HomeMasakPerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Slow cooker vs rice cooker?

Elektronik yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari pada umumnya untuk memasak nasi dan untuk menghangatkan makanan yang sudah dimasak agar panas  secara merata. Dengan adanya alat elektronik yang satu ini, sangat membantu di kehidupan kita. Terutama sangat membantu untuk ibu rumah tangga dan anak kostan. Alat elektronik multifungsi yang sering digunakan oleh anak kostan ini berkapasitas daya listrik yang berkisaran sekitar 120-350 watt. Tergantung dari berbagai merk slow cooker dan rice cooker tersebut.

Namun kedua alat elektronik ini memiliki tujuan yang sangat berbeda mulai dari desain serta kegunaan pada keduanya. Sehingga kebanyakkan orang salah menggunakan bahkan bingung untuk membedakan keduannya.

Untuk mendapatkan kedua alat elektronik ini sangat mudah. Anda bisa menemukan dimana saja mulai dari toko offline dan online, dan tentunya dari berbagai toko pasti memiliki harga yang berbeda. Maka dari itu simak penjelasan berikut mengenai slow cooker dan rice cooker agar anda tidak keliru untuk menentukan keduanya ;

Slow cooker

Slow cooker adalah alat elektronik yang kegunaannya untuk menghangatkan atau memasak makanan yang harus dimasak dengan menggunakan api kecil dan lama, dengan memastikan panas tersebar dengan merata. Seperti sup, bubur, baby food, dan kaldu. Tidak dirancang untuk mencapai titik didih sehingga membuat slow cooker ini sangat lama untuk memasak nasi. Untuk memasak nasi menggunakan slow cooker ini  membutuhkan waktu lama sekitar 1 jam lebih. 

Dengan memiliki waktu memasak yang cukup lama, tapi alat yang satu ini bisa mengempukkan daging serta membuat bumbu menjadi meresap kedalam masakan. Maka dari itu, kurang cocok untuk anak kosan memasak nasi menggunakan alat yang satu ini. 

Slow cooker yang memiliki desain khusus menggunakan wadah berbahan keramik dan memiliki daya lebih kecil di bandingkan rice cooker. Dengan kebutuhan daya listrik yang berkisar 120 watt. Baca juga: Pilih mana: Mixer Maspion vs Mixer Cosmos?

Kelebihan slow cooker

  • Membantu menyiapkan MPASI

Alat yang satu ini sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk membuat makanan lembut yang mengandung gizi tinggi untuk balita. Slow cooker sangat membantu dalam mengolah makanan bayi yang prosesnya sangat lama, seperti membuat bubur.

  • Membuat daging terasa empuk dan meresap pada bumbu

Tidak hanya untuk membuat MPASI, slow cooker juga berfungsi membuat olahan daging yang keras menjadi empuk dan lembut serta membuat bumbu meresap pada daging.

  • Tidak menghilangkan kandungan nutrisi

Salah satu keunggulan yang dimiliki slow cooker yang jarang di jumpai pada alat elektronik masak lainnya yaitu tidak menghilangkan kandungan nutrisi didalam makanan tersebut. Dengan suhu yang rendah serta menggunakan api yang kecil membuat  makanan yang dimasak menggunakan slow cooker tetap sehat dan gizi makanan tetap terjaga.

  • Tidak membuat makanan mudah gosong

Dengan metode yang biasanya digunakan memerlukan perhatian ekstra untuk menunggu makanan di depan kompor agar tidak gosong. Dengan slow cooker membuat makanan dimasak tidak akan gosong dan tidak akan berkurang kandungan air didalamnya.

  • Bisa digunakan untuk memasak bubur dan sup

Salah satu cara praktis untuk membuat bubur yang memerlukan waktu yang sangat lama. Dengan menggunakan slow cooker bisa memberikan hasil yang maksimal dalam pembuatan bubur dan sup yang sangat lezat.

Kekurangan Slow cooker

  • Waktu yang lama untuk memasak

Slow cooker memiliki kekurangan yang salah satunya, yaitu pada saat memasak makanan memerlukan waktu yang sangat lama sekitar 1 jam lebih sehingga tidak cocok untuk memasak darurat atau terburu-buru.

  •  Memasak makanan yang terbatas

Tidak semua makanan bisa dimasak menggunakan slow cooker, ada beberapa makanan saja yang harus dimasak menggunakan api sedang dan memerlukan waktu yang lama.

  • Harganya yang terbilang mahal

Slow cooker adalah salah satu elektronik yang memiliki harga jual yang terbilang mahal. Dengan harga sekitar Rp.200 sampai dengan Rp.1jt keatas, sesuai dengan desainnya dan merknya.

Rice Cooker

Rice cooker adalah alat elektronik yang pada umumnya untuk memasak atau menanak nasi. Sangat membantu ibu rumah tangga atau anak kostan dalam memasak atau menanak nasi. Seiring perkembangan zaman, rice cooker tidak hanya untuk memasak nasi tapi juga bisa digunakan untuk mengukus, menghangatkan lauk,dan menghangatkan nasi yang sudah dingin.

