Pilih Mana: Snapdragon atau Exynos?

Loading...

Bagus mana Snapdragon atau Exynos? Membandingkan antara kedua prosesor ini mungkin tidak akan menemukan jalan keluar dan tidak dapat menentukan yang terbaik, meski masing-masing pabrikan mengklaim mereka adalah yang terbaik. Karena setiap prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sehingga sebelum Anda memutuskannya ketahui dahulu penjelasan di antara keduanya berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Snapdragon dan Exynos
– Kelebihan & kekurangan Snapdragon dan Exynos

Snapdragon
Produsen prosesor buatan Qualcomm asal Amerika Serikat ini bisa dikatakan sebagai prosesor terlaris hingga saat ini. Snapdragon adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan prosesor kelas menengah atas dengan harga yang relatif terjangkau.

Kelebihan Snapdragon yang bisa Anda ketahui:

1. Bermain disegala kelas
Chipset ini bermain di semua level, mulai dari di bawah, menengah dan atas. Prosesor Snapdragon laris manis digunakan oleh banyak produsen smartphone. Kinerja gahar dan harganya yang lebih murah menjadi titik pilihan bagi vendor untuk meminangnya. Mereka juga sering melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum ada.

2. Ketahanan daya yang baik
Dikutip dari JalanTikus.com, Snapdragon memiliki tiga jenis prosesor, ada 400 untuk versi entry-level, 600 di kelas menengah, dan 800 terakhir pada kisaran unggulan. Ketahanan prosesor ini terhadap konsumsi daya baterai dan pemrosesan grafis tinggi merupakan kelebihan dari Snapdragon.

Loading...

Kekurangan Snapdragon yang bisa Anda ketahui:
Exynos dapat mencapai kecepatan hingga 772 Mhz (diuji dengan jumlah 8 core dan CPU Cortex-A53). Dan pada saat yang sama prosesor Snapdragon hanya bisa mencapai angka 600-700 Mhz. Maka tidak heran jika Exynos mampu menjalankan aplikasi atau multitasking dan game berat tanpa terganggu masalah ‘lag’.

Exynos
Exynos dikenal sebagai salah satu prosesor terbaik yang pernah ada. Bahkan Snapdragon terbaru tidak bisa disebut benar-benar mengalahkan prosesor yang satu ini. Prosesor dari produsen domestik K-Pop juga tengah berada di atas pasar penjualan smartphone Android, yaitu Samsung.

Kelebihan Exynos yang bisa Anda ketahui:

1. Umumnya perangkat unggulan
Dari segi performanya, Exynos bisa dikatakan juara. Karena kebanyakan yang menggunakan Exynos adalah smartphone unggulan dengan harga selangit, seperti dari Samsung Galaxy S7 dan Note 7, tidak heran jika prosesor Exynos disebut prosesornya orang kaya.

2. Multitasking yang memuaskan
Performa mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone menjadi menyenangkan, multitasking dan bahkan game pun minor dengan kata lag. Akan tetapi, tetap saja ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna berdompet tebal saja.

Kekurangan Exynos yang bisa Anda ketahui:
Seperti kata pepatah, ada uang ada barang, chipset mahal ini bisa dibilang hampir tidak memiliki kelemahan. Walaupun dalam segi harga chipset ini sudah diberi cap ‘chipset mahal’ dan pasti digunakan oleh smartphone yang mahal pula.

Pilih Mana: Snapdragon atau Exynos?

SnapdragonExynos
Performa- Ketangguhan masih di bawah Exynos– Sangat tangguh
Pengguna– Digunakan di segala kelas– Biasanya digunakan untuk perangkat kelas atas (flagship)
Harga– Tergolong lebih murah– Harganya mahal

Kesimpulan
Melalui ulasan di atas, mungkin kami dapat menyimpulkan dari perbandingan prosesor Android ini dari kisaran harga dan kebutuhan setiap pengguna. Meskipun unggul dan hampir menyamai kinerja Exynos, sayangnya masalah panas sering ditemukan pada Snapdragon 810 dan di atasnya. Ini menandakan bahwa Qualcomm harus terus berkembang sehingga prosesor masih dapat eksis secara artifisial di tengah persaingan yang semakin ketat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Snapdragon vs Exynos

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *