FashionTrends

Pilih Mana: Sneakers atau Boots?

Sepatu merupakan aksesoris yang dipakai untuk melindungi kaki dan menjadi icon fashion seseorang. Jenis-jenis dan bahan-bahan yang digunakan sepatu saat ini sudah banyak sekali berhamburan di seluruh dunia. Dan yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Sneakers dan Boots.

Sneakers dan Boots adalah sepatu dengan bentuk dan dibuat dari bahan yang berbeda. Orang cenderung memakai Sneakers untuk aktivitas sehari-hari dan Boots digunakan untuk aktivitas yang ekstrim seperti mendaki gunung dan lain sebagainya.

Pada artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai Sneakers dan Boots serta beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan perbandingan dalam memilih sepatu andalan kamu. Stay tune ya!

Sneakers

Sneakers merupakan jenis sepatu dengan sol fleksibel terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau kanvas. Namun, seiring perkembangan jaman saat ini banyak sneakers yang dibuat juga dari suede dan nylon.

Sneakers awal mulanya diambil dari kata dalam bahasa inggris, yakni ‘sneak’ yang berarti penyelinap. Awal mulanya sneakers merupakan sepatu olahraga dan sepatu lainnya yang dipakai untuk olahraga.

Saat ini banyak artis di dunia maupun di Indonesia juga memakai sneakers. Dan perihal ini yang membuat banyak perusahaan sneakers melihat para artis sebagai ajang promosi perusahaan tersebut. Dan inilah juga yang membuat harga sneakers saat ini melambung tinggi.

Sneakers tidak cuma dijual untuk digunakan namun juga dijadikan barang koleksi. Seperti halnya mobil, sneakers juga ada yang rare limited edition dan cuma dijual beberapa pasang di dunia ini.

Sneakers bekas juga dengan kondisi apapun jika itu barang limited tentu akan banyak dicari para kolektor di dunia. Sneakers saat ini ini menjadi hal yang wajib bagi fashion kawula muda. Bukan hanya anak muda, orang yang sudah tua pun juga tidak sedikit yang menggilai sneakers.

Untuk perawatan sneakers sangatlah membutuhkan hal yang sangat istimewa, untuk membersihkan sneakers sendiri mesti memakai cairan khusus yang mempunyai kadar keasaman yang rendah agar tidak mudah rusak atau hancur bahannya dan memakai sikat khusus yang padat, kaku, dan lembut. Tidak bisa sembarangan memakai sabun atau deterjen untuk membersihkannya. Baca juga Pilih Mana: Sneakers atau Flat Shoes?

Kelebihan Sneakers

  • Fleksibel dengan segala jenis busana
    Suatu kelebihan bila kamu memakai sneakers karena desainnya yang bisa menyesuaikan dengan berbagai outfit. Berbusana formal maupun casual, sneakers bisa jadi andalan kamu. Bila kamu ada acara formal, kamu bisa gunakan a-line skirt berbahan satin yang elegan, atau saat kasual cukup andalkan jeans sebagai bawahan.
  • Tidak akan membuat kaki lelah
    Jalan-jalan keliling mal seharian atau keliling kota untuk spot foto OOTD tidak akan buat kamu lelah jika pakai sneakers. Sneakers khusus dibuat untuk digunakan saat melakukan perjalanan jauh sehingga nyaman untuk digunakan seharian. Selain anti lelah, total look kamu akan makin modis dengan sneakers.
  • Cocok untuk dijadikan sepatu untuk travelling
    Dikala travelling, kamu tentu membawa pakaian yang lumayan banyak. Agar koper kamu tidak penuh dengan alas kaki, kamu cukup membawa sneakers. Tidak perlu kesulitan mix & match outfit liburanmu, sebab dengan sneakers outfit kamu akan semakin terlihat keren. Pilih warna-warna yang netral seperti putih, biru maupun abu-abu.

Kekurangan Sneakers

  • Resiko barang palsu
    Saking tenarnya sneakers di seluruh kalangan tentu akan dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang menginginkan keuntungan tersendiri dengan membuat dan menjual sneakers palsu. Untuk itu kamu harus hati-hati dengan toko-toko sepatu yang ada dipasaran dengan cara teliti sebelum membeli.
  • Kurang sesuai untuk yang ingin tampil feminim
    Sneakers cocok banget buat kamu yang ingin tampil santai dan tidak repot kala melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi jika kamu ingin tampil feminim dengan memakai sneakers tentunya kurang sesuai. Kamu bisa memakai flat shoes agar terlihat lebih cantik dan feminim.
  • Resiko jahitan lepas
    Sebagian orang memakai sneakers untuk aktivitas yang cukup padat, tentunya membuat jahitan-jahitan pada sneakers akan lepas dan membuat sneakers menjadi tidak layak pakai. Untuk itu senantiasa rawat dengan baik sneakers kesayangan kamu ya guys.

Rekomendasi Sneakers

1. Vans Authentic Classic
Dengan memakai bahan kanvas di bagian upper dan rubber di bagian sol, sepatu ini tidak lekang oleh waktu dan penjualannya juga senantiasa konsisten selama beberapa dekade terakhir. Walaupun desainnya mungkin tidak sesuai untuk hardcore skating, namun tampilan vintagenya menarik untuk penggemar sneaker casual dan street-style.

2. New Balance CRT300
New Balance CRT300 memakai teknologi midsole REVlite yang menawarkan kenyamanan saat memakai sneakers ini. Tidak hanya itu, sneakers dengan mode retro ini juga menawarkan breathability yang amat baik, membuat sepatu ini jadi opsi yang pas selama cuaca panas.

3. Adidas Adi Ease
Sepatu ini amat terkenal di kalangan skateboarder sebab fitur board feel serta grip yang amat baik. Sepatu ini juga mempunyai bagian upper yang tahan lama dengan ukuran yang amat pas dengan bentuk kaki dan tidak gampang robek dibanding dengan sepatu skate lainnya dari bahan yang sama.

Spesifikasi Sneakers Keterangan
Tahun pertama dibuat Tahun 1917
Jenis bahanSuede, kulit asli, kanvas, kulit sintetis, rajut dan denim
KarakteristikTapak rata dengan tinggi dibawah atau setara mata kaki
Lihat juga:  Pilih Mana: Jaket atau Sweater?

Boots

Sepatu boots merupakan salah satu tipe footwear yang sangat terkenal di kalangan pria, terutama di negara dengan dua musim. Sepatu boots pria mempunyai bentuk seperti sepatu pada umumnya, tetapi lebih tertutup sampai dengan pergelangan kaki ke atas, bahkan terdapat yang mencapai bawah lutut.

Sepatu boots umumnya terbuat dari kulit ataupun karet, namun juga ada yang dibuat dari bahan. Sepatu ini biasanya dikenakan untuk melindungi kaki dari air, cuaca ekstrim, lumpur, maupun bahaya zat kimia.

Saat ini, model sepatu boots sangat bervariasi dan banyak yang dibuat khusus untuk aktivitas tertentu, seperti hiking, naik motor, maupun untuk fashion saja.

Di Indonesia sendiri, sepatu boots awal mulanya dikenal sebagai sepatu tinggi berbahan karet yang digunakan para pekerja untuk melindungi kaki dari hujan atau bahan-bahan kimia berbahaya. Saat ini, sepatu boots banyak dipakai dalam berbagai kesempatan, baik untuk acara casual maupun formal.

Buat kamu yang menyukai tampilan yang sangar maupun macho, sepatu boots amat sesuai untuk memenuhi style kamu. Kamu otomatis akan terlihat lebih gagah serta mantap saat mengenakan boots.

Kelebihan Boots

  • Memberi sentuhan unik
    Jika kamu gemar tampil tak biasa, berarti boots merupakan alas kaki yang tepat untuk melengkapi mode kamu. Pemakaian sepatu boots bisa memperkuat kesan unik dalam penampilan seseorang, terlebih bila dipadukan dengan pas.
  • Melindungi kaki
    Jangan ragukan boots dalam hal perlindungan terhadap kaki kamu. Bahan kulit terkenal kuat dan menjadi dominasi dalam pembuatan sepatu boots, ditambah dengan sol yang tebal dan desain leher sepatu yang melebihi pergelangan kaki alhasil lebih banyak area kaki kamu yang tertutup.
  • Unisex
    Boots tidak cuma dipakai oleh pria, loh! Faktanya, justru kaum wanita juga menggandrungi sepatu yang satu ini karena bisa membuat kaki terlihat lebih jenjang. Menariknya lagi, berbagai sepatu boots yang dipasarkan saat ini didesain unisex sehingga bisa dipakai oleh siapa saja.

Kekurangan Boots

  • Ukuran yang besar
    Jika dibandingkan dengan sneakers, boots memiliki ukuran yang lebih besar dan tentunya memakan lebih banyak tempat untuk menyimpannya.
  • Membutuhkan perawatan ekstra
    Boots umumnya dibuat menggunakan kulit sapi atau kulit sintetis, untuk itu dibutuhkan perawatan yang cukup ekstra dan detail agar boots senantiasa terawat dan tidak gampang rusak.
  • Membutuhkan waktu cukup lama untuk memakainya
    Seperti yang kita tahu bahwa sepatu ini tinggi dan tentunya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memakainya. Hal ini tentu berbeda dengan sneakers yang mudah sekali dipakai.

Rekomendasi Boots

1. Bradley
Dengan warna hitam dan coklat tan yang modis, boots dari Bradley ini dibuat memakai bahan kulit sapi asli yang kokoh dan senantiasa mengedepankan kenyamanan pemakai. Jadi jangan takut kaki akan lecet atau sakit walau boots ini digunakan seharian sebab bahannya mengedepankan kelenturan di balik ketangguhan.

2. Redknot Luz
Redknot Luz menyediakan sepatu boots modis yang aman dan terbuat dari kulit sintetis. Selain bobotnya yang ringan, sepatu ini juga berwarna coklat yang elegan saat dipakai. Ada juga bantalan busa pada pergelangan kakinya sehingga kaki kamu tidak lekas lelah dan aman dari resiko lecet.

3. Kickers
Kickers sudah tersohor namanya sebagai salah satu produsen sepatu berkualitas di dunia. Kali ini Kickers menawarkan sepatu pantofel berbahan kulit jenis serat kayu yang kokoh dan outsole berbahan fiber.

Spesifikasi BootsKeterangan
Tahun pertama dibuat Tahun 1200
Jenis bahanKulit asli dan kulit sintetis
KarakteristikTapak rata dan bergerigi dengan tinggi diatas mata kaki

Pilih Mana: Sneakers atau Boots?

Sneakers Boots
Kelebihan- Fleksibel dengan segala jenis busana - Tidak akan membuat kaki lelah - Cocok untuk dijadikan sepatu untuk travelling - Memberi sentuhan unik - Melindungi kaki - Unisex
Kekurangan- Resiko barang palsu - Kurang sesuai untuk yang ingin tampil feminim - Resiko jahitan lepas - Ukuran yang besar - Membutuhkan perawatan ekstra - Membutuhkan waktu cukup lama untuk memakainya

Kesimpulan

Setelah kita bahas Sneakers dan Boots diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis sepatu ini memiliki peran penting untuk aktivitas kita sehari-hari. Sneakers memiliki jenis dan bentuk yang lebih bervariasi dibandingkan dengan Boots. Jadi yang mana pilihan kamu? Tentukan sepatu andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sneakers vs Boots

VS

Leave a Reply