Skyrim Skyrim Special Edition
Kelebihan- Bebas menentukan karakter - Aktivitas game yang menantang - Terdapat petunjuk dalam permainan - Performa game yang lebih stabil - Memiliki efek dynamic depth-of-field - Detail gambar yang lebih bagus
Kekurangan - Masih ada bug - Detail grafik belum terlalu bagus - Terdapat beberapa exploit dalam game - Harga game yang tinggi - Spesifikasi perangkat harus sesuai - Masih ada beberapa bug di dalamnya

Kesimpulan

Setelah membahas Skyrim dan Skyrim Special Edition tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa game ini bisa kamu mainkan sesuai dengan selera masing-masing. Jika kamu memiliki budget yang tinggi, maka Skyrim Special Edition adalah jawaban yang pas untuk kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Skyrim vs Skyrim Special Edition

VS

Leave a Reply