Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Susu Almond atau Susu Kedelai?

Selain susu hewani, saat ini sudah banyak susu nabati beredar di pasaran, misalnya susu almond dan susu kedelai. Sebenarnya yang disebut dengan susu almond dan susu kedelai ialah sari yang diperoleh dari kedua jenis kacang-kacangan tersebut. Teknik pembuatannya pun sama, yakni dengan cara menggiling kacang sampai halus, lalu dicampur air dan diperas sarinya. Namun, apakah anda tahu bagus mana susu almond atau susu kedelai?

Susu Almond

Seperti yang sudah diketahui, kacang almond menjadi camilan sehat yang memiliki kaya nutrisi seperti vitamin E, fosfor, kalsium, besi, magnesium, dan masih banyak lagi seperti dalam artikel 10 manfaat konsumsi susu almond ini. Selain dimakan sebagai camilan, ternyata kacang almond juga dapat dikelola menjadi susu yang kian menjadi tren sejak 2014 lalu.

Berbeda dari susu sapi atau susu hewani lainnya, susu almond tidak mengandung laktosa dan kolestrol sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja karena tidak intoleransi terhadap gula. Cara membuat susu almond juga gampang, Anda hanya perlu merendam kacang almond di dalam air, kemudian memblender kacang sampai halus. Ini adalah cara termudah untuk menikmati susu almond buatan sendiri di rumah. Baca juga Pilih Mana: Martabak Asin atau Martabak Manis?

Kelebihan Susu Almond

1. Menurunkan Berat Badan & Mengurangi Tekanan Darah
Karena tidak mengandung gula, susu almond sangat cocok dikonsumsi untuk pejuang diet karena dipercaya mampu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, susu almond juga dapat mengurangi tekanan darah dan membuatnya tetap stabil. Hal ini menjadikan susu almond sebagai susu alternative bagi orang-orang yang intoleransi terhadap produk susu hewani, seperti susu kambing atau susu sapi.

2. Baik Untuk Fungsi Ginjal dan Jantung
Susu almond mengandung sejumlah potassium dan fosfor sehingga dapat meningkatkan fungsi ginjal. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah ginjal kronis atau akut, bisa meminum susu almond karena dijamin aman dan menyehatkan. Selain itu, susu almond juga baik untuk jantung karena tidak ada jumlah kolestrol di dalamnya, sehingga membuat jantung lebih kuat. Penelitian membuktikan bahwa meminum susu almond secara rutin dapat mengurangi resiko jantung coroner.

Kekurangan Susu Almond

1. Tidak Dianjurkan Untuk Bayi
Meskipun susu almond sudah dikenal sebagai susu yang kaya akan nutrisi, tetap saja susu almond tidak dianjurkan untuk diberikan sebagai asupan utama pada bayi dengan rentang usia newborn hingga 14 bulan. Hal ini untuk menghindari bahaya malnutrisi dan alergi terhadap keluarga kacang-kacangan. Oleh karena itu, Anda harus tetap memberikan susu terbaik untuk bayi Anda seperti ASI atau susu sapi pilihan.

2. Kurang Banyak Tersedia di Toko
Tidak seperti susu sapi yang melimpah ruah, kita akan kesulitan mencari susu almond ditoko-toko atau supermarket karena ketersediaan susu ini masih terbilang langka. Terlebih lagi jika Anda ingin merubah haluan menjadi susu almond sebagai ganti susu sapi, ada baiknya Anda mencari susu yang sudah dilengkapi protein, kalsium, dan vitamin tambahan.

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah sejenis minuman yang terbuat dari kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan yang mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kedelai umum digunakan sebagai hidangan sarapan bersama makanan ringan lainnya seperti roti atau biskuit. Susu dari kacang kedelai ini memiliki komposisi yang mirip dengan susu sapi yaitu protein 3,5%, lemak 2%, dan 2,9% karbohidrat. Namun menurut ahli gizi, susu kedelai tidak termasuk dalam kategori susu, karena susu adalah cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia dan manusia.

Susu kedelai telah ada di China selama ribuan tahun, tepatnya 1900 tahun yang lalu. Dicatat bahwa Raja Huainan, Liu An dari Dinasti Han karena ibunya sakit tidak bisa mengunyah makanan keras, sehingga Liu An menggiling kacang kuning yang telah direndam untuk beberapa waktu menjadi cairan yang kemudian dikenal sebagai susu kacang kedelai. Penyakit sang ibu berangsur-angsur membaik menyebabkan susu ini menyebar luas ke masyarakat.

Kelebihan  Susu Kedelai

1. Sebagai Antioksidan dan Mencegah Kanker
Kedelai mengandung senyawa isoflavon, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini dipercaya mampu memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal. Selain itu, senyawa isoflavon bertugas sebagai agen anti kanker yang berperang melawan sel-sel kanker. Oleh karena itu, susu kedelai sangat baik melindungi tubuh dari kanker hormone seperti payudara, Rahim, dan prostat.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil
Jika Anda tidak ingin berubah menjadi lebih gemuk atau lebih kurus, maka sebaiknya Anda rutin mengonsumsi susu kedelai karena susu ini mampu menjaga berat badan tetap stabil. Kandungan serat tinggi di dalamnya sebagai alat pengatur berat badan dan sebagai indeks glisemik rendah pada makanan yang mengatur gula darah.

Kekurangan Susu Kedelai

1. Tidak Cocok Sebagai Pengganti Susu Sapi Untuk Bayi
Pada dasarnya, susu kedelai belum tentu cocok sebagai pengganti susu sapi untuk bayi. Karena usianya yang masih rentan, tidak diketahui bayi kita akan alergi pada kacang-kacangan atau tidak. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memberikan susu kedelai pada anak, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

2. Penyebab Kadar Hormone Estrogen Meningkat
Kedelai mengandung phytoestrogen yang secara alami diproduksi oleh tanaman. Bagi sebagian orang, bahan kimia ini dapat berdampak negatif pada tubuh. Tubuh secara alamiah akan memproduksi hormon estrogen, sedangkan fitoestrogen hampir sama dengan hormon estrogen. Maka, meminum susu kedelai dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen dalam tubuh.

Pilih Mana: Susu Almond atau Susu Kedelai?

Susu AlmondSusu Kedelai
Bahan utama- Kacang almond- Kacang kedelai
Ketersediaan- Belum cukup menjamur dipasaran sehingga cenderung harga lebih mahal- Sudah banyak tersedia dipasaran
Manfaat- Menurunkan berat badan dan mengurangi tekanan darah- Sebagai antioksidan dan menjaga berat badan tetap stabil

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa susu almond dan susu kedelai memiliki kriteria dan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Bersumber dari kacang-kacangan, Anda bisa memilih sesuai selera dan keinginan. Ada baiknya kedua susu ini dihindari bagi Anda yang alergi kacang.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Susu Almond vs Susu Kedelai

VS

Leave a Reply