Home

Pilih Mana: Sofa atau Couch?

Mempercantik rumah adalah dambaan semua orang, Kehadiran Sofa dan Couch yang cantik akan menjadi tontonan utama pada saat tamu memasuki rumah kita. Selain untuk mempercantik ruangan, Sofa dan Couch juga menjadi salah satu furniture yang kegunaannya menjadi tempat santai seusai pulang kerja, pulang sekolah, membaca buku, menonton tv dan lain-lain. kali ini saya ingin membandingkan antara Sofa dan Couch. Let’s check it out.

Sofa

Siapa yang tidak mengenal sofa ? Ya sofa.. tiap rumah tentu memilikinya, baik yang ukurannya kecil maupun yang ukurannya besar. Sofa sangat familiar di kalangan masyarakat yang umumnya ditaruh diruang tamu dijadikan tempat duduk tamu-tamu yang tiba kerumah kita. Baca juga Pilih Mana: Sofa Kulit Asli vs Sintetik?

Sofa mempunyai bantalan empuk yang diberi sarung penutup semacam kain yang umumnya diperuntukan sebagai tempat istirahat. Merek sofa yang terkenal antara lain IKEA, Ace, Informa dan sebagainya.

Jenis-jenis sofa

Berikut adalah jenis-jenis sofa yang dapat kamu jadikan acuan dalam memilih sofa yang cocok untuk rumah kamu

Sofa Tradisional
Sofa tradisional belum pasti berkesan kuno, karena seluruhnya bergantung pada penempatan serta tema desainnya. Ciri yang dapat kamu perhatikan dari kursi tradisional yaitu memiliki olahan pelapis yang bercorak terang ataupun tegas, terkesan kokoh dengan kerangka yang dibuat dari kayu dan busa yang lebih keras.

Sofa Modern
Sofa modern banyak perbandingan mendasar jika dibandingkan dengan sofa tradisional. Bila sofa tradisional menitik beratkan pada tampilan yang elok, pada sofa modern titik beratnya terdapat pada kenyamanan penggunanya.Oleh karenanya, pinggiran kursi ini condong lebih lembut sehingga kursi ini sempurna buat dipakai pada ruang tamu dengan nuansa santai.

Sofa Country
Sofa country condong mempunyai desain yang kasual yang bakal bagus ditempatkan di ruangan yang bertipe semi santai serta semi resmi. Karakteristik lain dari sofa country merupakan susunan olahan katun ataupun tipe kain lain yang mampu dicuci.

Sofa Untuk Tujuan Spesifik
Dalam era serba modern seperti sekarang ini, sofa bisa dibuat sesuai dengan keinginan kebanyakan konsumen diluar sana, seperti sofa yang memiliki 2 fungsi yaitu sofa yang sekaligus bisa menjadi tempat tidur dan semacamnya.

Cara Merawat Sofa

Jika kita ingin sofa kita selalu terlihat cantik dan menarik, maka kita perlu merawat dan membersihkan sofa, adapun cara-cara membersihkan sofa sebagai berikut:

Bersihkan Dengan Vacuum Cleaner
Bersihkanlah partikel yang besar. Saat sebelum kamu membersihkannya lebih dalam, Kamu butuh mensterilkan kotoran yang ada di permukaan kursi. Gunakanlah dust- buster ataupun selang pada vacuum cleaner yang berukuran penuh buat mensterilkan kursi.

Gunakan Sikat Bulu
Jika ada noda atau kotoran yang menempel pada sofa kalian, gunakanlah sikat bulu yang telah diberi sedikit air, lalu gosokan sikat ke noda atau kotoran yang menempel pada sofa kalian.

Couch

Pada umumnya couch dengan sofa tidak jauh berbeda, couch juga kerap dijadikan sebagai pembatas antara ruangan satu dengan ruangan yang lain tergantung kita mau memposisikannya bagaimana. Couch juga kerap di taruh di ruang tamu, ruang baca, ruang keluarga, ruang santai dan sebagainya.

Mengenali jenis-jenis dan corak dari couch juga penting agar cocok tidaknya couch di suatu ruangan yang kelak mengandung suatu estetika dalam suatu ruangan. Merek couch yang terkenal juga sama seperti sofa yaitu IKEA, Ace, Informa dan sebagainya.

Jenis-jenis Couch

Jenis-jenis dari Couch pun tidak kalah banyak dengan sofa, yaitu sebagai berikut:

Katun
Couch yang mempunyai olahan katun mempunyai tekstur yang halus serta lembut, walaupun demikian, couch tipe katun senantiasa tahan lama serta kokoh buat kalian pakai sehari-hari

Polyvester
Kelebihan dari tipe olahan ini yakni lebih awet, tidak mudah kusut, serta tidak mudah sobek. Tipe olahan polyester pula kerap kali dikombinasikan dengan tipe olahan yang lain ataupun sering disebut polyester kombinasi. Tidak hanya wool, Polyester kerap dicampur dengan tipe rayon.

Rayon
Tipe olahan couch ini berasal dari serat yang dihasilkan dari regenerasi selulosa. Dipilihnya rayon menjadi olahan pelapis kursi dengan tujuan supaya menyamai katun, linen, serta sutra. Tetapi, Rayon mempunyai harga yang jauh lebih murah serta tahan lama.

Nilon
Nilon adalah tipe olahan couch yang berasal dari serat buatan. Keunggulan dari Nilon adalah elastis, tidak mudah robek, tahan terhadap air, tahan terhadap jamur, ringan, serta gampang buat dicuci.

Cara Merawat Couch

Agar terlihat tetap cantik dan bagus pun relatif sama seperti sofa, yaitu:

Mensterilkan Memakai Kain Lembab
Sesungguhnya mensterilkan dengan memakai kain lembab tidak sepenuhnya mensterilkan couch secara merata. Kala kamu mau mensterilkan dengan kain lembab, yakinkan kamu memberikan tekanan yang cukup dikala mengelap permukaan couch. Setelah itu diamkan dahulu sekitar 30 menit sampai 1 jam hingga permukaan kursi mengering dengan sendirinya.

Menggunakan Pembersih Kulit
Disaat ingin membersihkan couch, kamu bisa memakai perlengkapan bantu seperti spons atau kain lap kering buat mengoleskan pembersih tersebut pada permukaan couch. Pakai gerakan memutar kala sedang membersihkan, setelah itu angkat kotoran yang melekat dengan memakai kain bersih.

Pilih Mana: Sofa atau Couch?

SofaCouch
Kelebihan - Memiliki tekstur yang halus - Tidak mudah terbakar - Memiliki corak yang bervariasi- Harganya relatif murah - Memiliki warna dan corak yang beragam - Empuk dan nyaman
Kekurangan- Harganya relatif mahal - Berat - Banyak memakan tempat- Mudah terbakar - Kualitas di bawah sofa - Mudah berkerut

Kesimpulan

Sofa dan Couch sama-sama untuk mempercantik ruangan, digunakan untuk bersantai-santai dikala ingin membaca buku, duduk santai seusai pulang kerja, bermain alat musik dan sebagainya. Akan menjadi nilai plus jika kita mampu menempatkan Sofa dan Couch sesuai dengan tema rumah agar terlihat menyatu dengan nuansa ruangan yang ada di rumah kita. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sofa vs Couch

VS

Leave a Reply