Pilih Mana: Sofa Kulit Asli vs Sintetik?

Loading...

Perabotan rumah tangga yang berbahan kulit memang menjadi pilihan masyarakat karena terlihat lebih mewah, klasik, sekaligus elegan. Salah satunya ialah sofa berbahan kulit, dimana sofa jenis ini selalu mampu tampil menarik ditempatkan di ruang tamu. Namun tahukah Anda jika ada sofa dengan kulit imitasi atau sering disebut sintetik? Lantas apa perbedaan dari kedua jenis sofa kulit tersebut dan manakah yang berkualitas lebih baik? Untuk itu, mari simak artikal pilih mana: sofa kulit vs sintetik di bawah ini.

Setelah sebelumnya Anda dibuat kebingungan untuk memilih antara sofa kain vs sofa kulit, dan mungkin hasil akhirnya Anda tetap memilih sofa kulit. Jangan senang dulu, mungkin Anda akan dihadapkan lagi antara pilihan sofa kulit asli atau sintetik.

Sofa kulit asli di desain khusus dengan bahan yang terbuat dari kulit asli hewan supaya terlihat menawan dan menambah kesan klasik di ruangan Anda. Tetapi dikarenakan harga dan perawatannya yang mahal, banyak orang yang berpikir ulang sebelum membelinya. Selain itu, ada pula yang beralih untuk membeli sofa bahan lain, namun tetap bertahan untuk membeli sofa kulit. Dengan anggaran minim, mereka pun membeli sofa berbahan dasar kulit sintetik atau imitasi. Baca juga Pilih Mana: Sofa atau Couch?

Sofa Kulit Asli

Jenis dan harga sofa kulit asli memiliki keanekaragaman harga. Tapi tak sedikit orang yang sengaja memilih sofa berbahan kulit asli karena kualitas sofa kulit asli lebih baik. Bagi pecinta sofa, harga mahal tidak menjadi batasan untuk sebuah kepuasan. Kini untuk mendapatkan produk sofa kulit asli juga semakin mudah karena sekarang banyak toko sofa yang menjual sofa kulit berkualitas dari kulit asli, baik itu produk impor maupun dalam negeri.

Jika Anda bisa memiliki sofa kulit asli tentu memiliki rasa bangga tersendiri. Desain mewahnya dipancarkan dari model sofa kulit asli serta lebih awet. Ini menjadi salah satu kelebihannya. Karena harga yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam membeli. Hal ini disebabkan oleh maraknya sofa dengan kulit imitasi yang dijual dengan harga lebih murah.

Untuk bisa mengetahui apakah tipe kulit itu asli atau imitasi, Anda dapat melihat karakteristik di bawah ini:

1. Bau khas
Sofa kulit asli memiliki karakteristik bau kulit yang khas, tidak seperti kulit imitasi atau sering disebut Oscar. Pada lapisan kulit palsu ini memiliki karakteristik bau bahan vinyl. Jadi, jika Anda membeli sofa kulit asli, maka bisa memperhatikan dari bau jenis kulitnya. Jika ada harga sofa kulit asli yang jauh lebih murah dari harga standar, bisa jadi itu adalah sofa palsu yang merupakan aroma dominan bahan vinyl.

2. Kulit tidak terlalu halus
Tingkat kualitas kulit asli memiliki permukaan yang tidak mulus seperti pada produk kulit oscar. Sebab, kulit imitasi yang menggunakan bahan itu tidak alami lagi, namun menggunakan teknologi yang mampu menghasilkan lapisan yang menyerupai kulit asli. Tapi kulit asli lebih kasar dari bahan imitasi. Harga sofa kulit imitasi ini bisa mencapai setengah dari harga sofa kulit asli. Misalnya sofa kulit asli harganya hingga 100 juta, maka sofa kulit oscar bisa sekitar 50 juta.

Loading...

3. Tahan api
Sedangkan yang terakhir adalah sofa kulit asli bisa tahan api. Sementara sofa kulit imitasi akan mudah terbakar. Misalnya jika sofa sengaja tertabrak puntung rokok, sofa tidak akan terbakar atau berlubang. Tapi di sofa imitasi bisa menyebabkan bekas seperti lubang karena rokok. Jadi, setelah mengetahui sifat dan perkiraan harga kulit sofa kulit asli, maka Anda lebih berhati-hati dalam memilih sofa. Jangan mudah tertipu oleh desain dan harga murah namun berkualitas palsu.

Sofa Kulit Imitasi atau Sintetik

Meski namanya “imitasi”, jenis sofa ini sebenarnya tidak 100 persen menggunakan kulit imitasi. Sofa kulit imitasi terbuat dari kulit yang tergabung dengan bahan kimia poliuretan. Sementara di bagian belakang atau belakang sofa, biasanya masih terbuat dari kulit asli. Karena itu, dalam bahasa Inggris, sofa ini dikenal dengan sebutan “Bonded Leather Sofa” atau sofa kulit yang diikat bersamaan. Jika kalian ingin membeli dan melihat varian sofa lainnya dapat dilihat di Informa.

Pada umumnya, sofa kulit sintetis menggunakan bahan oscar. Bahan kulit sintetis ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan kulit sintetis poliuretan lainnya. Sofa Oscar memiliki banyak desain dan warna beragam. Sehingga bisa disesuaikan dengan tema ruangan.

Ada juga sejenis sofa kulit yang mirip dengan ini, yaitu “sofa kulit bycast”, yaitu lembaran kulit dilapisi dengan poliuretan dan digunakan sebagai bahan utama pembuat sofa. Untuk menghindari kesalahpahaman dan keraguan tentang kualitas sofa kulit imitasi, banyak perusahaan furniture menggunakan istilah “furniture berlapis kain”.

Sejarah Sofa Kulit Sintetik

Meski sofa kulit imitasi atau sintetik sudah ada beberapa tahun yang lalu, namun jenis sofa ini baru bisa menguasai pasar furniture pada tahun 2007-an silam. Meski pada awalnya produsen masih ragu memasarkan produk ini karena kesalahpahaman tentang arti kata “sofa kulit berikat”, namun setelah disurvei, hasilnya cukup mengejutkan. Konsumen ternyata banyak yang tetap tertarik dengan jenis sofa ini. Dengan harga jual rata-rata 2/3 dari harga sofa kulit asli, sofa jenis ini akhirnya mulai dilirik konsumen di segmen kelas menengah.

Pertimbangan Material Sebelum Membeli Sofa Kulit Sintetik

Meski tak dipungkiri bahwa sofa kulit asli ini masih lebih baik dalam hal kualitas dan kuantitas, namun setidaknya masih ada plus poin yang ditawarkan sofa kulit sintetik. Bukan hanya masalah harga yang lebih miring, sofa jenis ini dibuat oleh retail atau pabrikan untuk mendaur ulang lembaran atau potongan sisa kulit dari pembuatan sofa kulit asli. Jadi secara tidak langsung, dengan membeli sofa jenis ini, kita juga memanfaatkan bahan daur ulang.

Untuk masalah ketahanan, sofa kulit asli pastinya lebih baik. Bila jenis sofa ini tergores, maka goresan hanya akan terlihat garis. Tapi jika sofa kulit imitasi tergores, permukaan poliuretan akan robek dan bagian dalam sofa yang warnanya biasanya berbeda akan terlihat mencolok dari luar. Ini adalah pemandangan yang buruk untuk interior ruangan Anda.

Sofa Kulit AsliSofa Kulit Sintetik
- Terbuat dari kulit hewan asli- Terbuat dari bahan vinyl serta bahan kimia poliuretan
- Harga lebih mahal- Harga lebih bersahabat di kantong
- Memiliki aroma kulit yang khas- Aromanya lebih dominan berbau bahan vinyl
- Lebih tahan terhadap panas api- Mudah terbakar jika terkena api

Kesimpulan

Sangat jelas bahwa sofa kulit sintetik tidak semahal dan seawet seperti sofa kulit asli, namun sofa kulit sintetik masih memiliki pangsa pasar tersendiri yang cukup besar. Selalu ada kelebihan dan kekurangan yang menyertai setiap jenis sofa. Jika Anda lebih tertarik dengan sofa kulit sintetik karena harganya lebih murah, namun akibatnya sofa akan lebih cepat rusak dibanding kulit aslinya. Namun, jika ingin membeli sofa kulit asli, Anda harus siap menyiapkan budget yang lebih besar. Jadi jenis sofa kulit mana yang akan Anda pilih?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sofa Kulit Asli vs Sintetik

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *