Kendaraan

Pilih Mana: Suzuki Burgman atau TVS Tatau Ntorq?

Memiliki kendaraan yang memiliki spesifikasi bagus dengan harga yang terjangkau tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Seperti halnya Suzuki Burgman dan TVS Ntorq, kedua motor ini menjadi jawaban jika kalian menginginkan performa motor yang baik dengan harga yang terjangkau. Lalu seperti apa saja fitur dan performa mesin dari kedua motor ini ? So kali ini saya akan bahas mengenai Suzuki Burgman dan TVS Ntorq. Disini aja ya.

Suzuki Burgman

Tak kalah dengan Maxi Skuter milik Honda dan Yamaha, Suzuki Burgman Street 125 juga ikut muncul buat memeriahkan bagian skutik premium di kelas 125 cc. Skutik ciptaan Suzuki yang satu ini ialah versi terendah dari barisan Burgman Series yang dipunyai Suzuki.

Walaupun sebagai versi terendah di jajaran keluarganya tetapi semenjak perkenalan perdananya pada ajang Auto Expo 2018 yang diselenggarakan di New Delhi, India kemarin tampaknya skutik ciptaan Suzuki ini pula terbilang mampu menarik atensi para konsumen. Melihat pangsa pasar Maxi Series di Tanah Air, amat dimungkinkan bila skutik ini bakal jadi salah satu bentuk yang sedia menerobos pasar skutik di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Vespa S 125 atau Vespa LX 125?

Desain Suzuki Burgman

Suzuki Burgman Street 125 ini nampak bakal memakai headlamp berteknologi LED yang didesain menyerupai huruf “V”. Alhasil, selain sanggup membagikan pencahayaan yang cukup jelas, kesan seperti tatapan mata tajam juga terkesan nyata sekali. Tidak hanya itu, di bagian atas headlamp juga pula telah dipasangi windshield yang cukup besar buat mencegah pengemudinya dari terpaan angin.

Nah, beranjak ke bagian samping, Suzuki Burgman Street 125 ini pula mempunyai pijakan kaki rata tanpa gundukan tangki bahan bakar. Dengan begitu maka kaki sang pengendara juga dapat lebih bergerak leluasa walaupun tidak seluas NMAX ataupun PCX. Tidak cuma itu, konsep bodi sampingnya pun juga nampak begitu elok dengan striping simple tetapi dikonsep secara modern sehingga membagikan kesan yang nampak lebih futuristik.

Apalagi, joknya terbuat menyatu serta membentuk sedikit meninggi ke belakang buat membagikan posisi riding yang lebih proporsional, bagus buat pengemudinya ataupun penumpangnya. Nah, tidak lupa pula di bagian bawah jok ada muatan berkapasitas 7 liter yang ditentukan mampu sebagai alat penyimpan bahan bakar sebagai bekal kala dikendarai buat menempuh jarak yang jauh.

Mesin Suzuki Burgman

Suzuki Burgman Street 125 ini bakal bawa mesin jenis SOHC 2 katup 4 langkah yang dipersenjatai mesin 124cc. Dengan lapisan komponen mesin pacu itu, skutik Maxi ciptaan industri asal Negeri Sakura ini juga diklaim mampu membagikan power maksimum sampai mencapai 8.6 Hp perputaran 6500 rpm serta mempunyai titik puncak torsi sampai 10 2 Nm per 5000 rpm. Tentu saja, dengan besaran output daya ataupun puncak torsinya itu maka tidak heran bila skutik ini mampu bersaing dengan para kompetitornya di bagian yang sama.

Namun, cuma saja mesin yang dibawanya itu masih berteknologi karburator. Suzuki mengklaim efisiensi bahan bakarnya menggapai 40 kpl. Walaupun begitu, secara keseluruhan juga dapat dibilang kalau sektor dapur pacu dari detail Suzuki Burgman Street 125 ini terhitung cukup handal serta ahli di kelasnya.

Fitur Suzuki Burgman

Suzuki Burgman Street 125 ini bakal dilengkapi dengan rem tromol serta teleskopik yang terhitung cukup mumpuni sebagai pengereman buat mengendalikan laju kecepatan dari skutik ini. Tidak cuma itu, indikator pada speedometer yang dibawanya juga pula sangat modern dengan kombinasi panel analog-digital yang sangat kompleks serta informatif.

Tidak sampai di sana aja, Suzuki Burgman Street 125 ini pula sudah sediakan suatu bagasi besar berkapasitas 7 liter yang dibagi jadi 2 kompartemen di depan. Salah satu bagian dapat dikunci serta memiliki soket charger 12V.

Tidak hanya itu, tangki bahan bakar berkapasitas 10.5 liter juga pula ikut didatangkan buat membagikan peluang yang lebih banyak dalam menaruh bahan bakar alhasil konsumen tidak perlu bolak balik ke pom bensin. Apalagi, lampu LED pada headlamp serta tail lamp juga jadi fitur yang cukup menjanjikan sebagai pelengkap dari keunggulan yang diusung detail Suzuki Burgman Street 125.

Harga Suzuki Burgman

Harga dari motor ini berkisar di angka Rp 13 jutaan. Cukup terjangkau tidak? Spontan, dengan harga Suzuki Burgman Street 125 itu dirasa memanglah amat murah sekali buat selevel motor seperti itu.

TVS Tatau Ntorq

Memanfaatkan ajang Jakarta Fair 2018, TVS akhirnya meluncurkan skutik modern yang bernama TVS Ntorq 125. Perlu untuk diketahui terlebih dulu kalau sesungguhnya skutik ciptaan industri asal India ini ialah versi produksi dari rancangan TVS Graphite. Yang mana, di Indonesia nantinya TVS Ntorq 125 ini bakal jadi kompetitor baru untuk Yamaha Mio S, Lexi dan Honda Vario 125.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honda BR-V atau Honda H-RV?

