HomeMasakPerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: SunCo atau Bimoli?

Minyak goreng menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Banyak masakan yang diolah dengan menggunakan minyak goreng. Untuk menumis, menggoreng dan lainnya. Penggunaan minyak goreng di Indonesia sangat tinggi. Brand minyak goreng pun semakin banyak kedua diantaranya adalah SunCo dan Bimoli.

SunCo dan Bimoli merk minyak goreng yang sudah cukup terkenal di pasaran Indonesia dan mudah untuk didapatkan. Tetapi dari keduanya manakah yang memiliki kualitas yang baik? Artikel Selera.id kali ini bisa memberikan jawaban untuk kamu mengenai kedua merk minyak goreng tersebut. Yuk, langsung saja baca penjelasannya di bawah ini.

SunCo

Minyak sayur merk SunCo yang sudah terkenal dengan kejernihan dari minyak tersebut. Bahkan iklan komersial dari minyak goreng SunCo sendiri minyak goreng ini dapat diminum. Baca juga Pilih Mana: Minyak Sayur atau Minyak Kelapa?

Minyak goreng ini memang memiliki warna yang tidak terlalu keemasan seperti halnya merek minyak goreng yang lainnya. Minyak goreng dari merk SunCo pada saat proses pembuatannya melalui 5 kali proses. Sedangkan pada tiga kali proses ialah pemurnian dan dua kali merupakan proses penyaringan.

Untuk mendapatkan minyak goreng atau minyak sayur SunCo sendiri cukup mudah karena sudah banyak toko terdekat yang menjual SunCo. Jika memang kamu ingin membeli minyak goreng online kamu bisa menggunakan situs online yang tentunya bisa membantu kamu menemukan minyak goreng atau merk minyak sayur yang terbaik.

Kelebihan SunCo

  • Mudah didapatkan
    Untuk kelebihan yang utama ini adalah bahwa minyak goreng SunCo sudah terkenal di pasaran sehingga jika kamu ingin membeli minyak goreng ini cukup mudah untuk kamu dapatkan, baik di minimarket terdekat maupun jika kamu ingin membeli di online shop juga mudah untuk didapatkan.
  • Warna minyak yang jernih
    Merk minyak SunCo ini terkenal dengan kejernihan dari minyak tersebut, bahkan pada beberapa iklan mengklaim bahwa minyak goreng SunCo ini dapat diminum untuk membuktikan kualitas dari minyak tersebut.
  • Memiliki berbagai kandungan yang baik
    Minyak goreng ini kaya dengan kandungan antioksidan, dan bebas dari penyebab masalah penyumbatan lemak arteri. SunCo terbuat dari bahan-bahan segar dari perkebunan tanpa bahan pengawet. SunCo mengandung pro vitamin A (beta-karoten) dan vitamin E (tocopherol dan tocotrienol) yang bersifat sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan ini telah terbukti dapat menghambat pembentukan kanker.

Kekurangan SunCo

  • Dapat menyebabkan penyakit jantung
    Kekurangan yang pertama ini sudah pasti dikenal oleh banyak orang dan sudah kamu ketahui, bahwa mengkonsumsi makanan yang berminyak tidak baik untuk kesehatan jantung. Pada minyak goreng merk SunCo ini dengan berbahan kelapa sawit, kelapa sawit mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan. Tingginya kadar lemak jenuh yang dimiliki oleh minyak kelapa sawit dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Minyak goreng sering tertinggal pada makanan
    Ketika kamu mengkonsumsi makanan gorengan maka kamu bisa melihat bekas minyak yang ada pada gorengan tersebut, banyaknya review yang mengatakan bahwa minyak goreng SunCo ini juga sering tertinggal di makanan.

  • Produk bisa dipalsukan
    Berbagai minyak goreng memang kerap dapat dipalsukan, jika dibandingkan beberapa minyak goreng yang ada di pasaran adanya perbedaan warna yang mencolok pada minyak goreng SunCo ini. Warna jernihnya SunCo menjadi hal daya tarik dan kriteria yang menonjol, tetapi adanya warna yang terlalu kekuningan maka bisa dipastikan minyak tersebut adalah produk palsu.
Ukuran Minyak SunCoHarga (per Oktober 2019)
Sunco Minyak Goreng (2 L/6 pcs) Rp. 148.000.
Sunco Minyak Goreng (2 L/Kemasan Pouch)Rp. 23.000
Sunco Minyak Goreng (5 L/Botol)Rp. 66.000.
Sunco Minyak Goreng (1 L/Kemasan Pouch)Rp. 14.000.
Sunco Minyak Goreng (1 L/12 pcs)Rp. 134.500.

Bimoli

Bimoli (singkatan dari Bitung Manado Oil Limited) diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) yang dimiliki oleh grup PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Indofood Agri Resources Ltd (IndoAgri).

Bimoli pertama kali dikenalkan di pasar Indonesia pada tahun 1968. Sebagai upaya pemasaran produk, kini Bimoli memiliki jaringan distribusi besar dari Sabang sampai Merauke. Karena sudah lama berkecimpung di industri minyak goreng, Bimoli pun melakukan berbagai inovasi mulai dari kualitas, varian, slogan, kemasan, dan strategi pemasarannya.

Merk minyak goreng yang bagus dan nomor satu di Indonesia. Merk minyak goreng ini sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan, bisa dibilang bahwa Bimoli adalah merk minyak goreng tertua di negara Indonesia.

Kelebihan Bimoli

  • Merk minyak terkenal sejak lama
    Kelebihan dari minyak goreng Bimoli ini yang pertama adalah bahwa Bimoli sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia bahkan minyak goreng ini adalah merk minyak goreng yang tertua yang ada di Indonesia. 
  • Harga yang terjangkau dan mudah didapatkan
    Harga yang terjangkau dari merk Bimoli ini adalah pilihan yang utama menjadi pertimbangan saat orang ingin membeli minyak goreng, tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Meski dengan harga yang terjangkau tetapi kualitas yang terbaik yang diberikan oleh merk Bimoli ini. Untuk mendapatkan minyak Bimoli ini juga tidak sulit, karena sudah terkenal sejak lama embuat minyak ini mudah untuk didapatkan.
  • Adanya pengolahan teknologi golden refinery
    Untuk minyak goreng Bimoli, proses pengolahannya menggunakan teknologi golden refinery. Teknologi ini akan menghasilkan minyak yang lebih berkilau dan sehat. Warna minyak lebih jernih, tidak terlihat keruh. Walaupun digunakan beberapa kali, hasilnya tetap bagus. Tidak akan merusak nutrisi yang terkandung di dalam bahan makanan. Selain itu minyak lebih cepat panas dan terjaga kualitasnya.

Kekurangan Bimoli

  • Sering menempel di makanan
    Kekurangan yang pertama adalah minyak Bimoli sering masih meninggalkan bekas pada makanan ketika makanan selesai digoreng lalu diangkat. Dengan banyaknya minyak yang menempel pada makanan tidak baik untuk kesehatan kamu.
  • Adanya lemak jenuh dan trans
    Lemak jenuh dan lemak trans sama-sama bisa menyebabkan pembuluh darah arteri (pembuluh darah utama untuk mengalirkan aliran darah ke jantung) tersumbat. Jika pembuluh darah arteri tersumbat, maka risiko berbagai jenis penyakit jantung bisa meningkat, entah itu serangan jantung atau bahkan stroke.
  • Resiko kesehatan jantung
    Sudah pasti minyak goreng ini sangat berbahaya untuk kesehatan jantung, dengan bahan kelapa sawit ketika diolah menjadi minyak goreng dan kelapa sawit mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan. Tingginya kadar lemak jenuh yang dimiliki oleh minyak kelapa sawit dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
Ukuran Minyak BimoliHarga (per Oktober 2019)
Bimoli Minyak Goreng ( 2L/Kemasan Pouch)Rp. 27.000.
Bimoli Minyak Goreng ( 1L/Kemasan Pouch)Rp. 12.600.
Bimoli Minyak Goreng ( 2L/3 pcs)Rp. 88.000.
Bimoli Minyak Goreng ( 2L/6 pcs)Rp. 124.000.
Bimoli Minyak Goreng ( 5L/Kemasan Derijen)Rp. 88.000.
Lihat juga:  Pilih Mana: Minyak Sayur atau Olive Oil?

Tips Sehat Menggunakan Minyak Goreng

1. Hindari memanaskan minyak goreng dengan suhu terlalu tinggi
Temperatur saat menggoreng harus tepat. Bila minyak belum panas tapi makanan sudah dimasukkan, akan menyebabkan makanan terlalu banyak menyerap minyak. Sedangkan bila terlalu panas, makanan akan cepat gosong sementara bagian dalamnya mungkin masih belum matang. Ingat juga untuk menggunakan minyak secukupnya, agar senyawa yang terbentuk dari pemanasan tidak terlalu banyak.

2. Tiriskan makanan setelah digoreng
Setelah digoreng, ada baiknya makanan ditiriskan dulu dan serap minyak dengan menggunakan tisu kertas untuk mengurangi kelebihan minyak.

3. Ganti minyak baru
Idealnya penggunaan minyak goreng semestinya hanya sekali saja dengan suhu di bawah 120 C. Namun, minyak goreng bisa digunakan hingga tiga kali. Hindari menggunakan kembali minyak yang sama berkali-kali, karena semakin sering dipanaskan, minyak akan mengalami kerusakan karena adanya oksidasi yang membuat makanan menjadi bau tengik.

Sebaiknya ganti minyak dengan yang baru bila:

  • Minyak sudah berubah warna menjadi kecokelatan bahkan menghitam.
  • Minyak sudah mengeluarkan bau yang sangat kuat, apalagi sampai tengik.
  • Minyak mengeluarkan asap berlebih bahkan pada suhu normal.
  • Muncul buih berlebihan di sekitar makanan yang sedang digoreng.

4. Simpan minyak dengan baik
Simpan minyak dalam wadah tertutup, tidak terkena cahaya, dan di tempat yang sejuk agar kandungan pada minyak tidak mengalami perubahan.

Pilih Mana: SunCo atau Bimoli?

SunCoBimoli
Kelebihan- Mudah didapatkan - Warna minyak yang jernih - Memiliki berbagai kandungan yang baik - Merk minyak terkenal sejak lama - Harga yang terjangkau dan mudah didapatkan - Adanya pengolahan teknologi golden refinery
Kekurangan- Dapat menyebabkan penyakit jantung - Minyak goreng sering tertinggal pada makanan - Produk bisa dipalsukan - Sering menempel di makanan - Adanya lemak jenuh dan trans - Resiko kesehatan jantung

Kesimpulan

Kedua merk minyak goreng tersebut SunCo dan Bimoli memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pemilihan keduanya bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu saja, tetapi untuk yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia sejak dahulu adalah minyak goreng Bimoli. Apapun minyak goreng pilihan kamu pastikan kamu tidak mengkonsumsi makanan gorengan berlebihan ya karena tidak baik untuk kesehatan pada tubuh.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SunCo vs Bimoli

VS

Leave a Reply