Pilih Mana: Steam atau Sauna?

Loading...

Perawatan tubuh memang sangat disukai banyak orang. Khususnya orang pekerja yang merasa lelah dan ingin merilekskan tubuh mereka. Ya, perawatan tubuh yang sangat disukai adalah steam room dan sauna. Steam serta Sauna banyak manfaat yang didapatkan, namun tidak dianjurkan berlebihan dengan perawatan tersebut. Disini saya akan menjelaskan mengenai Steam dan Sauna.

Steam

Steam room adalah sebuah ruangan yang diisi dengan udara yang panas namun lembab. Ruangan Steam bisa terbuat sesuai atas keinginan kamu. Suhu dalam ruang sauna yang bisa mencapai 90, 5 derajat Celcius, bisa meningkatkan suhu kulit menjadi sekitar 40 derajat celcius dalam beberapa menit saja. Baca juga Pilih Mana: Lulur atau Body Scrub?

Adanya suhu yang panas, sauna dapat membuat badan berkeringat, melebarkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh menjadi rileks. Sauna juga tidak boleh dilakukan terlalu sering karena sauna menyebabkan kenaikan suhu kulit serta tubuh kamu. Tidak hanya itu banyak manfaat dari sauna, berikut beberapa manfaat sauna.

Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi merupakan proses penghilangan toksin dalam tubuh yang salah satu caranya adalah melalui keringat. Mengeluarkan keringat banyak merupakan cara yang efektif untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh yang telah diserap dengan berbagai macam cara.

Salah satu cara untuk mengeluarkan keringat dengan cara yang sehat adalah dengan mandi uap. Kondisi panas dalam sauna dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin melalui keringat yang banyak karena uap panas.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kedua dari mandi uap adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar lebih kuat. Mandi uap bisa membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih yang bermanfaat untuk mencegah tubuh dari berbagai macam benda asing seperti kuman serta virus pembawa penyakit.

Pengguna sauna yang rutin dipercaya memiliki sel darah putih yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang sehingga mereka tetap sehat dan cepat membaik dari penyakit.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Mandi uap panas merupakan salah satu untuk menurunkan berat tubuh dengan sedikit usaha. Panas yang kering pada saat mandi uap bisa membuat detak jantung meningkat secara lancar.

Hal ini sesuai dengan riset yang membuktikan kalau mandi uap selama 20 menit dengan suhu 170 derajat Fahrenheit atau sekitar 75 derajat Celcius dapat membantu membakar kalori lebih dari 500 kalori. Metabolisme tubuh ketika mandi uap juga bisa meningkat layaknya ketika melakukan latihan fisik.

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan sauna ini kamu bisa datang ke tempat seperti salon kecantikan, dan tempat khusus spa seperti Martha Tilaar Salon dan Day Spa. Rumah Spa, serta tempat spa yang kamu sukai.

Loading...

Sauna

Sauna biasanya dilakukan dalam sebuah ruangan yang memiliki suhu kurang lebih 65 hingga 80 derajat celcius. Biasanya seseorang akan menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 30 menit di dalam ruangan sauna.

Meski identik dengan pusat kebugaran, karena biasanya seseorang akan masuk ke dalam ruangan sauna setelah olahraga, terutama berenang, tetapi nyatanya sauna memiliki manfaat kesehatan jika dicoba dengan cara- cara yang tepat.

Dan jangan terlalu sering karena akan menyebabkan efek bahaya juga loh seperti panasnya akan membuat pusing dan vertigo, mengalami dehidrasi karena ruangan yang lembab. Tidak hanya itu banyak manfaat dari steam room, berikut beberapa manfaat steam room.

Tubuh Lebih Rileks

Menghabiskan waktu di ruang sauna ternyata bisa membuat tubuh lebih rileks. Karena ada udara panas yang melaju ke pembuluh darah, dan pada gilirannya mengalirkan darah ke kulit serta membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Suhu panas dari sauna akan merangsang sejumlah otot di tubuh menjadi lebih rileks, termasuk otot wajah dan leher. Tidak hanya itu, selama“ menghadapi” panas, sistem saraf simpatis akan lebih aktif untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Proses ini akan melibatkan sejumlah hormon yang bisa memberi tubuh rasa senang.

Anti Nyeri

Terapi panas lewat sauna ternyata juga ampuh sebagai anti nyeri. Terutama untuk seseorang yang menderita fibromyalgia serta lyme disease. Karena sauna bisa menurunkan rasa nyeri hingga 78 persen jika membiasakan sauna paling tidak 3 minggu sekali.

Suatu riset lain mengatakan sauna bisa membuat tubuh menjadi lebih tidak peka terhadap nyeri. Sehingga rasa sakit dan kekakuan pada sendi mungkin akan jarang dirasakan. Bahkan rutin melakukan sauna disebut dapat meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat ajaib lain dari sauna adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Karena berada dalam waktu yang cukup lama di dalam ruangan panas dapat membantu menghilangkan“ berat air” yang ikut berkontribusi dalam menghasilkan angka di timbangan.

Tetapi, untuk menjauhi terjadinya dehidrasi, pastikan untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan sauna. Tidak hanya itu, panas dari sauna juga bisa merangsang jantung berdetak lebih cepat sehingga pembakaran kalori juga terjalin lebih banyak selama di kamar sauna.

Demikian sauna tidak dapat dijadikan satu- satunya hal yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Apalagi efek yang diberikan tidak sangat besar, tetapi layak dimasukkan sebagai“ kegiatan sehat” saat menurunkan berat badan.

Sama halnya dengan steam, untuk mendapatkan perawatan sauna kamu juga bisa datang ke tempat seperti salon kecantikan, dan tempat khusus spa seperti Martha Tilaar Salon dan Day Spa. Rumah Spa, dan tempat spa yang kamu sukai.

Pilih Mana: Steam atau Sauna?

SteamSauna
Kelebihan - Melemaskan otot tubuh - Menyembuhkan masalah pernapasan - Menjaga kulit anda tetap lembab dan awet muda- Menstimulasi otot-otot - Mengurangi stress - Menyehatkan jantung
Kekurangan- Detak jantung akan berdebar dengan sangat kencang - Panasnya akan beresiko membuat pusing dan vertigo - Kamu akan mengalami dehidrasi- Panasnya dapat mengeringkan kulit - Kamu akan mengalami dehidrasi - Tubuh yang tahan terhadap panas akan menyimpan kotoran di bawah kulit

Kesimpulan:

Steam dan Sauna memiliki perbedaan steam ruangan yang diisi dengan udara panas sedangkan sauna diisi dengan uap panas. Keduanya memiliki banyak manfaat, tetapi keduanya juga tidak boleh terlalu sering karena adanya efek yang tidak baik. Jadi, silahkan diatur saja perawatannya jika kamu ingin perawatan Steam ataupun Sauna ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Steam vs Sauna

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *