Pilih mana: Sushi atau Kimbab

Loading...

Siapa yang suka makanan Jepang ? Sudah tidak asing lagi bagi kita kalau negara tersebut memiliki segudang varian makanan yang sangat menggugah selera. Seperti halnya Sushi dan Kimbab, dua makanan ini sudah go internasional karena memang rasanya yang enak dicampur dengan saus khas dari Jepang. Kali ini saya akan membahas mengenai Sushi dan Kimbab. Stay tune ya..


Sushi
Sushi adalah sebuah makanan yang berasal dari Jepang, terdiri dari nasi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk bulat dengan isian daging, sayur, telur dan beberapa makanan lainnya yang sudah dimasak. Baca juga artikel sebelumnya Pilih mana: Soto atau Sop

Nasi dari Sushi nya sendiri memiliki rasa yang gurih dan sedikit asam karena sudah dibumbui dengan garam, gula dan cuka beras (mizkan).

Buat kamu yang suka dengan makanan Jepang ini sekarang sudah banyak dijual di Indonesia seperti Sushi Tei, Ichiban Sushi dan tempat makan ala Jepang lainnya.

Kebanyakan orang juga memanggil semua jenis sushi dengan sebutan sushi padahal ada beberapa jenis yang membedakan antara satu sushi dengan sushi lainnya.

Makanan ini digemari oleh seluruh kalangan dimulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa juga banyak yang menyukai makanan ini.

Sushi tidak hanya enak, sushi juga memiliki beberapa manfaat yaitu menyehatkan otak, karena seperti yang kita tahu sushi memakai ikan salmon atau ikan tuna sebagai sajiannya yang mengandung omega-3 yang bagus untuk menyehatkan otak.

Selain itu sushi juga mampu mencegah hipertensi, karena sushi memakai cuka beras pada nasi yang bermanfaat untuk mencegah tekanan darah yang tinggi.

Kamu juga bisa membuat sushi kamu sendiri dirumah dengan bantuan bambu yang bisa digulung serta beberapa bahan makanan lainnya sesuai selera kamu.

Jenis-Jenis Sushi:
Maki Sushi
Mashi sushi sendiri adalah jenis sushi yang paling banyak digemari oleh orang di Indonesia. Sushi ini terdiri dari beberapa bahan makanan seperti ikan, telur serta beberapa irisan sayur yang tipis dan gulungan nori yang sudah dibakar.

Uramaki Sushi
Sushi jenis ini umumnya sama seperti Maki Sushi, jenis makanan ini juga digemari oleh kebanyakan orang di Indonesia. Rasanya gurih dan juga sedikit asam.

Norimaki Sushi
Sushi ini juga paling banyak ditemukan di Indonesia, sushi ini memiliki beberapa makanan di dalamnya seperti cumi-cumi, gurita, ikan salmon dan lain sebagainya.

Nigiri Sushi
Sushi jenis ini memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis sushi lainnya. Jika biasanya sushi memiliki beberapa makanan didalam nasi, Nigiri Sushi adalah makanan yang menutupi nasinya seperti irisan tipis ikan mentah yang segar, udang, telur yang menutupi nasi tersebut dan lain sebagainya. Kalau kamu tidak terbiasa dengan makan makanan mentah, sebaiknya jangan coba Nigiri Sushi ya.

Sashimi Sushi
Sushi ini berbeda dengan sushi lainnya, sushi ini memakai ikan mentah yang dihidangkan tanpa menggunakan nasi. Ikan yang biasa dipakai untuk sushi ini adalah irisan ikan tuna ekor kuning atau irisan fillet salmon segar.

Temaki Sushi
Sushi ini memiliki jenis yang unik, yakni gulungan nasi dengan beberapa makanan lainnya digulung dengan nori tanpa memotongnya dan bentuknya kerucut di salah satu sisinya. Jadi sushi ini sekilas mirip seperti es krim cone yang biasa dijual.

Loading...

Gunkan Sushi
Sushi ini memiliki sajian beberapa makanan mentah, biasa menyajikan telur ikan mentah, landak laut dan ikan ikan kecil. Sushi ini berukuran kecil yang bisa kamu makan sekali makan. Dan kalau kamu tidak suka makanan mentah maka makanan ini tidak cocok buat kamu.

Kimbab
Kimbab sendiri berasal dari negara Korea yang memiliki kemiripan seperti makanan khas dari Jepang yakni sushi. Namun ada beberapa perbedaan diantara kedua makanan ini.

Kimbab adalah makanan yang terbuat dari nasi putih dan digulung dengan lembaran rumput laut atau yang biasa disebut sebagai gim lalu dipotong dengan ukuran yang pas untuk mulut agar sekali suap memakannya. Dalam bahasa Jepang Gim berarti Nori.

Isi dari makanan ini adalah telur, daging sapi, wortel, daging kepiting, acar, mentimun dan masih banyak bahan-bahan makanan lainnya.

Yang membedakan antara kimbab dan sushi terletak dari nasinya, jika Jepang memakai cuka beras untuk melumuri nasinya, kimbab hanya memakai minyak wijen. Dan tentunya keduanya memiliki perbedaan rasa yang sangat besar.

Ukuran dari Kimbab sendiri cenderung lebih lebar daripada Sushi karena memiliki beberapa isian yang lebih variatif daripada sushi.

Jika membandingkan antara kimbab dan sushi, kamu akan menemukan perbedaan juga pada rasanya. Kimbab cenderung lebih asam sendangkan sushi cenderung lebih amis karena kerap menggunakan daging ikan yang masih mentah.

Di dalam drama Korea juga banyak adegan dimana mereka sedang memakan kimbab yang membuat penontonnya makin penasaran dengan makanan Korea tersebut.

Sama seperti sushi, kimbab juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, bukan tanpa alasan kimbab kerap diisi dengan bahan-bahan makanan yang bergizi tinggi serta memiliki sumber vitamin yang tentunya berguna untuk kesehatan tubuh kamu.

Kamu juga bisa dapatkan kimbap di restoran-restoran ala korea yang ada disekitar kamu ya guys.

Jenis-jenis Kimbab:
Yachae Kimbab
Kimbap ini berbentuk nasi dengan isian mentimun, lobak, daun perila dan juga sayuran lainnya. Makanan ini cocok banget buat kamu yang sedang mengikuti pola hidup sehat atau sedang mengikuti diet.

Nalchial Kimbab
Berbeda dengan yachae kimbab, nalchial kimbab memiliki nasi dengan isian yang unik yakni telur ikan. Cocok banget buat kamu pencinta telur ikan.

Chamchi Kimbab
Kimbab yang satu ini memiliki nasi dengan isian ikan tuna yang pasti rasanya enak dan cocok banget buat kamu yang suka memakan ikan tuna.

Sogogi Kimbab
Berbeda dengan kimbab lain yang kebanyakan memakai ikan, sogogi kimbab ini memakai daging sapi sebagai isiannya. Cocok banget buat kamu yang sedang lapar yang tentunya memakan sogogi akan buat kamu makin kenyang.

Chungmu Kimbab
Kimbab ini tidak pakai rumput laut untuk membungkusnya, melainkan memakai telur. Kimbab ini cocok deh buat kamu yang tidak terlalu suka dengan rumput laut.

Wonjo Kimbab
Kimbab inilah yang sampai saat ini paling banyak diminati oleh beberapa penggemarnya, isian dari kimbab ini sendiri adalah sayuran, beberapa potongan daging dan beberapa potongan daging kepiting.

Pilih mana: Sushi atau Kimbab

SushiKimbab
Kelebihan - Terdapat nutrisi yang baik untuk badan - Memiliki kandungan protein - Mengandung kolestrol rendah - Memiliki karbohidrat - Menyehatkan - Terdapat protein
Kekurangan- Terdapat bakteri di setiap makanan mentah - Terdapat virus - Sulit ditemukan - Terdapat bakteri di setiap makanan mentah

Kesimpulan:
Buat kamu yang suka atau hobi dengan makanan ala Jepang dan Korea, Sushi dan Kimbab adalah jawaban yang pas. Selain itu Sushi dan Kimbab sama-sama memiliki beberapa manfaat yang menyehatkan untuk tubuh kita. Harga dari kedua makanan ini juga bisa dibilang cukup bersahabat kok, jadi kamu jangan takut akan keluarkan uang yang banyak untuk membeli makanan ini. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sushi vs Kimbab

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *