KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Ada banyak perkembangan yang semakin terlihat dalam bidang otomotif di seluruh dunia. Kini, banyak mobil yang memiliki desain sama meski memiliki performa yang cukup berbeda. Suzuki baleno dan toyota glanza merupakan dua mobil yang memang memiliki ide kembar dimana toyota mengadopsi ide suzuki.

Dari beberapa mobil kembar yang lahir dari kerjasama dua perusahaan mobil tidak ada mobilnya yang benar-benar persis sama. Begitu juga dengan mobil Toyota Glanza yang mengadopsi model Suzuki Baleno Hatchback. Glanza memiliki sejumlah detail yang membedakannya dengan Baleno.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan yang ada pada kedua mobil kembar hasil kerjasama dua perusahaan otomotif ternama ini, yuk simak ulasan yang ada di bawah!

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Suzuki Baleno

Suzuki Baleno adalah mobil yang membawa gaya baru dari salah satu model mobil legendaris di Indonesia. Suzuki Baleno sudah muncul pertama kali pada 1995 dengan membawa gaya sedan. Saat itu, penggunaan nama Baleno hanya ada di Indonesia karena mobil ini lahir dengan nama Suzuki Cultus Crescent di negara asalnya, Jepang.

Pada 2015, Suzuki memperkenalkan generasi terbaru dari Baleno dalam bentuk bodi hatchback. Dapat disimpulkan, sejak pertama kali muncul di Indonesia, Baleno Hatchback ini merupakan generasi ke 4 dan satu-satunya model bergaya hatchback. Baca Juga: Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

Kelebihan Suzuki Baleno

  • Sistem pengereman yang bagus
    Adapun untuk jenis sistem pengereman yang dipakai oleh mobil ini yakni cakram pada bagian belakang dan depan, sehingga amat pakem saat melakukan pengereman secara mendadak. Hal ini akan membuat kamu tetap merasa aman saat akan melakukan pengereman mendadak.
  • Perawatan murah dan mudah
    Yap, urusan yang satu ini memang menjadi keunggulan tersendiri dari suatu kendaraan. Dengan perawatan yang mudah serta murah tentu akan amat membantu pemilik mobil untuk melakukan service atau perawatan secara rutin tanpa mesti dipusingkan dengan urusan spare part.
  • Desain unik
    Desain eksteriornya tidak menggambarkan suatu mobil yang kaku. Malahan jika diamati dengan cara seksama, balutan body yang sedikit melengkung menjadikan mobil ini terlihat elegan layaknya mobil sedan yang disiapkan untuk mobil masa depan.

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Kekurangan Suzuki Baleno

  • Suspensi terlalu empuk
    Suspensi yang terlalu empuk sering kali dianggap kekurangan Suzuki Baleno, karena dengan suspensinya yang terlalu empuk membuat mobil limbung saat melaju pada kecepatan yang tinggi atau saat melakukan akselerasi.
  • Sistem peredam kabin yang kurang baik
    Dengan peredam kabin yang kurang kabin terkadang mengurangi kenyamanan berkendara. Perihal ini disebabkan suara suara yang ada di luar mobil sangat terdengar jelas sampai ke kabin mobil walaupun pada posisi kaca mobil tertutup dengan rapat.

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Suzuki BalenoToyota Glanza
PerusahaanSuzukiToyota
MerekSuzuki BalenoToyota Glanza
Kisaran HargaMulai dari Rp. 220.000-,Mulai dari Rp. 150.000-,

Toyota Glanza

Toyota Glanza menjadi bukti bahwa Toyota dan Suzuki memiliki hubungan erat dalam mengembangkan produk-produknya. Mobil ini menggunakan basis Suzuki Baleno, jadi kamu tidak perlu heran apabila ada kesamaan di antara keduanya. Desain eksterior dan interior keduanya memang sangat mirip. Namun Toyota melakukan perubahan minor pada bagian grille depan dan menambahkan logo Toyota sebagai identitasnya.

Mobil ini menawarkan beragam fitur menarik yang akan memanjakan pecinta otomotif tanah air. Dimana untuk bagian interior sudah ada head-unit layar sentuh berukuran 7 inci yang bisa terhubung ke smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Di Indonesia sendiri jarang ada mobil murah yang memiliki fitur tersebut, karena rata-rata sebatas layar sentuh biasa.

Kelebihan Toyota Glanza

  • Torsi yang lebih besar
    Toyota membekali Glanza Tipe G dengan mesin Mild-Hybrid dengan kode K12N berkapasitas 1.200cc. Mesin tersebut dilengkapi motor listrik yang menjadikan tenaga dan torsinya lebih besar dibandingkan Glanza V. Dimana tenaga maksimalnya mencapai 89 Horsepower dan torsi puncak mencapai 113 Nm.
  • Memiliki fitur peredam getaran
    Demi dapat memaksimalkan kenyamanan berkendara, di sisi depan toyota pasang suspensi model Mac Pherson Strut dan belakan berupa Torsion Beam yang mampu meredam getaran serta menjaga kestabilan berkendara dengan baik. Apalagi lebih mengoptimalkannya lagi, semua tipe Toyota Glanza di dukung velg jenis Alloy ring 16 yang dibalut ban berukuran 195/55.
  • Fitur lain yang menarik
    Selain dilengkapi dengan fitur yang sudah dijelaskan di atas, ada juga fitur lain seperti Anti-pinch Driver Side Power Window yang berarti kaca jendela tidak akan menutup jika tangan berada di bagian dalam area pintu, immobilizer, follow me home, auto AC, keyless entry, spion sudah mendukung auto retract + auto fold, parking sensor dan parking camera yang bakal memudahkan pengguna saat melakukan parkir tanpa harus dibantu orang lain, karena bagian belakang terlihat jelas pada bagian layar utama.
Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Giant?

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Kekurangan Toyota Glanza

  • Tenaga mobil yang lebih kecil
    Toyota Glanza Tipe V ditenagai mesin bensin K12M berkapasitas 1.200cc. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 82 Horsepower dan torsi 113 Nm. Itu artinya, tenaga mobil ini lebih kecil dibandingkan Suzuki Baleno.
  • Fitur rem yang kurang baik
    Toyota Glanza  hanya dibekali rem cakram di bagian depan, lalu belakang masih menggunakan rem model tromol. Tapi untungnya di sisi pengereman sudah di lengkapi adanya teknologi ABS + EBD + BA, yang akan memastikan pengguna lebih aman ketika melakukan pengereman secara mendadak dalam berbagai kondisi.

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Suzuki BalenoToyota Glanza
Kelebihan- Sistem pengereman yang bagus - Perawatan murah dan mudah - Desain unik - Torsi yang lebih besar - Memiliki fitur peredam getaran - Fitur lain yang menarik
Kekurangan- Suspensi terlalu empuk - Sistem peredam kabin yang kurang baik - Tenaga mobil yang lebih kecil - Fitur rem yang kurang baik

Perbedaan Eksterior Suzuki Baleno dan Toyota Glanza

Dari sisi eksterior, perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno nyaris tak terlihat. Namun jika kamu mau melihat lebih detail, perbedaan paling signifikan terletak pada desain Grille-nya. Suzuki Baleno menerapkan desain Grille 3D dipadu garis bermotif mirip sisik berlian, sedangkan Toyota Glanza hanya menampilkan Grille 3D dua garis.

Persamaan keduanya justru lebih banyak baik dari segi dimensi bodi hingga aspek fitur. Keduanya mirip peribahasa ‘bagai pinang dibelah dua’. Bayangkan saja, lampu LED dipadu Daytime Running Light (DRL) sudah tersemat apik pada wajah depannya. Belum lagi, fitur lampu kabut, desain pelek Diamond Cut 16 inci serta LED Rear Lamp, menjadikan keduanya layak disebut saudara kembar.

Perbedaan Interior Suzuki Baleno dan Toyota Glanza

Merambah pada sisi kabin interior, perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno nyaris tidak ada. Perbedaan justru lebih terlihat hanya pada logo kedua merek baik Toyota atau Suzuki yang tersemat di kemudi setirnya.

Lucunya, perbedaan minor juga terletak pada sistem audio Infotainment. Meski dari segi spesifikasi audio keduanya sama, namun Toyota tampaknya ingin Glanza memiliki perbedaan dari Baleno. Ya, hanya sebatas beda nama saja. Jika Baleno menamai sistem audionya dengan sebutan Baleno SmartPlay Studio, Glanza justru menamainya Toyota Smart Playcast. Berbeda? Ya, dari namanya saja.

Perbedaan Performa Mesin Suzuki Baleno dan Toyota Glanza

Dalam hal ini, Toyota Glanza menawarkan dua pilihan mesin bensin yakni K12M 1.2 Liter dan K12N Mild-Hybrid. Performa mesin K12M diadopsi langsung dari Suzuki Baleno yang menawarkan daya maksimum sebesar 82,9 PS dengan torsi puncak 113 Nm.

Menariknya lagi, transmisi yang ditawarkan adalah 5 percepatan manual serta Continuous Variable Transmission (CVT). Mesin kedua Glanza adalah yang spesial.

Mengapa begitu? Karena, mesin K12N ini menerapkan konfigurasi Mild-Hybrid yang memanfaatkan Integrated Starter Generator (ISG). Dalam hal ini, baterai Lithium-ion serta Lead Acid, digunakan untuk mendongkrak performa mesinnya. Alhasil, daya mesin satu ini bisa mencapai 89,7 PS serta torsi di angka 113 Nm.

Kesimpulan

Kedua mobil yang merupakan kerja sama dua perusahaan otomotif ternama ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, kamu dapat memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam membelinya.

Jika melihat dari segi desain, kamu tidak perlu meragukan desain keduanya, sedangkan untuk fitur, maka kamu bisa memilih yang paling cocok untukmu meski keduanya memiliki fitur yan tidak berbeda jauh. Semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

VS

Leave a Reply