Kendaraan

Pilih Mana: Suzuki Burgman atau Honda Grazia?

Memiliki kendaraan roda dua dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya menjadi salah satu impian beberapa orang khususnya milenial. Motor dengan kenyamanan dan mesin yang modern tentunya akan memudahkan urusan manusia apalagi yang tinggal diperkotaan. Suzuki Burgman dan Honda Grazia sendiri merupakan motor dengan harga yang murah namun memiliki spesifikasi mesin yang tidak kalah dengan motor lainnya. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua motor ini? So kali ini saya akan bahas mengenai Suzuki Burgman dan Honda Grazia. Disini aja ya.

Suzuki Burgman

Tidak kalah dengan Maxi Skuter kepunyaan Honda serta Yamaha, Suzuki Burgman Street 125 juga ikut muncul buat memeriahkan segmen skutik premium di kategori 125cc. Skutik ciptaan Suzuki yang satu ini merupakan versi terendah dari barisan Burgman Series yang dipunyai Suzuki.

Walaupun sebagai versi terendah di barisan keluarganya tetapi semenjak perkenalan perdananya pada ajang demonstrasi kelihatannya skutik ciptaan Suzuki ini pula terhitung mampu menarik atensi para pelanggan. Baca juga Pilih Mana: Yamaha Lexi S atau Yamaha NMAX?

Desain Suzuki Burgman

Suzuki Burgman Street 125 ini terlihat bakal memakai headlamp berteknologi LED yang didesain menyerupai huruf “V”. Sehingga, tidak hanya sanggup memberikan pencahayaan yang cukup jelas, kesan seperti tatapan mata tajam juga terkesan jelas sekali.

Tidak hanya itu, di bagian atas headlamp pun juga telah dipasangi windshield yang lumayan besar buat mencegah pengemudinya dari terpaan angin. Nah, beranjak ke komponen samping, Suzuki Burgman Street 125 ini pula mempunyai injakan kaki rata tanpa gundukan tangki bahan bakar. Dengan begitu maka kaki sang pengendara juga dapat lebih beranjak leluasa walaupun tidak seluas NMAX ataupun PCX.

Suzuki Burgman Street 125 mempunyai ukuran yang amat ideal. Dimana mempunyai panjang 1.884 mm, lebar 611 mm serta tingginya 1.163 mm, ukuran itu ialah ukuran yang amat sempurna buat motor Maxi Series di bagian 125cc.

Tidak cuma itu aja, motor matik ciptaan Suzuki bergaya Maxi Series ini mempunyai jarak sumbu roda yang berdimensi 1.265 mm dan jarak terendah ke tanah ataupun ground clearance hanya 150 mm saja. Sebaliknya buat bobotnya menggapai 110 kg aja serta besar tempat duduknya 780 mm

Mesin Suzuki Burgman

Suzuki Burgman Street 125 ini bakal bawa mesin jenis SOHC 2 katup 4 langkah yang dipersenjatai mesin 124 cc. Dengan susunan bagian mesin pacu itu, skutik Maxi ciptaan industri asal Negeri Sakura ini juga diklaim mampu memberikan power maksimum sampai menggapai 8. 6 Hp perputaran 6500 rpm serta mempunyai titik puncak torsi sampai 10. 2 Nm per 5000 rpm.

Tentu saja, dengan besaran output daya ataupun pucuk torsinya itu maka tidak heran bila skutik ini mampu bersaing dengan para kompetitornya di bagian yang sama. Namun, hanya saja mesin yang dibawanya itu masih berteknologi karburator. Suzuki mengklaim kemampuan materi bakarnya menggapai 40 kpl. Walaupun begitu, secara keseluruhan juga dapat dibilang kalau sektor dapur pacu dari detail Suzuki Burgman Street 125 ini terhitung lumayan handal serta mumpuni di kelasnya.

Fitur Suzuki Burgman

Suzuki Burgman Street 125 ini bakal dilengkapi dengan rem tromol serta teleskopik yang terhitung cukup mumpuni sebagai pengereman buat mengatur laju kecepatan dari skutik ini. Tidak cuma itu, indikator pada speedometer yang dibawanya pun juga amat modern dengan campuran panel analog-digital yang amat lingkungan serta informatif. Tidak sampai di sana aja, Suzuki Burgman Street 125 ini pula sudah sediakan suatu bagasi besar berkapasitas 7 liter yang dibagi jadi 2 bagian di depan. Salah satu bagian dapat dikunci serta memiliki soket charger 12V.

