Kendaraan

Pilih Mana: Suzuki Jimny atau Jeep Renegade?

Beberapa orang di Indonesia menyukai model mobil dengan bentuk yang kokoh dan gagah seperti Suzuki Jimny dan Jeep Renegade. Kedua mobil ini memberikan kesan yang macho serta tahan banting dalam situasi apapun. Tidak hanya itu, spesifikasi dan fitur-fitur yang diberikan juga tak kalah menarik dengan mobil sekelasnya. Penasaran dengan spesifikasi dengan kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Suzuki Jimny dan Jeep Renegade. Stay tune ya.

Suzuki Jimny

Akhirnya Suzuki Jimny generasi ke-empat resmi dipublikasikan di Indonesia. Mobil ini sudah dipamerkan pada ajang GIIAS 2018 serta informasinya siap dipasarkan pada tahun 2019. Suzuki melakukan bermacam perubahan pada bagian eksterior, interior, mesin, sampai fitur keamanan. Alhasil Jimny terkini jauh lebih canggih dibanding Jimny angkatan ke 3 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1998.

Perjalanan panjang Suzuki Jimny di awali pada tahun 1970. Pada tahun itu Jimny generasi pertama diluncurkan dengan membawa bodi kecil serta mempunyai penampilan luar biasa dikala melewati medan offroad. Keberhasilan Jimny generasi pertama kemudian diiringi generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 1981. Konsep Suzuki Jimny generasi kedua jauh berbeda dari generasi pertama, karena tampak lebih mengkotak dengan memadukan konsep bergaya urban dan off-road. Baca juga Pilih Mana: Mitsubishi Triton atau Ford Ranger?

Desain Suzuki Jimny

Tiap sisi Suzuki Jimny 2019 pula berubah drastis. Sekarang mobil ini mempunyai bentuk eksterior lebih jelas dengan Front Grille yang terbuat lebih menonjol serta mempunyai bumper berupa Honey Comb yang dibuat sedikit moncong kedepan supaya terlihat lebih kekar. Pada komponen depan juga terlihat lampu utama berbentuk bulat yang mempunyai dimensi lumayan besar serta sudah mengadopsi teknologi LED.

Eksterior belakang Suzuki Jimny 2019 pula tampak modern dengan adanya Stop Lamp yang terletak di atas kaca belakang serta lampu LED Rear Combination yang terletak di kedua bagian bawahnya. Bumper belakangnya pula terbuat lebih kuat serta dibalut warna hitam senada dengan bumper depan dan fender samping. Untungnya Suzuki tidak mengikuti jejak Toyota yang menghilangkan konde pada Rush, sehingga bentuk Jimny 2019 senantiasa nampak gagah serta jantan.

Berlanjut ke sektor interior, Suzuki Jimny 2019 mempunyai interior modern bertabur fitur mutahir yang sedia mengoptimalkan kenyamanan penumpang serta pengemudi mobil ini. Ruang kabinnya juga lebih besar serta dapat menampung 5 orang penumpang termasuk pengemudi. Kecanggihan interior Jimny 2019 dapat kita amati pada komponen dashboard yang dilengkapi sistem audio 2 Din dengan layar sentuh berukuran besar.

Ruang kabinnya memang tidak seluas Toyota Rush serta Daihatsu Terios yang notabennya merupakan SUV 7-Seater. Meski begitu, mobil ini tetap nyaman dikendarai serta membagikan sensasi tak terlupakan untuk pengendaranya. Tidak hanya itu, Suzuki pula mencantumkan fitur Audio Steering Switch yang membuat kita dapat mengatur musik dari setir kemudi. Panel instrument yang dimilikinya juga keren serta berkesan modern.

Mesin Suzuki Jimny

Sektor dapur pacu ditenagai mesin 1.5 Liter dengan kapasitas 1.462cc. Mesin itu mempunyai kode K15B serta memakai mesin 4 Silinder Segaris dengan 16 buah katup yang nantinya dapat menghasilkan daya sebesar 73 kW pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya dapat mencapai 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Suzuki Jimny 2019 juga ada dalam 2 versi transmisi yang terdiri dari manual 5 percepatan serta matic 4 percepatan. Mobil ini cuma ada dalam versi bensin, jadi jangan harap bisa memperoleh Suzuki Jimny bermesin Diesel. Meski bukan diesel, tetapi konsumsi bahan bakar mobil ini senantiasa hemat berkat teknologi Multi Point Injection yang memaksimalkan sistem pembakaran supaya beroperasi semakin sempurna.

Fitur Suzuki Jimny

Mobil ini mempunyai fitur yang sangat penting yakni Hill Hold Control. Fitur ini bermanfaat buat mencegah mobil mundur ke belakang dikala melewati tanjakan atau medan bergelombang. Mobil SUV ini pula dilengkapi fitur Hill Descent Control yang bakal bertugas secara otomatis buat memaksimalkan pengereman serta menjaga kecepatan dikala melampaui jalanan menurun sehingga nantinya pengemudi dapat berkonsentrasi pada kemudi tanpa butuh repot-repot memakai pedal rem ataupun kopling. Sistem pengereman Suzuki Jimny 2019 pula mumpuni berkat teknologi Brake LCD Traction Control yang menggantikan sistem pengereman ABS.

Fitur Brake LCD Traction Control didesain buat mengerem roda yang tergelincir serta secara otomatis bakal mendistribusikan torsi ke 2 roda lainnya, sehingga mobil ini bebas dari tergelincir yang kerap kali menimbulkan kecelakaan fatal. Kemudian terdapat juga fitur keamanan berupa High Beam Assist, DSBS, serta Weaving Alert. Fitur Weaving Alert jadi fitur yang sangat menarik sebab nantinya dapat memperingatkan pengendara dikala mengantuk atau keletihan lewat notifikasi audio.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honda Brio atau Suzuki Ignis?

Harga Suzuki Jimny

Suzuki Jimny Manual Rp. 315.5 Juta
Suzuki Jimny Manual Dual Tone Rp. 317.5 Juta

Jeep Renegade

Lama tidak meluncurkan unit anyar, kini Jeep dikabarkan sudah siap buat meluncurkan versi mobil barunya, khususnya buat pasar otomotif Indonesia. Lewat PT Garansindo Inter Global (Garansindo) selaku agen resmi pemegang merek mobil-mobil di bawah naungan Fiat Chrysler Automobile (FCA), Jeep siap buat mengeluarkan sebagian unit barunya dalam waktu dekat.

Mobil SUV ini mempunyai model khas, yakni model Trailhawk dengan sentuhan Jeep klasik yang buatnya semakin nampak elegan serta eksklusif. Jeep Renegade juga dilengkapi dengan fitur My Sky, berbentuk atap portabel yang dapat dibuka seperti pada model Chrysler.

Desain Jeep Renegade

Di komponen depan eksterior Jeep Renegade 2019 kita dapat melihat salah satu sentuhan baru yang diberikan produsen. Lebih persisnya di bagian grille yang didesain dengan konsep lebih modern serta tangguh. Lampu utamanya sudah barang tentu memakai LED (Light Emitting Diode) serta mempertahankan bentuk bundar. Konsep semacam ini teruji tidak mudah dimakan waktu sehingga membuat Jeep Renegade 2019 senantiasa nikmat di pemikiran mata.

Berikutnya, kita bakal review Jeep Renegade 2019 dari bagian kanan kirinya. Nuansa yang dihadirkan bagian samping eksterior Jeep Renegade 2019 ialah kesan tangguh. Perihal ini kita lihat dari pilar-pilar yang tebal. Tidak hanya itu, bibir fender pula mempunyai potongan yang mengotak. Dari samping juga kita dapat menatap roof rail yang mempertegas citra mobil SUV ini sebagai kendaraan petualang.

Menariknya, walaupun banyak detail yang dibuat tebal, tidak menjadikan dashboard mobil SUV ini nampak kaku. Sebaliknya, kita dapat melihat konsep yang dinamis, misalnya untuk kisi-kisi AC (Air Conditioner).

Mesin Jeep Renegade

Sektor mesin atau operasi Jeep Renegade 2019 mendapat pembaruan yang cukup penting. Ada mesin baru berupa unit 1.300cc turbocharged, 4-silinder berbahan bakar bensin yang diperuntukkan versi Limited serta Trailhawk. Daya tertingginya terdapat di angka 177 hp serta torsi puncak 200 lb-ft. Mesin ini menggantikan jantung pacu 1.400cc tadinya.

Sedangkan itu buat varian basic, yakni Sport dan Latitude menggunakan mesin 2.400cc 4-silinder bensin yang memiliki semburan daya 180hp serta torsi 175 lb-ft. Seluruh versi memakai transmisi otomatis 9-kecepatan. Tidak terdapat lagi transmisi manual yang dulu menempel buat pilihan mesin 1.400cc. Sedangkan, fitur 4 wheel drive menjadi opsional buat seluruh jenis.

Fitur Jeep Renegade

Jeep Renegade 2019 bawa fitur-fitur modern. Kecanggihan fitur Jeep Renegade 2019 dapat kita lihat pada teknologi yang menyangkut keamanan berkendara serta hiburan. Berarti untuk dicatat dalam review Jeep Renegade 2019 ini kalau fitur keamanan merupakan aspek yang diunggulkan oleh mobil ini. Terkait keamanan berkendara, fitur Jeep Renegade 2019 dilengkapi teknologi terbaru, seperti lane- departure warning, lane- keeping assist, blind spot monitor, rear cross traffic alert, serta automated emergency braking.

Spek hiburan dari mobil ini tidak kalah mutahir. Jeep Renegade 2019 memakai program hiburan kepunyaan Fiat Chrysler yang dapat ditemui pada head unit layar sentuh Uconnect 5 inci buat versi terbawahnya, Sport. Semenatra itu, Kamu dapat memperoleh ukuran yang lebih besar, 7 inci buat varian-varian atasnya. Headunit itu juga telah mendukung bermacam tipe konektivitas, mulai dari Apple CarPlay, Android Auto, serta radio satelit SiriusXM.

Harga Jeep Renegade

Untuk harganya sendiri, Jeep Renegade mematok harga mulai dari Rp 337.000.000-Rp 428.000.000,-

Pilih Mana: Suzuki Jimny atau Jeep Renegade?

Suzuki JimnyJeep Renegade
Kelebihan - Konsumsi BBM irit - Mesin bertenaga - Sparepart yang berlimpah- Memiliki desain eksterior menarik - Memiliki mesin yang tahan banting - Memiliki reputasi yang bagus dari brand legendaris
Kekurangan- Bantingannya yang keras - Bahan bodi yang tipis- Kapasitas ruang bagasi yang kecil - Jaringan dealer yang masih sedikit

Kesimpulan

Suzuki Jimny dan Jeep Renegade tentunya cocok banget buat kamu bawa ke jalanan kota dan jalanan yang memiliki dataran yang tidak lurus. Spesifikasi dari kedua mobil ini juga sangat mumpuni, jadi tidak akan mengecewakan pemiliknya. Tentukan pilihan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Suzuki Jimny vs Jeep Renegade

VS

Leave a Reply