Kendaraan

Pilih Mana: Suzuki Ertiga atau Toyota Avanza?

Persaingan di segmen MPV yang diminati semua umat di tanah air makin memanas. Selain Avanza- Xenia model 2019 hadir dengan fitur modern, kini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang hadir dengan produk terbaru yaitu Suzuki Ertiga yang beragam fitur baru di eksterior maupun interior. Oleh sebab itu kali ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai kedua mobil tersebut dari segi dimensi, fitur, harga. Stay tune ya…

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga model terbaru yang rilis pada akhir Februari 2019 ini tidak jauh berbeda dengan model yang diperkenalkan pada tahun 2018 lalu. Hal itu bisa dilihat dari sisi bodi eksterior mobil MPV ini yang mana memang sekilas memiliki kemiripan dengan generasi sebelumnya. Namun, hanya saja kali ini headlamp yang diusungnya lebih modern dengan menganut teknologi LED proyektor disertai foglamp. Sedangkan di sisi lain, untuk jantung pacu, all new Suzuki Ertiga 2019 ini pun diketahui telah dibenamkan mesin yang sama dengan generasi terakhir, yaitu seri K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) dengan kapasitas kubikasi 1.462 cc. Baca juga Pilih Mana: Nissan Terra atau Pajero Sport?

Dimensi Suzuki Ertiga

Selain memiliki tampilan yang cukup mencolok, ternyata PT SIS pun juga menghadirkan MPV buatannya tersebut dengan ukuran bodi yang berbeda Dimana, kali ini rombakan juga diterapkan pada ukuran dimensinya yang kini lebih besar dari versi pendahulunya. Hal ini terlihat dari panjang keseluruhan mencapai 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sehingga, sangat wajar jika bodi dimensi dari Suzuki Ertiga terkesan lebih besar dan memanjang dari generasi pertamanya.

Hal tersebut pastinya akan membuat ruang kabin dari MPV yang berkapasitas 7 penumpang ini terasa lebih lega. Di sisi lain, mobil yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 45 liter ini pun juga akan dilengkapi dengan sokongan kaki-kaki nan tangguh. Salah satunya yaitu disematkannya suspensi MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring di sektor belakang. Tentu saja, keberadaan kedua suspensi yang diusung Suzuki Ertiga tersebut akan membuat keseimbangan menjadi lebih maksimal dan mampu meredam getaran saat melalui jalanan yang tak rata atau bergeronjal.

Fitur Suzuki Ertiga

Berkaca pada keunggulan tentu pembahasan spesifikasi Suzuki Ertiga model 2019 kali ini tak akan lepas dari ulasan mengenai fitur-fitur apa saja yang akan disematkan. Untuk fitur keamanan dan kenyamanan, New Ertiga ini sudah lengkap fitur-fitur fungsional seperti contohnya adalah rem ABS plus EBD yang siap mempermudah proses pengendalian kecepatan mobil secara maksimal. Pada bagian sistem audio, Suzuki Ertiga sudah dibekali dashboard modern bermotif kayu yang dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio.

Dimana, di dalamnya terdapat beberapa fitur entertainment yang siap menghibur penumpangnya. Di sisi lain, pihak Suzuki juga telah melengkapi Low MPV ini dengan Dual SRS Airbag sebagai fitur pelindung penumpang bagian depan. Lalu, kecanggihan Suzuki Ertiga ini juga nampak dengan adanya fitur Side Impact Beam sebagai standar keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Fitur ini akan berfungsi saat terjadi kecelakaan sehingga secara otomatis pintu tak akan mengunci. Tak lupa pula, sabuk pengaman juga telah dihadirkan di semua kursi pada mobil ini. Selain itu, dari spesifikasi Suzuki Ertiga juga sudah dilengkapi fitur ISOFIX yang akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan maksimal bagi penumpang balita.

Harga Suzuki Ertiga

situs resmi Suzuki Indonesia, disebutkan bahwa harga Suzuki Ertiga model 2019 ini akan bervariasi. Pertama, untuk model GX AT dibanderol Rp 240 juta, sedangkan untuk model GX MT harganya Rp 229.5 juta. Kemudian, khusus untuk banderol dari varian Ertiga GL AT, mencapai angka Rp 226 juta, lalu untuk varian GL MT sendiri harganya mencapai Rp 215.5 juta. Tentu saja, jika melihat kisaran harga Suzuki Ertiga terbaru tersebut, tampaknya memang mengalami kenaikan nominal antara 1–4 jutaan.

Toyota Avanza

Toyota Avanza model terbaru yang rilis awal tahun 2019 ini tidak banyak yang berubah dengan varian sebelumnya. Bukan tanpa alasan mengingat Toyota baru melakukan facelift atau memberikan perubahan minor terhadap MPV berjuluk mobil sejuta umat ini. Meski demikian, tetap saja kesan modern dan pembawaan yang lebih futuristik tampak begitu kental ditunjukkan oleh mobil ini. Dimana, Toyota Avanza terbaru yang satu ini mengadopsi konsep desain yang dimiliki Vellfire dan Voxy dengan mengedepankan aura sporty-modern.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vespa S 125 atau Vespa Sprint 150?

Sedangkan, untuk soal performa mesinnya sendiri, Toyota masih sama mengandalkan mesin DOHC 4 silinder Dual VVT-I dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Tak sampai di situ saja, beberapa fitur tambahan pun juga turut dihadirkan pada bagian ruang kabin dengan tampilan interior yang lebih fresh guna memanjakan para penumpangnya. Bahkan, di sisi lain untuk soal harganya pun juga dikabarkan masih sama seperti model sebelumnya. So, tak heran jika mobil MPV sejuta umat ini bakal mampu kembali berjaya di ranah mobil keluarga Tanah Air.

Dimensi Toyota Avanza

spesifikasi Toyota Avanza pada bagian dimensi bodi dan kaki-kakinya. Sektor ini terbilang sangat penting untuk diketahui mengingat berpengaruh pada tingkat kenyamanan saat berkendara. Dimana, untuk soal dimensi, tampaknya model Toyota Avanza 2019 ini masih mengusung ukuran dimensi yang sama dengan varian sebelumnya. Yang mana memiliki ukuran 4190 x 1660 x 1695 mm dengan jarak poros roda (wheelbase) 2655 mm sehingga terbilang sangat cocok untuk dikendarai di medan perkotaan.

Tak hanya itu, bahkan MPV terbaru buatan PT TAM yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 45 liter ini juga dibangun dengan ukuran ground clearance setinggi 200 mm yang membuatnya cukup nyaman ketika melewati jalan dengan banyak polisi tidur atau penuh bebatuan. Sedangkan untuk soal ketangguhan dari Toyota Avanza 2019 terbaru ini bisa diukur dari tingkat kualitas kaki-kakinya.

Fitur Toyota Avanza

Spesifikasi Toyota Avanza 2019 ini, memang sebenarnya tak jauh berbeda dengan model generasi sebelumnya. Bukan tanpa alasan, satu yang pasti bahwa pihak Toyota dipastikan bakal melengkapi Low MPV buatannya itu dengan fitur keselamatan berupa Dual SRS Airbags yang siap menjaga penumpang depan dan pengemudi saat terjadi benturan keras dari depan. Tak hanya itu saja, ABS sistem pun juga menjadi teknologi pengeraman yang turut disematkan pada model Toyota Avanza 2019 ini untuk memaksimalkan tingkat pengereman secara lebih maksimal.

Harga Avanza

Toyota Avanza 2019 ini dibanderol pada kisaran Rp 191.100.000 (1.3 E M/T) sebagai varian termurahnya. Sedangkan, Avanza 2019 varian tertinggi akan dibanderol senilai Rp 221.250.000 (1.5 G M/T) dengan status on the road DKI Jakarta. Tentu saja, dengan kisaran harga yang lumayan terjangkau itu maka tak ayal jika model Avanza terbaru ini mampu menghipnotis para konsumen.

Pilih Mana: Suzuki Ertiga atau Toyota Avanza ?

Suzuki Ertiga Toyota Avanza
Kelebihan - Kabin luas - Bagasi besar - Fitur keselamatan lebih lengkap- Perubahan eksterior cukup banyak - Harga yang dibanderol tak mengalami perubahan - Memiliki tombol pengaturan untuk AC digital
Kekurangan- Tarikan lemot - Akselerasi biasa saja - Pelapis trim pintu mudah kotor- Memiliki krom berlebihan di eksterior pada varian non Veloz - Perubahan desain hanya menonjol di bagian depan - Model pelek yang standar dan terlihat biasa

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai mobil Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza yang sudah kita ketahui kedua mobil tersebut sangat cocok di jadikan mobil keluarga. Dan keluaran kedua mobil tersebut juga desainnya sangat menarik dan mempunyai space yang besar untuk keluarga lainnya. Perbedaan harga juga bisa di lihat pada artikel di atas yang lumayan ada perbedaan untuk kedua mobil tersebut teetapi tidak terlalu jauh. Oleh sebab itu pilihla mobil dengan karakter dan keinginan beserta harga yang sesuai kantong masing-masing ya..

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki ErtigaVS Toyota Avanza

VS

 

 

Leave a Reply