Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Susu Kambing atau Susu Sapi?

Meminum segelas susu di pagi hari ialah salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Namun tidak semua orang meminum susu sapi, ada kalanya untuk sebagian orang lebih memilih susu kambing yang konon mengandung lebih banyak nutrisi baik. Oleh karena itu, kami akan membahas bagus mana susu kambing atau susu sapi pada artikel ini.

Susu Kambing

Meskipun susu kambing tidak sepopuler susu sapi, namun khasiat dari susu kambing tidak kalah dari susu lainnya. Bahkan, fakta mengatakan bahwa susu kambing lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia, karena susu ini mempunyai gelembung-gelembung lemak yang mudah memisahkan diri, dan strukturnya lebih kecil dibandingkan susu sapi yang dapat Anda baca di doktersehat.com.

Susu kambing memiliki sifat probiotik yang dipercaya mampu membantu sistem pencernaan dengan baik. Asam lemak yang terkandung di dalamnya lebih tinggi 35 % daripada susu sapi yang hanya mengandung 17% asam lemak. Baca juga Pilih Mana: Susu Almond atau Susu Kedelai?

Kelebihan Susu Kambing

1. Kaya Akan Nutrisi Sehat
Susu kambing kaya akan nutrisi yang lebih sehat, bahkan untuk orang yang alergi laktosa. Susu ini juga lebih baik diminum mentah. Manfaat lain dari susu kambing yaitu membantu mengatasi masalah usus dan mengurangi kadar kolesterol. Susu kambing juga dipercaya mampu mengobati bisul. Tidak seperti susu sapi, susu kambing tidak memiliki protein kompleks sehingga tidak menyebabkan alergi.

Selain itu, susu kambing juga baik untuk anak-anak karena mampu menenangkan saluran pencernaan dan memberi rasa kenyang. Karena susu sapi dikenal dapat menyebabkan alergi dan penyakit pernapasan, sehingga untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggantinya susu kambing.

2. Tinggi Kalsium
Meskipun kadar asam folat pada susu kambing lebih rendah daripada susu sapi, namun susu kambing memiliki kadar kandungan kalsiuM, vitamin A, potassium, vitamin B6, niasin, potassium, dan antioksidan selenium lebih tinggi daripada susu sapi. Selain itu, susu kambing juga mampu meminimalkan alergi pada protein susu karena memiliki kandungan laktosa lebih rendah daripada susu sapi.

Kekurangan Susu Kambing

1. Kandungan Asam Folat Lebih Rendah
Tahukah Anda bahwa jumlah asam folat dalam susu kambing lebih rendah daripada susu sapi? Oleh karena itu, jika Anda memilih untuk memberikan susu kambing kepada bayi dari usia di bawah satu tahun, Anda perlu menyediakan makanan tambahan yang tinggi folat untuk memenuhi kebutuhan folat.

2. Kandungan Vitamin B12 Lebih Sedikit
Mirip dengan folat, vitamin B12 juga sangat sedikit dalam susu kambing sehingga Anda tetap harus menyediakan makanan tambahan. Vitamin B12 sangat penting untuk pembentukan sel-sel darah merah yang sangat membantu pertumbuhan si kecil.

Susu Sapi

Siapa yang belum pernah meminum susu sapi? Hampir seluruh masyarakat dunia pernah mencoba susu sapi karena hampir seluruh merk susu didominasi oleh susu sapi, sebagai contoh Dancow dan SGM. Bukan hanya anak-anak-anak, orang dewasa pun masih banyak yang mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tubuhnya, apalagi susu sapi kaya akan kandungan kalsium.

Secangkir susu sapi dipercaya mampu mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh sebanyak 30% per harinya. Bukan hanya itu, susu sapi mengandung vitamin D dan protein yang akan mencegah timbulnya masalah pada tulang. Susu ini juga memiliki kandungan kalium dan fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan gigi.

Kelebihan Susu Sapi

1. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Susu sapi dikenal sebagai minuman penting bagi kesehatan tulang manusia. Susu dari sapi dan produk olahannya lainnya seperti keju, yogurt, dan sebagainya diperkaya oleh kandungan kalsium, fosfor magnesium, dan protein yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Itulah kenapa anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan mengonsumsi susu sapi. Bukan hanya anak-anak, kaum wanita juga lebih rentan terhadap resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis, sehingga wanita juga dianjurkan meminum susu sapi setiap harinya.

2. Menetralisir Racun yang Ada Dalam Makanan
Susu sapi sangat menyehatkan. Berbagai kandungan mineral, zat gizi, dan vitamin penting dimiliki oleh susu sapi sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan fit. Susu sapi juga berperan aktif dalam penetralisir racun atau toksin yang ada dalam makanan.

Kekurangan Susu Sapi

1. Cenderung menimbulkan alergi
Tidak semua orang menyukai susu sapi, dan tidak semua orang yang bisa mengonsumsi susu sapi setiap harinya. Meskipun tidak banyak, ada sebagian orang yang alergi meminum susu sapi karena organ dalam tubuhnya menolak laktosa. Kandungan laktosa dalam susu sapi cukup tinggi sehingga jika orang tidak toleran laktosa meminumnya, maka mereka bisa mual, sakit kepala, muntah, atau bisa pingsan.

2. Lebih Sulit Dicerna Dalam Tubuh
Walaupun susu sapi lebih popular dari susu kambing, namun susu sapi lebih sulit dicerna dalam tubuh karena molekul lemak di dalamnya lebih besar sehingga menghasilkan buih yang kasar. Hal inilah yang membuat enzim pencernaan memecahnya lebih lambat sehingga produksi energi juga lebih lama.

Pilih Mana: Susu Kambing atau Susu Sapi?

Susu KambingSusu Sapi
Tingkat Pemicu Alergi- Minim karena kandungan protein lebih sedikit- Cukup besar karena kandungan protein lebih tinggi
Kemudahan dicerna tubuh- Mudah dan cepat karena molekul lemak lebih kecil - Sulit dan lambat karena molekul lemak lebih besar
Toleransi laktosa- Kecil karena kandungan laktosa lebih rendah- Besar karena kandungan laktosa melimpah

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa susu kambing dan susu sapi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pilihan untuk mengonsumsi susu kambing atau susu sapi tergantung pada selera dan kebutuhan Anda masing-masing. Pada akhirnya, kedua jenis susu hewani ini sama-sama bermanfaat bagi kesehatan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Susu Kambing vs Susu Sapi

VS

Leave a Reply