Di bagian lain, bila melihat dari segi bentuk memang produk terkini ciptaan TVS ini sedikit istimewa, terutama di bagian bentuk fisiknya. Alasannya, secara konsep skutik ini dapat disebut mempunyai style yang berbeda dari layaknya bentuk skutik di Tanah Air dengan bentuk tubuh gemuk serta terkesan kotak-kotak sehingga tampak begitu kekar.

Tidak hanya itu, fitur-fitur yang dibawanya juga pula terhitung cukup handal serta fungsional buat mendukung kenyamanan dalam berkendara. Tidak cukup hingga di sana aja, apalagi menurut kabar yang tersebar, harga dari TVS Ntorq 125 ini pula akan dihargai dengan angka yang bersahabat.

Desain TVS Tatau Ntorq

TVS Ntorq 125 mengangkat konsep headlamp dengan gaya Batwing Styled Daytime Running Lights alhasil dipastikan akan membagikan pancaran cahaya secara maksimum. Sementara itu, buat lampu sein justru disematkan pada komponen stang depan kanan-kiri yang buatnya tampak berbeda.

Setelah itu, tidak lupa pula kalau TVS pun juga sudah melengkapi skutik ini dengan injakan kaki yang cukup luas serta fungsional sehingga bakal memberikan ruang gerak kaki yang lebih besar serta membuat sang pengemudi nyaman.

Tidak sampai di situ saja, terlebih lagi TVS Ntorq 125 ini pula bakal dilengkapi jok modern berbentuk Double Stitched Hysteresis Seat yang mana di bagian bawahnya telah dilengkapi tangki bahan bakar 5 liter serta disediakan bagasi besar yang memuat buat meletakkan satu buah helm full face.

TVS Ntorq 125 bakal mengangkat dimensi 1865 x 710 x 1160 mm dengan jarak sumbu roda 1285 mm serta berat 116.1 Kg. TVS pula bakal mencocokkan velg sporty 12 inci yang akan disampul ban jenis Tubeless. Dimana, buat roda bagian depan bakal menggunakan ban berukuran 100×80-12 serta buat bagian belakang memercayakan ban 110×80-12.

Tidak sampai di sana saja, apalagi pada bagian kaki- kaki dari TVS Ntorq 125 ini juga bakal dibekali dengan rem depan berukuran 220 mm Roto Petal Disc Brake, sebaliknya di sektor belakang akan memakai rem cakram berupa Dial Drum berukuran 130 mm

Mesin TVS Tatau Ntorq

TVS Ntorq 125 bakal memercayakan mesin 4 langkah Air Cooled bersilinder tunggal serta mengusung jenis OHC yang mana mempunyai kapasitas kubikasi sampai 124.7 cc. Menariknya, mesin itu pun juga bakal dikawinkan dengan sistem transmisi CVTi-Revv Engine yang mana sanggup menciptakan power maksimum sampai 6.9kW@7500 rpm / 9.4PS@7500 rpm serta mampu mencapai titik puncak torsi sampai 10. 5 Nm@5500 rpm.

Dengan begitu maka jelas sudah bila sektor jantung pacu ataupun permesinan yang diusung detail TVS Ntorq 125 ini jadi salah satu sektor yang diharapkan buat bersaing dengan para kompetitornya di bagian skutik 125 cc.

Fitur TVS Tatau Ntorq

Terpaut dengan fitur, pertama yakni teknologi rem berupa 220 mm Roto Petal Disc Brake serta Dial Drum 130 mm. Walaupun tidak dilengkapi teknologi ABS tetapi dengan adanya kedua rem itu, pengemudi bakal amat gampang buat mengatur laju motor secara maksimal. Tidak hanya itu, TVS Ntorq 125 sendiri pula bakal dilengkapi sebagian fitur mutahir buat mendukung kenyamanan ataupun kebutuhan konsumen.

Salah satunya ialah fitur Smartconnect seperti panel indikator full digital, Bluetooth, Mode Berkendara, Navigation Assist, Caller ID, Ride Stats Share, serta Parking Brake. Tentu saja, dengan keseluruhan fitur- fitur yang disematkan pada detail TVS Ntorq 125 itu maka bakal membuat pengemudi merasa jauh lebih aman kala mengemudikan skutik ini.

Harga TVS Tatau Ntorq

TVS Ntorq 125 bakal dihargai dengan angka yang lumayan terjangkau, yaitu Rp 15.5 juta aja. Harga yang disebutkan itu ialah banderol dengan status OTR (On The Road) buat area DKI Jakarta aja ya guys.

Pilih Mana: Suzuki Burgman atau TVS Tatau Ntorq?

Suzuki Burgman TVS Tatau Ntorq
Kelebihan - Memiliki bagasi luas - Desain yang elegan dan mewah - Memakai sistem bahan bakar Fuel Injection- Desain mewah - Memiliki bagasi besar - Memiliki kapasitas bahan bakar 5 liter
Kekurangan- Memiliki bobot yang cukup berat - Belum memiliki kik starter- Mesin masih memakai karburator - Memiliki nama yang susah diucap

Kesimpulan

Setelah mengetahui spesifikasi dari kedua motor ini maka yang mana pilihanmu ? Suzuki Burgman dan TVS Tatau Ntorq sama-sama memiliki kelebihan masing-masing yang tentunya sangat mumpuni untuk menemani pengemudinya dijalanan kota. Tentukan pilihanmu motor mu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Burgman vs TVS Tatau Ntorq

VS

Leave a Reply