Rice cooker adalah alat penanak nasi yang dilengkapi dengan panci dan ditambah fitur lapisan teflon serta saklar otomatis yang menggunakan tenaga listrik. Dilengkapi dengan tombol otomatis warm dan cook sehingga akan mengeluarkan bunyi ceklek ketika nasi sudah masak.

Lihat juga:  6 Merk AC Portable Yang Bagus 2020

Memasak nasi menggunakan alat ini tidak memerlukan waktu yang lama seperti alat penanak nasi slow cooker, cukup dengan waktu 30 menit saja namun jika ingin hasilnya maksimal tunggu sampai 5 menit setelah uapnya habis. Alat penanak nasi yang satu ini menggunakan daya listrik yang lumayan besar sekitar 200-300 watt. Rice cooker sangat mudah di dapatkan mulai dari toko online dan offline dengan beragam harga, warna, serta tampilan.

Kelebihan Rice Cooker

  • Cepat dan praktis

Dengan rice cooker memasak nasi jadi lebih cepat dan praktis tanpa memerlukan waktu yang lama hingga berjam-jam cukup dengan waktu 30menit saja nasi sudah siap untuk dinikmati. Dengan alat yang satu ini juga kita bisa memasak nasi sambil melakukan pekerjaan yang lain dan tidak perlu ditunggu seperti memasak nasi pada umumnya. Dan anda tidak usah khawatir atau takut gosong karna rice cooker sudah di rancang khusus sehingga tidak akan membuat nasi yang dimasak gosong.

  • Bisa memasak makanan dengan banyak varian

Ternyata alat penanak nasi yang satu ini sering digunakan anak kost untuk mengukus bolu kukus dan makanan yang cara pembuatannya dikukus. Tak hanya itu, rice cooker juga sering digunakan untuk menggoreng dan memanggang kue juga. Maka dari itu rice cooker sangat cocok untuk anak kost-kostan.

  • Cara merawatnya

Untuk cara perawatan rice cooker sangatlah mudah. Cukup dengan membersihkan panci setelah memasak nasi jangan biarkan sisa nasi mengering dan susah untuk dicuci. Karna itu bisa menyebabkan kerusakan panci sehingga membuat rice cooker mudah rusak dan tidak awet.

Biasanya ciri-ciri kerusakan pada rice cooker yaitu lamanya nasi masak dan tidak matang dengan sempurna, membuat nasi cepat basi dan berbau. Maka dari itu kalian harus meluangkan waktu sebulan satu kali untuk membersihkan keseluruhan pada rice cooker agar kondisi tetap terjaga dan awet.

Kekurangan Rice Cooker

  • Daya listrik

Menggunakan daya listrik yang lumayan besar, sehingga jika watt dirumah anda tidak memungkinkan untuk menggunakan rice cooker ini secara langsung listrik dirumah anda akan padam. Tak hanya itu juga ketika kalian sedang memasak nasi menggunakan rice cooker dan tiba-tiba  lampu dirumah anda padam dengan waktu yang cukup lama, maka proses nasi yang dimasak tidak akan matang.

  • Ketahanan produk

Alat penanak nasi yang satu ini, bisa tidak awet jika anda tidak menjaga, membersihkan, dan menggunakan dengan benar. Tak hanya itu jika rice cooker terjatuh akan menimbulkan kerusakan dan kemungkinan tidak bisa digunakan lagi, dan anda harus menggantinya dengan yang baru.

Pilih mana: Slow cooker vs rice cooker?

Keterangan iPhone 12 vs iPhone 11 pro max
Kelebihan - Dengan kualitas kamera yang unggul - Dengan kualitas baterai yang besar- Chipset yang kencang - Memiliki daya baterai yang sangat awet
Kekurangan - Charger dan earPod dijual terpisah - Masih masalah disinyal - Masalah pada Bezel dan Notch - Tidak memiliki Jack Audio 3,5mm dan Adapter Audio

Kesimpulan

Slow cooker dan Rice cooker adalah alat elektronik yang sama-sama bisa untuk memasak nasi, namun keduanya juga memiliki tujuan utama yang berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Slow cooker lebih untuk memasak makanan yang memerlukan api kecil dan memasaknya perlu waktu yang lama tidak terburu-buru.

Sedangkan Rice Coooker bertujuan untuk menanak nasi dengan cara praktis dan tidak memerlukan waktu lama. Namun disamping itu, tidak hanya untuk memasak nasi tapi juga bisa digunakan untuk menggoreng, merebus, dan menghangatkan nasi atau lauk yang sudah dingin. Maka dari itu untuk itu kembali lagi ke anda, ingin menggunakan Slow Cooker atau Rice Cooker.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Slow cooker vs Rice cooker

VS

Leave a Reply