GadgetsLayananTechnology

Pilih Mana: Smartfren atau Telkomsel?

Perang di industri telekomunikasi pada layanan operator seluler kian hari kian sengit. Hal ini dapat dilihat dari konsolidasi bisnis yang dilakukan demi dapat bertahan dan menantang pemimpin pasar.

Kondisi tersebut membuktikan bahwa industri ini merupakan hal yang paling menarik, salah satunya karena menjanjikan pendapatan yang relatif tetap setiap bulan dari jasa yang ditawarkan baik itu layanan panggilan dan pesan singkat maupun data internet dengan sistem pembayaran di awal (prabayar) maupun di akhir (pascabayar).

Indonesia sendiri ada begitu banyak layanan operator yang saat ini bertengger dengan menawarkan berbagai layanan terbaiknya. Seperti halnya Smartfren dan Telkomsel, kedua provider ini menawarkan fitur dan kelebihan bagi para pelanggannya. Untuk lebih jelas, simak pembahasan dibawah ini!

Smartfren

PT Smartfren Telecom Tbk (IDX:FREN) merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia. Pada tahun 2015, Smartfren meluncurkan layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia, dan di awal tahun 2016, Smartfren kembali mencetak sejarah sebagai perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan Voice over LTE (VoLTE) secara komersial.

Dengan cakupan jaringan yang luas, Smartfren telah didaulat menjadi official telco partner untuk brand-brand smartphone global ternama. Selain itu, Smartfren juga menghadirkan pengalaman layanan data yang fleksibel melalui pilihan paket data yang bervariasi, dan melalui smartphone Andromax dan MiFi modem.

Kelebihan Smartfren

1. Gratis Nelpon ke Sesama operator
Bagi sebagian provider lain, memberlakukan tarif nelpon tertentu pada operator lain bahkan sesame operator pun masih tetap dikenakan tariff. Namun bagi pelanggan Smartfren paskabayar, Anda tidak akan dikenakan biaya panggilan sepersen pun saat menelpon ke sesame operator Smartfren.

2. Koneksi Internet Kencang
Kelebihan yang pertama yaitu paket Unlimited milik Smartfren memiliki kecepatan internet yang kencang seperti paket lainnya selama belum mencapai FUP. Artinya paket Unlimited setara dengan paket lainnya yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah di operator lainnya.

3. Banyak Bosnusnya
Bagi Anda pelanggan setia Smartfren, Anda bisa mendapatkan bonus saat membeli paket Unlimited Smartfren. Bonus yang didapatkan seperti paket Internet Malam sepuasnya, kuota On Net sepuasnya dan layanan gratis nelpon ke sesama pengguna Smartfren.

4. Bisa memilih nomor cantik
Kelebihan selanjutnya, bagi pelanggan Smartfren paskabayar dapat memilih nomor langsung sehingga dapat menentukan nomor cantik yang mudah diingat dan migrasi nomor prabayar menjadi Paskabayar, jadi nomor Lama Anda bisa diubah menjadi nomor paskabayar.

Kekurangan Smartfren

1. Cukup Mahal
Kekurangan atau kelemahan Smartfren yang cukup membuat resah yaitu harga paketnya yang cukup mahal. Selain itu harga paket Unlimited Smartfren yang sekarang adalah harga baru, artinya paket tersebut mengalami kenaikan harga dari sebelumnya.

2. Pembelian Paket Tidak Genap 30 Hari
Tidak seperti operator seluler lainnya yang pasti akan memberikan paket secara penuh selama 1 bulan atau 30 hari. Pihak Smartfren memberikan durasi paket bulanannya tidak genap 30 hari. Hal ini benar-benar sangat disayangkan.

3. Kecepatan Internet Berkurang Jika Paket Akan Habis
Jika paket sudah mendekati batas FUP, secara tidak langsung kecepatan internet akan turun drastic dari kecepatan sebelumnya.

Telkomsel

Siapa yang tak mengenal Telkosmel? Telkomsel merupakan salah satu provider terbaik yang banyak digunakan di Indonesia. Jaringan kartu perdana Telkomsel dikenal sangat luas. Pada tahun 2011, Telkomsel berhasil menjadi operator seluler ke-7 di dunia dengan 1 juta pelanggan dalam satu negara.

Lihat juga:  Pilih Mana: AirBnB atau Hotel?

Faktanya, Telkomsel memiliki jaringan yang paling luas di Indonesia dan mampu menjangkau pelosok pelosok negeri, tak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan kartu Telkomsel. Dapat dikatakan Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar yang ada di Indonesia hingga saat ini.

Sejumlah produk yang Telkomsel tawarkan di antaranya adalah kartu As prabayar, simPATI yang prabayar, serta kartu Halo yang pasca prabayar. Bukan hanya itu saja, Telkomsel juga sudah mempunyai layanan internet yang nirkabel dengan jaringan telepon seluler yaitu Telkomsel Flash. Sehingga pengguna bisa memilih sendiri produk mana yang diinginkan.

Kelebihan Telkomsel

1. Tarif yang Memadai
Kelebihan telkomsel dibandingkan operator lain membuatnya memiliki banyak pelanggan setia. Harganya mungkin memang sedikit lebih tinggi dibandingkan operator lain, namun kualitas layanan yang didapatkan bisa dibandingkan dan Telkomsel tetap unggul.

2. Kualitas Jaringan Baik
Telkomsel memiliki kualitas jaringan yang lebih baik dibanding operator lain. Selain itu, Telkomsel juga merupakan standar jaringan dunia, sehingga memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada pelanggan.

3. Jangkauan Jaringan Luas
Jika jaringan lain tidak semuanya bisa menyebar ke pelosok, maka Telkomsel bisa menjawab keresahan itu. Berkat jangkauan jaringan yang luas dan mudah hingga ke pelosok negeri, membuat Telkomsel banyak disukai oleh pelanggan.

4. Inovasi Produk dan Layanan Terbaik
Telkomsel menghadirkan banyak inovasi dan layanan, yang membuatnya memiliki banyak pilihan paket untuk pengguna.

5. Infrastruktur yang Memadai
Dibandingkan dengan operator yang lain, infrastruktur penunjang jaringan Telkomsel juga lebih baik dibandingkan dengan operator lain. Hal tersebut terlihat dengan adanya 27.800 infrastruktur yang ada di seluruh Indonesia, yang digunakan untuk membantu akses jaringan menjadi lebih lancar. Lebih dari 24 ribu desa yang ada di Indonesia telah merasakan adanya infrastruktur tersebut untuk mengakses berbagai jaringan.

Kekurangan Telkomsel

1. Beberapa Daerah Masih Sulit Mendapat Sinyal
Walaupun memiliki jaringan yang luas, namun tetap saja ada beberapa daerah yang masih kesulitan dalam mendapatkan signal untuk mengakses layanan dari Telkomsel. Meskipun terkadang mendapat sinyal, namun akses internet juga kadang menjadi kendala.

1. Harga Paket Internet Relatif Lebih Tinggi
Berbeda dengan Smartfren, paket internet yang ditawarkan oleh telkomsel relatif lebih mahal. Jika diperhatikan maka paket internet kartu ini memang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan provider lainnya. Akan tetapi, hal itu cukup sebanding dengan kualitas dan feedback yang akan didapatkan.

Pilih Mana: Smartfren atau Telkomsel?

Keterangan SmartfrenTelkomsel
Kelebihan - Gratis Nelpon ke Sesama operator - Koneksi Internet Kencang - Banyak Bosnusnya - Bisa memilih nomor cantik- Tarif yang Memadai - Kualitas Jaringan Baik - Jangkauan Jaringan Luas - Inovasi Produk dan Layanan Terbaik - Infrastruktur yang Memadai
Kekurangan - Cukup Mahal - Pembelian Paket Tidak Genap 30 Hari - Kecepatan Internet Berkurang Jika Paket Akan Habis- Beberapa Daerah Masih Sulit Mendapat Sinyal - Harga Paket Internet Relatif Lebih Tinggi

Kesimpulan

Jika dibandingkan Smartfren kalah populer dibandingkan Telkomsel, selain itu Telkomsel juga memiliki pelanggan jauh dibanding Smartfren. Namun, jika berbicara mengenai harga, Smartfren layak menjadi pemenang karena harga lebih murah dibandingkan Telkomsel.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smartfren atau Telkomsel

VS