Pilih Mana: Smule atau Starmaker?

Loading...

Saat ini telah bermunculan banyak aplikasi hiburan yang dapat membantu menyalurkan hobi para penggunanya. Sebut saja aplikasi karaoke yang saat ini semakin banyak berkembang. Dua di antara aplikasi karaoke yang dapat Anda gunakan yaitu Smule dan Starmaker. Manakah aplikasi karaoke yang lebih baik untuk Anda gunakan? Smule atau Starmaker?

Smule dan Starmaker merupakan dua aplikasi yang sama-sama dapat Anda gunakan untuk bernyanyi dan rekam suara. Namun, dua aplikasi ini memiliki banyak perbedaan. Smule hanya dapat diatur setelah melakukan perekaman suara, sedangkan Starmaker dapat diatur sebelum Anda melakukan perekaman.

Smule

Smule merupakan sebuah aplikasi karaoke yang saat ini tengah banyak dipakai oleh para pecinta musik dan orang yang suka bernyanyi. Smule dirilis pada tahun 2012 lalu yang dikembangkan oleh Smule. Aplikasi ini dapat digunakan pada platform Android, iOS, Apple TV, dan tvOS. Anda dapat mengetahui lebih lengkap mengenai Smule di Smule.com. 

Kelebihan Smule

Berikut beberapa kelebihan Smule yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tampilan Utama yang User Friendly

Salah satu kelebihan Smule dibandingkan dengan Starmaker adalah Smule memiliki tampilan utama yang lebih mudah digunakan atau user friendly. Ketika pertama kali membuka aplikasi Smule, Anda akan masuk ke dalam halaman rekomendasi lagu dan di atas atau header terdapat kolom pencarian dan slider. Sedangkan jika Anda masuk ke Starmaker, Anda akan masuk ke menu terakhir yang kita buka. Anda akan lebih mudah memahami tampilan utama Smule dibandingkan dengan Starmaker.

  • Dapat dengan Mudah Mengetahui Kualitas Lagu

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Smule adalah memiliki jumlah rating atau prosentase dari lagu tersebut. Dengan demikian, Anda akan mengetahui seberapa sering lagu tersebut digunakan sehingga dapat menjadi acuan dalam menentukan kualitas sebuah lagu. Hal ini tidak terlalu terlihat pada Starmaker sehingga Anda akan lebih sulit dalam menentukan kualitas sebuah lagu.

  • Memiliki Tab Notifikasi yang Sesuai

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Smule adalah memiliki tab notifikasi yang sesuai untuk pengguna. Pada notifikasi di tab activity Smule memberikan pemberitahuan mengenai aktivitas yang memiliki hubungan dengan pengguna dan lagu pengguna seperti like, komen dan mention. Sedangkan Starmaker memberikan notifikasi yang kurang perlu seperti aktivitas orang yang diikuti.

Kekurangan Smule

Berikut beberapa kekurangan Smule yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tampilan Profil yang Sangat Sederhana

Salah satu kekurangan Smule adalah memiliki tampilan profil yang lebih sederhana dan kurang menarik jika dibandingkan dengan Starmaker. Namun meskipun memiliki tampilan profil yang sangat sederhana, namun Smule lebih lebih mudah untuk digunakan.

  • Memiliki Kategori yang Kurang Lengkap

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Smule adalah memiliki kategori yang kurang lengkap jika dibandingkan dengan Starmaker. Pada Starmaker Anda akan menemukan banyak kategori seperti top solo, top collab, top stars, top friend dan lain sebagainya sedangkan Smule tidak memiliki kategori lebih lengkap dari Starmaker.

Loading...
  • Isi Feed Tidak Dipisahkan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Smule adalah isi feed tidak dipisahkan dan digabung menjadi satu. Smule tidak membedakan aktivitas tersebut pada tab kategori tertentu. Hal ini tentu lebih menyulitkan untuk mengetahui isi feed berdasarkan aktivitas yang sesuai.

