Elektronik

Pilih Mana: Speaker Bose atau JBL?

Speaker adalah perangkat yang penting dalam kegiatan multimedia atau lainnya yang memerlukan audio. Dengan menggunakan speaker yang memiliki kualitas yang tinggi akan menghasilkan suara yang enak didengar. Salah satu merek yang mempunyai kualitas dan nama yang cukup terkenal dikalangan produk speaker yaitu Bose dan JBL.

Pada artikel kali ini kami akan membandingkan antara speaker Bose dan JBL dan kami juga memberikan rekoemndasi produk dari masing-masing spekar Bose maupun JBL, Jangan sampai terlewatkan ya! yuk langsung saja disimak bawah ini.

Speaker Bose

Bose merupakan merk asal Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak 1964. Perusahaan ini mengkhususkan diri untuk memproduksi perangkat audio yang memiliki kualitas tinggi. Baca juga Pilih Mana: Speaker Wireless JBL atau Harman Kardon?

Bose memiliki banyak produk, mulai dari sistem audio mobil, headset, speaker umum, hingga amplifier. Kali ini, untuk mengikuti permintaan dan perkembangan pasar, Bose juga memproduksi wireless speaker yang tengah hype di kalangan pencinta musik dan audiophile.

Speaker Bose memiliki kesan yang eksklusif dan high end dari speaker merek Bose membuat produk ini selalu diincar para pencinta audio karena Bose selalu mengembangkan teknologi dalam setiap produknya.

Rekomendasi Speaker Bose

1. Bose SoundDock XT Speaker
Bose SoundDock XT Speaker memang didesain untuk smartphone dan komputer. Jadi Anda bisa mendengarkan lagu favorit yang tersimpan di dalam smartphone bersama teman atau keluarga.

Meski punya desain yang ringkas, soal kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Speaker yang kompatibel dengan iPhone 5 dan iPhone 6 ini tersedia dalam berbagai pilihan warna. Antara lain White/Yellow dan White/Dark Grey.

2. Bose SoundLink Revolve Plus Bluetooth Speaker
Keistimewaan speaker Bose SoundLink Revolve Plus Bluetooth ini adalah mampu menghasilkan suara yang terdengar dengan jelas di setiap sudut ruangan. Mampu menghasilkan suara 360 derajat secara konsisten dan sempurna. Baik ketika ditaruh di tengah ruangan atau di satu sudut ruangan, suara yang dihasilkan akan sama.

Hal ini bisa terjadi karena Bose SoundLink Revolve Plus Bluetooth dan dilengkapi dengan sejumlah teknologi terkini. Seperti Transduser, dual-passive radiators, dan omnidirectional acoustic deflector yang akan menghasilkan suara yang menggelegar.

3.  Bose Soundtouch 10 Wireless Speaker
Ringkas dan simpel menjadi karakteristik dari speaker Bose SoundTouch 10 ini. Bentuknya yang kecil mudah disimpan di berbagai tempat. Apalagi Anda tidak perlu ribet dengan urusan kabel, karena speaker ini sudah terkoneksi secara wireless melalui jaringan Wifi dan Bluetooth. Untuk memudahkan dalam mengatur speaker ini,

Anda harus mengunduh lebih dulu aplikasi SoundTouch secara gratis. Nantinya, smartphone Anda akan menjadi semacamremote bagi barisan lagu yang ingin didengarkan.
Speaker BoseHarga Per Oktober 2019
Bose SoundDock XT SpeakerRp. 2.500.000.
Bose SoundLink Revolve Plus Bluetooth SpeakerRp 6.000.000.
Bose Soundtouch 10 Wireless SpeakerRp 4.000.000.

Kelebihan Speaker Bose

  • Dilengkapi fitur yang cukup mumpuni
    Speaker ini bisa dijangkau hingga jarak 10 meter. Kamu cukup mengaktifkan koneksi Bluetoothdi gadget kamu, lalu lakukan pairing. Selanjutnya, kalian dapat menikmati suara canggih dari Speaker Bose ini, salah satu variasi Bose yang memiliki fitur in yaitu speaker Bose Soundlink Color.
  • Suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi
    Kelebihan speaker Bose yang lainnya yaitu dari segi suara yang dihasilkan oleh speaker ini yaitu sangat jernih, natural, dengan nada bass yang bulat. Suara full range yang dimiliki mampu mengeluarkan nada rendah hingga tinggi dengan sama baiknya.
  • Desain yang unik
    Kelebihan yang terakhir dari speaker Bose ini yaitu speaker ini selalu menghadirkan speaker dengan desain yang unik dan kekinian, sehingga selain memiliki kualitas yang sangat tinggi desain speaker Bose ini juga memiliki desain yang wajib kamu miliki saat ini.

Kekurangan Speaker Bose

  • Harga mahal
    Kekurangan yang pertama dan menjadi pertimbangan banyak orang yaitu dari segi harga speaker Bose ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Speaker Bose ini dapat dibandrol dengan harga mulai dari jutaan rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah, Tetapi dengan performa tinggi yang ada pada speaker ini harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ada.
  • Store resmi yang jarang
    Kekurangan selanjutnya darik speaker Bose ini yaitu store resmi Bose di Indonesia sendiri masih sangat jarang, Sehingga jika kalian ingin membelinya kalian dapat ke toko elektronik yang pastinya produk Bose tidak selalu lengkap ya.
  • Kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka
    Speaker dengan merk ini sangat bagus suaranya, jernih, dan berkualitas menjadi kelebihan nya, namun sayangnya beberapa speaker Bose kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka karena kualitas suara akan menurun.

Speaker JBL

JBL terkenal sebagai salah satu produsen perangkat audio berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Perusahaan ini telah banyak merilis produk seperti headphone, earphone, hingga speaker Bluetooth yang kini tengah digandrungi anak muda.

JBL merupakan perusahaan berasal dari Negara Amerika Serikat yang telah melanglang buana selama puluhan tahun dalam industri audio ini masih tetap eksis dan produktif. 

Speaker Bluetooth JBL sangat menarik untuk dimiliki, karena selain harganya yang tidak terlalu mahal, kualitas suara yang disuguhkan juga memuaskan. Terdapat berbagai macam tipe yang telah tersedia di pasaran, mulai dari segmen low-end hingga high-end.

Lihat juga:  Pilih Mana: Blender Kaca atau Plastik?

Rekomendasi Speaker JBL

1. JBL GO
JBL GO memiliki ukuran yang begitu ringkas, sehingga benar-benar tidak akan merepotkan kamu jika membawanya ke mana pun. Salah satu speaker JBL dengan harga termurah dari JBL ini memiliki tampilan yang stylish berkat berbagai pilihan warna berbeda yang terlihat segar.

Speaker JBL ini dilengkapi dengan baterai yang membuatnya bisa bertahan hingga 5 jam sekali charge, untuk segi performanya cukup memuaskan dibalik ukurannya yang kecil.

2. JBL Flip 2
JBL Flip 2 memiliki desain yang unik berbentuk tabung dengan tampilan mirip tempat pensil. Speaker Bluetooth ini dibekali dengan fitur yang cukup lengkap, mulai dari adanya microphone, AUX connection untuk menyambungkannya dengan perangkat audio lain, hingga dukungan teknologi noise cancellation.

Fitur yang terakhir disebut sangat berguna saat ingin mendengarkan musik di tempat bising, agar musik tetap terdengar secara maksimal.

3. JBL Horizon
JBL Horizon bukan hanya speaker Bluetooth biasa, Namun lebih dari itu. Speaker ini mampu menjadi sebagai jam dan alarm membangunkan tidur kamu di pagi hari, serta juga dapat menjadi radio untuk melengkapi kebutuhanmu

Speaker JBL Horizon ini dibekali dengan layar LED untuk menujukkan jam dan dapat menyesuaikan kecerahannya bergantung pada kondisi cahaya di sekitar dan speaker ini dapat menghasilkan suara berkualitas berkat dukungan audio stereo.

Speaker JBLHarga Per Oktober 2019
JBL GORp 450.000
JBL Flip 2Rp 1.350.000
JBL HorizonRp 2.500.000

Kelebihan Speaker JBL

  • Cocok untuk digunakan saat beraktivitas
    Speaker dari JBL dapat menjadi pilihan yang cocok untuk anda yang ingin mendengarkan musik untuk beragam aktivitas. Misalnya, anda membutuhkan speaker ketika berolahraga atau ada kegiatan outdoor di tempat yang jauh dari sumber listrik. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan karena speaker JBL memiliki kualitas suara terbaik dan fitur koneksi yang wireless.
  • Memiliki model yang unik
    Speaker JBL memiliki desain yang unik. Hal ini terlihat dari tampilan fisik dari beberapa speaker portable JBL. Kita tidak dapat menyangkal lagi bahwa desainnya memang unik. Dapat di ambil contoh, JBL Clip Speaker wireless portable berukuran ringkas berbentuk bulat ini dapat dikaitkan dengan mudah ke tas maupun pada celana.
  • Warna yang beragam
    Produk speaker JBL ini juga terdiri dari banyak pilihan warna loh, kamu pasti ngga akan kecewa dan bisa memilih warna kesukaanmu. Dengan bentuknya yang cantik, hal ini pastinya akan membuat orang melirik speaker ini. Pilihan warnanya pun bermacam-macam dan tersedia dalam delapan warna yakni hitam, biru, merah, abu-abu, hijau teal, kuning, merah muda, dan jingga.

Kekurangan Speaker JBL

  • Tidak cocok digunakan untuk penggunaan home theater
    Kekurangan yang pertama dari produk speaker JBL ini yaitu produk speaker ini hanya berfokus pada speaker yang digunakan untuk kebutuhan harian saja. Untuk speaker khusus yang butuhkan untuk home theater speaker JBL ini kurang cocok dan suara yang dihasilkan kurang maksimal.
  • Banyak produk tiruan
    Nama speaker JBL saat ini sudah tersebar luas dan terkenal dimana-mana, Oleh sebab itu banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat produk serupa yang menawarkan kualitas yang sangat jauh dibandingkan dengan yang produk asli. Karenanya pastikan produk JBL yang kalian beli asli ya dapat kalian beli di store resmi nya ya.
  • Suara yang dihasilkan kurang menggelegar
    Untuk JBL yang memiliki ukuran yang kecil, sangat sulit bagi speaker bluetooth untuk menghasilkan suara yang menggelegar layaknya sebuah speaker (konvensional) yang dilengkapi dengan woofer berukuran besar.

Pilih Mana: Speaker Bose atau JBL?

Speaker BoseSpeaker JBL
Kelebihan- Dilengkapi fitur yang cukup mumpuni - Suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi - Desain yang unik  - Cocok untuk digunakan saat beraktivitas - Memiliki model yang unik - Warna yang beragam
Kekurangan- Harga mahal - Store resmi yang jarang - Kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka - Tidak cocok digunakan untuk penggunaan home theater - Banyak produk tiruan - Suara yang dihasilkan kurang menggelegar

Kesimpulan

Telah kita bahas mengenai kedua brand terkenal speaker yaitu Bose dan JBL. Dapat kita simpulkan bahwa kedua speaker ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan dari segi harga pun keduanya dibandrol berbeda-beda dari berbagai jeni produknya, Namun, memang untuk produk speaker Bose dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan JBL. Tetapi, dari segi kualitas Bose lah yang lebih unggul dibandingkan dengan JBL. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Speaker Bose atau JBL

VS