Aplikasi

Pilih Mana: Smadav atau Avira?

Salah satu masalah yang dihadapi saat menggunakan komputer atau laptop adalah adanya gangguan terhadap fungsi komputer atau laptop tersebut. Salah satu penyebab masalah ini adalah adanya virus yang terdapat pada perangkat komputer. Untuk mengatasi masalah virus ini, terdapat berbagai macam anti virus yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu Smadav dan Avira. Dari kedua jenis anti virus tersebut, manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Smadav atau Avira?

Smadav dan Avira merupakan dua anti virus yang sama-sama memiliki fungsi untuk mengatasi virus. Smadav saat ini sangat banyak digunakan karena merupakan produk lokal. Produk lokal ini juga memiliki kualitas yang baik sehingga pantas untuk digunakan. Sedangkan Avira merupakan anti virus buatan Jerman yang juga memiliki kualitas yang baik, Avira ini telah banyak digunakan jauh sebelum kemunculan Smadav.

Smadav

Smadav merupakan anti virus lokal yang difungsikan atau ditujukan untuk mengatasi berbagai varian virus yang dapat mengganggu fungsi komputer Anda. Smadav merupakan produk lokal yang dibuat oleh siswa SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada tahun 2006. Baca juga Pilih Mana: Windows 7 Ultimate atau Profesional?

Kelebihan Smadav

Berikut beberapa kelebihan Smadav yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Fitur Autoscan
Salah satu kelebihan Smadav adalah memiliki fitur autoscan. Dengan adanya fitur yang dimiliki ni Smadav dapat langsung mendeteksi dan mencegah terjadinya penularan virus-virus. Dengan demikian, saat Anda mencolokkan flashdisk di komputer, komputer Anda akan aman. Dikutip dari IDNTimes.com Smadav juga bisa melakukan pencegahan dan perlindungan dari berbagai serangan virus baik yang bersumber dari Internet dan Flashdisk.

Cocok Bagi Pengguna Offline
Jika Anda merupakan rang yang jarang menggunakan jaringan internet, dan tidak menyukai adanya pemberitahuan setiap hari maka Smadav merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Smadav jarang melakukan update, namun saat melakukan update Smadav melakukannya dengan sangat maksimal.

Tidak Menghapus Sembarang Aplikasi
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Smadav adalah tidak menghapus aplikasi sembarangan. Smadav tidak menganggap file .exe sebagai virus dan jikapun ada, maka file tersebut akan dikarantina terlebih dahulu.

Kekurangan Smadav

Berikut beberapa kekurangan Smadav yang perlu Anda ketahui:

Hanya Dapat Menghapus Virus Lokal
Salah satu kekurangan Smadav adalah hanya dapat menghapus virus lokal. Smadav merupakan produk lokal yang hanya kuat pada produk lokal tetapi lemah terhadap virus-virus asing. Solusinya adalah Anda dapat menggabungkan smadav dengan antivirus lainnya.

Lemah Terhadap Virus yang Dienkripsi
Kekurangan lain yang dimiliki Smadav adalah lemah terhadap virus yang dienkripsi. Smadav tidak memiliki folder eksternal yang menyimpan database seperti antivirus utama. Karena itulah Smadav lemah terhadap antivirus yang dienkripsi.

Sering Tidak Responding
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Smadav adalah sering not responding. Hal ini pastinya akan mengganggu pengguna laptop atau komputer yang sedang beraktivitas. Sebagai solusinya, Anda bisa mengaktifkan DEP (Data Excution Prevention).

Kelebihan Smadav Kekurangan Smadav
- Memiliki fitur autoscan - Hanya dapat menghapus virus lokal
- Cocok bagi pengguna offline - Lemah terhadap virus yang dienkripsi
- Tidak menghapus sembarang aplikasi - Sering tidak responding

Avira

Avira merupakan sebuah perangkat lunak anti virus yang merupakan produk buatan asal Jerman. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1988. Perangkat lunak ini telah berkembang dan dipakai oleh banyak negara untuk mengatasi virus pada komputer.

Kelebihan Avira

Berikut beberapa kelebihan Avira yang perlu Anda ketahui:

Mudah untuk Dikendalikan
Salah satu kelebihan Avira yang perlu Anda ketahui adalah lebih mudah untuk dikendalikan. Semua program atau aplikasi yang dalam naungan “Crack” atau “Patch” biasanya akan dideteksi sebagai virus oleh kebanyakan Antivirus. Jadi, bagi Anda yang memiliki software tetapi tidak licency resmi atau bukan premium biasanya menggunakan “Crack” atau “Keygen” untuk membuatnya menjadi premium. software tetapi tidak licency resmi atau bukan premium biasanya menggunakan “Crack” atau “Keygen” untuk membuatnya menjadi premium.

Memiliki Best Quarantine
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Avira adalah akan membawa virus ke direktori quarantine. Hal ini dilakukan apabila Avira tidak mampu memperbaiki sistem yang sudah terinfeksi virus. Dengan dimasukkan ke direktori quarantine, virus-virus yang ada di komputer kita di penjara dan tidak bisa beraksi.

Gratis dan Update Setiap Hari
Kelebihan selanjuntnya yang dimliki oleh Avira adalah gratis. Anda bisa melakukan download langsung dari Avira Free Antivirus dan mendapat updatenya setiap hari jika Anda tidak mampu membeli yang premium.

Kekurangan Avira

Berikut beberapa kekurangan Avira yang perlu Anda ketahui:

Proses Pertama Memakan Waktu yang Lama
Salah satu kekurangan atau kelemahan Avira yaitu akan memakan waktu yang lama pada saat setelah proses instal. Hal ini dikarenakan Anda harus menambahkan list virus kategori ke dalamnya. Yakni sekitar 80 Mb untuk download pertama kali updatenya.

Sering Muncul Notifikasi
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Avira adalah terlalu sering muncul notifikasi sehingga terkesan rewel. Sebenarnya hal itu merupakan pemberitahuan atau warning “peringatan” dari Avira, untuk delete virus atau meremove virus dari directory yang ke detect sebagai virus.

Harus Membayar untuk Fitur Tertentu
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Avira adalah Anda harus membayar untuk bisa mendapatkan Fire Wall, Web Protection, Mail Protection dan lain-lain. Anda bisa mendapatkannya di Avira premium dan harus membayar.

Kelebihan Avira Kekurangan Avira
- Mudah untuk dikendalikan - Proses pertama memakan waktu yang lama
- Memiliki best quarantine - Sering muncul notifikasi
- Gratis dan update setiap hari - Harus membayar untuk fitur tertentu

Pilih Mana: Smadav atau Avira?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Smadav dan Avira. Perbedaan keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

Smadav Avira
- Berasal dari Indonesia - Berasal dari Jerman
- Jarang memberikan notifikasi - Sering memberikan notifikasi
- Hanya dapat menghapus virus lokal - Dapat menghapus virus non lokal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Smadav dan Avira dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Avira merupakan anti virus yang dapat mengatasi virus dari luar sebab Avira juga merupakan anti virus yang berasal dari luar. Sedangkan Smadav kurang mampu mengatasi virus selain virus lokal. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kedua anti virus ini secara bersamaan agar dapat saling melengkapi. Smadav juga merupakan anti virus yang ringan sehingga mudah untuk digabungkan dengan anti virus lainnya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smadav vs Avira

VS

Leave a Reply