Pilih Mana: Sony Alpha A6000 atau Fujifilm X-A3?

Loading...

Selain dinikmati, momen-momen penting atau pemandangan yang indah saat ini juga akan semakin baik untuk diabadikan dengan sebuah kamera. Banyak jenis kamera yang dapat mendukung aktivitas ini, dua di antaranya yaitu Sony Alpha A6000 dan Fujifilm X-A3. Manakah kamera yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda? Sony Alpha A6000 atau Fujifilm X-A3?

Sony Alpha A6000 dan Fujifilm X-A3 merupakan dua kamera mirrorless yang memberikan kualitas dan hasil gambar yang sangat baik. Namun kedua jenis kamera ini memiliki beberapa perbedaan seperti pada sistem yang digunakan, kinerja, fitur yang dimiliki dan hal lainnya. Penjelasan lebih jelas mengenai perbedaan tersebut dapat Anda baca pada artikel di bawah ini.

Sony Alpha A6000

Sony Alpha A6000 merupakan salah satu kamera yang dirilis oleh brand Sony. Kamera ini juga merupakan pengganti brand NEX milik Sony. Kamera ini sangat dapat diandalkan karena memiliki autofokus tercepat dibandingkan dengan kamera lainnya. Untuk mengetahui varian kamera Sony lainnya, Anda dapat mengakses Sony.co.id.

Kelebihan Sony Alpha A6000

Berikut beberapa kelebihan Sony Alpha A6000 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Sistem Autofokus yang Cepat

Salah satu kelebihan Sony Alpha A6000 adalah memiliki sistem autofokus yang lebih cepat jika kita bandingkan dengan Fujifilm X-A3. Anda dapat melakukan pemotretan dengan baik untuk subjek yang diam ataupun subjek yang bergerak (hybrid phase detection).

  • Memiliki Jendela Bidik Elektronik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Sony Alpha A6000 adalah memiliki jendela bidik elektronik. Dengan adanya jendela bidik elektronik tersebut, Anda dapat memotret dengan baik meski pada kondisi yang sangat terang.

  • Memiliki Kinerja yang Lebih Cepat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Sony Alpha A6000 adalah memiliki kecepatan foto berturut-turut yang lebih cepat. Selain itu, kamera Sony Alpha A6000 juga memiliki kinerja yang keseluruhan yang lebih cepat. Dibandingkan dengan Fujifilm X-A3, Sony Alpha A6000 memang memiliki kinerja yang lebih cepat.

Kekurangan Sony Alpha A6000

Berikut beberapa kekurangan Sony Alpha A6000 yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Rumit untuk Dipelajari

Salah satu kekurangan Sony Alpha A6000 adalah lebih rumit dan lebih sulit untuk dipelajari. Hal ini akan menjadi tambah lebih sulit dipelajari orang awam yang belum terbiasa menggunakan kamera. Sony Alpha A6000 lebih cocok digunakan dan dipelajari oleh orang yang sudah profesional.

  • Layar Belum Touchscreen

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Sony Alpha A6000 adalah memiliki layar yang belum touchscreen. Bisa dikatakan bahwa Sony Alpha A6000 kurang maju mengingat saat ini banyak kamera yang telah menggunakan layar touchscreen.

  • Layar Tidak Bisa Ditekuk

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Sony Alpha A6000 adalah layar yang dimiliki ini tidak bisa ditekuk. Karena tidak bisa ditekuk, Anda akan kesulitan jika ingin melakukan selfie.

Loading...
Kelebihan Sony Alpha A6000Kekurangan Sony Alpha A6000
- Memiliki sistem autofokus yang cepat - Lebih rumit untuk dipelajari
- Memiliki jendela bidik elektronik- Layar belum touchscreen
- Memiliki kinerja yang lebih cepat- Layar tidak bisa ditekuk

Fujifilm X-A3

Fujifilm merupakan salah satu produsen mirrorless yang ternama. Salah satu produk yang diluncurkan oleh Fujifilm adalah kamera Fujifilm X-A3. Kamera ini dirilis pada Agustus 2016 lalu. Perbandingan lainnya tentang Fujifilm X-A3 telah kami bahas pada Fujifilm X-A3 vs Fujifilm X-A5.

Kelebihan Fujifilm X-A3

Berikut beberapa kelebihan Fujifilm X-A3 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Layar LCD Touchscreen yang Dapat Ditekuk

Salah satu kelebihan Fujifilm X-A3 adalah memiliki layar touchscreen yang dapat ditekuk. Fujifilm X-A3 telah memiliki teknologi yang cukup baik sehingga memudahkan dalam menggunakan kamera jenis ini. Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan foto selfie karena layar kamera ini dapat ditekuk.

  • Lebih Sederhana dan Mudah Digunakan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Fujifilm X-A3 adalah lebih sederhana dan lebih mudah dipelajari dan digunakan. Kamera Fujifilm X-A3 cocok bagi pemula yang belum terbiasa dalam menggunakan kamera karena lebih sederhana dan lebih mudah digunakan.

  • Memiliki Pilihan Film Simulation

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-A3 adalah memiliki pilihan film simulation dengan warna yang menarik. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mendapatkan hasil foto memiliki filter yang baik tanpa harus melakukan editing terlebih dahulu. Dengan demikian, aktivitas Anda dapat menjadi lebih ringkas jika menggunakan Fujifilm X-A3.

Kekurangan Fujifilm X-A3

Berikut beberapa kekurangan Fujifilm X-A3 yang perlu Anda ketahui:

  • Kinerja Agak Lambat

Salah satu kekurangan kamera Fujifilm X-A3 adalah memiliki kinerja yang lebih lambat jika dibandingkan dengan Sony Alpha A6000. Karena itulah, jika Anda membutuhkan kamera dengan kinerja yang cepat maka Anda sebaiknya tidak memilih Fujifilm X-A3 dan lebih memilih Sony Alpha A6000.

  • Tidak Memiliki Jendela Bidik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh kamera Fujifilm X-A3 adalah tidak memiliki jendela bidik. Karena tidak memiliki jendela bidik ini, Anda akan kesulitan ketika akan memotret pada saat kondisi sedang sangat terang. Hal ini disebabkan karena layar akan tampak kurang jelas karena silau.

  • Sensor Prosesor Belum Maksimal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-A3 adalah memiliki sensor prosesor yang belum maksimal. Fujifilm X-A3 belum memiliki sensor prosesor versi terbaru dengan fase deteksi AF pixsel-chip. Karena hal inilah pemrosesan kamera ini masih belum terlalu cepat.

Kelebihan Fujifilm X-A3Kekurangan Fujifilm X-A3
- Memiliki layar LCD touchscreen yang dapat ditekuk- Kinerja agak lambat
- Lebih sederhana dan mudah digunakan- Tidak memiliki jendela bidik
- Memiliki pilihan film simulation- Sensor prosesor belum maksimal

Pilih Mana: Sony Alpha A6000 atau Fujifilm X-A3?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Sony Alpha A6000 dan Fujifilm X-A3. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Sony Alpha A6000Fujifilm X-A3
- Memiliki jendela bidik elektronik- Tidak memiliki jendela bidik elektronik
- Memiliki kinerja lebih cepat- Memiliki kinerja kurang cepat
- Lebih rumit digunakan dan dipelajari- Lebih mudah digunakan dan dipelajari
- Cek harga Sony Alpha A6000 online termurah, Klik di sini- Cek harga Fujifilm X-A3 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Sony Alpha A6000 dan Fujifilm X-A3 dapat disimpulkan bahwa kedua kamera ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dengan harga yang terpaut tidak terlalu jauh, kamera ini juga memiliki kemampuan yang tidak terlalu berbeda. Namun jika diperhatikan, kamera Sony Alpha A6000 memiliki kualitas yang lebih baik dan cocok bagi profesional atau bagi pengguna yang telah terbiasa dengan kamera karena lebih sulit dipelajari oleh orang yang belum paham mengenai kamera. Sedangkan kamera Fujifilm X-A3 cocok bagi Anda yang hanya memiliki hobi untuk memotret dan bukanlah profesional.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sony Alpha A6000 vs Fujifilm X-A3

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *