Fashion

Pilih Mana: Sneakers atau Flat Shoes?

Sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk kaki Anda. Selain mampu untuk melindungi kaki Anda, sepatu juga memiliki fungsi untuk mendukung penampilan Anda. Banyak jenis sepatu yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu sneakers dan flat shoes. Manakah jenis sepatu yang lebih cocok untuk Anda gunakan? Sneakers atau flat shoes?

Sneakers dan flat shoes merupakan dua jenis sepatu yang menurut banyak orang lebih nyaman untuk digunakan. Meski sama-sama nyaman digunakan, keduanya memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut misalnya, fungsi yang dimiliki, variasi yang dimiliki, dan perbedaan lainnya.

Sneakers

Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu yang dulunya terbuat dari sol karet. Dikutip dari Detik.com sneakers berasal dari kata ‘sneak’ yang memiliki arti mengendap-endap. Karena itulah, saat memakai sneakers suara langkah kaki Anda tidak akan terdengar seperti saat menggunakan high heels atau boots.

Kelebihan Sneakers

Berikut beberapa kelebihan sneaker yang perlu Anda ketahui:

  • Kaki Lebih Terlindungi

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sneakers adalah seluruh sepatu sneakers mampu menutupi seluruh bagian kaki. Dengan demikian, kaki Anda akan terlindungi lebih baik saat menggunakan sneakers. Kaki Anda akan aman dari paparan sinar matahari yang dapat membuat warna kulit kaki menjadi lebih gelap.

  • Cocok untuk Aktivitas Travelling

Kelebihan lain yang dimiliki sneakers adalah lebih cocok digunakan untuk aktivitas travelling. Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa sneakers mampu menutupi seluruh bagian kaki sehingga lebih cocok untuk Anda pakai saat melakukan travelling apalagi pada daerah yang curam, hutan, dan lain sebagainya. Selain itu, sneakers juga memiliki bagian bawah yang lebih tebal daripada flat shoes sehingga memang lebih aman digunakan untuk travelling.

  • Nyaman Digunakan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh sneakers adalah nyaman saat digunakan. Hal ini dikarenakan sneakers memiliki permukaan yang datar sehingga tumit dan bagian kaki lainnya lebih nyaman. Karena memiliki permukaan yang lebih tebal dari flat shoes, sneakers mampu membuat tubuh sedikit terlihat lebih tinggi daripada flat shoes. Pembahasan mengenai sneakers telah kami bahas pada sepatu Nike vs sepatu Adidas.

Kekurangan Sneakers

Berikut beberapa kekurangan sneakers yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok Bagi yang Ingin Tampil Feminim

Salah satu kekurangan sneakers adalah memiliki penampakan yang kurang feminim jika dibandingkan dengan flat shoes. Jika Anda ingin memiliki sepatu yang memiliki penampakan yang sangat feminim maka flat shoes lebih feminim daripada sneakers.

  • Variasi Model dan Warna Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki flat shoes adalah memiliki model dan warna terbatas dibandingkan dengan flat shoes. Sneakers juga sebenarnya memiliki banyak model dan warna. Tapi jika dibandingkan dengan flat shoes, model dan warna sneakers yang ditawarkan lebih terbatas.

Kelebihan SneakersKekurangan Sneakers
- Kaki lebih terlindungi- Kurang cocok bagi yang ingin tampil feminim
- Cocok untuk aktivitas travelling- Variasi model dan warna terbatas
- Nyaman digunakan- Kurang cocok bagi yang tidak ingin tampil sporty

Flat Shoes

Flat shoes merupakan salah satu varian sepatu yang memiliki bagian bawah yang datar. Flat shoes memiliki banyak varian dan terbuat dari berbagai bahan. Flat shoes juga menyediakan banyak varian warna.

Kelebihan Flat Shoes

Berikut beberapa kelebihan flat shoes yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Cocok Bagi yang Ingin Tampil Feminim

Salah satu kelebihan flat shoes adalah lebih cocok digunakan bagi orang yang ingin tampil lebih feminim. Hal ini dikarenakan desain dan bentuk flat shoes lebih mampu merepresentasikan perempuan yang feminim. Sedangkan sneakers memiliki fungsi untuk membuat penampilan Anda lebih sporty.

  • Nyaman Saat Dipakai

Kelebihan lain yang dimiliki flat shoes adalah nyaman saat dipakai. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu menopang kaki dengan sangat berat karena memiliki permukaan yang datar. Karena itulah baik flat shoes atau sneakers merupakan dua jenis sepatu yang membuat kaki nyaman saat dipakai.

  • Memiliki Banyak Variasi Motif dan Warna

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh flat shoes adalah memiliki banyak sekali motif dan warna. Sneakers juga sebenarnya memiliki banyak variasi motif dan warna, tapi hal tersebut masih belum sebanding dengan variasi motif dan warna yang diberikan oleh flat shoes.

Kekurangan Flat Shoes

Berikut beberapa kekurangan flat shoes yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Menutupi Seluruh Bagian Kaki

Salah satu kekurangan flat shoes adalah terdapat varian yang hanya menutup sebagian kaki dan tidak menutup seluruh bagian kaki. Karena hal tersebut, kaki Anda lebih rentan untuk terpapar sinar matahari, atau terkena hal lainnya saat memakai flat shoes pada keadaan atau waktu tertentu.

  • Kurang Cocok untuk Aktivitas Travelling

Kekurangan lain yang dimiliki oleh flat shoes adalah kurang cocok untuk aktivitas travelling. Hal ini seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa flat shoes tidak mampu menutupi seluruh bagian kaki sehingga lebih mampu melindungi kaki lebih maksimal.

  • Bahan Kurang Tebal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh flat shoes adalah memiliki bagian bawah yang kurang tebal jika dibandingkan dengan sneakers. Tidak hanya bagian bawahnya saja, beberapa tipe flat shoes kerap memiliki seluruh bagian yang lebih tipis daripada bahan yang dimiliki oleh sneakers. Karena kurang tebal, maka flat shoes kurang cocok digunakan berjalan pada jalan yang agak tajam dan tidak datar.

Kelebihan Flat ShoesKekurangan Flat Shoes
- Lebih cocok bagi yang ingin tampil feminim- Tidak menutupi seluruh bagian kaki
- Nyaman saat dipakai- Kurang cocok untuk aktivitas travelling
- Memiliki banyak variasi motif dan warna- Bahan kurang tebal

Pilih Mana: Sneakers atau Flat Shoes?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara sneakers dan flat shoes. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

SneakersFlat Shoes
- Menutupi seluruh bagian kaki- Tidak menutupi seluruh bagian kaki
- Lebih sporty- Lebih feminim
- Lebih cocok dipakai pada jalan yang ekstrim- Kurang cocok dipakai pada jalan yang ekstrim

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai sneakers dan flat shoes di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis sepatu ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memiliki kebutuhan untuk tampil lebih feminin dan tidak melalui jalan yang agak ekstrim, maka Anda bisa menggunakan flat shoes. Tapi jika Anda ingin penampilan yang lebih sporty atau ingin melakukan perjalanan ke daerah yang memiliki jalan yang lebih ekstrim, maka Anda sebaiknya menggunakan sneakers.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sneakers vs Flat Shoes

VS

Leave a Reply