Home

Pilih Mana: Sofa Kain vs Sofa Kulit?

Ketika Anda dihadapkan dengan kebingungan saat ingin membeli sofa, pasti Anda berpikir lebih baik membeli sofa kulit, ketimbang sofa kain. Kenapa bisa beranggapan seperti itu? Padahal dewasa ini sudah banyak sekali jenis sofa, bentuk, warna, material pembuat, dan juga harganya. Namun dari semua jenis sofa, pembeli akan semakin bingung ketika memilih antara sofa kulit dan kain yang membuat kami ingin mengulas lebih dalam mengenai pilih mana: sofa kain vs sofa kulit? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Setiap rumah pasti punya sofa bukan? Tapi manakah sofa yang cocok diletakan dalam ruangan-ruangan rumah Anda? Sofa berbahan kain atau kulit? Menjawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda melihat kembali bagaimana fungsi dan dekorasi dari ruangan itu sendiri. Misalnya di ruang bersama, motif dan bentuk sofa akan sangat menentukan nuansa ruang yang dihadirkan. Baca juga Pilih Mana: Sofa atau Couch?

Sofa Kulit

Sofa kulit merupakan salah satu barang yang mewah  dan sering menjadi pilihan furniture untuk membuat rumah lebih terkesan mewah dan lebih elegan, tetapi sofa kulit ini agak sulit dalam merawatnya. Seperti yang kita tahu, kulit adalah bahan yang membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kualitasnya. Berikut akan kami berikan beberapa tips untuk merawat sofa kulit kalian, yaitu:

  • Menjaga sofa kulit dari panas dan sinar matahari
  • Gunakan vacuum untuk menghisap debu-debu yang menempel di sofa kulit kamu
  • Bersihkan dengan menggunakan kertas penghisap atau jenis kain yang bisa menyerap
  • Gunakan kain atau bahan yang bisa menghisap kotoran atau noda yang menempel di sofa.

Kelebihan Sofa kulit

Sofa kulit dibeli oleh pemilik rumah karena bisa membuat ruangan terlihat mewah dan nyaman. Saat ini ada juga banyak jenis sofa kulit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih meyakinkan pilihan, inilah beberapa kelebihan sofa kulit yang harus Anda ketahui.

  • Tahan Lama
    Kulit termasuk bahan tahan lama dan kuat. Dengan perawatan yang baik, seiring dengan bertambahnya usia pemakaian, sofa kulit akan lebih empuk dan nyaman untuk ditempati.
  • Desain yang tidak pernah ketinggalan zaman
    Sofa kulit selalu sesuai dengan gaya apapun dan tidak pernah ketinggalan zaman. Bahkan lebih lama lagi, sofa kulit akan terlihat lebih antik.
  • Dapat di custom sesuai dengan budget 
    Saat ini, sofa kulit dilengkapi dalam berbagai ukuran, model dan tipe yang dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Kekurangan Sofa Kulit

Selain mempunyai beberapa kelebihan dan menawarkan beberapa kelebihan dan kemewahannya, ternyata sofa kulit juga punya beberapa kekurangan. di antaranya yaitu :

  • Sulit dibersihkan
    Untuk membersihkan sofa kulit kita perlu penangan khusus dan harus berhati-hati, karena jika terjadi sedikit kesalahan bahan kulit akan gampang rusak dan terkelupas.
  • Butuh perhatian khusus saat penempatan 
    Seperti kita ketahui dalam merawat sofa kulit itu sedikit rumit, seperti kita harus menjaga suhu ruangan dan sofa kulit tidak boleh di tempatkan di dekat jendela yang terkena cahaya matahari langsung karena akan merusak bahan sofa kulit tersebut.
  • Sofa kulit sangat berat
    Sofa kulit dengan desain yang mewah biasanya di kombinasikan dengan bahan kayu jati agar kesan mewah nya lebih terlihat dan beberapa kayu yang berkualitas lainnya. oleh sebab itu, dengan kombinasi kayu yang berkualitas yang cukup berat. Sofa kulit pun menjadi berat jika ingin di pindahkan jika kita ingin menata ulang rumah dan membutuhkan beberapa orang untuk mengangkatnya.
Jenis Sofa Kulit Keterangan
AnilineJenis kulit yang proses pembuatannya tidak melalui buffing atau koreksi dan juga tidak menggunakan bahan pelapis.
NappaTerbuat dari bagian atas kulit anak domba atau kerbau. Kulit Nappa memiliki tekstur yang berkilau dan sangat lembut.
NubuckMemiliki tekstur yang mirip dengan Suede. Akan tetapi, jenis kulit Nubuck dibuat dari bagian luar kulit hewan.
Full Grain Leather Jenis kulit ini memiliki motif pori-pori kulit yang alami dan seperti tekstur binatang aslinya.

