Elektronik

Pilih Mana: Speaker Wireless JBL atau Harman Kardon?

Banyak orang yang memilki hobi mendengarkan musik. Kegiatan ini pun akan semakin seru jika didukung oleh perangkat audio, terlebih lagi dengan speaker wireless yang saat ini sedan populer. Baik dari segi material dan desain, fitur-fitur istimewa yang dimiliki, hingga kualitas suara menjadi hal yang dipertimbangkan oleh pengguna. Salah satu speakerwireless yang paling populer dan sedang melakukan persaingan di pasaran yaitu JBL dan Harman Kardon.

Speaker wireless JBL dan Harman Kardon menjadi speaker yang sudah mencuri hati banyak pecinta musik di berbagai belahan Negara dan keduanya sampai saat ini bersaing untuk menghadirkan produk speaker yang paling terbaik, Karenanya dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai Speaker Wireless Jbl dan Harman Kardon untuk melihat dianatara keduanya manakah yang lebih unggul saat ini?

Selain membandingkan keduanya dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, Kami juga memberikan beberapa rekomendasi speaker wireless terbaik dari JBL dan Harman Kardon lho! Jangan sampai ketinggalan ya, yuk langsung saja disimak artikel di bawah ini!

Speaker Wireless JBL

JBL terkenal sebagai salah satu produsen perangkat audio berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Perusahaan ini telah banyak mengeluarkan produk seperti headphone, earphone, hingga speaker Bluetooth yang kini tengah digandrungi anak muda. Baca juga Pilih Mana: Simbadda atau JBL?

Speaker wireless JBL sangat menarik , karena Speaker ini selain harganya yang tidak terlalu mahal, kualitas suara yang dihasilkan juga sangat memuaskan. Terdapat beragam tipe yang telah tersedia di pasaran, mulai dari segmen low-end hingga high-end.

 Produk  JBL ini dihasilkan oleh Harman, sebuah brand audio yang berasal dari Negara Amerika.

Kelebihan Speaker Wireless JBL

  • Memiliki model yang unik
    Speaker JBL memiliki desain yang unik. Hal ini terlihat dari tampilan fisik dari beberapa speaker portable JBL. Kita tidak dapat menyangkal lagi bahwa desainnya memang unik. Dapat di ambil contoh, JBL Clip Speaker wireless portable berukuran ringkas berbentuk bulat ini dapat dikaitkan dengan mudah ke tas maupun pada celana.
  • Baterai tahan lama
    Produk JBL ini dapat memberimu waktu yang panjang sampai waktu yang lama, Misalnya JBL Charge 2. yang dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 6000mAh, speaker ini dapat digunakan hingga 12 jam untuk memutar musik. Uniknya, speaker ini dapat mengisi ulang baterai perangkat lain seperti smartphone atau tablet. Ini merupakan fitur unik yang jarang dimiliki speaker sejenisnya.
  • Warna yang beragam
    Produk speaker JBL ini juga terdiri dari banyak pilihan warna loh, kamu pasti ngga akan kecewa dan bisa memilih warna kesukaanmu. Dengan bentuknya yang cantik, hal ini pastinya akan membuat orang melirik speaker ini. Pilihan warnanya pun bermacam-macam dan tersedia dalam delapan warna yakni hitam, biru, merah, abu-abu, hijau teal, kuning, merah muda, dan jingga. 

Kekurangan Speaker Wireless JBL

  • Banyak produk tiruan
    Nama speaker JBL saat ini sudah tersebar luas dan terkenal dimana-mana, Oleh sebab itu banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat produk serupa yang menawarkan kualitas yang sangat jauh dibandingkan dengan yang produk asli. Karenanya pastikan produk JBL yang kalian beli asli ya dapat kalian beli di store resmi nya ya.
  • Jangkauan wireless kurang luas
    Teknologi jaringan wireless pada speaker memang belum bisa diandalkan, terlebih untuk menjangkau ruangan yang luas. Seperti contoh yang ada pada JBL GO. Karena usahakan untuk tidak meletakkan smartphone jauh dengan speaker. Sebab hal itu akan menyebabkan suara yang dihasilkan dapat terputus-putus.
  • Suara yang dihasilkan kurang menggelegar
    Untuk JBL yang memiliki ukuran yang kecil, sangat sulit bagi speaker bluetooth untuk menghasilkan suara yang menggelegar layaknya sebuah speaker (konvensional) yang dilengkapi dengan woofer berukuran besar.

Harman Kardon

Merk Harman Kardon merupakan produsen perangkat audio yang sudah berdiri sejak tahun 1953 ini, merupakan salah satu produsen speaker yang populer di dunia.

Harman Kardon merupakan gabungan nama belakang kedua pendirinya, Sydney Harman dan Bernard Kardon. Keduanya adalah legenda di bidang speaker berkualitas.

Harman Kardon memberikan banyak pilihan Speaker yang di tawarkan kepada kita, terlebih lagi kualitas dan beberapa fitur unggulan yang dapat kalian dapatkan tentu akan menjadi modal terbaik saat memiliki produk mereka. Termasuk Smart Speaker yang terintegrasi dengan asisten virtual, baik itu dari Microsoft dengan kehadiran Cortana maupun Google Assistant.

Kelebihan Harman Kardon

  • Kualitas suara yang jernih
    Speaker dari Harman Kardon sudah terbukti dengan memiliki kualitas yang jernih dan sangat nyaman untuk didengarkan. Produsen speaker Harman Kardon ini juga menghadirkan dual passive radiator pada produk ini, sehingga bisa membuat nada rendah sekalipun akan enak untuk didengar.
  • Baterai yang awet
    Kelebihan yang lain dari Speaker dari Harman Kardon yaitu dalam kapasitas baterainya, dimana banyak pengguna merasa bahwa kapasitas baterai dari Harman Kardon ini sangat awet untuk digunakan. Dan tentu saja itu bisa sangat mengesankan, terlebih lagi kapasitas baterai yang besar membuat speaker tersebut bisa digunakan berjam-jam tanpa perlu dihubungkan dengan sumber listrik.
  • Desain yang stylish
    Produk-produk dari Harman Kardon sebagian besar didesain dengan bentuk yang stylish. Jadi, ketika memiliki produk speakernya. kalian tidak hanya bisa menikmati audio berkualitas tinggi, tapi juga tetap bisa bergaya dengan speaker yang kamu miliki.

Kekurangan Harman Kardon

  • Tidak dapat tersambung pada radio
    Kita dapat memutar sejumlah musik melalui gadget kita hanya dengan mengkoneksikan nya melalui jaringan bluetooth, Tetapi sayangnya tidak bisa memutar radio yang ada di smartphone kita. Mungkin karena biasanya radio akan aktif kalau terhubung dengan earphone.
  • Kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka
    Speaker dengan merk ini sangat bagus suaranya, jernih, dan berkualitas menjadi kelebihan nya, namun sayangnya kebanyakan speaker herman kardon kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka karena kualitas suara akan menurun.
  • Harga yang mahal
    Untuk speaker Harman Kardon ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal bisa sampai jutaan rupiah. Namun, dengan harga yang relatif mahal cukup sebanding dengan kualitas yang diberikan.
Tips Memilih Speaker WirelessPenjabaran
Berdasarkan kualitas suaraSpeaker wireless tertentu menghasilkan suara dengan kualitas baik, tetapi sebenarnya kualitas suara yang dihasilkan bergantung kepada faktor-faktor seperti keseimbangan rentang suara, output, dan codec.
Berdasarkan masalah pairingJika sumber suara yang kalian menggunakan berbasis sistem Android yang dilengkapi NFC (Near Field Communication) atau sistem AirPlay (iPhone, iPad atau iPod touch dan sebagainya), maka Anda akan mudah melakukan pairing.
Pilihan Koneksi Bluetooth atau AirPlayKoneksi dapat dibagi menjadi dua. Pertama, untuk kondisi lingkungan rumah yang dilengkapi wireless LAN bisa menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, atau AirPlay. Kedua, untuk rumah yang tidak dilengkapi dengan wireless LAN hanya bisa menggunakan bluetooth atau AirPlay.

Rekomendasi Speaker Wireless Jbl dan Harman Kardon

1.  JBL Flip 3
JBL Flip 3 merupakan speaker bluetooth terbaik yang dapat menghasilkan suara yang berkualitas. Speaker ini dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh, speaker ini dapat digunakan hingga 10 jam dengan kualitas suara yang tetap stabil.

Speaker JBL Flip 3 tersedia dalam 8 pilihan warna yang dapat bertahan meski terkena cipratan air.

2. JBL Micro Wireless
JBL Micro Wireless dihadirkan dengan desain unik yang membulat serta ukuran yang ringkas dan bobot ringan. Meski punya ukuran yang mungil, speaker ini mampu mengeluarkan suara bass yang memuaskan, berkat adanya port bass yang terpasang secara built-in di dalamnya. Micro Wireless dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan hingga 5 jam.

3. JBL Trip Wireless Portable Speaker
JBL Trip Wireless ini juga dibekali dengan Built-in 1200mAh baterai Li-ion yang memungkinkan kamu untuk menggunakannya hingga 8 jam. Selain itu, JBL Trip Wireless didesain dari material berkualitas yaitu kain yang tahan air dan tahan lama serta dibalut dengan material karet yang kokoh.

Dalam JBL Trip Wireless Portable Speaker ini juga, terdapat aplikasi navigasi dan ADAS, seperti iONRaod secara nirkabel, yang akan secara otomatis mengirim keamanan dan mengaktifkan perintah melalui bluetooth.

4. Harman Kardon Go + Play
Serupa dengan namanya speaker harman go + play ini ada seperti pegangan untuk membantu kita untuk lebih mudah membawa speaker ini saat sedang melakukan aktivitas. buat kamu yang suka party dan pesta di luar rumah. ataupun berkemah ke puncak. sepertinya speaker ini cocok buat kamu. dan tentunya kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

5. Harman Kardon Aura Studio 2
Harman Kardon Aura Studio 2 mengusung desain yang sangat unik dan elegan. Tak hanya tampilannya saja yang indah, fitur-fitur yang disematkan didalamnya pun sangat luar biasa. Mulai dari adanya teknologi DSP untuk menghasilkan audio yang lebih lembut dan jernih hingga kemampuannya mengeluarkan suara 360 derajat ke berbagai arah.

6. Harman Kardon Invoke
Harman Kardon Invoke ini tidak hanya memiliki kualitas suara yang mengagumkan dengan sentuhan bass yang powerful, speaker ini pun mencuri perhatian dengan adanya teknologi Cortana yang bisa mengontrol musik, mengatur jadwal, menerima panggilan, hingga membuat pengingat. Uniknya lagi, keluaran audionya pun hingga 360 derajat sehingga dapat didengarkan dengan baik dari berbagai arah.

Pilih Mana: Speaker Wireless JBL atau Harman Kardon?

Speaker Wireless JBL Harman Kardon
Kelebihan- Memiliki model yang unik - Baterai tahan lama - Warna yang beragam - Kualitas suara yang jernih - Baterai yang awet - Desain yang stylish
Kekurangan- Banyak produk tiruan - Jangkauan wireless kurang luas - Suara yang dihasilkan kurang menggelegar- Tidak dapat tersambung pada radio - Kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka - Harga yang mahal

Kesimpulan

Telah kita bahas mengenai kedua speaker wireless JBL dan Harman Kardon, sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa keduanya sangat terkenal karena mempunyai speaker dengan desain yang sangat unik dan kualitas yang dibekalinya sangat bagus dibandingkan merk speaker yang lain. Namun, dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memilki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti pada speaker wireless JBL yang dibandrol dengan harga yang cukup murah namun kualitas suaranya tidak sebanding dengan Harman Kardon, Tetapi sayangnya dengan memiliki kualitas yang tinggi speaker Harman Kardon pun dibandrol dengan harga yang cukup fantastis lho! Untuk memilih diantara kedua Speaker Wireless tersebut dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kalian ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

JBL vs Harman Kardon

VS

Leave a Reply