Pilih Mana: Sofa Kain vs Sofa Kulit?

Loading...

Ketika Anda dihadapkan dengan kebingungan saat ingin membeli sofa, pasti Anda berpikir lebih baik membeli sofa kulit, ketimbang sofa kain. Kenapa bisa beranggapan seperti itu? Padahal dewasa ini sudah banyak sekali jenis sofa, bentuk, warna, material pembuat, dan juga harganya. Namun dari semua jenis sofa, pembeli akan semakin bingung ketika memilih antara sofa kulit dan kain yang membuat kami ingin mengulas lebih dalam mengenai pilih mana: sofa kain vs sofa kulit? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Setiap rumah pasti punya sofa bukan? Tapi manakah sofa yang cocok diletakan dalam ruangan-ruangan rumah Anda? Sofa berbahan kain atau kulit? Menjawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda melihat kembali bagaimana fungsi dan dekorasi dari ruangan itu sendiri. Misalnya di ruang bersama, motif dan bentuk sofa akan sangat menentukan nuansa ruang yang dihadirkan.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan sifa karena sofa menjadi salah satu interior menarik dalam sebuah rumah. Jika Anda bingung menentukan jenis bahan sofa untuk tempat tinggal Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa poin berikut ini:

Kenyamanan Sofa

Ada beberapa hal yang mempengaruhi faktor kenyamanan ini. Misalnya suhu ruangan yang turut menentukan suhu permukaan bahan sofa yang digunakan. Dalam hal ini, sofa kain lebih unggul karena bahan kulit sangat bergantung pada suhu kamar. Baca juga Pilih Mana: Sofa atau Couch?

Namun hal ini tak lepas dari jenis kain sofa yang digunakan. Sofa yang terbuat dari linen menjadi bahan yang tepat untuk menjaga suhu permukaan sofa sehingga nyaman digunakan dalam berbagai cuaca.

Saat Anda duduk di sofa kulit, sofa akan terasa hangat lebih cepat karena menyesuaikan diri dengan suhu tubuh. Dan sebaliknya, saat udara dingin, bahan sofa kulit pun akan terasa dingin. Namun, jika rumah Anda bisa menjaga suhu ruangan tetap stabil, maka penggunaan sofa kulit akan tetap nyaman digunakan. Melapisi sofa kulit dengan kain sebagai aksen motif hanya untuk menjaga suhu juga bisa dijadikan solusi.

Daya Tahan dan Perawatan Sofa

Seiring berjalannya waktu, perawatan sofa akan menjadi penentu penampilan sofa dalam penggunaannya. Kemudahan dalam hal membersihkan sofa pun ditentukan oleh jenis kain pelapis sofa tersebut.

Untuk sofa kain, terdapat beberapa jenis kain yang mudah dibersihkan, namun tidak terlepas dari kemungkinan jika Anda salah memilih sofa dengan jenis kain yang sulit dibersihkan. Dalam hal ini, sofa berbahan kulit menjadi solusi yang lebih baik. Kamu bisa mendapatkan desain sofa yang modern di toko seperti Ace Hardware.

Tapi sofa kulit biasanya tidak bertahan lama dalam kondisi ketika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Sofa kulit rentan terhadap goresan dari cakaran hewan peliharaan. Jadi, dalam perawatan dan daya tahan tubuh, sofa sebenarnya sangat bergantung pada kebutuhan pemilik rumah itu sendiri.

Ketahanan Warna Sofa

Sofa yang terbuat dari kain pada dasarnya memiliki beragam pilihan warna yang lebih bervariasi. Namun, warna pada kain cenderung memudar lebih cepat. Oleh karena itu, warna pada sofa kulit cenderung lebih awet dibandingkan warna pada kain.

Penampilan Sofa

Sebenarnya, penampilan sofa yang terbuat dari bahan kain atau kulit memiliki karakter dan gambar tersendiri. Baik atau tidaknya tampilan sofa selalu tergantung pada nuansa ruang yang Anda inginkan. Sofa kain pada umumnya memiliki lebih banyak pilihan warna dan motif dibandingkan sofa kulit.

Loading...

Namun, tekstur dan warna sofa kulit tidak mudah berubah seiring waktu dan usia. Pilihan warna pada kulit cenderung netral sehingga suasana ruangan bisa diupdate dengan mendekorasi elemen lain di ruangan selain sofa. Maka dari itu, mengenai tampilan sofa, Anda sebenarnya bebas memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan ruang.

Keamanan Sofa

Dalam segi ini, keamanan sofa lebih ditinjau dalam hal kebersihan sofa. Sofa yang terbuat dari bahan yang sulit dibersihkan membuat kesehatan penggunanya perlu dikhawatirkan. Tidak seperti sofa kain, sofa kulit cenderung tidak mudah terkena debu, tertempel bulu binatang peliharaan, dan hal lain yang bisa menyebabkan alergi. Jika Anda menggunakan sofa yang terbuat dari kain, maka Anda harus memastikan kebersihan dengan ekstra hati-hati daripada membersihkan sofa kulit.

Harga Sofa

Budget yang harus dikeluarkan untuk kedua jenis sofa pada umumnya berbeda-beda tergantung dari kualitas bahannya, baik sofa kain maupun sofa kulit. Sesuaikan pilihan Anda dengan mempertimbangkan kondisi, prioritas, dan kebutuhan hunian Anda. Kenyamanan, perawatan dan daya tahan, ketahanan warna, penampilan, dan kesehatan adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam memilih sofa kain atau sofa kulit.

Sofa Kain vs Sofa Kulit

Setelah membaca poin-poin di atas, mungkin Anda masih bingung ingin memilih sofa yang mana? Sofa kain atau sofa kulit? Pertanyaan ini cenderung tidak benar dan tidak salah juga. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Keduanya juga bisa mengandalkan layanan laundry khusus agar tetap bersih. Berikut ini akan dibahas tentang keunggulan sofa kulit dan sofa kain yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih sofa yang tepat untuk rumah Anda.

Kelebihan Sofa kulit

Sofa kulit dibeli oleh pemilik rumah karena bisa membuat ruangan terlihat mewah dan nyaman. Saat ini ada juga banyak jenis sofa kulit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih meyakinkan pilihan, inilah beberapa kelebihan sofa kulit yang harus Anda ketahui.
– Kulit termasuk bahan tahan lama dan kuat. Dengan perawatan yang baik, seiring dengan bertambahnya usia pemakaian, sofa kulit akan lebih empuk dan nyaman untuk ditempati.

– Sofa kulit selalu sesuai dengan gaya apapun dan tidak pernah ketinggalan jaman. Bahkan lebih lama lagi, sofa kulit akan terlihat lebih antik.

– Umumnya, membersihkan dan merawat sofa kulit tidak begitu rumit, tapi harus dilakukan dengan benar.

– Saat ini, sofa kulit dilengkapi dalam berbagai ukuran, model dan tipe yang dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Kelebihan Sofa Kain

Sofa kain tentu saja bisa membuat ruang rumah Anda terasa lebih ceria dan juga nyaman. Hal ini dikarenakan kain terasa lebih lembut dan lebih familiar bagi kebanyakan orang. Berikut ini kelebihan kain sofa yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli sofa berbahan kain ini.
– Secara umum, sofa kain sangat nyaman untuk duduk. Dibandingkan sofa kulit, sofa kain bisa dikatakan lebih lembut dan hangat saat ditempati.

– Meski bahan kain biasanya lebih mudah terkena noda, begitu banyak produk sofa kain yang kini dilengkapi dengan anti air dan anti noda. Dengan demikian, noda bisa dengan mudah dibersihkan.

– Sofa kain juga tidak mudah tergores benda tajam, sehingga sangat cocok untuk rumah yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.

– Sofa kain hadir dalam berbagai pilihan warna, motif dan bentuk sehingga memberi Anda pilihan yang hampir tak terbatas untuk diselaraskan dengan interior rumah Anda.

– Dari segi harga, bisa dikatakan sofa kain umumnya lebih murah dari sofa kulit. Namun, ada juga sofa kain yang harganya tinggi, tergantung dari bahan kain yang digunakan.

Pilih Mana: Sofa Kain vs Sofa Kulit?

Sofa KainSofa Kulit
- Jika terkena goresan tidak terlalu tampak- Sangat terlihat jelas jika terdapat goresan benda tajam
- Lebih mudah dalam perawatan dan menghilangkan noda kotoran- Harus dirawat dengan perawatan yang ekstra
- Warna lebih cepat pudar- Kebanyakan warnanya tetap konsisten seperti awal pembelian

Kesimpulan

Terlepas dari memilih antara sofa kain atau sofa kulit, yang harus diperhatikan adalah perawatan sofa kulit maupun kain. Sebaiknya, selalu bersihkan sofa yang sudah lama digunakan agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjamin. Hal ini juga berguna untuk melindungi sofa dari risiko kerusakan. Jadi, sofa mana yang akan Anda pilih? Tentu saja, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Anda hanya perlu mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi prioritas tempat tinggal Anda. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sofa Kain vs Sofa Kulit

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *