KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Suzuki Ignis Facelift atau Honda Brio?

Suzuki dan Honda adalah kedua perusahaan otomotif yang besar di Indonesia. Banyak sekali tipe mobil dari Suzuki dan Honda yang sudah terjual laris di pasaran. Kedua diantaranya adalah Suzuki Ignis Facelift dan Honda Brio. apa yang menjadi istimewa keduanya hingga laris dipasaran?

Apa saja kekurangan yang ada?

Untuk itu kami sudah memberikan rangkuman penjelasan pada artikel kami kali ini mengenai mobil Suzuki Ignis Facelift dan Honda Brio agar bisa Anda ketahui, yuk langsung saja Anda bisa membacanya di bawah ini ya guys. Scroll down!

Suzuki Ignis Facelift atau Honda Brio

Suzuki Ignis Facelift

Maruti Suzuki India Limited (MSIL) agen pemegang merek (APM) Suzuki di India diam-diam tengah menyiapkan Ignis facelift. Mobil perkotaan ini akan mendapatkan sejumlah perubahan, tidak hanya dari segi penampilan saja tapi juga standar emisinya lebih baik dari model sekarang.

City car bergaya SUV ini diusung akan hadir dengan grille baru dengan sentuhan krom, skid plate, dan lampu kabut baru. Di samping, Ignis facelift memakai pelek baru, sedangkan perubahan di belakang diprediksi minor.

Sementara itu, di dalam, Ignis facelift memakai pelapis jok baru dan dasbor dilapisi material baru. Sisanya diprediksi sama seperti model sekarang. Pokoknya akan lebih baik tampilan dari Suzuki Ignis Facelift terbaru ini ya hehe. Baca juga Pilih Mana: Honda BR-V atau Mobilio?

Spesifikasi Suzuki Ignis Facelift

1. Desain
Ujung depan tampak terinspirasi gaya S-Presso. Bumper depan sedikit dibenahi, pakai model kotak-kotak, ditemani sepasang lampu kabut. Tetap ada DRL dan lampu depan LED proyektor.

Tampilan pelek juga tidak berubah, menggunakan diameter 15 inchi disemprot cat hitam.

2. Fitur Keselamatan
Jarak pijak tanah 180 mm, memungkinkan mobil melindas jalan tak rata atau tanggul jalan tinggi. Diprediksi, Suzuki menawarkan jok baru bersama dengan fitur kenyamanan lain.

Misalnya, peranti keselamatan standar seperti sensor parkir belakang, sistem peringatan kecepatan tinggi. Juga pengingat sabuk pengaman penumpang depan di semua varian.

3. Dapur Pacu
Pabrikan membekali Ignis dengan dapur pacu 4 silinder 1.197 cc. Sepertinya tak berubah juga. Mesin bensin itu mampu menyuplai tenaga 83 PS pada 6.000 rpm. Momen puntir bisa dihasilkan hingga 113 Nm.

Output dipadu transmisi manual 5-speed atau Auto Gear Shift (AGS) semi otomatis tanpa pedal kopling. Jenis transmisi otomatis ini dibilang lebih minim perawatan dan biaya servis.

Kelebihan Suzuki Ignis Facelift

  • Tampilan lebih menarik
    Kelebihan yang utama yang akan Anda ketahui dari merk mobil Suzuki Ignis Facelift adalah dari segi desainnya memang Suzuki Ignis Facelift dirancang dengan model yang lebih baik daripada Ignis Sebelumnya. Hal ini sudah banyak direview oleh berbagai kalangan pecinta otomotif.

Suzuki Ignis Facelift atau Honda Brio

  • Update fitur keselamatan
    Kelebihan lainnya dari Suzuki Ignis Facelift adalah bahwa fitur keselamatan dari Suzuki Ignis Facelift sudah di update. Hal ini karena Suzuki Ignis Facelift ingin memberikan fasilitas keselamatan yang lebih pada pengguna Suzuki Ignis Facelift.
  • Tersedia sistem infotainment smartplay studio
    Keunggulan lainnya, di dalam kabin sudah tersedia sistem infotainment SmartPlay Studio yang akan menggantikan sistem infotainment SmartPlay saat ini. Meski belum ada info lebih lanjut, namun diharapkan Ignis 2020 mendapat penyegaran warna.

Kekurangan Suzuki Ignis Facelift

  • Masih mengusung mesin lama
    Untuk mesin atau dapur pacu sendiri Suzuki Ignis Facelift masih mengusung mesin yang lama. Hal ini juga memiliki kekurangan akan sendirinya. Mesin bensin 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga 82,94 ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.
  • Desain belakang kurang menarik
    Memang Suzuki Ignis Facelift mengusung desain yang lebih baik daripada Ignis sebelumnya, namun hal ini kurang terlihat di bagian tampilan belakang Suzuki Ignis Facelift. Jadi, ini menjadi kekurangan tersendiri juga dari Suzuki Ignis Facelift.
  • Harga semakin naik
    Dan juga dengan adanya perubahan yang diusung Suzuki Ignis Facelift, sudah pasti untuk harga sendiri Suzuki Ignis Facelift akan dijual dengan harga yang semakin tinggi. Jika Anda suka dengan Suzuki Ignis Facelift sia-siap untuk membelinya ya.

Honda Brio

Salah satu bentuk inovasi dari perusahaan Honda adalah dengan mengeluarkan mobil Low Cost Green Car (LCGC). Banyak sekali para anak muda yang suka dengan bentuk tampilan dari mobil Honda Brio ini, karena sangat sporty dan cocok untuk anak muda.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honda Beat Street atau Yamaha X-Ride?
Desain yang sangat cantik menjadikan kelebihan tersendiri untuk Honda Brio ini. City car ini memiliki daya tarik yang cukup menggoda. Dengan semakin banyaknya minat para konsumen membuat perusahaan Honda mengeluarkan banyak warna untuk mobil ini.

Spesifikasi Honda Brio

1. Desain
Dimana, kali ini pabrikan berlambang huruf “H” tersebut mengusung konsep Fabulous Design yang mengedepankan gaya stylish dan trendy dengan kombinasi desain sporty. Selain itu, Honda juga melengkapi city car ini dengan foglamp canggih.

Honda Brio terbaru bakal mengandalkan dashboard dengan konsep Sporty Dashboard Design with Orange Lining. Menariknya, di bagian tengah pada dashboard tersebut, Honda menyematkan 6.1 inchi Touchscreen Display Audio.

2. Fitur Keselamatan
Salah satunya yaitu teknologi pengereman ABS+EBD yang siap membantu pengemudi dalam mengendalikan laju mobil ini secara lebih sempurna dan mencegah terjadinya ban selip saat terjadi pengereman mendadak.

Suzuki Ignis Facelift atau Honda Brio

Tidak hanya itu, Dual Front i-SRS Airbags pun juga turut dibenamkan pada bagian jok depan untuk melindungi penumpang dari tabrakan, terutama tabrakan dari depan.

3. Dapur Pacu
Namun, hanya saja dikarenakan Honda Brio ini merupakan varian mobil paling low, maka mesinnya pun juga di-downgrade untuk penyesuaian. Dimana, kali ini pabrikan Honda mengusung mesin i-VTEC + DBW 1.2L SOHC dengan 4 silinder segaris.

Mesin tersebut memiliki kapasitas isi silinder mencapai 1.198 cc yang mana mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 90 Ps pada putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai titik torsi maksimum sebesar 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Kelebihan Honda Brio

  • Desain yang sporty
    Kelebihan yang utama sudah pasti dari tampilan desain sendiri Honda Brio mengusung tampilan yang sporty, yang mengikuti zaman kini. Sehingga tidak jarang dengan tampilan semakin sporty membuat banyak disukai para penggunanya.
  • Mesin yang tangguh
    Mesin tidak kalah penting bagi orang untuk memilih sebuah mobil, jangan takut akan mesin Honda Brio ini yang kurang baik. Karena sudah pasti Honda Brio memiliki mesin yang tangguh seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Banyak pilihan warna
    Jika Anda sedang memilih city car dengan memiliki akan pilihan warna yang menarik. Jika Anda ingin mobil tampilan sporty kecil dengan banyak pertimbangan pilihan warna maka Honda Brio bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Kekurangan Honda Brio

  • Bagasi yang sempit
    Kekurangan yang pertama ini mungkin ada disetiap mobil kecil ya guys. Jadi memang mobil ini dikhususkan untuk Anda yang tidak membawa banyak barang.
  • Harga yang tinggi
    Meski memang mobil ini adalah mobil yang kecil dan juga mengusung mobil Low Cost Green Car (LCGC), untuk harga Honda Brio masih menjualnya dengan cukup tinggi.
  • Bahan interior khas dengan plastik
    Bagaimana dengan bahan atau material dari Honda Brio? Mungkin material terlihat plastik menjadi ciri khas dari Honda Brio ini ya guys. Ini juga menjadi kekurangan tersendiri bagi city car ini.
KeteranganSuzuki Ignis Facelift Honda Brio
PerusahaanSuzuki Motor CorporationPT Astra Honda Motor
Tipe MobilCity CarCity Car
Kisaran HargaRp. 161 hingga 180 jutaanRp. 125 hingga 170 jutaan

Pilih Mana: Suzuki Ignis Facelift atau Honda Brio?

Suzuki Ignis Facelift Honda Brio
Kelebihan- Tampilan lebih menarik - Update fitur keselamatan - Tersedia sistem infotainment smartplay studio - Desain yang sporty - Mesin yang tangguh - Banyak pilihan warna
Kekurangan- Masih mengusung mesin lama - Desain belakang kurang menarik - Harga semakin naik - Bagasi yang sempit - Harga yang tinggi - Bahan interior khas dengan plastik

Kesimpulan

Suzuki Ignis Facelift dan Honda Brio adalah kedua mobil dengan tipe city car. Keduanya memiliki spesifikasi yang cukup baik tergantung dengan selera Anda masing-masing. Dari keduanya juga sudah kami simpulkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua mobil tersebut. Pilihlah mobil sesuai kebutuhan Anda saja. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Ignis Facelift vs Honda Brio

VS

Leave a Reply