Kecantikan

Pilih Mana: Smoothing atau Rebonding?

Banyak wanita Indonesia memiliki jenis rambut ikal dan keriting. Rambut yang ikal dan keriting ini juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa rambut yang ikal atau keriting ini dianggap kurang fashionable dan susah untuk diatur. Oleh karena itu, beberapa pemilik rambut jenis ini memilih untuk meluruskan rambutnya. Dua cara yang dapat dilakukan untuk meluruskan rambut yaitu smoothing dan rebonding. Jika Anda perlu untuk meluruskan rambut, manakah cara yang akan Anda pakai? Smoothing atau rebonding?

Smoothing dan rebonding merupakan cara untuk meluruskan rambut. Meskipun memiliki fungsi yang sama, smoothing dan rebonding memiliki perbedaan. Ada sebagian orang yang lebih menyukai smoothing karena memberikan hasil yang lebih natural. Namun, ada juga orang yang lebih memilih rebonding karena harga yang lebih murah.

Baca juga Pilih Mana: Lulur atau Body Scrub?

Smoothing

Smoothing merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meluruskan rambut. Smoothing biasanya digunakan oleh orang-orang yang menyukai tampilan rambut lurus natural. Selain itu, smoothing menjadi pilihan karena obat yang dipakai merupakan obat yang cukup baik. Hal itulah yang membuat harga smoothing sedikit lebih mahal.

Kelebihan Smoothing

Berikut kelebihan smoothing yang perlu Anda ketahui:

  • Hasil

Sebagai metode meluruskan rambut, smoothing dapat memberikan hasil rambut lurus dengan tampak yang lebih natural. Rambut akan menjadi lurus tetapi tidak tampak patah. Lurus yang dihasilkan lebih terlihat natural. Jika Anda lebih menyukai tampilan rambut yang lurus natural, maka sebaiknya Anda menggunakan metode meluruskan rambut dengan smoothing.

  • Harga dan Efek

Sesuai dengan hasil yang diberikan. Smoothing mematok harga yang cukup mahal, atau lebih mahal daripada rebonding. Perbedaan harga ini terjadi karena jenis obat yang digunakan pada smoothing lebih baik daripada rebonding. Selain itu, metode meluruskan rambut dengan smoothing terbilang lebih mudah dan memiliki efek kegagalan yang minim.

  • Obat yang Digunakan

Obat yang digunakan untuk smoothing biasanya lebih baik daripada obat yang digunakan untuk rebonding. Sehingga harga smoothing lebih mahal. Selain itu, jenis obat yang lebih baik dapat memberikan hasil yang baik pula untuk rambut.

Kekurangan Smoothing

Berikut kekurangan smoothing yang perlu Anda ketahui:

  • Memakan Waktu yang Lama

Salah satu kekurangan smoothing adalah membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini diperlukan karena smoothing memiliki proses yang panjang. Smoothing bisa menghabiskan waktu 3 hingga 3,5 jam untuk satu kali proses.

  • Sulit untuk Rambut Keriting atau Ikal Parah

Untuk menentukan metode meluruskan rambut, Anda juga perlu memerhatikan jenis rambut Anda. rambut yang memiliki jenis ikal atau keriting yang parah lebih kurang cocok menggunakan metode smoothing. Rambut yang cocok diluruskan dengan cara seperti ini adalah jenis rambut ikal sebagian dengan lekukan sedang.

  • Mengandung Bahan Kimia

Salah satu bahan kimia yang terdapat di dalam obat untuk smoothing adalah formaldehida. Zat ini memberikan efek yang sangat buruk saat terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Jika zat ini dihirup dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung sehingga mengakibatkan mimisan. Organ lain yang terpapar oleh zat ini juga berisiko mengalami gangguan. Selain itu, bahan kimia memberikan reaksi yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang mendapatkan reaksi gatal-gatal, ruam kulit, hingga melepuhnya kulit kepala. Jika Anda termasuk orang yang mudah alergi terhadap bahan kimia, sebaiknya Anda memikirkan kembali untuk meluruskan rambut Anda.

  • Merusak Rambut

Dalam melakukan smoothing, rambut Anda akan ditreatment menggunakan suhu yang cukup tinggi, yaitu sekitar 325 derajat. Ini dilakukan untuk meluruskan rambut dengan cara mencatok rambut tersebut. Jika tidak dirawat dengan benar setelah di smoothing, rambut Anda akan rusak. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memberikan rambut Anda vitamin secara berkala.

Kelebihan SmoothingKekurangan Smoothing
- Rambut tampak lurus natural- Memakan waktu yang lama
- Obat yang dipakai lebih berkualitas karena lebih mahal- Sulit untuk meluruskan rambut keriting atau ikal parah
- Jarang mengalami kegagalan - Mengandung bahan kimia

Rebonding

Cara lainnya yang dilakukan untuk meluruskan rambut yang ikal atau keriting adalah rebonding. Banyak orang yang menggunakan rebonding ini karena harga yang relatif lebih murah jika dibanding smoothing. Selain itu, memang ada orang yang lebih menyukai rambut lurus yang tampak patah daripada natural.

Kelebihan Rebonding

Berikut kelebihan rebonding yang perlu Anda ketahui:

  • Harga

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa harga untuk rebonding rambut ini terbilang cukup murah. Hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin meluruskan rambut dengan cara rebonding.

  • Proses yang Singkat

Bagi orang yang tidak suka menunggu berlama-lama, maka rebonding bisa menjadi pilihan untuk meluruskan rambut. Untuk meluruskan rambut dengan cara rebonding Anda hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam saja. Jika dibandingkan dengan smoothing, proses meluruskan rambut dengan rebonding lebih cepat hingga 1 jam.

  • Ketahahanan Hasil

Rambut yang diluruskan dengan cara rebonding memiliki ketahanan yang lebih lama. Jadi, rambut Anda akan tetap lurus sampai rambut Anda mulai tumbuh memanjang.

  • Meluruskan Rambut Ikal dan Keriting

Sebelum meluruskan rambut, kenali jenis rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang keriting atau ikal yang parah, sebaiknya Anda meluruskan rambut dengan cara rebonding. Teknik meluruskan rambut dengan rebonding lebih kuat dan bisa mengatasi dan meluruskan rambut yang keriting dan ikal parah. Rambut yang ikal sedang pun tetap bisa diluruskan dengan rebonding.

Kekurangan Rebonding

Berikut akan dijelaskan kekurangan rebonding yang perlu Anda ketahui :

  • Penampakan Hasil

Hasil dari proses rebonding ini tampak lebih kaku dan patah. Hal ini sesuai dengan harga yang ditawarkan. Dengan harga yang murah, tentunya hasil yang diberikan tidak dapat terlalu baik. Namun, ada juga yang menyukai tampilan rambut lurus yang agak patah dan kaku.

  • Kemungkinan Gagal

Karena harga yang murah, rebonding biasanya menggunakan jenis obat yang lebih murah. Obat yang murah ini dapat berdampak pada kemungkinan terjadinya kegagalan saat meluruskan rambut. Selain itu, obat murah yang digunakan juga memberikan efek yang jauh lebih tidak sehat daripada smoothing.

  • Obat yang Digunakan Kurang Berkualitas

Dampak yang akan didapat dari rebonding akan lebih parah. Karena obat yang dipakai untuk meluruskan rambut dengan cara rebonding lebih murah. Kualitas obat yang lebih murah pastilah lebih rendah daripada obat sejenis yang memiliki kualitas di atasnya. Adanya kandungan yang tidak baik pada obat tersebut dapat membuat rambut menjadi rusak dan dapat pula mengganggu kesehatan. Selain itu, masih banyak lagi akibat buruk meluruskan rambut dengan rebonding. Dikutip dari Merdeka.com meluruskan rambut dengan cara rebonding dapat membuat struktur rambut menjadi berubah, ujung rambut menjadi bercabang, membuat sakit kepala dan masih banyak lagi risiko lainnya.

Kelebihan RebondingKekurangan Rebonding
- Harga terjangkau- Hasil kaku dan patah
- Proses yang singkat dan tidak memakan waktu- Memiliki kemungkinan gagal
- Membantu meluruskan rambut keriting atau ikal parah - Obat yang digunakan kurang berkualitas dan mengandung bahan kimia

Pilih Mana: Smoothing atau Rebonding?

Di atas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan smoothing dan rebonding. Agar Anda lebih fokus lagi untuk memilih, Anda dapat melihat ulang perbedaan keduanya pada tabel berikut:

SmoothingRebonding
- Proses membutuhkan waktu 3 – 3,5 jam - Proses membutuhkan waktu 2 – 3 jam
- Cocok untuk rambut ikal sedang - Cocok untuk rambut keriting atau ikal parah
- Rambut tampak lurus natural - Rambut tampak lurus kaku

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai rebonding dan smoothing tersebut, dapat disimpulkan bahwa smoothing merupakan cara meluruskan rambut yang lebih baik daripada rebonding. Kedua cara ini sebenarnya sama-sama memberikan efek samping yang kurang baik. Namun, jika memang Anda perlu meluruskan rambut, sebaiknya Anda meluruskan rambut dengan cara smoothing. Hal ini dikarenakan obat yang digunakan untuk rebonding adalah obat yang lebih murah dan kualitasnya lebih rendah daripada obat yang digunakan untuk smoothing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smoothing vs Rebonding

VS

Leave a Reply