Sofa Kain

Kita pasti sudah mengetahui kalau kain adalah salah satu material favorit yang digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk dalam membuat furnitur, seperti kain sofa dan kain kursi dudukan. Jenis kain sofa dan dudukan, pada awalnya, terbuat dari kulit maupun bulu binatang. Namun, seiring perkembangan waktu dan teknologi, manusia dapat mengolah kain yang berasal dari serat tanaman bahkan menggunakan bahan sintetis.

Berikut akan kami berikan beberapa tips untuk membersihkan sofa bahan kain, agar sofa tetap terlihat cantik dan lebih awet yaitu:

  • Singkirkan kotoran dan debu di seluruh permukaan sofa dan kursi terlebih dahulu.
  • Gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bercak atau noda.
  • Pakai kain microfiber yang dibasahi larutan detergen untuk mengelap kain penutup sofa secara perlahan.
  • Keringkan sofa dengan cara alami, untuk mempercepat proses pengeringan buka jendela dan biarkan angin masuk. 

Kelebihan Sofa Kain

Sofa kain tentu saja bisa membuat ruang rumah Anda terasa lebih ceria dan juga nyaman. Hal ini dikarenakan kain terasa lebih lembut dan lebih familiar bagi kebanyakan orang. Berikut ini kelebihan kain sofa yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli sofa berbahan kain ini.

  • Sofa kain lebih nyaman 
    Secara umum, sofa kain sangat nyaman untuk duduk. Dibandingkan sofa kulit, sofa kain bisa dikatakan lebih lembut dan hangat saat ditempati.
  • Tidak gampang tergores
    Sofa kain juga tidak mudah tergores benda tajam, sehingga sangat cocok untuk rumah yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.
  • Sangat banyak pilihan motif dan warna 
    Sofa kain hadir dalam berbagai pilihan warna, motif dan bentuk sehingga memberi Anda pilihan yang hampir tak terbatas untuk diselaraskan dengan interior rumah Anda.

Kekurangan Sofa Kain

Selain mempunyai kelebihan ternyata sofa kain ini juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

  • Tidak anti air
    Sofa yang berbahan dasar kain sifatnya sangat mudah menyerap air dan membuat sofa basah dan lembab, dan dapat bertumbuhnya jamur pada sofa. Ketika sofa terkena air saat ingin mengeringkannya butuh waktu yang lumayan lama. Jika kalian ingin sofa anda anti air kalian dapat melapisinya lagi dengan bahan khusus.
  • Cepat kotor
    Dengan bahan kain yang cepat menyerap noda dan warna-warna sofa kulit yang biasanya sedikit terang, sangat rentan terhadap noda dan bekas noda yang tidak bisa hilang akan membekas pada sofa. Jadi perlu usaha lebih untuk membersihkan sofa kain ini.
  • Tidak tahan lama
    Sofa kain cenderung tidak bertahan lama, namun ini juga di sesuaikan dengan bahan kain yang di gunakan. Karena bahan kain ini sangat cepat robek dan jika membelinya di tempat yang salah jahitan pada sofa mudah terbuka yang membuat sofa tidak tahan lama.
Jenis Sofa KainKeterangan
KatunKatun merupakan jenis kain yang paling sering dipilih sebagai pelapis sofa. Bahan ini terbuat dari tenunan yang semakin rapat jalinan benangnya, akan semakin baik kualitasnya dan nyaman diduduki.
PolyesterKeunggulan bahan ini adalah daya tahannya yang tinggi karena memiliki daya serap yang rendah terhadap air, dan mudah terlipat.
LinenRendahnya kemampuan bahan menyerap tinta membuat bahan linen umumnya tampil polos tanpa motif.
NilonBahan ini juga cukup populer sebagai pelapis sofa karena bahannya yang tahan air, tidak mudah robek dan tahan lama.

Sofa Kain vs Sofa Kulit

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan sifa karena sofa menjadi salah satu interior menarik dalam sebuah rumah. Jika Anda bingung menentukan jenis bahan sofa untuk tempat tinggal Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa poin berikut ini:

Kenyamanan Sofa

Ada beberapa hal yang mempengaruhi faktor kenyamanan ini. Misalnya suhu ruangan yang turut menentukan suhu permukaan bahan sofa yang digunakan. Dalam hal ini, sofa kain lebih unggul karena bahan kulit sangat bergantung pada suhu kamar. Baca juga Pilih Mana: Sofa atau Couch?

Namun hal ini tak lepas dari jenis kain sofa yang digunakan. Sofa yang terbuat dari linen menjadi bahan yang tepat untuk menjaga suhu permukaan sofa sehingga nyaman digunakan dalam berbagai cuaca.

Saat Anda duduk di sofa kulit, sofa akan terasa hangat lebih cepat karena menyesuaikan diri dengan suhu tubuh. Dan sebaliknya, saat udara dingin, bahan sofa kulit pun akan terasa dingin. Namun, jika rumah Anda bisa menjaga suhu ruangan tetap stabil, maka penggunaan sofa kulit akan tetap nyaman digunakan. Melapisi sofa kulit dengan kain sebagai aksen motif hanya untuk menjaga suhu juga bisa dijadikan solusi.

Sofa mempunyai bantalan empuk yang diberi sarung penutup semacam kain yang umumnya diperuntukan sebagai tempat istirahat. Merek sofa yang terkenal antara lain IKEA, Ace, Informa dan sebagainya.

Daya Tahan dan Perawatan Sofa

Seiring berjalannya waktu, perawatan sofa akan menjadi penentu penampilan sofa dalam penggunaannya. Kemudahan dalam hal membersihkan sofa pun ditentukan oleh jenis kain pelapis sofa tersebut.

Untuk sofa kain, terdapat beberapa jenis kain yang mudah dibersihkan, namun tidak terlepas dari kemungkinan jika Anda salah memilih sofa dengan jenis kain yang sulit dibersihkan. Dalam hal ini, sofa berbahan kulit menjadi solusi yang lebih baik. Kamu bisa mendapatkan desain sofa yang modern di toko seperti Ace Hardware.

Tapi sofa kulit biasanya tidak bertahan lama dalam kondisi ketika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Sofa kulit rentan terhadap goresan dari cakaran hewan peliharaan. Jadi, dalam perawatan dan daya tahan tubuh, sofa sebenarnya sangat bergantung pada kebutuhan pemilik rumah itu sendiri.

Ketahanan Warna Sofa

Sofa yang terbuat dari kain pada dasarnya memiliki beragam pilihan warna yang lebih bervariasi. Namun, warna pada kain cenderung memudar lebih cepat. Oleh karena itu, warna pada sofa kulit cenderung lebih awet dibandingkan warna pada kain.

Penampilan Sofa

Sebenarnya, penampilan sofa yang terbuat dari bahan kain atau kulit memiliki karakter dan gambar tersendiri. Baik atau tidaknya tampilan sofa selalu tergantung pada nuansa ruang yang Anda inginkan. Sofa kain pada umumnya memiliki lebih banyak pilihan warna dan motif dibandingkan sofa kulit.

Namun, tekstur dan warna sofa kulit tidak mudah berubah seiring waktu dan usia. Pilihan warna pada kulit cenderung netral sehingga suasana ruangan bisa diupdate dengan mendekorasi elemen lain di ruangan selain sofa. Maka dari itu, mengenai tampilan sofa, Anda sebenarnya bebas memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan ruang.

Keamanan Sofa

Dalam segi ini, keamanan sofa lebih ditinjau dalam hal kebersihan sofa. Sofa yang terbuat dari bahan yang sulit dibersihkan membuat kesehatan penggunanya perlu dikhawatirkan. Tidak seperti sofa kain, sofa kulit cenderung tidak mudah terkena debu, tertempel bulu binatang peliharaan, dan hal lain yang bisa menyebabkan alergi. Jika Anda menggunakan sofa yang terbuat dari kain, maka Anda harus memastikan kebersihan dengan ekstra hati-hati daripada membersihkan sofa kulit.

Harga Sofa

Budget yang harus dikeluarkan untuk kedua jenis sofa pada umumnya berbeda-beda tergantung dari kualitas bahannya, baik sofa kain maupun sofa kulit. Sesuaikan pilihan Anda dengan mempertimbangkan kondisi, prioritas, dan kebutuhan hunian Anda. Kenyamanan, perawatan dan daya tahan, ketahanan warna, penampilan, dan kesehatan adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam memilih sofa kain atau sofa kulit.

Sofa Kain vs Sofa Kulit

Setelah membaca poin-poin di atas, mungkin Anda masih bingung ingin memilih sofa yang mana? Sofa kain atau sofa kulit? Pertanyaan ini cenderung tidak benar dan tidak salah juga. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Keduanya juga bisa mengandalkan layanan laundry khusus agar tetap bersih. Berikut ini akan dibahas tentang keunggulan sofa kulit dan sofa kain yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih sofa yang tepat untuk rumah Anda.

Pilih Mana: Sofa Kain vs Sofa Kulit?

Sofa KainSofa Kulit
- Jika terkena goresan tidak terlalu tampak- Sangat terlihat jelas jika terdapat goresan benda tajam
- Lebih mudah dalam perawatan dan menghilangkan noda kotoran- Harus dirawat dengan perawatan yang ekstra
- Warna lebih cepat pudar- Kebanyakan warnanya tetap konsisten seperti awal pembelian

Kesimpulan

Terlepas dari memilih antara sofa kain atau sofa kulit, yang harus diperhatikan adalah perawatan sofa kulit maupun kain. Sebaiknya, selalu bersihkan sofa yang sudah lama digunakan agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjamin. Hal ini juga berguna untuk melindungi sofa dari risiko kerusakan. Jadi, sofa mana yang akan Anda pilih? Tentu saja, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Anda hanya perlu mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi prioritas tempat tinggal Anda. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sofa Kain vs Sofa Kulit

VS

Leave a Reply