AplikasiFinance

Pilih Mana: Stockbit atau Ipotgo?

Investor pemula sering memiliki kendala saat mengalokasikan modal investasi dan membayar komisi yang mahal sehingga membuat mereka susah untuk benar-benar terjun dan aktif dalam dunia investasi. Untungnya, saat ini ada beberapa aplikasi untuk investasi Seperti Stockbit dan Ipotgo.

Stockbit dan Ipotgo memiliki tampilan yang baik sehingga cukup mudah digunakan, memiliki fitur otomatisasi, dan aman sehingga investor pemula dapat dengan mudah terjun dan mulai berinvestasi. Namun, diantara keduanya mana yang lebih bagus? Pada artikel kali ini kami telah membahas lebih lanjut keduanya. Yuk disimak!

Stockbit

Stockbit merupakan sebuah aplikasi untuk kalian yang ingin berdiskusi, analisa dan investasi saham dalam satu tempat.  Kalian dapat menggunakan aplikasi Stockbit ini untuk melihat watchlist, trending stocks, analisa teknikal, analisa fundamental, diskusi tentang saham pilihan, bahkan melihat pergerakan dari “pemain besar” yang memiliki porsi saham > 5%. Baca juga Pilih Mana: Zcoin atau Monero?

Fitur umum pada aplikasi Stockbit

1. Analisa Teknikal
yang pertama aplikasi Stockbit ini menyediakan fitur analisa teknikal yang cukup lengkap pada smartphone anda. Analisa teknikal klasik charting dengan garis lurus atau fibonacci, indikator teknikal yang cukup banyak, hingga foreign flow dan bandarmology.  Fitur ini dapat bermanfaat untuk melihat garis support dan resistance dari sebuah saham. Akses fitur ini dari menu “Chart” pada saham pilihan kalian.

2. Diskusi Saham Pilihan
Fitur ini memungkinkan kalian untuk membaca dan mengikuti diskusi tentang saham yang anda pilih. Berita terbaru dan kegiatan yang akan dilakukan perusahaan juga akan muncul di layar tersebut sehingga kalian menjadi selalu up to date dan tidak ketinggalan informasi.

3. Pergerakan Pemain
Besar Ingin mencontek siapa saja pemain besar yang sedang membeli saham tertentu? Akses fitur ini dari menu “Insider” dari saham pilihan kalian.

4. Timeline Personal
Di Stockbit, kalian dapat melakukan diskusi dengan banyak orang dan anda juga bisa memiliki timeline sendiri. Fitur ini memungkinkan anda untuk merasakan “feel” dari aplikasi sosial media.

Beberapa fitur premium dari stockbit

1. Chartbit
Charting Tools dengan teknologi Cloud sehingga dapat autosave semua analisa kalian. Lengkap dengan 100+ teknikal indikator seperti Foreign Flow dengan real-time data hingga 10 tahun kebelakang.

2. Screener
Mempermudah kalian dalam mencari saham yang terbaik berdasarkan ratusan kriteria. Terdapat juga Preset Screener dimana Stockbit menyediakan screener berdasarkan gaya guru investasi seperti Warren Buffet, William O’Neil dan lain-lain yang dapat langsung digunakan.

3. Fundachart
Visualisasikan historikal data dari ratusan rasio keuangan untuk mempelajari tren. Tersedia fitur populer yang digunakan oleh institusi seperti PE Standard Deviation Band untuk menentukan saham undervalued atau overvalued.

4. Financials
Laporan Keuangan emiten dengan periode yang sangat lengkap seperti TTM dan Quarterly serta YoY Growth. Tampilan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kalian untuk di pecah belah secara teliti.

5. Keystats
Pertajam analisa kalian dengan rasio-rasio penting untuk mendapatkan gambaran tentang kinerja dan kesehatan emiten secara tepat. Terutama posisi ranking emiten di IHSG berdasarkan hal seperti EPS Growth dan Earnings Yield.

Kelebihan Stockbit

  • Lebih informatif
    Kalian akan mendapatkan ide investasi yang baik dari hasil diskusi dan analisa saham investor yang berpengalaman dari aplikasi Stockbit
  • Lebih cepat
    Informasi tersebar lebih cepat dengan bantuan komunitas Stockbit. Bersama Stockbit, kamu akan lebih terupdate dengan informasi terkini.
  • Penggunaan aplikasi yang seru 
    Penggunaan aplikasi Investasi jadi lebih seru bareng teman dan keluarga kamu. Bagikan strategi kamu untuk saling melengkapi dan nikmati hasilnya bersama. dan penggunaannya yang cukup mudah untuk orang awam.

Kekurangan Stockbit

  • Untuk penggunaan PC harus upgrade ke PRO 
    Stockbit untuk apliksai versi mobile gratis dan bisa membuka chartbit/chart analisa saham, tapi kalau untuk PC harus menggunakan PRO karena chartbit kalau versi free tidak akan bisa diakses.
  • Banyaknya lembar dokumen yang harus diisi
    Kekurangan yang lainnya pada aplikasi Stockbit ini yaitu dokumen yang harus diisi untuk pendaftaran cukup banyak  sampai 48 lembar ++ dan juga pilihan bank yang di daftarkan hanya dua yaitu Sinarmas dan BCA.
  • Prosesnya cukup lama
    Setelah pengisian data pada dokumen yang akan kita daftarkan selanjutnya kita akan mengirimkan data tersebut ke kantor pusat yang cukup memakan waktu dan di infokan kembali sekita satu atau dua minggu kedepan.

Ipotgo

Ipotgo merupakan sebuah platform yang dapat digunakan untuk transaksi Reksa Dana, Saham, dan ETF sekaligus dalam satu platform, satu akun, satu bank pembayaran, dan satu reporting, cukup sekali Login maka nasabah bisa langsung bertransaksi tanpa perlu repot. Ipotgo bisa digunakan di desktop atau pun di gadget.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 3 atau Infinix Hot 7 Pro?
Selain itu, didalam Ipotgo juga terdapat IPOT PLAN yang dapat memberikan rekomendasi investasi untuk mencapai tujuan investasi hidup Nasabah. Ipotgo juga memiliki portal berita, data, dan analisa dengan fokus pada ekonomi, bisnis dan keuangan khususnya pasar modal yang tentunya bisa menjadi referensi Nasabah sebelum melakukan pembelian Reksa Dana.

Beberapa Fitur dari Ipotgo

1. Fitur High Yield
Fitur High Yield adalah fitur khusus yang memudahkan Nasabah untuk mengalokasikan kelebihan dana yang tidak terpakai di Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk dilakukan pembelian Reksa Dana Pasar Uang secara otomatis. Fitur ini juga sangat menguntungkan bagi Nasabah karena imbal hasil yang jauh lebih tinggi daripada bunga tabungan yaitu 8% – 10%.

Pada Ipotgo Nasabah dapat melakukan Pembayaran Otomatis. Disaat Nasabah memerlukan dana untuk pembayaran dari pembelian instrumen investasi lain (saham) sistem akan membantu Nasabah untuk melakukan pembayaran melalui penjualan Reksa Dana Pasar Uang yang dimiliki oleh Nasabah.

2. Fitur Instant Switching
Melalui Fitur Instant switching, kini Nasabah tidak perlu menunggu waktu hingga 4 -5 hari untuk menunggu uang hasil penjualan Reksa Dana yang lama untuk membeli Reksa Dana baru. Melalui fitur ini Nasabah dapat langsung mengganti Reksa Dana yang lama dengan Reksa Dana yang baru di hari yang sama.

4. Express Withdraw
Jika Nasabah membutuhkan dana cepat sekarang Nasabah tidak perlu khawatir. Dengan Fitur Express Withdraw Nasabah bisa menjual Reksa Dana dan Menarik dana hasil penjualan Reksa Dana pada hari yang sama.

5. Fitur Investasi Berkala
Dengan Investasi Berkala maka uang Nasabah secara otomatis akan dibelikan (Order) ke instrumen investasi pilihan Nasabah secara rutin. Nasabah bisa memilih jenis Investasi dan waktu pembelian sesuai dengan keinginan Nasabah. Fitur ini sangat membantu Nasabah agar tidak lupa untuk menginvestasikan penghasilannya secara berkala.

6. Fitur Penarikan Berkala
Dengan fitur ini nasabah dapat melakukan penarikan dana rutin setiap bulan sesuai dengan keinginan. Penarikan Berkala ini dikhususkan untuk reksa dana pasar uang.

Kelebihan Ipotgo

  • Tampilan aplikasi yang cukup jelas
    Tampilan aplikasi Ipotgo di smartphone sangat jelas, sederhana dan padat informasi. Bagi Anda yang ingin belajar tentang investasi reksadana atau sudah berinvestasi reksadana, manfaatkan fitur highlight Reksadana Ipotgo seperti daftar lengkap reksadana serta membandingkan kinerja reksadana.
  • Beragam fasilitas gratis
    Beragam fitur investasi dari Ipotgo dikemas padat informasi demi kenyamanan investasi nasabah. Jadilah nasabah yang smart dalam berinvestasi, mulai kenali jenis investasi yang ada di pasar modal, pilihlah yang sesuai dengan profil resiko dan tujuan keuangan kalian. 
  • Memiliki Fitur High Yield
    Merupakan fitur khusus yang memudahkan nasabah untuk mengalokasikan kelebihan dana yang tidak terpakai di Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk dilakukan pembelian Reksadana Pasar Uang secara otomatis.

Kekurangan Ipotgo

  • Transaksi saham terbatas
    Kekurangan yang pertama pada aplikasi Ipotgo ini yaitu Ipotgo hanya mensupport transaksi saham melalui PC/laptop dan browser.
  • Tampilan pada web yang masih kurang
    Tampilan aplikasi transaksi saham yang berbasis website jauh masih sangat jauh untuk memenuhi kebutuhan informasi inverstor.
  • Terdapat biaya tambahan 
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada aplikasi Ipotgo ini yaitu terdapat fee bulanan untuk mendapatkan informasi pasar modal secara real-time. Sehingga biaya tambahan harus di keluarkan setiap bulannya.
Keterangan StockbitIpotgo
Tahun Berdiri Tahun 2012, Tahun 2015
Nama Pendiri Wellson Lo dan Johny Susanto Bapak Ungkoro Darmosusilo dan Bapak Nixon Silfanus
Sekuritas saham Sinarmas Sekuritas Indo Premier Sekuritas

Pilih Mana: Stockbit atau Ipotgo?

StockbitIpotgo
Kelebihan- Lebih informatif - Lebih cepat - Penggunaan aplikasi yang seru  - Tampilan aplikasi yang cukup jelas - Beragam fasilitas gratis  - Memiliki Fitur High Yield
Kekurangan- Untuk penggunaan PC harus upgrade ke PRO  - Banyaknya lembar dokumen yang harus diisi  - Prosesnya cukup lama - Transaksi saham terbatas - Tampilan pada web yang masih kurang - Terdapat biaya tambahan 

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas mengenai Stockbit dan Ipotgo dapat disimpulkan bahwa Stockbit atau Ipotgo memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan keduanya memiliki berbagai fitur unggul. Seperti pada Ipotgo kita bisa mengetahui informasi pasar modal secara gratis namun susah dalam pendaftaran karena harus mengirimkan beberapa dokumen, Lain hal nya dengan Ipotgo karena pendaftarannya tidak perlu mengirimkan dokumen, tetapi untuk mendapatkan informasi pasar modal secara real-time kita dikenakan biaya tambahan perbulan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Stockbit vs Ipotgo

VS

Leave a Reply