Aplikasi

Pilih Mana: Smadav atau Avast?

Anti virus merupakan sebuah program atau sebuah software yang bertujuan untuk melindungi perangkat komputer Anda agar terhindar dari virus yang dapat membuat berbagai masalah pada komputer. Dua software anti virus yang dapat menjadi pilihan yaitu Smadav dan Avast. Manakah yang paling mampu untuk melindungi komputer Anda dari virus? Smadav atau Avast?

Smadav dan Avast adalah dua software yang berfungsi menjadi pelindung komputer Anda. Smadav merupakan anti virus buatan anak bangsa pada tahun 2006. Sedangkan Avast merupakan software anti virus yang berasal dari Praha, Republik Ceko yang berdiri pada tahun 1988.

Smadav

Smadav merupakan sebuah program anti virus yang dibuat oleh siswa SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada tahun 2006. Anti virus ini telah banyak digunakan karena mampu mendeteksi dengan teliti data yang baru masuk melalui USB. Baca juga Pilih Mana: Smadav vs Avira?

Kelebihan Smadav

Berikut beberapa kelebihan anti virus Smadav yang perlu Anda ketahui:

  • Teliti dalam Memindai File dari USB

Salah satu kelebihan Smadav jika dibandingkan dengan Avast adalah lebih teliti dalam memindai file yang ada pada USB yang baru Anda colokkan. Karena memiliki fungsi seperti ini, Anda tidak perlu khawatir untuk memasukkan USB pada komputer Anda karena file pada USB akan otomatis di pindai oleh Smadav.

  • Lebih Cepat Mendeteksi Virus Lokal

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Smadav adalah lebih cepat dalam mengenali dan mendeteksi virus lokal. Untuk urusan virus lokal, Smadav lebih mampu mengatasinya. Sebab Avast memiliki fungsi yang lebih banyak dalam mendeteksi berbagai macam virus.

  • Tidak Menghapus Sembarang Aplikasi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Smadav adalah tidak menghapus aplikasi secara sembarangan. Smadav tidak menganggap file .exe sebagai virus. Smadav dapat memilih dan dapat membedakan file yang ada. Meskipun terjadi pengenalan file sebagai virus, maka file tersebut akan dikarantina terlebih dahulu.

Kekurangan Smadav

Berikut beberapa kekurangan anti virus Smadav yang perlu Anda ketahui:

  • Mengenali lebih Sedikit Virus

Salah satu kekurangan anti virus Smadav adalah tidak dapat mendeteksi virus lebih banyak. Virus yang dapat dideteksi atau dikenali oleh Smadav masih lebih sedikit daripada jumlah virus yang dapat dikenali oleh Avast.

  • Kurang Mampu Mengenali Virus Non Lokal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Smadav adalah kurang mampu dalam mengenali atau mendeteksi virus non lokal atau virus luar negeri. Hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab jumlah virus yang dapat terdeteksi Smadav hanya sedikit.

  • Belum Memiliki Fitur Real Time Protection

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki anti virus Smadav adalah belum memiliki fitur real time protection. Fitur real time protection ini memiliki fungsi untuk menjaga komputer setiap saat agar tidak terinfeksi oleh virus.

Kelebihan SmadavKekurangan Smadav
- Teliti dalam memindai file dari USB- Mengenali lebih sedikit virus
- Lebih cepat mendeteksi virus lokal - Kurang mampu mengenali virus non lokal
- Tidak menghapus sembarang aplikasi- Belum memiliki fitur real time protection

Avast

Avast merupakan program atau perangkat lunak anti virus yang dikembangkan sejak tahun 1988. Program ini dikembangkan di Praha, Republik Ceko. Program ini telah berkembang ke berbagai negara dan dipakai secara global.

Kelebihan Avast

Berikut beberapa kelebihan anti virus Avast yang perlu Anda ketahui:

  • Mampu Mengenali Lebih Banyak Virus

Salah satu kelebihan Avast adalah memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus jauh lebih banyak daripada Smadav. Avast mampu mengenali virus hingga ratusan juta virus. Sedangkan Smadav hanya mampu mendeteksi virus lebih sedikit dari yang dilakukan Avast. Berdasarkan hal ini, Avast terbukti lebih mampu mengenali dan dapat mengatasi berbagai macam virus yang dapat mengganggu dan merusak komputer Anda.

  • Tidak Merusak Sistem Komputer

Kelebihan lain yang dimiliki oleh anti virus Avast adalah tidak akan merusak sistem komputer penggunanya. Sebab ada beberapa anti virus yang dapat membuat sistem komputer menjadi rusak. dengan menggunakan Avast, sistem komputer Anda akan tetap lancar dan tidak akan rusak.

  • Memiliki Fitur Scan Boot Time

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh anti virus Avast adalah memiliki fitur scan boot time. Dengan memiliki fitur ini Avast dapat melakukan pemindaian komputer secara runtime ketika Anda menghidupkan komputer pertama kali. Dengan fitur ini komputer Anda akan dipindai sebelum masuk ke windows. Avast juga memiliki fitur lain yang juga sangat baik seperti Malware zero second. Dikutip dari Detik.com fitur ini adalah fitur yang bisa mendeteksi malware yang belum pernah terdeteksi sebelumnya oleh antivirus apa pun.

Lihat juga:  Pilih Mana: Zhask atau Fasha?

Kekurangan Avast

Berikut beberapa kekurangan anti virus Avast yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Teliti Memindai File dari USB

Salah satu kekurangan Avast adalah kurang teliti dalam memeriksa atau memindai file yang masuk melalui melalui USB. Saat Anda memasukkan USB pada komputer, data atau file pada USB tidak dipindai dengan sempurna oleh Avast. Untuk hal ini, Smadav lebih mampu memindai file dari USB.

  • Sering Terlambat Mendeteksi Virus Lokal Baru

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Avast adalah masih lambat dalam mendeteksi virus lokal baru. Hal ini mungkin saja terjadi karena Avast memiliki banyak pengguna di berbagai negara sehingga lebih lambat dan belum maksimal dalam mendeteksi virus lokal yang masih baru.

  • Memiliki Banyak False Alarm

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Avast adalah memiliki lumayan banyak false alarm. Karena memiliki cukup banyak false alarm. Avast di kemudian hari perlu memperbaiki pekerjaan yang cukup banyak untuk memperbaikinya jika terjadi eror.

Kelebihan AvastKekurangan Avast
- Mampu mengenali lebih banyak virus- Kurang teliti memindai file dari USB
- Tidak merusak sistem komputer- Sering terlambat mendeteksi virus lokal baru
- Memiliki fitur scan boot time- Memiliki banyak false alarm

Pilih Mana: Smadav atau Avast?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Smadav dan Avast. Perbedaan keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

Smadav Avast
- Dibuat di Indonesia pada tahun 2006- Dibuat di Praha pada tahun 1988
- Teliti dalam memindai file dari USB- Kurang teliti dalam memindai file dari USB
- Mendeteksi virus lebih sedikit- Dapat mendeteksi virus lebih banyak

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai dua macam anti virus di atas, dapat disimpulkan bahwa Avast memiliki kemampuan untuk mendeteksi lebih banyak virus daripada Smadav. Namun Avast masih lemah dalam mendeteksi virus lokal, karena itu Anda dapat menggunakan Avast sebagai anti virus utama dan Smadav untuk membantu mendeteksi virus lokal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smadav vs Avast

VS

Leave a Reply