Kendaraan

Pilih Mana: Suzuki Jimny atau G-Class?

Mobil merupakan alat transportasi yang saat ini kita butuhkan untuk mencapai suatu tujuan tanpa terhalang oleh cuaca , karena kita berada di daerah yang beriklim tropis dan mempunyai 2 musim yang tidak tentu dan jalan yang tidak selalu mulus. Olehnya kegunaan mobil sangat dibutuhkan untuk aktifitas sehari-hari. Kali ini akan kita bahas dua jenis mobil yaitu Suzuki Jimny dan G-Class. Yang akan kita bahas lebih lanjut mengenai desain eksterior, interior dan performanya. Selamat membaca!

Suzuki Jimny

Akhirnya Suzuki Jimny generasi ke-empat resmi diperkenalkan di Indonesia. Mobil ini telah dipamerkan pada ajang GIIAS 2018 dan kabarnya siap dipasarkan pada tahun 2019. Suzuki melakukan berbagai perubahan pada sektor eksterior, interior, mesin, hingga fitur keselamatan. Alhasil Jimny terbaru jauh lebih canggih dibandingkan Jimny generasi ke tiga yang pertama kali dirilis pada tahun 1998.

Perjalanan panjang Suzuki Jimny di awali pada tahun 1970. Pada tahun tersebut Jimny generasi pertama dirilis dengan mengusung tampilan kecil dan memiliki performa luar biasa saat melewati medan offroad. Kesuksesan Jimny generasi pertama lalu diikuti generasi kedua yang dirilis pada tahun 1981. Desain Suzuki Jimny generasi kedua jauh berbeda dari generasi pertama, karena terlihat lebih mengkotak dengan memadukan desain bergaya urban dan off-road. Baca juga Pilih Mana: Grand Livina atau Ertiga?

Desain Eksterior Suzuki Jimny

Setiap sisi Suzuki Jimny 2019 juga berubah drastis. Sekarang mobil ini memiliki tampilan eksterior lebih tegas dengan Front Grille yang dibuat lebih menonjol dan memiliki bumper berbentuk Honey Comb yang dibuat sedikit moncong kedepan agar terlihat lebih kekar. Pada bagian depan juga tampak lampu utama berbentuk bundar yang memiliki ukuran cukup besar dan sudah mengadopsi teknologi LED.

Lampu sein depan dan foglamp Suzuki Jimny 2019 juga berbentuk bundar untuk mempertegas kesan macho pada eksterior bagian depan. Sedangkan untuk bagian samping memiliki fender berukuran besar dan diberi aksen warna hitam. Mobil ini hanya memiliki 3 Pintu yang terdiri dari 2 pintu samping dan satu pintu belakang. Pada bagian belakang tetap dilengkapi Konde atau tempat menyimpan ban serep dengan handle di sebelah kirinya.

Eksterior belakang Suzuki Jimny 2019 juga terlihat modern dengan hadirnya Stop Lamp yang berada di atas kaca belakang dan lampu LED Rear Combination yang berada di kedua sisi bawahnya. Bumper belakangnya juga dibuat lebih kokoh dan dibalut warna hitam senada dengan bumper depan serta fender samping. Untungnya Suzuki tidak mengikuti jejak Toyota yang menghilangkan konde pada Rush, sehingga tampilan Jimny 2019 tetap terlihat gagah dan maskulin.

Desain Interior Suzuki Jimny

Berlanjut ke sektor interior, Suzuki Jimny 2019 memiliki interior modern bertabur fitur canggih yang siap memaksimalkan kenyamanan penumpang dan supir mobil ini. Ruang kabinnya juga lebih luas dan bisa menampung 5 orang penumpang termasuk supir. Kecanggihan interior Jimny 2019 bisa kita lihat pada bagian dashboard yang dilengkapi sistem audio 2 Din dengan layar sentuh berukuran besar.

Ruang kabinnya memang tak seluas Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang notabennya merupakan SUV 7-Seater. Walaupun begitu, mobil ini tetap nyaman dikendarai dan memberikan sensasi tak terlupakan bagi pengendaranya. Selain itu, Suzuki juga menyertakan fitur Audio Steering Switch yang membuat kita bisa mengatur musik dari setir kemudi. Panel instrument yang dimilikinya juga keren dan berkesan modern.

Mobil ini menggunakan setir kemudi palang tiga yang terlihat mirip dengan milik Suzuki Ignis. Pada bagian dashboard juga memiliki beberapa Instrument untuk mengatur AC, lampu hazard, dan lain-lain. Suzuki juga menyediakan beberapa tempat penyimpanan barang untuk mempermudah pengendaranya menempatkan botol minuman ataupun barang bawaan lainnya yang berukuran cukup kecil.

Performa Mesin Suzuki Jimny

Jok belakang bisa ditekuk rata agar menambah ruang bagasi Suzuki Jimny 2019. Kemudian untuk sektor dapur pacu ditenagai mesin 1.5 Liter dengan kapasitas 1.462cc. Mesin tersebut memiliki kode K15B dan menggunakan mesin 4 Silinder Segaris dengan 16 buah katup yang nantinya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 73 kW pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya bisa mencapai 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Suzuki Jimny 2019 juga tersedia dalam dua varian transmisi yang terdiri dari manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan. Mobil ini hanya tersedia dalam varian bensin, jadi jangan harap bisa mendapatkan Suzuki Jimny bermesin Diesel. Walaupun bukan diesel, namun konsumsi bahan bakar motor ini tetap irit berkat teknologi Multi Point Injection yang mengoptimalkan sistem pembakaran agar bekerja semakin sempurna.

G-Class

Bagian yang mati-matian dipertahankan oleh Mercedes-Benz, desain eksterior. Sudah menjadi karakteristik yang ikonik bagi Gelandewagen dan sepatutnya jangan banyak berubah karena memang banyak yang suka. Desain jip konservatif yang serba mengotak, selalu mengisyaratkan kapabilitas off-road superior tak terbantahkan.

Tak kecuali G-Class 2019, yang akhirnya meluncur di Detroit Auto Show 2018. Pada dasarnya merupakan generasi kedua dengan kode W464, penerus W460 original 1979 dan edisi revisi W463 yang ada sejak 1990. Gembar-gembor regenerasi sejak tahun lalu, membuat penasaran seperti apa perubahan desain yang terjadi. Tapi beberapa spy shot beredar langsung menjawab, Mercedes-Benz tetap mempertahankan desain abadinya.
Desain Eksterior G-Class

Boxy G-Wagen memang harus dibiarkan apa adanya. Tetap ada perubahan di eksterior, tapi tergolong minim dan butuh perhatian lebih seksama. Paling jelas dari area fascia yang sedikit dihaluskan. Daytime Running Light (DRL) yang melingkari headlamp, bemper honeycomb lebih pipih dan desain spion luar membulat. Lampu berada juga masih dengan letak yang sama. Namun kini ukurannya lebih tipis dan sudah mengadopsi LED. Selebihnya tak banyak berubah, terutama sisi samping yang mempertahankan keorisinalan desain G-Class. Dimensinya lebih panjang 53 mm dan lebar 121 mm dari model terdahulu.

Desain Interior G-Class

Aura berbeda terlihat ketika melihat interior G-Class 2019. Unsur modernitas Mercedes-Benz terkini dimasukkan, sehingga terlihat banyak kemiripan dengan interior Mercedes-Benz E-Class maupun S-Class. Khususnya, sistem Comand Online berupa dua monitor 12,3-inci high-definition yang seolah menyatu dalam satu frame di dasbor. Karakter off-road masih terlihat dari bentuk dasbor keseluruhan. Tapi diisi oleh desain dan sentuhan sama dengan sedan-sedan Mercedes-Benz.

Dimensi eksterior yang bertambah besar mempengaruhi luas kabin. Dari data yang dirilis Mercedes-Benz, luas ruang kaki di depan bertambah 38 mm dan belakang 150 mm. Bodi yang melebar berdampak ruang bahu penumpang bertambah. Shoulder room di depan bertambah 38 mm dan di belakang 27 mm. Dapat disimpulkan, kabin G-Class 2019 semakin nyaman untuk seluruh penumpang.

Performa G-Class

Pada periode peluncuran, G-Class baru ditawarkan dalam satu varian dulu. Yakni G550 dengan mesin V8 4,0-liter twin-turbocharged bertenaga 416 hp dan torsi 610 Nm. Tidak ada perbedaan dengan G550 model sebelumnya, namun diyakini memiliki akselerasi lebih kencang. Faktor pertama yang dapat mempengaruhi berasal dari transmisi. Griboks otomatis 7-speed lama digantikan unit baru 9-speed. Sementara faktor kedua, pemangkasan bobot yang mencapai 170 kg. Rasio power-to-weight yang lebih besar dan rasio gear baru, mampu menunjang akselerasi 0-100 km/jam jauh lebih cepat. Belum ada data resmi, spekulasi berada di angka 5 detik.

Pilih Mana: Suzuki Jimny atau G-Class?

Suzuki Jimny G-Class
Kelebihan - Mesin jauh lebih baik dari Jimny '90-an - 4 Wheel Drive - Ground clearance tinggi- Citra SUV Ekslusif - Fitur canggih - Tangguh
Kekurangan- Tergolong mahal - Fitur standar saja - Ruang kabin pas-pasan - Mesin diesel - Perawatan mahal - W460 minim fitur

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai Suzuki Jimny dan G-Class dapat kita tarik kesimpulan bahwa dari kedua perbandingan di atas memiliki kemampuan dan performa nya masing-masing dan jika kalian ingin membeli dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi yang sesuai dengan selera anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Jimny VS G-Class

VS

Leave a Reply