Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Soto atau Sop?

Makanan berkuah tentunya menjadi makanan yang sangat digemari oleh orang-orang, selain segar makanan berkuah tentunya membuat badan seolah lebih berenergi apalagi jika ditambah sambal, makin tidak terbayang gimana nikmatnya. Seperti halnya soto dan sop, dua makanan berkuah ini paling sering dimasak dan yang paling digemari oleh orang-orang. Kali ini saya akan membahas mengenai Soto dan Sop. Disini aja ya..

Soto

Makanan ini berawal dari makanan khas dari Cina yang disebut sebagai Caudo, namun karena penyebutan namanya yang lumayan susah, sekarang orang banyak menyebutnya sebagai soto. Baca juga Pilih Mana: Nasi atau Bubur?

Soto sendiri mulai populer di daerah Semarang lalu mulai tersebar ke beberapa wilayah sampai-sampai setiap wilayah memiliki jenis soto khas dari daerah masing-masing.

Soto adalah makanan yang berkuah berwarna kuning yang didapat dari kunyit, lalu umumnya terdapat ayam di dalamnya dan juga rempah-rempah lainnya yang membuat soto semakin digemari oleh banyak orang.

Memakan soto biasanya ditambah dengan nasi agar lebih kenyang dan nikmat, tidak hanya itu biasanya pedagang-pedagang juga menambahkan telur, emping atau kerupuk, ati supaya lebih nikmat.

Soto sendiri tidak semerta-merta hanya memakai daging ayam sebagai isinya, bisa juga dengan daging sapi, bisa juga memakai babat dan lain-lain tentunya sesuai dengan selera orang masing-masing.

Jika kamu malas keluar rumah Gojek dan Grab juga sudah menyediakan layanan mengantar soto kamu, jadi serba gampang deh.

Jenis soto:

Soto Betawi
Soto ini bisa kamu temukan di Jakarta, olahan yang terdapat dari soto ini adalah campuran santan dan susu sehingga memiliki rasa khas dari soto betawi sendiri. Soto ini bisa dihidangkan dengan menggunakan lauk daging ayam, daging sapi dan babat. Untuk jeroan nya sendiri soto ini bisa menambahkan mata sapi, ati bahkan torpedo yang sudah dipotong kecil-kecil. Dan tak lupa ditambah emping atau melinjo agar soto ini terasa lebih nikmat.

Soto Bandung
Karakteristik dari soto ini berbeda dengan kebanyakan soto yang berwarna kuning, soto ini memiliki kuah yang bening. Soto ini cocok banget buat kamu yang tidak mengkonsumsi santan. Soto ini memakai daging sapi sebagai lauknya. Dan jangan lupa memakai emping atau melinjo agar soto ini makin nikmat.

Soto Pekalongan
Sesuai namanya, soto ini berasal dari Pekalongan. Karakteristik soto ini memiliki kuah yang berwarna cokelat yang berasal dari bumbu sambal goreng atau tauco dari kedelai. Yang menjadi keunikan tersendiri dari soto ini adalah terdapatnya mie putih didalamnya dan juga daging yang biasa dipakai untuk soto ini adalah daging kerbau.

Soto Madura
Soto ini sama seperti soto pada umumnya yakni memiliki kuah yang berwarna kuning. Makanan dari Jawa Timur ini menambahkan telur rebus, toge dan kentang goreng serta daging sapi didalamnya. Untuk campuran kuahnya soto ini memakai bawang merah dan putih, kunir, jahe, garam, kemiri, laos dan jeruk purut.

Soto Lamongan
Soto ini sangat trend dikalangan masyarakat Indonesia karena memang rasa dan aroma nya yang khas dari daerah Lamongan. Soto ini biasa terdapat di Surabaya dan sudah berada dimana-mana cabangnya. Daging yang digunakan soto ini adalah daging ayam dan ditambahkan toge, sayur gubis yang diiris tipis-tipis. Terdapat juga mie putih yang menjadi salah satu ciri khas dari Soto Lamongan.

Jika kamu malas membuat soto sendiri dirumah, kamu bisa membeli bumbu yang sudah jadi yang praktis langsung dimasukkan ke kuah soto kamu lalu tambahkan ayam, daun salam, toge dan sebagainya.

Dan jika kamu mau membeli soto yang sudah jadi, kamu bisa dapatkan soto di sekitar wilayah kamu yang terdapat pedagang pinggir jalan yang menjual soto, bahkan mall sekarang sudah banyak yang menjual soto.

Sop

Siapa yang tidak mengenal sop ? saya yakin semua juga sudah pada tahu dengan sop. Sop sendiri adalah makanan yang berkuah bening dengan wortel, kacang panjang, jagung, potongan ayam atau potongan daging dan ditambahkan seledri dan bawang goreng sebagai pengharum aroma sop nya.

Sama seperti soto, sop pun tidak hanya memakai daging ayam sebagai isi nya, bisa juga menggunakan daging sapi bahkan sekarang banyak sop yang menambahkan jamur sebagai penambah lauknya.

Kamu juga bisa menambahkan jeroan pada sop kamu seperti babat, ati bahkan torpedo sapi pun bisa kamu tambahkan di dalamnya.

Makan sop cocok banget saat suasana sedang hujan yang lagi dingin-dinginnya. Karena sop hangat dapat membuat badan kamu senantiasa hangat dan tentunya lebih membuat badan kamu lebih berenergi.

Jenis sop:

Sop Tunjang
Sop ini sama seperti sop pada umumnya, namun terdapat tunjang dan potongan tulang kaki sapi yang bisa langsung kamu gigit dagingnya. Kamu juga bisa langsung menghirup sumsum yang terdapat di dalam kaki sapi nya.

Sop Kaki Kambing
Sop ini umumnya ditemukan di daerah Jakarta. Sop ini memiliki karakteristik kuah yang berwarna putih karena kuah bening yang ditambahkan santan. Isi dari sop ini adalah kaki kambing dan jeroan lainnya. Cocok banget makan sop ini jika ditambah dengan nasi hangat.

Sop Kimlo
Sop ini merupakan sop khas dari wilayah Solo. Kuah nya bening sama seperti kuah sop pada umumnya. Sop ini sendiri merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa dan budaya Jawa. Isi dari sop ini menggunakan daging ayam, wortel, jamur, soun dan banyak lagi. Jadi kalau kamu lagi mampir ke wilayah Solo, kamu wajib cobain sop ini ya guys.

Sop Buntut
Sop ini sudah tidak asing lagi bagi orang banyak. Sesuai dengan namanya, sop ini memakai buntut kambing dan juga buntut sapi. Sop ini merupakan sop yang paling diincar oleh orang-orang selain itu harganya juga lumayan mahal.

Sop Iga
Selain sop buntut, sop iga pun banyak digemari oleh orang-orang. Bukan tanpa sebab, sop iga berisikan iga sapi yang tentunya memiliki daging yang berlimpah ditambah dengan wortel, kentang, tomat serta kuah nya yang bening. Tambahkan jeruk nipis agar sop iga kamu makin segar, yakin deh gak akan mengecewakan.

Sop Konro
Seperti sop iga, sop konro juga memakai bahan dasar iga. Namun yang iga yang dipakai adalah iga yang berukuran besar. Pas banget buat kamu yang lagi laper-lapernya. Dan untuk masalah harga, sop ini bisa dibilang yang paling mahal dibandingkan dengan sop-sop lainnya.

Sekarang sudah banyak sekali yang jual sop, kamu bisa dapatkan sop di pinggir jalan yang dijual oleh pedagang-pedagang. Dan sama seperti soto, sop sekarang juga sudah dijual di Mall, jadi kamu tidak perlu bingung buat beli sop ya guys.

Memakan soto dan sop juga bisa meningkatkan energi didalam tubuh karena kuahnya yang hangat, tentunya lambung kita juga akan hangat dan juga bisa memperlancar aliran darah kita ya guys.

Pilih Mana: Soto atau Sop?

SotoSop
Kelebihan - Lebih simpel - Cocok buat kamu yang menyukai santan - Cocok buat kamu yang tidak mengkonsumsi santan - Isinya lebih bervariatif
Kekurangan- Penggunaan ayam yang kualitas nya kerap jelek - Isinya lebih sedikit dari sop- Membuatnya cukup sulit - Lebih sedikit yang menjualnya dibanding dengan soto

Kesimpulan

Buat kamu yang suka memakan makanan yang berkuah dengan daging ayam atau daging sapi di dalamnya maka soto dan sop adalah jawaban yang pas. Makanan ini cocok banget buat dimakan disaat sedang dinging semisal sedang hujan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Soto vs Sop

VS

Leave a Reply