HomeMasak

Pilih Mana: Stand Mixer atau Hand Mixer?

Mixer merupakan alat elektronik yang memudahkan anda dalam memasak kue mencampur dan mengaduk adonan. Mulai dari adonan kue, hingga membuat es krim. Tidak hanya mencampur dan mengaduk, mixer juga sangat membantu untuk membuat adonan menjadi tercampur dengan mudah. Mixer yang dijual di pasaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu Stand Mixer dan Hand Mixer yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini. Stay tune..

Stand Mixer

Stand mixer terbagi dari dua jenis, yaitu planetary dan spiral. Stand mixer planetary memiliki mangkuk yang berputar secara otomatis. Cocok untuk mengaduk adonan dalam jumlah cukup banyak, seperti untuk usaha kue rumahan. Dalam satu paket, anda biasanya diberikan 3 jenis alat pengaduk sebagai pelengkap, yakni jenis hock, flat beater, dan balloon whisk.

Berbeda dengan planetary, baik alat pengaduk maupun mangkuk pada stand mixer spiral, sama-sama berputar. Sehingga, adonan yang diaduk menggunakan stand mixer spiral ini pasti lebih mudah dan cepat tercampur rata. Selain itu, stand mixer spiral juga biasanya dilengkapi dengan fitur timer. Dengan fitur ini, sambil menunggu adonan sampai tercampur, anda juga bisa mengerjakan hal lainnya. Baca juga Pilih Mana: Blender Miyako atau Maspion?

Jenis – Jenis Stand Mixer

Breville Pick and Mix Hand and Stand Mixer
Breville Pick and Mix Hand and Stand Mixer. Breville Pick and Mix Hand and Stand Mixer memiliki dimensi 31 x 26,2 x 18,5 cm dan berat 3,2 kg, salah satu yang teringan dan terkecil di kelasnya, cocok untuk diletakkan di dapur dengan tempat terbatas. Alat ini juga memiliki desain unik model retro 1950-an yang didominasi warna-warna pastel di badan mesinnya untuk mempercantik dapurmu.

Seperti yang dapat dilihat dari namanya, alat ini tidak hanya berfungsi sebagai stand mixer tapi bagian pegangannya bisa dilepas dan digunakan sebagai hand mixer bila kamu ingin memiliki kontrol untuk mengarahkan adukan. Breville Pick and Mix Hand and Stand Mixer memiliki salah satu kapasitas mangkuk terkecil dan tidak cocok digunakan untuk mengolah banyak adonan dan bahan makanan. Mangkuknya sendiri dibuat dari bahan stainless untuk menghindari karatan.

Electrolux Stand Mixer EHSM3417
Electrolux Stand Mixer EHSM3417 hadir dengan mesin berdaya 450 watt dan lima opsi pilihan kecepatan yang dilengkapi dengan fitur slow start yang akan membuat mesin memulai mesin secara perlahan untuk menghindari bahan makanan terhambur keluar mangkuk.

Alat ini memiliki mangkuk dengan kapasitas 3,5 liter dan dibuat dari bahan stainles untuk menghindari karat dan membuatnya tahan banting. Dilengkapi dengan beater dan hook adonan, Electrolux Stand Mixer EHSM3417 akan membantu membuat semua resep kue yang kamu inginkan

Philips Stand Mixer HR1559
Stand Mixer HR1559 merupakan salah satu produk stand mixer terbaik yang dikeluarkan oleh Philips. Dirancang dengan elegan, mesin ini memiliki beberapa pilihan warna sehingga memasak lebih berwarna dan tidak membosankan.

Philips Stand Mixer HR1559 dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menghemat energi, karena dayanya hanya menghabiskan 170 watt. Meski kecil, mixer ini memiliki mesin yang mumpuni untuk melakukan tugasnya dan sudah disediakan juga lima  opsi kecepatan untuk menyesuaikan dengan keinginan pengguna.

Hand Mixer

Hand mixer satu ini sering juga disebut sebagai mixer genggam, karena cara penggunaannya yang harus digenggam oleh tangan. Hand mixer biasanya memiliki tiga hingga lima tingkat kecepatan. Kecepatan rendah dan sedang digunakan saat mengocok telur, sedangkan kecepatan tinggi digunakan saat mengocok mentega.

Harga dari hand mixer cukup terjangkau. Karena, anda hanya akan mendapat alat pengaduk saja, tanpa mangkuk sebagai wadah. Meskipun begitu, anda akan diberikan dua pasang whisk atau alat pengaduk jenis balloon. Salah satu kekurangan dari hand mixer adalah akan membuat tangan anda terasa pegal selama mengaduk adonan. Apalagi kalau anda belum terbiasa dan butuh mengaduk hingga adonan kaku. Untuk mencegahnya, pilihlah hand mixer yang terbuat dari plastik supaya tidak terasa terlalu berat.

Jenis – Jenis Hand Mixer

Miyako Stand Mixer SM-625
Miyako Stand Mixer SM-625 bisa jadi pilihan karena fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Dengan harga sangat terjangkau, anda sudah mendapatkan stand mixer yang bisa dilepas-pasang, dua jenis pengaduk, mangkuk dengan tutup, dan juga spatula. Mangkuk dari stand mixer ini nantinya akan berputar secara otomatis saat digunakan, sehingga adonan dapat tercampur dengan lebih baik.

Philips Stand Mixer HR-1559
Philips Stand Mixer HR-1559 hadir dengan fitur yang cukup lengkap dan punya lima tingkat kecepatan, mangkuk yang berputar sendiri, dan tersedia whisk untuk mengaduk. Yang membuat mixer ini spesial adalah bentuk whisk-nya yang sedikit mengerucut, sehingga adonan lebih cepat tercampur dan hasilnya pun lebih lembut. Selain itu, tersedia juga fitur kecepatan turbo untuk mengaduk bahan padat lebih baik.

Oxone OX-855 Master Standing Mixer
Mixer dari Oxone ini cocok sekali untuk anda yang pembuat kue profesional. Fungsinya sangat lengkap, mulai dari menghancurkan bahan-bahan, mengocok, mengaduk, bahkan hingga menguleni. Dilengkapi dengan tiga tipe balloon whisk yang dapat disesuaikan menurut fungsinya. Daya listrik untuk Oxone OX-855 memang cukup besar, yakni 300 watt.

Pilih Mana: Stand Mixer atau Hand Mixer?

Stand Mixer Hand Mixer
Kelebihan - Dapat mengaduk adonan dengan jumlah banyak - Fitur yang lebih lengkap - Dapat ditinggal selama proses pengadonan sehingga dapat mengerjakan hal lain- Harga lebih murah - Tidak memakan tempat untuk digunakan, dan dapat digunakan dimanapun - Mudah dibersihkan
Kekurangan - Harga yang lebih mahal - Ukuran dan bobotnya besar dan perlu tempat khusus dalam pemakaiansa- Kemampuan mengaduk adonan terbatas - Tidak dapat ditinggal

Kesimpulan

Dari artikel diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua mixer tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu mengaduk adonan dengan praktis. Namun, fiturnya saja yang berbeda dan cara penggunaan nya, Jika kalian ingin menggunakan mixer tanpa repot Stand Mixer dapat jadi solusi kalian karena fitur dan penggunaan nya simple. Tetapi jika kalian ingin mencari mixer yang mempunyai harga yang lumayan murah banyak variasi Hand Mixer yang bisa menjadi pilihan kalian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Stand Mixer VS Hand Mixer

VS

Leave a Reply