KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

Suzuki dari dulu sampai sekarang selalu memberikan produk dengan kualitas yang baik, baik motor maupun mobil. Selain itu Suzuki juga selalu menawarkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan para kompetitornya, seperti halnya Suzuki Baleno dan Suzuki Swift yang menjadi idaman kaum milenial.

Desain Suzuki Baleno dan Suzuki Swift yang unik dan mungil menjadikan kedua mobil ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Fitur yang tersemat juga cukup mutakhir untuk kamu bawa ke jalanan kota sehari-hari.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua mobil besutan Suzuki ini? Untuk itu simak terus Selera.id kali ini ya guys. Stay tune!

Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

Suzuki Baleno

Suzuki Baleno merupakan mobil yang mengusung gaya baru dari salah satu model mobil legendaris di Indonesia. Pasalnya, Suzuki Baleno sejatinya sudah muncul pertama kali pada 1995 dengan mengusung gaya sedan. Kala itu, pemakaian nama Baleno cuma di Indonesia karena mobil ini lahir dengan nama Suzuki Cultus Crescent di negara asalnya, Jepang.

Singkat cerita, pada 2015 Suzuki memperkenalkan generasi terbaru dari Baleno dalam bentuk bodi hatchback. Dapat disimpulkan, sejak pertama kali muncul di Indonesia, Baleno Hatchback ini merupakan generasi ke 4 dan satu-satunya model bergaya hatchback.

2 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2017, Suzuki Baleno hatchback ini juga diboyong ke Indonesia untuk dijual secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Baca juga Pilih Mana: Honda Revo FI dan Suzuki Titan?

Desain Suzuki Baleno

Suzuki Baleno Hatchback mempunyai style yang sedikit aneh namun unik. Perihal itu terlihat pada grille yang cenderung kecil, desain pelek tidak umum, dan desain buritan yang besar serta menungging. Jadi dapat dikatakan konsep Baleno Hatchback ini tidak seperti mobil-mobil besutan Suzuki lainnya.

Secara ukuran, Baleno Hatchback masih tergolong kompak karena panjangnya masih kurang dari 4 m. Jika dibandingkan, mungkin mirip-mirip dengan dimensi Honda Jazz sebelum facelift dan lebih pendek dari generasi Baleno sebelumnya.

Masuk ke dalam kabin, interior Suzuki Baleno Hatchback punya impresi yang cukup bagus. Tetapi jika melihat konsep dashboard-nya, kesan pertama pasti biasa saja. Desainnya yang seperti sayap mengepak cenderung tidak ada yang spesial jika dibanding mobil-mobil modern lain.

Materialnya juga didominasi oleh bahan plastik, mulai dari seluruh dashboard, konsol tengah yang tidak ada piano black, sampai ke bagian pintunya.

Mesin Suzuki Baleno

Soal dapur pacu, Suzuki Baleno Hatchback ini dibenamkan mesin berkapasitas 1.373 cc, 4 silinder dengan sistem pembakaran multipoint injection. Mesin bertipe K14B ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sampai 91 hp dengan torsi 130 Nm.

Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dengan 2 opsi transmisi. Yakni manual dan otomatis. Untuk transmisi manual dibekali dengan 5 percepatan sedangkan transmisi otomatis cuma 4 percepatan saja.

Fitur Suzuki Baleno

1. Head Unit layar sentuh
Walaupun konsolnya memang masih aftermarket dari JVC dengan frame yang belum dibuat piano black, namun tetap dapat diandalkan.

2. Start stop engine
Seperti kebanyakan mobil-mobil kekinian, tombol start stop engine juga sudah ada di Baleno Hatchback ini.

Kelebihan Suzuki Baleno

  • Sistem pengereman yang bagus
    Adapun untuk jenis sistem pengereman yang dipakai oleh mobil ini yakni cakram pada bagian belakang dan depan, sehingga amat pakem saat melakukan pengereman secara mendadak.
  • Perawatan murah dan mudah
    Dengan perawatan yang mudah serta murah tentu akan amat membantu pemilik mobil untuk melakukan service atau perawatan secara rutin tanpa mesti dipusingkan dengan urusan spare part.
  • Desain unik
    Desain eksteriornya tidak menggambarkan suatu mobil yang kaku. Malahan jika diamati dengan cara seksama, balutan body yang sedikit melengkung menjadikan mobil ini terlihat elegan layaknya mobil sedan yang disiapkan untuk mobil masa depan.

Kekurangan Suzuki Baleno

  • Suspensi terlalu empuk
    Suspensi yang terlalu empuk sering kali dianggap kekurangan Suzuki Baleno, karena dengan suspensinya yang terlalu empuk membuat mobil limbung saat melaju pada kecepatan yang tinggi atau saat melakukan akselerasi.
  • Sandaran jok yang terlalu tegak
    Sandaran jok yang terlalu tegak juga termasuk kekurangan Suzuki Baleno yang cukup banyak dikeluhkan oleh pemilik mobil ini. Karena dengan sandaran jok yang terlalu tegak mengurangi rasa nyaman ketika duduk dan sering kali membuat badan jadi tidak rileks dan capek jika melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh.
  • Sistem peredam kabin yang kurang baik
    Dengan peredam kabin yang kurang kabin terkadang mengurangi kenyamanan berkendara. Perihal ini disebabkan suara suara yang ada di luar mobil sangat terdengar jelas sampai ke kabin mobil walaupun pada posisi kaca mobil tertutup dengan rapat.

Suzuki Swift

Ketika pertama kali diperkenalkan di Tanah Air, Swift tampil dengan konsep hatchback baru yang menggabungkan antara konsep sporty khas Amerika dengan aura elegan khas mobil-mobil Eropa. Maka jadilah konsep mobil small hatchback ala Suzuki Swift ini.

Secara dimensi, Swift memang terlihat lebih kecil dari kebanyakan mobil setipe. Namun, justru itulah letak kekuatan utama Swift yang disebut- sebut mempunyai aura khas mobil balap.

Desain Suzuki Swift

Pada bagian fascia depan, Suzuki Swift generasi baru ini tampil dengan konsep headlamp reflektor beraksen runcing yang diletakkan di ujung kap mesin. Kemudian pada bagian foglamp Suzuki Swift Sport terdapat semacam cover yang melindungi lampunya.

Berpindah ke desain samping, tampilan bodi sebelah kanan-kiri New Swift kali ini tetap terlihat elegan dengan kombinasi fender dan siluet yang tegas menyertai karakter huruf “U” sebagai identitas All New Swift.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Element?

Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

Sementara sektor buritan Suzuki Swift menghadirkan penampakan lebih dinamis lewat konsep body belakang yang dibuat lebih tegas dengan penempatan stoplamp yang mengikuti garis lekuk body belakang.

Pada bagian kabin Suzuki Swift sendiri terlihat eksklusif karena didominasi dengan kelir hitam dan aksen silver. Berpindah bagian dashboardnya, bagian ini dikonsep dengan tidak banyak cluster di mana cuma tersedia odometer dengan gaya yang sama dari Suzuki Swift versi terdahulu.

Kemudian panel yang terdapat di dashboard juga telah dilengkapi dengan panel instrumen lengkap, mulai dari High-Grade Meter Cluster dan juga Multi Information Display yang didesain lebih sporty.

Mesin Suzuki Swift

Suzuki sendiri menghadirkan New Swift dalam 3 varian tipe, yaitu All New Swift GX, GS dan Sport. Di antara ketiga tipe tersebut, cuma Suzuki Swift Sport yang mempunyai perbedaan spesifikasi mesin.

Untuk All New Swift tipe GS dan GX, mesin yang dipakai yaitu mesin jenis K14B DOHC VVT yang mempunyai kapasitas isi silinder 1.372 cc. Mesin tersebut merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada 6. 000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk ukuran small hatchback seperti Suzuki Swift tipe GS dan GX, mesin tersebut merupakan mesin yang cukup bertenaga. Sementara itu, New Swift Sport tampil dengan mesin berbeda. Untuk tipe Sport, Suzuki menyematkan mesin jenis M16A yang mempunyai kapasitas 1.586 cc.

Mesin pada Suzuki Swift tipe Sport ini merupakan salah satu mesin dengan kapasitas paling besar di kelasnya. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 PS pada 4.400 rpm serta torsi sebesar 160 Nm pada 4.400 rpm.

Fitur Suzuki Swift

1. TECT Body System
All New Swift didesain dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) Body System yang didesain untuk sanggup menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan.

2. Keyless Push Start
Kemudian pada bagian fitur kenyamanan, Suzuki Swift sudah mengadopsi fitur Keyless Push Start untuk memudahkan proses keluar-masuk dan menyalakan mesin.

3. Audio Control dan Telescopic Steering
Berikutnya pada sistem kemudi pula telah dilengkapi audio control serta telescopic steering yang bisa dipakai untuk mengatur ketinggian kabin setir.

Kelebihan Suzuki Swift

  • Mesin responsif
    Kelebihan Suzuki Swift yang selanjutnya yaitu performa mesin yang gahar dan responsif, pabrikan suzuki membekali mobil ini dengan mesin berkapasitas 1500 cc yang mempunyai kekuatan maksimal 110Hp @6.000RPM dengan puncak torsi 143Nm @4.000RPM.
  • Sistem transmisi halus
    Selain mesin responsif, Keunggulan Suzuki Swift lainnya yang dapat dijadikan pertimbangan yakni perpindahan transmisi yang lembut. Dengan perpindahan transmisi yang halus, tentunya para pengemudi lebih gampang mengemudikan mobil ini di berbagai kondisi.
  • Fun to drive
    Kelebihan Suzuki Swift yang terakhir yakni fun to drive, tidak hanya memiliki tampilan yang keren dan ciamik, faktor lain banyak orang menginginkan mobil ini karena fun to drive. Rasa senang berkendara pada mobil ini tidak lepas dari rancangan desain yang apik pada mobil ini.

Kekurangan Suzuki Swift

  • Ruang kabin terlalu sempit
    Secara tampilan desain interior pada mobil ini cukup berkelas, cuma saja yang cukup disayangkan mobil ini mempunyai ruang kabin yang terlalu sempit sehingga mengurangi rasa nyaman pada penghuninya ketika melakukan perjalanan jauh.
  • Minim fitur interior
    Minimnya fitur keselamatan yang ada pada mobil ini termasuk Kelemahan Suzuki Swift yang perlu kamu tahu, padahal bila melihat kompetitornya mestinya mobil hatchback suzuki ini telah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap karena sekarang ini keselamatan berkendara merupakan hal yang harus di prioritaskan.
  • Bagasi kurang luas
    Mengingat mobil ini memiliki ukuran yang kecil jadi jangan mengharapkan mendapat bagasi berukuran luas. Tentunya ini menjadikan salah satu kekurangan sehingga kamu tidak bisa membawa banyak barang bawaan.
SpesifikasiSuzuki BalenoSuzuki Swift
Diameter x langkah 73.0 x 82.0 mm 73,0 x 82,0 mm
Tipe mesin K14B K14B
Tenaga maksimal 92.4 kw /6000 rpm 95PS/6.000rpm
Torsi maksimal 130 Nm /4000 rpm 130 Nm/4.000rpm
TransmisiManual 5-Speed / Automatic 4-Speed 5-Speed Manual / 4-Speed Automatic
Harga per Januari 2020Mulai dari Rp 195.000.000,- Mulai dari Rp 201.000.000,-

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

Suzuki BalenoSuzuki Swift
Kelebihan- Sistem pengereman yang bagus - Perawatan murah dan mudah - Desain unik - Mesin responsif - Sistem transmisi halus - Fun to drive
Kekurangan- Suspensi terlalu empuk - Sandaran jok yang terlalu tegak - Sistem peredam kabin yang kurang baik - Ruang kabin terlalu sempit - Minim fitur interior - Bagasi kurang luas

Kesimpulan

Setelah membahas Suzuki Baleno dan Suzuki Swift tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua mobil besutan Suzuki ini cukup digandrungi oleh kaum milenial karena desainnya yang mungil dan unik. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan mobil andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

VS

Leave a Reply