Aplikasi

Pilih Mana: Smule atau WeSing?

Bernyanyi merupakan aktivitas yang menyenangkan, selain mampu menghilangkan stres nyatanya bernyanyi juga baik untuk kesehatan. Agar bisa maksimal dalam berkaraoke, saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan wadah untuk kita bisa bernyanyi ria, salah duanya seperti Smule dan WeSing.

Smule dan WeSing sudah ada sejak bertahun-tahun menemani kamu yang suka bernyanyi. Terdapat fitur-fitur menarik yang ada di dalam kedua aplikasi ini, selain itu kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari Smule dan WeSing? Tenang saja, karena kami akan mengulas lebih dalam mengenai kedua aplikasi karaoke ini. Disini aja ya!

Smule atau WeSing

Smule

Sing! Karaoke by Smule merupakan aplikasi yang tak lain diciptakan oleh pengembang bernama Smule dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2012 di App Store. Untuk Smule aplikasi ini merupakan proyek paling sukses yang menghantarkan Smule ke posisi yang sekarang.

Meski jauh sebelum Sing! sudah ada beberapa aplikasi yang lahir lebih dulu. Seperti Sonic Boom yang dirilis di tahun 2008, kemudian Magic Fiddle di 2010, termasuk Glee Karaoke yang pula menggarap kategori yang sama.

Di dalamnya terdapat berbagai kategori musik seperti pop, metal, rock, klasik dan lain-lain atau opsi kategori berdasarkan artis dan negara. Sing! memiliki sistem rekomendasi yang didasarkan pada preferensi masing-masing konsumen.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Sing! pula menawarkan platform unik dimana konsumen bisa terhubung ke jaringan komunitas Smule. Di situ konsumen bisa saling berinteraksi melalui suara dan menyanyikan lagu bersama anggota komunitas yang menyukai lagu tertentu. Baca juga Pilih Mana: Smule atau Starmaker?

Smule atau WeSing

Cara menggunakan Smule:

  1. Pertama download dulu aplikasinya dari Play Store.
  2. Jika sudah, jalankan aplikasi. Kamu akan melihat interface seperti saat pertama kali menjalankan Sing! Pilih saja salah satu dari 2 tombol yang ditawarkan, kami sarankan pilih Google supaya lebih mudah.
  3. Jika berhasil login, kamu akan dihantarkan ke halaman seperti ini. Buatlah nama pengguna untuk akun kamu, bebas asal sistem tidak menolaknya. Tambahkan juga foto profil bila dirasa perlu.
  4. Berikutnya kamu akan diminta untuk memilih genre atau kategori musik yang mungkin kamu kuasai. Jika sudah, tap menu Next.
  5. Selanjutnya barulah kamu diminta untuk memilih satu buah lagu untuk dinyanyikan. Sampai di sini sebaiknya ambil headset dan sambungkan ke perangkat kamu.
  6. Bila headset sudah terpasang, layar hendak menunjukkan panel semacam lukisan di dasar ini. Buat meneruskan, tap menu Next.
  7. Kemudian kamu dimohon untuk menyanyi. Di layar akan ada lirik lengkap dengan tempo lagu aslinya. Bila belum siap, ada tombol pause yang dapat dipakai untuk menampilkan beberapa opsi lanjutan. Apakah ingin mengulang, mengganti lagu atau terus saja.

Kelebihan Smule

  • Bermanfaat untuk kesehatan
    Bernyanyi memang terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Karena mungkin tanpa kita sadari dengan bernyanyi ternyata sudah melibatkan beberapa unsur dalam tubuh manusia. Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi nyatanya merupakan aktivitas yang amat menyehatkan.
  • Berlatih dalam meningkatkan kemampuan olah suara
    Smule memang tepat bila kamu gunakan untuk melatih vokal, sebab sudah disediakan di dalamnya beberapa opsi efek dan sanggup merekam vocal kamu dengan bagus. Kamu dapat mengulang-ulang sebuah lagu sampai benar-benar mahir dalam menyanyikannya. Asik bukan?
  • Memiliki fitur yang bisa mengedit hasil karaoke
    Dalam aplikasi Smule sendiri terdapat beberapa fitur yang bisa mengedit hasil dari karaoke kamu baik dari suara, mode dan efek jika kamu menggunakan video. Mengasyikkan bukan?

Kekurangan Smule

  • Hilangnya privasi dan bahaya cyber crime
    Membuka diri di sosial media itu sama saja menyebar privacy kita. Semakin tersebar makin tidak aman dan rawan disalahgunakan. Data, foto kita dapat digunakan oleh orang-orang untuk kejahatan untuk penipuan, pornografi, penyalahgunaan data dan lain-lain.
  • Isi feed tidak dipisahkan
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Smule adalah isi feed tidak dipisahkan dan digabung menjadi satu. Smule tidak membedakan aktivitas tersebut pada tab kategori tertentu. Hal ini tentu lebih menyulitkan untuk mengetahui isi feed berdasarkan aktivitas yang sesuai.
  • Tampilan yang sangat sederhana
    Beberapa penggunanya menyebutkan bahwa aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana, atau kata lainnya kurang menarik. Tentunya ini menjadi pembahasan yang cukup penting bagi Smule agar bisa menarik lebih banyak minat orang.

WeSing

WeSing merupakan aplikasi berbasis mobile untuk Android dan iOS di mana konsumennya bisa bernyanyi dengan latar belakang musik pilihan. Tidak hanya bernyanyi, konsumen juga bisa menyiarkan video secara langsung, memilih sendiri lagu yang ingin dinyanyikan, duet dengan teman dan artis dan merekam diri saat sedang beraksi.

Smule atau WeSing

Lihat juga:  Pilih Mana: HOOQ atau iFlix?

WeSing diterbitkan oleh perusahaan besar asal Tiongkok Tencent melalui Tencent Music Entertainment Hong Kong Limited. Di Play Store, popularitas WeSing lumayan bagus dengan jumlah unduhan di angka 10 juta dan dipercayai masih akan terus bertumbuh mengingat konsistensi pengembang dalam melakukan pembaruan.

Walaupun memberikan layanannya secara gratis, namun WeSing juga memiliki paket layanan premium dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara menggunakan WeSing:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengunduh aplikasi WeSing. Setelah itu, buka aplikasi WeSing di smartphone kamu. Kamu bisa login WeSing memakai akun Google, Facebook atau Twitter.
  2. Untuk mencari lagu yang mau dinyanyikan, maka klik tombol ikon mic yang ada di bagian bawah. Kemudian ketik judul lagu yang mau kamu nyanyikan pada kolom Search.
  3. Untuk bisa menambah filter wajah, kamu cuma perlu klik ikon bergambar wajah. Akan muncul beberapa filter yang bisa kamu pilih salah satu.
  4. Sebelum mulai merekam video saat bernyanyi, kamu dapat mengatur posisi kamera smartphone terlebih dahulu. Caranya amat mudah, sudah menemukan lagu yang mau dinyanyikan, klik tombol ‘Sing Now.’
  5. Di dalam aplikasi WeSing, kamu dapat memilih bentuk bersenandung. Bila mau bersenandung sendiri, hingga klik bentuk ‘Solo.’ Tetapi bila mau berduet, hingga seleksi bentuk‘ Duet’ serta mencari rekan buat menyanyikan lagu bersama.
  6. Aplikasi ini akan langsung memutar instrumen musik, dan menampilkan lirik dari lagu yang akan dinyanyikan. Dengan begitu konsumen tidak perlu khawatir akan salah lirik.

Kelebihan WeSing

  • Pencarian yang komplit
    Pengembang WeSing sepertinya sadar betul konsumennya memiliki preferensi, lokasi dan minat yang berbeda. Terbukti, mereka memberikan beberapa cara untuk menemukan lagu-lagu sesuai kriteria tersebut. Tersedia kategori Global untuk pilihan lagu internasional, kemudian pilihan Local untuk lagu-lagu lokal dan kategori New untuk koleksi lagu-lagu terbaru.
  • Memiliki fitur yang lengkap
    Fitur-fiturnya sudah sangat lengkap, hampir semua dapat ditemukan di sana. Jadi, WeSing dapat jadi tolak ukur sebuah aplikasi baik yang berbasis sosial atau minat para penggunanya masing-masing.
  • Masih bisa memakai aplikasi meski tidak memakai jaringan
    Dan inilah kelebihan yang paling untuk dari WeSing, yaitu konsumen bisa memakai aplikasi ini walaupun tidak terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi ataupun konektivitas internet lainnya. Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini?

Kekurangan WeSing

  • Kualitas audio tidak seragam
    Beberapa penggunanya menyebutkan bahwa beberapa lagu memiliki kualitas audio yang tidak seragam. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri untuk aplikasi WeSing ini mengingat semakin banyak konsumen yang menggunakannya.
  • Adanya resiko VIP bajakan
    Untuk kamu yang sering ditawarkan oleh pihak luar mengenai layanan VIP, maka sebaiknya harus berpikir dua kali dan berhati-hati. Karena nyatanya saat ini ada VIP bajakan yang pastinya tidak sama manfaatnya dengan layanan VIP asli dari pihak WeSing tersebut.
  • Bahaya cyber crime
    Sama halnya seperti Smule, dalam menggunakan WeSing tentunya kamu mesti berhati-hati karena bisa jadi foto atau video kamu dijadikan oleh oknum untuk niat yang tidak baik.
Layanan VIPSmule WeSing
1 bulanRp 24.000,-Rp 12.000,-
1 tahunRp 190.000,-Rp 95.000,-

Pilih Mana: Smule atau WeSing?

Smule WeSing
Kelebihan- Bermanfaat untuk kesehatan - Berlatih dalam meningkatkan kemampuan olah suara - Memiliki fitur yang bisa mengedit hasil karaoke - Pencarian yang komplit - Memiliki fitur yang lengkap - Masih bisa memakai aplikasi meski tidak memakai jaringan
Kekurangan- Hilangnya privasi dan bahaya cyber crime - Isi feed tidak dipisahkan - Tampilan yang sangat sederhana - Kualitas audio tidak seragam - Adanya resiko VIP bajakan - Bahaya cyber crime

Kesimpulan

Setelah membahas Smule dan WeSing tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua aplikasi karaoke ini memiliki kelebihan yang menarik untuk kamu yang suka bernyanyi. Kamu juga bisa lebih menikmati kedua aplikasi ini dalam mode VIP yang disediakan dengan beberapa manfaat yang lebih menarik ketimbang versi gratisnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smule vs WeSing

VS

Leave a Reply