Kelebihan SmuleKekurangan Smule
- Memiliki tampilan utama yang user friendly - Memiliki tampilan profil yang sangat sederhana
- Dapat dengan mudah mengetahui kualitas lagu- Memiliki kategori yang kurang lengkap
- Memiliki tab notifikasi yang sesuai- Isi feed tidak dipisahkan

Starmaker

Starmaker merupakan sebuah aplikasi karaoke yang baru muncul setelah didahului oleh Smule. Starmaker dikembangkan dan dirilis oleh StarMaker Interactive. Aplikasi ini juga telah memiliki banyak pengguna.

Kelebihan Starmaker

Berikut beberapa kelebihan Starmaker yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tampilan Profil yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan Starmaker adalah memiliki tampilan profil yang lebih baik dan lebih menarik jika dibandingkan dengan Smule. Jika Anda sangat memperhitungkan tampilan profil, maka Starmaker layak dipertimbangkan.

  • Memiliki Kategori yang Lebih Unggul dan Lengkap

Pada tab listen pada Smule dan Starmaker sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu berfungsi sebagai tempat penyimpanan lagu yang mendapatkan like dan play terbanyak. Namun, pada Starmaker Anda akan menemukan kategori lagu yang lebih unggul dan lebih lengkap daripada Smule sehingga Anda akan lebih mudah menemukan lagu berdasarkan kategori.

  • Feed Lebih Rapi dan Lebih Detail

Tab feed pada Smule dan Starmaker memiliki fungsi yang sama, yaitu berfungsi sebagai tempat lagu yang sudah disukai atau dikomentari maka akan masuk feed. Namun, pada Smule semua lagu ini selanjutnya menjadi satu dan tidak dipisahkan. Sedangkan pada Starmaker lagu tersebut dipisahkan dan dibagi menjadi tiga tab. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui aplikasi streaming musik yang lebih baik antara Spotify vs Apple Music. 

Kekurangan Starmaker

Berikut beberapa kekurangan Starmaker yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Sulit Mengetahui Kualitas Lagu

Salah satu kekurangan Starmaker adalah Anda tidak terlalu mudah mengetahui kualitas sebuah lagu. Pada Starmaker, Anda tidak bisa mendengarkan sebuah lagu untuk mengetahui kualitas lagu tersebut sebelum Anda menyanyikannya. Dengan demikian, Anda perlu melakukan OC terlebih dahulu agar bisa mengetahui kualitas lagu tersebut.

  • Terdapat Notifikasi yang Tidak Terlalu Penting

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Starmaker adalah terdapat notifikasi yang tidak terlalu penting bagi pengguna. Pada notifikasi di Starmaker, terdapat tab following yang isinya adalah aktivitas orang yang difollow oleh pengguna berupa percakapan di lagu mereka. Hal ini merupakan hal yang tidak terlalu penting dan tidak berhubungan dengan pengguna.

  • Memiliki Tampilan Utama yang Kurang User Friendly

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Starmaker adalah memiliki menu utama yang lebih membingungkan. Saat Anda membuka aplikasi Starmaker, Anda akan langsung masuk pada menu terakhir yang dibuka pengguna dan pada bagian atasnya terdapat menu pencarian dan slider. Akan lebih baik jika tampilan utama aplikasi Starmaker ini langsung menuju rekomendasi lagu.

Kelebihan StarmakerKekurangan Starmaker
- Memiliki tampilan profil yang lebih baik- Lebih sulit mengetahui kualitas lagu
- Memiliki kategori yang lebih unggul dan lengkap- Terdapat notifikasi yang tidak terlalu penting
- Feed lebih rapi dan lebih detail- Memiliki tampilan utama yang kurang user friendly

Pilih Mana: Smule atau Starmaker?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Smule dan Starmaker. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Smule Starmaker
- Lebih mudah mengetahui kualitas lagu - Lebih sulit mengetahui kualitas lagu
- Memiliki kategori yang kurang lengkap- Memiliki kategori yang lebih lengkap
- Tampilan utama user friendly- Tampilan utama kurang user friendly

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Smule dan Starmaker di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Smule lebih user friendly sedangkan Starmaker memiliki banyak tab yang berkemungkinan membingungkan pemula.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smule vs Starmaker

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *