Elektronik

Pilih Mana : Speaker Simbadda atau Dazumba?

Membahas tentang musik takkan bisa lepas dari perangkat audio. Alhasil produsen audio berlomba-lomba memproduksi perangkat audio terbaik demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Tak sedikit produsen yang mengklaim bahwa speaker produksinya merupakan yang terbaik, namun nyatanya konsumen harus tetap jeli dalam memilih speaker yang bagus.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin membeli speaker contohnya apakah speaker tersebut  termasuk dalam speaker aktif atau pasif. Terlebih sekarang ada berbagai macam merek speaker sehingga menambah kebingungan Anda saat memilihnya. Saat ini speaker aktif banyak dipilih oleh masyarakat dengan alasan praktis karena mengusung konsep “plug anda play”. Salah satu contoh merek speaker aktif adalah speaker Simbadda dan Dazumba. Baca juga Pilih Mana: Headset atau Earphone?

Simbadda

Simbadda merupakan merek speaker buatan Indonesia yang memiliki kualitas top hingga mampu bersaing dengan speaker merek-merek internasional. Simbadda juga selalu berinovasi mengeluarkan speaker-speaker dengan desain modern dan fitur yang mumpuni demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Kelebihan Simbadda

Berikut kelebihan Simbadda yang perlu Anda ketahui :

  • Brand Populer dan Terpercaya

Simbadda sangat terkenal di kalangan masyarakat pasalnya semua produk Simbadda telah dijamin dengan kualitas yang sangat baik. Dilansir dari Kompas.com, Simbadda memperoleh penghargaan Top Brand Award 2012 kategori perlengkapan komputer. Meskipun demikian, speaker merek Simbadda tetap dibanderol dengan harga yang murah sehingga membuat speaker Simbadda banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

  • Teknologi True Surround Sound (TSS)

Simbadda menyematkan teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan. Selain teknologi True Surround Sound (TSS), Simbadda juga dilengkapi konektivitas bluetooth, port USB maupun slot SD Card yang akan memudahkan Anda mendengarkan musik melalui USB atau SD Card secara langsung.

  • Bass yang Powerful

Simbadda merupakan produk yang terkenal menonjolkan dentuman bass pada setiap speakernya. Subwoofer dari Simbadda dinilai mampu menghasilkan bass yang powerful tanpa adanya distorsi.

Kekurangan Simbadda

Berikut kekurangan Simbadda yang perlu Anda ketahui :

  • Format Musik Hanya mp3

Bagi Anda yang masih menyimpan musik dalam format selain mp3 harus siap kecewa karena format musik yang dapat dimainkan di speaker Simbadda melalui USB/MMC card reader hanyalah musik yang memiliki format mp3.

  • Treble Lebih Menonjol

Suara yang dihasilkan oleh speaker Simbadda dinilai lebih menonjol pada suara treble. Tetapi bagi Anda yang kurang suka dengan suara treble yang lebih dominan, tidak perlu khawatir karena speaker Simbadda memiliki pilihan equalizer yaitu jazz, rock, classic, flat dan pop.

  • Bass Terlalu Powerful

Bass yang terlalu powerful pada speaker Simbadda ternyata juga dapat menjadi kelemahan dari produk ini. Simbadda biasanya menonjolkan dentuman bass, sedangkan suara selain bass terkadang malah tenggelam oleh suara bass. Penyuka musik dangdut mungkin akan sangat cocok dengan Simbadda, tapi jikalau penyuka jazz, classic, soft rock, atau jenis musik lain yang menonjolkan kejernihan (clearity) maka sepertinya Simbadda kurang cocok digunakan.

Kelebihan SimbadaKekurangan Simbadda
- Brand populer dan terpercaya- Format musik hanya mp3
- Teknologi True Surround Sound (TSS)- Treble lebih menonjol
- Bass yang powerful- Bass terlalu powerful

Dazumba

Dazumba merupakan produsen yang memasarkan produk power bank, speaker aktif, speaker portable, power supply dan produk aksesoris komputer lainnya. Dazumba sendiri merupakan salah satu produk speaker yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Kelebihan Dazumba

Berikut kelebihan Dazumba yang perlu Anda ketahui :

  • Garansi 1 Tahun

Anda tak perlu khawatir apabila speaker Dazumba yang Anda beli mengalami kerusakan yang berasal dari pabrik dalam kurun 1 tahun setelah pembelian. Perlu untuk Anda ketahui bahwasanya semua produk speaker dari Dazumba diberi garansi resmi selama 1 tahun.

  • Tenaga RnD Kompeten

Dilansir dari halaman Dazumba, speaker Dazumba didukung oleh tenaga Rnd (Research and Development) yang sangat kompeten di bidangnya termasuk tim produksi yang handal dan berpengalaman.

  • Cocok Untuk Bermain Game

Ukuran subwoofer dan power output yang besar pada speaker Dazumba menghasilkan bass yang kuat sehingga sangat cocok untuk menemani anda bermain game, mendengarkan musik atau menonton film kesukaan Anda. Selain itu, satelit speaker Dazumba memiliki desain miring yang unik, desain ini bertujan agar suara bisa mengarah ke telinga pengguna secara langsung.

Kekurangan Dazumba

Berikut kekurangan Dazumba yang perlu Anda ketahui :

  • Kurang Populer

Apabila dibandingkan dengan pesaingnya Simbadda, speaker Dazumba dinilai kurang populer sehingga masyarakat lebih memilih Simbadda yang telah dipercaya kualitasnya.

  • Suara Dominan Pada Treble

Sering dibandingkan, Simbadda dan Dazumba ternyata memiliki kekurangan yang sama yaitu suara yang lebih dominan pada treble. Namun pada speaker Dazumba, Anda dapat mengatur suara dengan memutar pengatur bass dan treble yang ada pada bagian kanan subwoofer.

  • Format Musik Hanya mp3

Sama seperti Simbadda, speaker Dazumba juga hanya mendukung format musik mp3 sehingga hal ini sedikit menyulitkan konsumen yang memiliki musik dengan format selain mp3 seperti wav, wma, dll.

Kelebihan DazumbaKekurangan Dazumba
- Garansi 1 tahun- Kurang populer
- Tenaga RnD kompeten- Suara dominan pada treble
- Cocok untuk bermain game- Format musik hanya mp3

Pilih Mana : Speaker Simbadda atau Dazumba?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan speaker Simbadda dan Dazumba menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut dalam tabel berikut ini :

Speaker SimbaddaSpeaker Dazumba
- Brand populer dan terpercaya- Kurang populer
- Teknologi True Surround Sound (TSS)- Garansi 1 tahun
- Bass terlalu powerful- Tenaga RnD kompeten

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara Simbadda dan Dazumba, dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan speaker Simbadda selain karena harganya murah, speaker Simbadda juga sudah terjamin kualitasnya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Speaker Simbadda vs Dazumba

VS

Leave a Reply