Tidak hanya itu, tanki bahan bakar berkapasitas 10.5 liter juga pula ikut didatangkan buat memberikan kesempatan yang lebih banyak dalam menaruh bahan bakar sehingga konsumen tak perlu bolak balik ke pom bensin. Apalagi, lampu LED pada headlamp serta tail lamp juga jadi fitur yang lumayan menjanjikan sebagai aksesoris dari keunggulan yang diusung detail Suzuki Burgman Street 125.

Harga Suzuki Burgman

Harga dari Suzuki Burgman sendiri berkisar di angka Rp 13.000.000,-. Tentunya harga yang terjangkau ya guys buat kamu para kaum milenial maupun yang dewasa.

Honda Grazia

Honda India sudah mengeluarkan Honda Grazia 125 yang jadi produk lokal pada beberapa waktu lalu. Honda Grazia menganut model agresif dengan banyak sekali lekukan serta 2 lampu utama.

Dari model bentuk depan, Honda Grazia nyaris menyamai Honda Vario 125 model lama. Tetapi persisnya bentuk Grazia ini menjajaki konsep Honda NSX 50, salah satu bentuk matik yang dipasarkan di Cina.

Desain Honda Grazia

Motor ini menggunakan lampu LED serta menggunakan digital instrumen. Speedometernya sudah memakai digital dengan backlight warna biru yang dilengkapi tachometer, yang dikala ini baru digunakan oleh Yamaha Aerox.

Tidak hanya itu, instrumen Honda Grazia 125 telah memakai MID serta Eco indikator. Pada bagian sayap kiri dibawah setang ada tempat menaruh handphone. Bagian itu pula terdapat colokan yang dapat ditanam soket charger yang dijual terpisah. Bagasi dibawah jok berukuran 18 liter.

Mesin Honda Grazia

Masalah mesin, Grazia 125 masih kalah powerfull dibanding mesin Vario 125. Mesin Grazia satu silinder berkapasitas 124,9cc berpendingin udara. Mesin ini sanggup menghasilkan daya maksimum 8,6 PS pada 6.500 rpm serta torsi 19,54 Nm pada 5.000 rpm.

Mesinnya telah menganut teknologi low friction, mesin ini juga mempunyai akselerasi linier mulai dari 15 km per jam sampai 85 km per jam. Walaupun begitu, mesin ini amat hemat dengan mengkonsumsi 50 km per liter.

Fitur Honda Grazia

Fitur yang diusung Honda Grazia ini antara lain lampu depan LED, speedometer negative LCD digital yang kekinian, rem depan cakram, velg cast wheel, kunci jok yang berpadu dengan kunci kontak, memiliki USB power socket charger serta menjadi yang pertama gunakan suspensi depan teleskopik dengan rem cakram CBS, tetapi sayangnya Honda Grazia ini bagasinya tak memuat helm alias memiliki jok yang kecil.

Panel instrumen yang dibawa oleh Grazia tidak hanya bisa menunjukkan data kecepatan, juga mempunyai tachometer, trip m, dan jam. Setelah itu Honda pula memberikan eco indicator yang dibagi jadi 3 tingkat pada panel instrumennya.

Eco indicator bakal menyala pada pemakaian dengan kecepatan stabil 30- 50 Km/ jam. Pada mode itu 3 lampu penanda bakal menyala yang maksudnya menunjukkan mode paling ekonomis sedang aktif.

Harga Honda Grazia

Jangan terkejut untuk dengan harga Grazia di India ini ya guys, sebab pihak Honda India menjual skutik 125cc ini dengan harga INR. 57.897 atau bila dirupiahkan kurang lebih sekitar Rp. 11,9 jutaan aja. Tentunya harga yang murah banget ya guys.

Pilih Mana: Suzuki Burgman atau Honda Grazia?

Suzuki BurgmanHonda Grazia
Kelebihan - Mempunyai desain yang cukup mewah - Memiliki speedometer begitu modern - Memiliki fitur power charger- Memiliki mesin yang lincah - Memiliki fitur rem combi brake - Memiliki lamu LED
Kekurangan- Belum memiliki fitur penguncian keyless - Masih sistem pembakaran berjenis karburator- Belum memiliki fitur ABS - Belum memiliki fitur penguncian keyless

Kesimpulan

Suzuki Burgman dan Honda Grazia merupakan motor yang terbilang murah jika dibandingkan dengan motor lainnya, namun masalah performa mesin kedua motor ini tidak kalah canggih juga kok, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan spesifikasi dari kedua motor ini ya guys. Tentukan pilihan motormu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Burgman vs Honda Grazia

VS

Leave a Reply