KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Suzuki Ignis Facelift vs Suzuki Swift

Suzuki merupakan produsen otomotif yang sudah terkenal dan sudah lalang melintang bertahun-tahun lamanya. Produk yang dihasilkan tentunya memiliki kualitas yang bagus dan performa yang mumpuni untuk menemani aktivitas sehari-hari kamu, contohnya seperti Suzuki Ignis Facelift dan Suzuki Swift.

Suzuki Ignis Facelift dan Suzuki Swift adalah mobil yang berukuran mini dengan desain yang unik dan memiliki fitur yang tidak kalah mutakhir dengan beberapa kompetitornya.

Penasaran dengan pembahasan lebih detail dari Suzuki Ignis Facelift dan Suzuki Swift ini? Untuk itu yuk simak terus Selera.id kali ini ya guys!

Suzuki Ignis Facelift vs Suzuki Swift

Suzuki Ignis Facelift

Suzuki Ignis Facelift 2020 akan segera menyapa pasar otomotif. Mobil ini disiapkan untuk kawasan Eropa. Walaupun begitu, ada kemungkinan mobil ini pula melenggang di pasar Asia.

Kemungkinan tersebut muncul karena India dipercaya sebagai basis perakitannya. Peluangnya semakin tinggi karena penjualan Ignis di India termasuk bagus. Bahkan mencapai 300.000 unit per bulan. Baca juga Pilih Mana: Suzuki Baleno vs Toyota Glanza

Desain Suzuki Ignis Facelift

Sebagai varian mobil terbaru, spesifikasi yang disematkan pada Suzuki Ignis Facelift terbaru sudah pasti tak main-main. Untuk desainnya saja, tampilan depan Suzuki Ignis Facelift terbilang fresh.

Pasalnya, mobil Suzuki Ignis Facelift ini dibekali dengan gril radiator baru yang berupa sisipan berbentuk U. Elemen ini terinspirasi dari Vitara Brezza.

Masih seputar desain, Suzuki Ignis Facelift pula didukung dengan bumper depan yang dirombak sedemikian rupa sampai pada akhirnya memakai silver lip. Sementara untuk bagian sampingnya, kesan tegas tampak terlihat karena terdapat lekukan menyudut dan skid-plate silver.

Interior Suzuki Ignis Facelift diperkirakan akan memakai pelapis jok serta skema warna dashboard yang berbeda dari pendahulunya. Dengan pelapis jok dan skema warna dashboard yang baru tentu saja membuat Suzuki Ignis Facelift terkesan lebih fresh, modern, dan berkelas.

Mesin Suzuki Ignis Facelift

Kesan berkelas juga dapat kamu temukan di bagian dapur pacunya. Perihal ini disebabkan mobil Suzuki Ignis Facelift dibantu dengan mesin 4-silinder inline yang kapasitasnya 1.197 cc.

Dengan kapasitas yang besar, mesin bensin K12M ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 82,94 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sebesar 113 Nm pada 4.200 rpm.

Performa yang disuguhkan Suzuki Ignis Facelift terbukti memikat hati. Terlebih mesinnya ini dikombinasikan dengan manual 5 kecepatan dan otomatis 5 kecepatan. Mobil Suzuki Ignis Facelift terbaru ini dapat dibawa untuk melahap segala kondisi jalan secara mudah.

Suzuki Ignis Facelift vs Suzuki Swift

Fitur Suzuki Ignis Facelift

1. Infotainment SmartPlay Studio
Mobil Suzuki Ignis Facelift ini dibekali dengan sistem infotainment SmartPlay Studio. Berkat fitur ini, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan pastinya.

2. Seatbelt Alert System
Fitur baru yang ditambahkan yaitu Seatbelt Alert System dengan fungsi memberikan notifikasi pengingat bila pengendara lupa memasang sabuk pengaman.

Kelebihan Suzuki Ignis Facelift

  • Fitur keselamatan semakin ditingkatkan
    Dengan adanya fitur keselamatan yang semakin ditingkatkan tentunya membuat para penggunanya semakin aman dan nyaman ketika menggunakan mobil ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.
  • Desain semakin unik
    Desain eksterior dari Ignis Facelift ini lebih cantik dengan warna Two-Tone. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga menarik atensi calon pembelinya.
  • Transmisi lebih responsif
    Ketimbang versi sebelumnya, transmisi pada Suzuki Ignis Facelift dinilai lebih responsif. Tentunya laju mobil akan semakin bertenaga dan performa yang dihasilkan juga lebih baik.

Kekurangan Suzuki Ignis Facelift

  • Bodi bagian belakang kurang menarik
    Kekurangan dari Suzuki Ignis Facelift yang pertama adalah bodi bagian belakang yang dianggap kurang begitu menarik oleh sebagian orang. Hal ini kiranya menjadi pembahasan lebih lanjut oleh Suzuki agar Ignis makin dicintai orang banyak.
  • Mesin tidak mengalami perubahan
    Mesin yang dibawa oleh Ignis Facelift kali ini masih sama seperti seri lamanya. Perubahan yang dibawa oleh Ignis Facelift ini sebagian besar hanya terjadi pada bagian bodinya saja.
  • Perubahan tidak begitu banyak
    Seperti yang sudah saya sebutkan barusan jika sebagian besar perubahan yang terjadi hanya ada pada bodinya saja. Namun ini juga hanya beberapa komponen yang diberi penyegaran sehingga perubahan tidak dianggap begitu banyak.

Suzuki Swift

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebenarnya sudah mempunyai ancang-ancang untuk memperkenalkan generasi terbaru Suzuki Swift dalam waktu dekat ini. Walaupun begitu ada satu pertimbangan utama yang mesti dikaji lebih lanjut yakni dalam aspek harga.

Mengingat generasi terbaru Suzuki Swift didesain dengan teknologi yang benar-benar mumpuni, maka ditakutkan harganya akan melonjak tinggi dan tidak bisa bersaing dengan kedua kompetitornya.

Namun kali ini Selera.id akan mengulas lebih dalam mengenai beberapa bocoran yang ada dari keseluruhan konsep Suzuki Swift.

Desain Suzuki Swift

Fascia depannya kini benar-benar berubah seperti absennya garis merah pada generasi sebelumnya. Walaupun begitu, tampilannya masih menerapkan desain Honeycomb berkelir hitam yang dihias apik dengan logo kebanggaan Suzuki.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vespa GTS 300 atau Vespa GTS Super 300?

Merambah ke sisi samping, hal paling menarik terletak pada kaca spionnya. Bukan cuma terintegrasi dengan lampu sein dan mempunyai warna serupa dengan bodinya, kaca spion Swift 2019 pula telah mendapatkan fitur unggulan layaknya pengaturan posisi, pelipatan otomatis dan penghangat.

Suzuki Ignis Facelift vs Suzuki Swift

Privacy Glass disematkan pada kaca belakangnya yang dapat meminimalisir efek panas terhadap barang bawaan di ruang bagasi.

Lini dashboard dikemas dengan sentuhan detail. Dari ujung kiri sampai ke bagian tengah, ada satu sapuan garis merah yang sanggup menciptakan atmosfer ala Racing. Tentu hal-hal detail seperti ini, bisa memberikan rasa yakin diri lebih bagi pengendara.

Mesin Suzuki Swift

Mobil Suzuki Swift memakai dapur pacu berkapasitas 1197cc. Dari mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 61 KW di 6.000 rpm. Sedangkan torsi yang dapat dicapai sebesar 113 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin Suzuki Swift ini sudah terbukti performanya, karena jantung pacu yang digunakan sama dengan yang digunakan Suzuki Ertiga. Selain itu, transmisi CVT yang ada membuat perpindahan terasa nyaman dan tidak terasa.

Ditopang mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga, apakah harga Suzuki Swift nantinya juga tidak akan jauh berbeda dengan harga Suzuki Ertiga

Fitur Suzuki Swift

1. Lane Departure Warning
Seperti pada mobil-mobil modern Eropa lainnya, Suzuki Swift menerapkan fungsi menjaga laju mobil untuk tetap di marka jalan atau biasa disebut Lane Departure Warning

2. Dual Sensor Brake Support
Fitur ini adalah proses pengereman mendadak ketika sensor mendeteksi adanya potensi kecelakaan

Kelebihan Suzuki Swift

  • Desain unik
    Ubahan desain Suzuki Swift teranyar ini cukup signifikan. Ini dapat dilihat dari bagian gril besar dengan logo Suzuki ditengahnya plus lampu depan yang sudah memakai lampu halogen multireflektor dan lampu DRL pada sisi bawah lampu.
  • Suzuki Swift terbaru sangat praktis
    Swift Hybrid dilengkapi setir yang sudah dibalut kulit asli dengan jahitan dan hiasan perak. Menariknya bila kamu membeli varian tertinggi sudah tersedia paddle shift di balik setirnya. Ada juga fitur pemanas kursi, dan juga AC yang sudah berbentuk digital dan adanya fitur keselamatan Suzuki Safety Support, dual sensor brake support, SRS curtain airbag atau front seat SRS side airbag.
  • Mobil yang ramah lingkungan dan juga amat irit
    Untuk pengendaraan yang lebih halus dan menjaga putaran mesin, pabrikan memakai transmisi CVT. Hebatnya, mobil ini diklaim amat irit berdasarkan hasil uji konsumsi bahan bakar metode JC08, hasilnya mencapai 27,4 km/liter untuk penggerak dua roda, sementara itu untuk yang penggerak empat roda sanggup mencapai 25,4 km/liter.

Kekurangan Suzuki Swift

  • Bagasi kecil
    Bagasi yang dimiliki oleh Suzuki Swift ini sangat kecil sehingga kurang cocok untuk kamu yang ingin membawa banyak barang bawaan atau ingin berbelanja bulanan.
  • Kursi belakang sempit
    Kursi bagian belakang dari Suzuki Swift ini juga dirasa sempit sehingga tidak bisa membawa banyak penumpang atau juga barang bawaan. Tentunya hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi sebagian orang ya guys.
  • Minim fitur interior
    Minimnya fitur keselamatan yang ada pada mobil ini termasuk kelemahan Suzuki Swift yang perlu kamu ketahui, padahal bila melihat kompetitornya seharusnya mobil hatchback suzuki ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap karena saat ini ini keselamatan berkendara merupakan hal yang harus di prioritaskan.
SpesifikasiSuzuki Ignis FaceliftSuzuki Swift
Dimensi 3.700 x 1.690 mm x 1.595 mm 3.850 x 1.695 x 1.510 mm
Daya maksimum 83 PS / 6.000 Rpm 95PS / 6.000 Rpm
Torsi maksimum 113 Nm / 4.200 Rpm 130Nm / 4.000 Rpm
Transmisi 5 tingkat percepatan manual / AMT 6 speed MT / 4 speed AT
Harga per Januari 2020Rp 140.000.000,-Rp 225.000.000,-

Pilih Mana: Suzuki Ignis Facelift vs Suzuki Swift

Suzuki Ignis FaceliftSuzuki Swift
Kelebihan- Fitur keselamatan semakin ditingkatkan - Desain semakin unik - Transmisi lebih responsif - Desain unik - Suzuki Swift terbaru sangat praktis - Mobil yang ramah lingkungan dan juga amat irit
Kekurangan- Bodi bagian belakang kurang menarik - Mesin tidak mengalami perubahan - Perubahan tidak begitu banyak - Bagasi kecil - Kursi belakang sempit - Minim fitur interior

Kesimpulan

Setelah membahas Suzuki Ignis Facelift dan Suzuki Swift tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua mobil ini memiliki segi bodi unik dan performa yang mumpuni. Harga yang disematkan pun tentunya cukup kompetitif mengingat beberapa perubahan yang disematkan. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih milihnya Suzuki Swift aja deh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Ignis Facelift vs Suzuki Swift

VS

Leave a Reply